08 Objek Wisata Menarik di Temanggung Jawa tengah yang wajib di kunjungi

08 Objek Wisata Menarik di Temanggung Jawa tengah yang wajib di kunjungi
Temanggung adalah salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah bersebelahan dengan Kabupaten Kendal di utara, Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Magelang di selatan, dan Kabupaten Wonosobo di barat. Dilihat  dari letak geografisnya Temanggung Jawa Tengah merupakan dataran tinggi serta pegunungan, Sehingga banyak industry yang berkembang dalam bidang pertanian. Temanggung juga memiliki banyak sekali tempat menarik untuk di kunjungi inilah 08 Objek Wisata Menarik di Temanggung Jawa tengah yang wajib di kunjungi
Industri yang menonjol yaitu industri pemrosesan kayu. Orang-orang Kabupaten Temanggung begitu tergantung pada iklim serta cuaca yang mensupport hasil panen Tembakau (Temanggung sisi lereng Sindoro-Sumbing serta beberapa besar lokasi tengah serta selatan Temanggung) sesaat Kopi (serta beberapa kecil cengkeh) yaitu komoditas di lokasi utara Temanggung. Berkembang juga sentra-sentra penjualan sayur mayur serta peternakan-peternakan ayam petelur.
 
Lantaran mempunyai tempat yang unik serta cuaca yang rata-rata sejuk serta dingin, Temanggung mempunyai sebagian tempat wisata yang harus dikunjungi oleh beberapa traveler atau wisatawan, Berikut adalah 08 tempat wisata Menarik di Temanggung Jawatengah yang wajib di kunjungi :
 
1. OBJEK WISATA PIKATAN WATERPARK TEMANGGUNG
 
foto:suaramerdeka.com
 
Pikatan waterpark Temanggung yaitu satu diantara wahana air paling besar yang ada di Temanggung, ditempat ini sangat banyak wahana-wahana yang harus anda cobalah, serta tak lupa tempat ini pas untuk semuanya usia, dari mulai anak-anak, dewasa serta orangtua. lantaran tempatnya cukup besar, pikatan waterpark ini dapat di menjadikan untuk wisata yang pas keluarga, anda dapat membawa anak-anak untuk bermain di sini, tidak lupa untuk yang telah dewasa dapat juga berenang ditempat renang yang cukup menantang yakni dengan kedalaman 2 stengah mtr. yang ada di sudut, bisanya kolam renang yang satu ini di untuk jadikan tempat latihan atlet renang, jadi anda dapat lihat juga langkah berenang yang baik serta benar disana.
 
Nama wahana Pikatan waterpark ini diambil dari nama satu diantara nama pemimpin kerjaan mataram kuno yakni Rakai Pikatan. Histori dari wahana air pikatan ini dahulunya yaitu satu Jumbangan atau kolam yang di buat oleh Rakai Pikatan untuk di pakai mandi oleh orang-orang sekitaran pikatan, namun bersamaan dengan perkembanganya pikatan jadi satu kolam renang serta jadi object wisata wahana air yang cukup besar serta pantas untuk di kunjungi.
Alamat objek wisata pikatan Waterpark Temanggung :
 
Alamat pikatan Waterpark Temanggung ini ada di Komplek Pikatan Water Park RT. 5/RW. 5, Jl. Raya Pikatan, Mudal, Temanggung, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56228
Telephone : (0293) 4960431
Buka jam : 07 : 00 wib s/d 17:00
 
Harga ticket masuk di pikatan waterpark dapat beralih setiap saat, bergantung kebijakan yang ada kelak, namun untuk harga kisaran saya yaitu pada Rp. 15. 000 hingga Rp. 20. 000 serta untuk biayaya parkir umumnya ada sendiri yakni pada 1000. hingga 3. 000 untuk roda empat.
Harga Ticket masuk @ Rp. 18. 000
Parkir @Rp/3000,
basuh air hangat @ Rp. 5000
2. Objek Wisata Alam Sewu Temanggung
foto:http://www.paketwisatajawa.com
 
Alam Sewu, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Berjarak sekitaran 35 km dari pusat kota Temanggung. Ini adalah wisata alam pegunungan yang baru, object wisata alam ini menyuguhkan panorama alam pegunungan serta perkebunan tembakau, tanaman khas dari daerah Temanggung. Diberi nama Alam Sewu lantaran tempat ini pas diatas desa Pring Sewu.
Alam Sewu dikelilingi oleh perkebunan tembakau sebagai tumbuhan khas Temanggung. Situasi alam yang hijau serta hamparan awan di langit jadi suguhan yang menarik untuk pengunjung. Apabila wisatawan bertandang saat mendekati pagi hari, bakal dapat memperoleh panorama matahari terbit atau sunrise yang dapat mengundang decak mengagumi akan penikmatnya.
Tempatnya yang ada di dataran tinggi sangat mungkin untuk dapat berburu sunrise. Peristiwa yang begitu pas untuk mengabadikannya dalam kamera.
Letaknya yang ada di kaki Gunung Sindoro juga sangat mungkin pengunjung untuk nikmati sunset di saat sore hari. Panorama yang disuguhi juga tak kalah dengan keindahan saat sunrise.
3. OBJEK WISATA CURUG TITANG TEMANGGUNG
 
foto:http://mytrip123.com
 
Kota Temanggung memanglah mempunyai sebagian curug yang indah serta masihlah alami yang dapat jadikan alternatif tempat liburan. Curug Thitang yang ada di kabupaten Temanggung dapat jadi jalan keluar Anda untuk melepas kebiasaan kerja. Disini Anda bakal memperoleh kedamaian serta fikiran bakal kembali fresh lantaran indahnya curug Thitang.
Curug Thitang nyaris mempunyai persamaan dengan curug Onje yang mempunyai kesamaan masihlah begitu alami serta sedikit pengunjung.
 
LOKASI LETAK TEMPAT WISATA CURUG TITANG TEMANGGUNG
 
Untuk berkunjung ke curug Thitang memanglah akses jalannya lebih gampang dibanding dengan curug-curug yang ada di Temanggung yang lain. Curug Thitang berada di desa Durenan kecamatan Tembarak, Temanggung. Untuk menuju ke tempat wisata ini memanglah tak sesulit curug Onje, curug Thitang cuma berjarak 6 km dari pusat kota Temanggung.
4. Objek Wisata Monumen Meteorit
foto:http://wisatane.com
Objek Wisata Monumen Meteorit adalah  merupakan Objek wisata yang unik di Temanggung dikarenakan objek wisata yang belum tentu ada di tempat lain.. Monumen Meteorit didirikan untuk mengingat adanya peristiwa alam tentang jatuhnya meteor di Ds Wonotirto yaitu pada Hari Jumat tgl 11 Mei 2001 sekitar jam 09.00. Benda langit yang jatuh ini berukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa berjumlah 2 buah Untuk keperluan penelitian kemudian meteor ini disimpan di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta.
 
Namun pada tahun 2010 batu meteor itu dikirm dan dikembalikan kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung dan disimpan di Kantor Bupati Temanggung. Saat ini monumen ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena ingin menyaksikan daerah yang dulunya pernah terdapat meteor jatuh dari langit.
 

 

 
5. OBJEK WISATA TAMAN PENGAYOMAN
 
foto:http://www.hipwee.com
 
Wisata Taman Pengayoman di Temanggung Jawa Tengah yaitu satu diantara obyek wisata yang ada di Desa Temanggung II, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Taman Pengayoman di Temanggung Jawa Tengah yaitu obyek wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari umum ataupun hari berlibur. Tempat ini begitu indah serta dapat memberi sensasi yang tidak sama dengan kesibukan kita satu hari hari.
Wisata Taman Pengayoman di Temanggung Jawa Tengah mempunyai pesona keindahan yang begitu menarik untuk dikunjungi. Begitu di sayangkan bila anda ada di kota Temanggung tak berkunjung ke Wisata Taman Pengayoman di Temanggung Jawa Tengah yang memiliki keindahan yang tidak ada duanya itu.
 
Taman Pengayoman terdapat di belakang Pendopo Pengayoman. Ruangan terbuka hijau ini dapat diperlengkapi mushola, jogging trek serta sitting group. Pas sekedar untuk ngadem serta menentramkan diri dari keramaian kota.
 
