SHOPPING CART

close

03 objek wisata yang sangat terkenal di provinsi Papua Barat, anda wajib kesana

Booking.com
Sebelum mengenal Objek wisata di papua barat , mari kita mengenal sedikit tentang Provinsi Papua dahulu. Masyarakat Papua merupakan orang keturunan Melanesia dan hampir sebagian besar menganut agama Kristen dan Katolik.
 
foto:http://www.konfrontasi.com/
 
 
Adapun hal yang memiliki perbedaan dari mereka dengan umumnya orang Melayu dan muslim yang ada di Indonesia. Papua BArat jauh sebelumnya kita kenal dengan nama  sebagai West New Guinea, Irian Barat dan kemudian berubah menjadi nama Irian Jaya.
 
Sekarang daerah tersebut sudah menjadi provinsi Indonesia yaitu Papua dan Papua Barat. Namun orang lebih suka mengatakan kedua provinsi ini bersama-sama lebih dikenal sebagai Papua Barat karena mempeunyai  kesamaan identitas dan budayanya.
Papua Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang berlokasi di paling ujung barat Pulau Papua dan Ibukotanya ialah Manokwari.
 
Selain Provinsi yang kaya akan sumber daya alamnya banyak hal menarik lainnya yang bisa didapat di Papua Barat yakni wisata alamnya yang eksotis.
Mulai dari wisata bahari, wisata sejarah, satwa nya yang unik-unik.
Berikut saya rangkumkan 03 objek wisata yang sangat terkenal di provinsi Papua Barat, anda wajibkesana lo, jika ada waktu untuk menikamati salah satu keindahan alam Indonesia.
Berikut adalah objek wisata di Provinsi PAPUA BARAT :
 
1. Objek Wisata Situs Purbakala Tapurarang di kabupaten Fakfak
 
foto:http://www.daftar.co
 
Situs Purbakal ini terletak di daerah Disrik Kokas Kabupaten Fakfak provinsi Papua Barat, Situs ini adalah merupakan peninggalan pada zaman prasejarah. apa yang terdapat disitus ini adalah berupa satu lukisan telapak tangan manusia dan binatang prasejarah di dekat tebing batu yang sangat terjal dan berbahaya untuk di lalui.
Jadi lukisan telapak tangan manusia dan binatang prasejarah yang ada di tebing ini bisa Anda temui di daerah Andamata, Darembang, Fior, Forir dan Goras. Apa yang membikin situs prasejarah ini menjadi tempat sangat menarik adalah bukti bahwa meskipun sudah berumur sangat tua ratusan tahun, lukisan yang dibikin dengan pewarna dari bahan-bahan natural ini masih saja tetap terlihat sangat  jelas hingga sampai sekarang.
Konon warna merah yang ada  dilukisan tebing itu seperti warna darah manusia sehingga masyarakat lokal di sana menyebutnya sebagai lukisan cap tangan darah
 
2. Objek Wisata Bahari di Kabupaten Raja Ampat
 
foto by https://irwanto.info
 
Sudah tidak bias di pungkiri lagi jika keindahan alam bawah laut di wilayah Kabupaten Raja Ampat sudah sangat mendunia banyak sekali diver dunia yang selalu ingin menyelam di sana karena keindahan bawah lautnya. Raja ampat terdapat sekitar 610 pulau-pulau kecil yang berada di sana dan tidak lebih dari sekitar 35 pulau saja yang dihuni oleh penduduk lokal sana. Raja Ampat berarti terdapat 4 kepala suku yang menguasai daerah sana.
Banyak orang mengakui bahwa terumbu karang yang ada perairan Raja Ampat dinilai sebagai yang sangat lengkap di dunia dan masih banyak terjaga dengan baik
di karenakan dari 537 jenis terumbu karang yang ada di dunia , 75 persennya berada di perairanraja ampat. Dan juga terdapat 1.102 jenis ikan, 668 jenis moluska dan 538 jenis hewan karang yang terdapat di seluruh wilayah perairannya
 
Raja Ampat adalah surga dari terumbu karang. Disana ada wilayah terumbu karang yang kondisinya masih sangat baik dengan karang hidup hingga hampir 90%, yakni didaerah selat Dampier (selat yang berada di tengah-tengah Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayang (sumber wikipedia)
3. Objek wisata Taman wisata alam (TWA)  Gunung Meja di kabupaten Manokwari
foto:manokwariku.com
Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja berada tepat pusat kota Manokwari. objek wisata ini mempunyai fungsi utama bagi pariwisata dan rekreasi alamnya, perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan dan pengawetan bermacam-macam jenis  satwa, tumbuhan,dan keunikan alamnya

 

Yang menarik di objek wisata ini adalah wisatawan bisa melakukan kegiatan mendaki atau trekking, hiking dan lain-lain. Para wisatawan akan dimanjakan oleh keunikan  satwa alam hutan tropis yang sangat bervariasi dan mempunyai bentuk yang unik- unik. 
 
Ditempat ini banyak memiliki ratusan variasi pohon, puluhan jenis tanamannya , ada juga tanaman herbalnya lo. Ada juga, berbagai jenis anggrek dan beanyak jenis pohon palem dan pohon rotan yang  hidup di TWA ini.
 
Sekian dulu dan terimakasih…

Baca artikel menarik lainnya : 

Inilah 06 Tips traveling Murah Saat Libur Panjang! Anda suka traveling lakukan persiapan ini!

 Demikian ulasan mengenai 03 objek wisata yang sangat terkenal di provinsi Papua Barat, anda wajib kesana, semog bermanfaat
 
Tags:

0 thoughts on “03 objek wisata yang sangat terkenal di provinsi Papua Barat, anda wajib kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share