08 Info tips jitu dan Ngirit traveling ke Yogyakarta, Jawa Tengah Indonesia, Anda harus tahu!

traveling ke yogyakarta 2
foto:http://www.kompasiana.com
Yogyakarta, jawa tengah adalah salah satu kota di Indonesia yang mempunyai ciri khas tersendiri karena bentuk dari pemerintahannya yang berbasis kesultanan. Selain itu, Yogyakarta juga mempunyai kekuatan dan ciri khas tersendiri mengenai bidang pariwisatanya. Berikut adalah 08 Info tips jitu dan Ngirit traveling ke Yogyakarta, Jawa Tengah Indonesia
Terdapat banyak sekali para traveler lokal maupun Asing yang datang mengunjungi kota Yogyakarta. Banyak Traveler atau wisatawan yang tertarik dengan kota ini karena memiliki lingkungan yang sederhana, penuh dengan budaya, dan orang-orang nya yang sangat ramah.

traveling ke yogyakarta
foto:tempo.co


Selain wisata memiliki budaya, Yogyakarta juga terkenal dengan wisata alam sekitarnya yang tidak ada habisnya, mulai dari pantai, danau, air terjun, gunung, pantai, gua, air terjun, danau, dan lain-lain, inilah yang menyebabkan banyak traveling ke yogyakarta.
Yogyakarta ini berada di letak geografis yang strategis, lokasi di tengah Pulau Jawa, Yogyakarta ini dapat di tuju menggunakan model transportasi apapun. Jika anda sedang merencanakan liburan ke Yogyakarta berikut saya rangkum 08 tips jitu dan ngirit traveling ke yogyakarta  adalah sebagai berikut
1. Pemesanan Alat Transportasi lebih awal
Untuk menuju ke tempat ini ada banyak cara, Anda bisa melalui jalur darat, laut maupun udara. Nah karena mudah nya akses ke sana kita tinggal memesan tiket di jauh-jauh hari gunanya unutk mendapatkan harga yang lebih murah dan hemat dan juga mnghindari kehabisan tiket
2. Traveling pada saat musim sepi
Anda yang ingin mengabadikan moment anda di sana sebaik menghindari traveling pada saat musim liburan, tentunya akan sangat sesak sekali ya, ketika anda datang dan ingin mengambil sebuah foto yang terlihat hanya berjubel kepala manusia hehe..kan ga seru jadinya.
Yogyakarta memang kota yang sangat ramah traveler, dan saking ramahnya, Yogyakarta selalu di penuhi pengunjung setiba liburan panjang. mencari transportasi akan sangat susah karena macet, apalagi mau cari parkiran.
Jadi sebaiknya hindari traveling ke Yogyakarta pada saat long weekend atau libur panjang. Anda bisa mengambil cuti dan berlibur bersama keluarga pada saat bukan musim liburan jika ingin menghabiskan waktu yang berkualitas di sana
3. Mencari Hotel Yang murah
Selalu memesan hotel di jauh-jauh hari ya untuk mendapatkan harga yang murah jadi semuanya harus ada perencanaan dari hari sebelum mengambil hari libur sampai hari H nya. Yogyakarta sendiri terdapat banyak pilihan variasi hotel dari mulai bintang 5 sampe kelas melati .
Disemua daerah di sana terdapat hotel dengan harga murah, anda juga bisa memesan langsung secara online . Contohnya booking hotel yang berdekatan dengan akses transportasi umum dan jalan besar ataupun yang berdekatan dengan tempat wisata seperti di kawasan Malioboro daerah kesultanan.
Jangan pusing- pusing untuk memesan sebuah hotel, anda bisa langsung cek di booking.com berikut link nya di bawah