6. OBJEK WISATA EMBONG TLOGOPUCANG
 
foto:http://wisatane.com
 
Embung Tlogopucang adalah satu diantara sebagian danau buatan yang di bangun oleh pemerintah daerah Temanggung di daerah Kandangan. Keberadaannya lebih di kenal sebagai tempat photo dari pada obyek wisata lantaran cukup indah untuk diabadikan daripada di nikmati suasananya. Manfaat embung ini nyaris sama dengan embung yang lain untuk menangani kekurangan supply air pada musim kemarau.
 
 
LOKASI :
 
Embung Tlogopucang (Tlogo Pucang) terdapat di desa Tlogopucang, kecamatan Kandangan, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
 
Manfaat paling utama dibangunnya Embung Tlogopucang sesungguhnya untuk menangani kekeringan pada musim kemarau serta curah hujan yang rendah pada musim penghujan. Tetapi kelihatannya keberadaannya tidaklah terlalu bermanfaat lantaran daya tampungnya terlalu sedikit serta jadi kering pada akhir musim kemarau. Keadaan sejenis ini bikin Embung Tlogopucang cuma menarik dikunjungi pada pertengahan musim penghujan di mana air embung tampak penuh
7. OBJEK WISATA LEMBAH POSONG
foto:https://tutursiska.com
 
Wisata Alam Lembah Posong adalah daya tarik wisata baru di daerah Kledung atau jalan paling utama yang menghubungkan dua kabupaten pada Temanggung dengan Wonosobo. Keberadaannya lengkapi daya tarik wisata yang ada terlebih dulu seperti Rest Ruang Kledung serta Pendakian Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari Kledung. Pemandangan keindahan alam yang di tawarkan Wisata Alam Lembang Posong cukup menarik dengan menghadirkan panorama paling utama lereng Gunung Sumbing serta Gunung Sindoro dengan cara berbarengan.
 
Wisata Alam Lembah Posong terdapat di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Adalah object wisata yang dirintis oleh orang-orang sekitaran mulai sejak awal th. 2011 serta disukai oleh wisatawan domestik ataupun mancanegara. Daya tarik paling utama tempat ini yaitu panorama alam serta keindahan sunrise (matahari terbit).
Panorama alam yang indah serta tempat yang masihlah asri serta alami bikin Wisata Alam Lembah Posong pas dipakai sebagai wisata keluarga maupun wisata yang terkait dengan alam. Homestay yang disiapkan sekarang ini baru di ruang pemukiman warga yang ada di samping bawah atau dekat dengan gerbang masuk. Info tentang pemandangan matahari terbit (sunrise) sebagai unggulan tempat ini serta favorite turis mancanegara bakal kami cobalah dilain saat serta menunjukkan apakah tak kalah dengan pemandangan sunrise dari Bukit Sikunir Dieng
8. OBJEK WISATA SITUS LIYANGAN
 
foto:kompasiana.com

Candi Liyangan yaitu Situs purbakala berbentuk candi serta lokasi permukiman di lereng timur Gunung Sundoro, tepatnya di permukiman warga Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo, berjarak sekitaran 20 km. arah barat laut dari kota Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Situs ini baru diketemukan pada th. 2008.
 
Penemuan pertama berbentuk talud, yoni, arca, serta batu-batu candi. Penemuan setelah itu satu bangunan candi yang tinggal sisi kaki serta di atasnya ada satu yoni yang unik, tak seperti biasanya, lantaran yoni ini mempunyai tiga lubang. Riset serta penggalian selanjutnya dikerjakan Balai Arkeologi Yogyakarta pada 2010 serta 2011 menyimpulkan kalau Situs itu bukanlah adalah candi besar namun satu perdusunan Mataram Kuno. 
 
Berdasarkan deskripsi hasil survey penjajakan Balai Arkeologi Yogyakarta menyimpulkan kalau Situs Liyangan adalah Situs dengan ciri-ciri kompleks ; tanda-tanda sebagai Situs permukiman, Situs ritual, sekalian Situs pertanian.
Sekian dulu artikel mengenai 08 Objek Wisata Menarik di Temanggung Jawa tengah yang wajib di kunjungi, semoga bermanfaat  ya, terimakasih
kalo suka artikel jangan lupa di share ya…


         

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *