SHOPPING CART

close

08 Objek Wisata Menarik di Jember yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berlibur Ke sana

Booking.com
08 Objek Wisata Menarik di Jember yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berlibur Ke sana

Jember adalah sebuah Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, kota ini berbatasan dengan sejumlah kota seperti Probolinggo dan Bondowoso, banyuwangi di timur samudra Indonesia di bagian selatan karena berdekatan dengan laut, Jember memiliki destinsai pariwisata yang berupa pantai dan memiliki banyak sekali tempat wisata yang keren-keren, dan kali ini 17sekians akan membahas tentang 08 Objek Wisata menarik di Jember yang wajib anda ketahui sebelum berlibur ke sana.

Selain wisata pantai yang di miliki Jember juga memiliki wilayah berupa pegunungan sehingga wisata alamnya juga tidak kalah indahnya, Mayoritas penduduk di jember adalah suku Jawa dan suku Madura dan juga ada suku Osing. Bahasa daerah yang digunakan menjadi 2 yakni bahasa madura dan bahasa Jawa. percampuran antara suku madura dan jawa melahirkan sebuah kebudayaan baru yang di kenal dengan nama Pedalungan. Masyarakat Pedalungan di Jember memiliki karateristik yang cukup unik dan menghasilkan sebuah kesenian yang  bernama Can Macanan Kaduk, cuku unik ya. Itulah Indonesia yang beragam dengan kebudayaan dan alamnya.

Bagi traveler yang ingin berlibur ke Jember berikut adalah 08 Objek wisata menarik di Jember yang wajib di ketahui :

1. Objek wisata Pantai Papuma Jember

foto:https://wisatatempat.com

Pantai Papuma adalah destinasi wisata paling populer di Jember, memiliki keindahan panorama pantai yang sangat indah, pasir pantainya yang putih dan bersih, banyak wisatawan lokal yang datang untuk mengujungi tempat ini.
Ada hal menarik di pantai Papuma bahwa terdapat sebuah Goa lawa, yang konon merupakan tempat bersemedinya penguasa putri penguasa laut selatan dan tempat bertapanya kyai Mataram.

Lokasi Pantai Papuma Jember : Desa Lojejer, kec. Wulluhan, jarak dari kota Jember berkisar 45 km
Tiket masuk ke Pantai : Rp. 12.500
Ada terdapat beberapa akomodasi penginapan yang bisa anda sewa untuk menginap di sekitar lokasi Pantai papuma.

 

2. Objek Wisata Pantai Watu Ulo

foto : http://indowalk.com

Objek wisata tidak begitu jauh dengan lokasi Pantai Papuma , dan di sini juga tidak kalah indahnya karena selalu di kunjungi wisatawan baik di Jember maupun luar jember. keunikan pantai ini adalah terdapat sebuah batu memanjang di bibir pantai yang menyerupai badan ular , sosok batu ini yang menjadi daya tarik nya.

Pantai Watu Ulo di lengkapi dengan tempat bermain dan di sediakan area untuk berkemah, sehingga walaupun sudah malam hari , pantai Watu Ulo tetap ada pengunjungnya.

Asal muasal nama Pantai Watu Ullo adalah berawal dari bahasa jawa “Watu” artinya Batu “ulo” berarti Ular di simpulkan Pantai Watu ulo adalah pantai batu ular karena memiliki batu yang memanjang ke arah laut. Dan masih banyak kisah lain juga mengenai Pantai Watu Ulo ini.

Lokasi Objek wisata Pantai Watu Ulo : Desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu, Jember

Dari kota Jember menuju ke Pantai menempuh jarak adalah 40 km. atau bisa di tempuh dengan 02 arah yakni dari timur (Banyuwangi) dan dari Barat (Lumajang).

Misalnya : Banyuwangi ==> Jember ==> Kec. Ambulu ==> Desa Sumber Rejo ==> Pantai watu ulo

3. Objek wisata Pantai Puger

foto:www.indonesiakaya.com

Pantai Puger yang satu ini tidak kalah indahnya memiliki panjang sekitar 3 km, di sini terdapat tempat pengalengan ikan dan kita pun bisa membeli ikan segar langsung ke sana. Di objek wisata pantai Puger juga merupakan tempat untuk memancing ikan untuk melepas stress dan penat biasanya memancing adalah hal yang tepat untuk di lakukan.
Di sini juga biasanya di adakan wisata adat yang diadakan setiap tahunnya yakni melaksanakan ritual tradisional Larung Sesaji yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang telah di berikan , ini dilakukan oleh para Nelayan sekitarnya, dengan membuang nasi tumpeng sebagai sebuah simbol untuk doa dan harapan mereka.

Bagi yang suka memancing dan enggan untuk membawa pulang hasil pancingannya bisa langsung melelangnya di tempat lo, keren kan.

4. Objek wisata Pantai Payangan

foto :www.merdeka.com

Pantai Payangan bisa di bilang tergolong pantai yang sepi pengunjung karena belu banyak wisatawan yang datang ke sini. Namun Pantai ini merupakan pantai yang indah dengan menawarkan keindahan yang keren punya. Pantai Payangan tak berpasir dan menampilkan tebing-tebing dekat bibir pantai sehingga menjadi unik seperti pantai pandawa di Bali (mirip-mirip dikit lah)

Dikawasan Pantai Payangan terdapat 3 pantai yakni di bagian utara terdapat pantai yang melengkung dan memiliki pasir hitam, dan pantai yang berada ditengah memiliki bebatuan yang cantik. Pantai payangan di kelilingi perbukitan yang jika naik dan melihat kebawah maka akan terlihat sebuah pemandangan yang indah dan memukau. dan juga kita bisa melihat sunset dari atas bukit.

Fasilitas Pantai terdapat : musolla, toilet umum, warung makan dan tempat parkirnya. di sekitar lokasi Pantai juga terdapat penginapan yang anda sewa untuk menginap.

Lokasi Pantai Payangan : Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur (32 km dari pusat kota jember)
Tiket Masuk : Rp. 5.000

5. Objek wisata air terjun Air terjun Tancak

foto by www.tabloidwisata.com/

Air terjun tancak memiliki ketinggian mencapai 82 m dan mengalirkan 150 m3/s debit air. merupakan air terjun tertinggi yang ada di Jember. keindahan dari tempat wisata ini adalah lokasinya yang berada di kaki gunung pasang menjadikan udara yang ada di sekitar air terjun sangatlah sejuk dan di tambah pemandangan hijau dari perkebunan, untuk mencapai lokasi wisatawan harus berjalan di jalan setapak yang terjal dan menantang sangat cocok buat anda yang berjiwa petualang.

bagi anda yang ingin ke sini sebaiknya hindari pada saat musim hujan karena jalan yang dilalui akan menjadi ekstrim dan licin.

Lokasi Air terjun Tancak : Desa Darungan, kec. Tanggul dusun Tulis. berjarak 16 km dari pusat kota jember
Air terjun Tancak sering di sebut air terjun dari langit, karena sekitarnya sering tertup dengan awan.

 



Booking.com

 

6. Objek wisata Taman Botani Sukorambi

foto by www.tripadvisor.co.id

Objek wisata taman Botani Sukorambi adalah sebuah destinasi liburan favorit bersama keluarga anda. Kenapa? karena di sini anda bisa melihat beraneka macam bunga yang lengkap dengan panorama alamnya . Luas Taman ini mencapai 4.5 hektar dan di tanami berbagai macam tumbuhan herbal mencapai 300 jenis dan ada 200 macam jenis bunga yang indah-indah.

Fasilitas lain di Taman Botani Sukorambi adalah terdapat kolam renang berbagai ukuran (dewasa, anak-anak) , kolam ikan,flying fox, kebun obat atau tanaman herbal serta kebun buah durian dan buah naga, Kafe dan restaurant dan juga tedapat perpustakaan buku sebagai tujuan liburan yang mendidik.

Lokasi Taman Botani Sukorambi : Jalan Mujahir, Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, sekitar 8 km ke arah barat laut dari kota Jember.
Karcis Masuk : Rp. 7.000/orang

7. Objek wisata Taman Nasioanal Meru Betiri Jember

fotoby :http://www.banyuwangibagus.com

Satu lagi wisata alam yang penuh dengan petualangan di tengah-tengah hutan dan pantai yakni taman nasional Meruu betiri Jember, Taman ini menawarkan sebuah keindahan alamnya dan taman nasioanal ini merupakan sebuah cagar alam sebagai tempat perlindungan terhadap satwa langka seperti harimau jawa, rusa, penyu dll.
Selain itu juga taman ini juga merupakan konservasi tanaman langka Rafflesia Zollingeriana.

Taman Nasioanal Meru Betiri juga terdapat pantai-pantai indah yang masih asri, alami dan perawan belum terjamah ole orang banyak .

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri: Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember

 

Baca artikel lainnya : 

08 Objek Wisata menarik di Banten Yang harus anda ketahui, Sebelum Berlibur kesana!

Pesan Kamar Hotel di Jember, murah aja pakai booking.com-pesan sekarang Ya!

 

8. Objek wisata Waterpark Niagara Ambulu Jember

foto : jemberkab.go.id

Objek wisata air selalu menjadi tempat favorit untuk berkumpul bersama eluarga anda, nah di Waterpark Niagara Ambulu terdapat 03 jenis kolam renang, untuk untuk anak memiliki kedalaman 50cm, untuk remaja kedalamannya mencapai 70cm dan untuk dewasa dengan kedalaman air 160cm, di tambah dengan wahana seru seperti water slider dll. Luas areal waterpark mencapai 6 Ha.

Fasilitas Niagara Waterpark Ambulu di area wisata terdapat sebuah café oper air yang menyuguhkan aneka masakan yang lezat, selain itu juga dilengkapi dengan adanya panggung hiburan yang di isi dengan acara tarian tradisional dan music-musik daerah, wah keren juga ya, jangan lupa mampir ke sini kalau ke Jember

Lokasi Waterpark Niagara Ambulu jember :Desa Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172
Karcis masuk : Rp. 15.000/orang

 

Demikian ulasan mengenai 08 Objek Wisata Menarik di Jember yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berlibur Ke sana, semoga selalu bermanfaar buat teman traveler yang sedang mencari info mengenai Kota Jember. Terimakasih dan Salam Traveling!

 

 

Tags:

0 thoughts on “08 Objek Wisata Menarik di Jember yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berlibur Ke sana

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share