4. Hemat dengan urusan makanan
Banyak sekali makanan rakyat di Yogyakarta dan jika anda memiliki budget yang pas-pas an, anda bisa mencoba makanan khas kotanya. Hitung-hitung daripada makan dan minum di cafe atau restauran dengan menu yang monoton.
Banyak sekali makanan enak dan pastinya murah meriah di sana. anda bisa mencoba pecel yang ada di pasar Beringharjo,  ada gudeg di Wijilan, mie lethek, lotek, mangut lele. menu nasi angkringan, dan lain-lain. Jika anda bisa mensiasatinya liburan di Yogyakarta itu bikin kantong anda tidak jebol dan perut kenyang selalu.
5. Memilih transportasi di Yogyakarta
Di Yogyakarta terdapat pilihan taksi, transportasi umum dan penyewaan motor. Jika anda berkantong tebal taksi adalah pilhan yang tepat untuk perdi ketempat wisata tujuan anda. 
Tetapi jika anda ingin menghemat selama traveling ke Yogyakarta. Di sana terdapat transportasi umum bernama BRT atau trans Yogyakarta yang memiliki tarif jauh dekatnya hanya sekitar Rp. 5.000. Terdapat juga bus kota, dan yang selalu menjadi pilihan banyak traveling adalah penyewaan sepeda, motor, atau ada mobi jugal.
Biasanya untuk sewa motor perharinya hanya ditarif Rp.50.000 saja. Dengan memakai motor sewaan ini kita jadi bebas mau mengujungi tempat wisata dengan berbekal map nya.
Untuk penyewaan mobil bagi anda yang berkunjung secara group, sewanya dipatok sekitar  Rp. 350.000 per hari .
Jadi terserah anda sekarang mau milih yang mana, untuk lebih amannya sih kita sewa mobil plus driver yang tahu jalan biar tidak tersesat tapi ya memang akan lebih mahal sih harganya jadinya.

6. Banyaknya pilihan tempat wisata di sana
Kalian yang punya hoby wisata alam bisa datang ke  Gunung Kidul yang punya ribuan spot cantik. Kalau wisata pantai, air terjun, telusur gua dan sungai, juga ada. Tarifnya pun rata – rata sangat murah. Seperti kalau anda traveling ke Gunung Kidul, tiket masuk kesana yang harganya nggak sampai Rp. 20.000 dan anda sudah bisa menjelajahi 13 pantai yang berdekatan, anda bisa mengambil background yang unik-unik untuk foto anda.
Untuk wisata kotanya juga ada banyak museum,amusement park yang ramah anak,  Keraton, sampai shopping dan nongkrong-nongkrong di Malioboro.



Booking.com

7. Berbelanja Cerdas dan hemat
Liburan hemat tidak berarti miskin dan harus melupakan agenda shoppingnya. Traveling tanpa agenda shopping sepertinya kurang pas aja, apalagi buat para wanita. Di Yogyakarta, Banyak terdapat barang-barang yang di jual dengan harga sangat murah.
Kalian bisa mengunjungi Pasar Beringharjo dan Malioboro. cara berbelanja jitu disini adalah  satu aja, harus pintar-pintarl menawar, kita bisa menekan harga dengan si pedagang dan membawa banyak barang, keren kan !
Kalau anda tidak suka pergi ke pasar tradisional, anda bisa ke Mirota Batik di Malioboro, di sana terdapat banyak pilihan kerajinan tangan, batik, souvenir dan lain-lain
Masih banyak tempat lagi untuk berbelanja murah seperti tempat penjualan buku dengan harga yang murah-murah.
8. Traveling itu tidak harus  ke tempat wisata
Pada saat traveling, tujuan yang paling utama adalah mengunjungi objek-objek  wisata. Akan tetapi tujuan itu tidak harus pergi ke objek wisata. Hal yang terpenting adalah suatu tempat tersebut memiliki daya tarik dan memberikan pengalaman yang seru dan menantang
 Seperti Pasar, tempat ibadah, Mall, jembatan, itu bukan objek wisata namun pasti menarik untuk didatangi.  Sebuah pengalaman traveling itu, tidak semata-mata soal berkunjung melainkan adalah sebuah interaksi dengan sesama traveler atau warga loka di sana juga bisa menjadi  sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.
Sekian dulu ya dan semoga bermanfaat artikel mengenai 08 Info tips jitu dan Ngirit traveling ke Yogyakarta, Jawa Tengah Indonesia ini

[bdotcom_bm bannerid=”2106″

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *