SHOPPING CART

close

08 Objek Wisata Pantai di Pacitan Jawa timur yang Bagus dan Wajib di Kunjungi

Booking.com

 

objek wisata di pacitan
foto:http://pacitannews.com
Kabupaten Pacitan Jawa Timur sangat terkenal karena memiliki beragam keindahan obyek wisata terutama objek wisata pantai di Pacitan yang bagus – bagus . Tempat kelahiran Mantan Presiden ke 6 Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini memiliki
 
kelebihan dari hamparan laut yang dekat di kawasan Samudera Indonesia. Tidak seperti objek wisata di Kota Surabaya yang banyak dengan objek wisata sejarah. Di pacitan jawa timur sendiri banyak didominasi oleh objek wisata akan alam yang memukau. Inilah yang membedakan Kota Surabaya dengan Pacitan di jawa timur.
 
Jika kita membicarakan tentang obyek wisata di Pacitan memang tidak akan ada habisnya. Pacitan jawa timur sebenarnya memiliki potensi pariwisata yang sungguh luar biasa banyaknya dan macam-macamnya terutama wisata alamnya. Kenapa? karena letak geografis dari Kabupaten Pacitan ini yakni berada di kawasan pesisir laut selatan jawa, dan juga sebagian wilayahnya merupakan
 
pegunungan karst. Hal ini yang membuat Pacitan  memiliki kekayaan akan potensi pariwisata. Objek wisata di sana  diantaranya adalah wisata pantai, goa, dan gunung dan beberapa obyek wisata alam lainya. Pacitan Jawa timur dikenal juga dengan sebutan kota 1001 goa, sebuah kabupaten kecil yang berlokasi di ujung barat paling selatan Propinsi Jawa Timur. Selain memilki banyak goa menawan seperti Goa Gong yang telah di nyatakan sebagai goa terindah di Asia Tenggara, Pacitan juga memiliki pantai-pantai yang cantik. disini kita akan membahas beberapa pantai yang bagus di daerah Pacitan.
 
Kabupaten Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur Indonesia, luasnya mencapai 1.390km2 (wiki), banyak terdapat pantai di Pacitan yang bagus-bagus dan memiliki keunikan tersendiri di setiap obyek wisata pantainya. 17 sekians mengambil 08 objek wisata pantai yang bagus sebagai bahan rekomended wajib untuk di kunjungi jika berkunjung ke Pacitan jawa timur :
1. Objek WIsata Pantai Banyu Tibo
 
Pantai Banyu Tibo
foto:yopiknik.com
 
Pantai ini sangat rekomended menjadi salah satu objek wisata anda yang wajib dikunjungi, Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, kec. Donorojo Pacitan,
Pantai ini sangatlah unik, karena memiliki air terjun yang mengalir tepat di pinggir pantai, dimana kucuran airnya langsung terjun dan mengalir ke pantai Selatan.
Nama Banyu Tibo merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat lokal disekitar sana,  dimana air terjun tersebut berada. Arti dari Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang langsung jatuh. Sangat  Indah sekali jika anda bisa melihat langsung ke sana

2.Objek Wisata Pantai Buyutan
Pantai Buyutan
foto:youtube.com
 
Pantai Buyutan juga masih berada di desa Widoro, Donorojo Kalak,  pantai Buyutan memiliki pesona Pantai dengan Pasir putih lainnya yang tak kalah indahnya dengan Pantai Srau, Watukarung, maupun Klayar di Pacitan. Jika anda traveling ke sana  anda akan di temani dengan pantai yang memiliki pasir putih yang indah, dan bersih serta birunya warna laut yang dan semilir angin membuat anda menjadi rileks dan melupakan sejenak permasalahan
 
Pantai Buyutan merupakan salah satu pantai di kota 1001 goa yang terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Lokasi pantai Buyutan berdekatan dengan Pantai Klayar yang juga berada di daerah Donorojo.
3. Objek Wisata Pantai Klayar Pacitan
 Pantai Klayar Pacitan
foto:initempatwisata.com
 
Obyek wisata pantai  Klayar adalah menjadi obyek wisata unggulan dan sekaligus Ikon pariwisata dari Kabupaten Pacitan.  Pantai Klayar berada di Desa Belah, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini berlokasi sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan bisa di capai kurang lebih 90 menit dari kota Pacitan.
Kenapa bernama Klayar? bahwa dulu konon nama Klayar berawal dari guyonan atau kelucuan orang lokal Klayar-kluyur yang artinya jalan-jalan, wah ada-ada saja.
 
Pantai Klayar adalah pantai yang bagus di Pacitan yang mempunyai ciri-ciri berupa hamparan pantai dengan pasir putih, air laut yang berwarna biru atau disebut Hijau Tosca, batu karang  serta tebing-tebing batu yang bagus-bagus dan mempesona, dan juga memiliki air mancur alami. Semua itu menjadikan pantai Klayar memiliki keindahan tersendiri dan wajib untuk di kunjungi di Pacitan, Jawa Timur.
 
Apa yang menarik dari Pantai Klayar adalah Pantai yang bersih nan indah dari bentuk batuan karang yang menyerupai Tanah Lot di Bali yang indah dengan bebatuannya, dan juga di pinggiran Pantai Klayar terdapat banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai-pantai  yang berada di pacitan.
4. Objek Wisata Pantai Karang Bolong
 

 

pantai karang bolong
foto:http://www.krakatauradio.com
Pantai yang tak kalah bagusnya dengan pantai Klayar masih berada di Kelurahan Sendang, Donorojo Pacitan, atau jika menuju ke Pantai Klayar, lokasi pantai Karang Bolong yang ada di sebelah barat. Jalan masuknya tepat di depan pos retribusi pantai Klayar.
 
Namun hingga saat ini, aksesnya masih alami dan sehingga cukup sulit untuk di tempuh  apalagi dalam kondisi jalan basah karena hujan.
 
Jalan yang di lalui masih alami yakin dari tanah, dan terbentuk karena sering di lalui kendaraan mobil maupun motor. Pemerintah daerah haruslah memperhatikan hal ini mengingat mereka memiliki aset pariwisata yang bagus di sana, untuk memperbaiki
infrastrutur jalannya
Hal menarik dari pantai Pantai Karang Bolong Pacitan adalah Selama perjalan ke sana kita akan di suguhin suasana pedesaan dan hijaunya pepohonan yang  di lalui, setelah sampai di tempat tujuan anda bisa menikmati keindahan pantai selatan lengkap dengan
 
tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang arahnya menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Sangat tidak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali. Wow indahnya alam Indonesia, jika liburan ke Pacitan jangan lupa ke sini ya salah satu pantai di Pacitan Yang bagus.
5. Objek Wisata Pantai Sruni


Patai seruni atau Sruni adalah salah satu pantai yang tergolong pantai yang belum tersentuh akan banyak jejak manusia uang berkunjung pantai ini masih sepi, sejuk, dan asri sehingga banyak orang yang memberikan julukan di pantai ini dengan nama pantai

perawan

Pantai Sruni ini merupakan  pantai yang bagus dengan pasir putih yang berlokasi di Desa Jlubang, Pringkuku Pacitan. Diantara semua obyek wisata pantai di Kabupaten Pacitan, pantai Sruni memang belum dikelola pemerintah daerah secara baik, akses jalan menuju kesana pun masih agak susah untuk di lalui sehingga hal juga menyebabkan banyak orang enggan untuk berkunjung, tapi jika anda seorang traveler sejati hal ini tidak akan mengurungkan niat anda untuk menikmati salah satu keindahan pantai di Indonesia



Booking.com

6. Objek Wisata Pantai Srau

foto:http://dolandolen.com


Pantai Srau merupakan pantai yang persis sama seperti pantai Klayar , pantai ini juga memiliki ciri pasir putih yang lembut dan bersih seperti yang ada di panai Klayar, di sana juga terdapat banyak karang-karang yang yang sangat indah, Lokasi pantai ini berada di Desa Candi kecamatan Pringkuku, dengan jarak hampir 30 km ke arah barat dari pusat kota Pacitan.
 
Untuk menuju ketempat ini jalan yang di tempuh cukup berliku-liku dan memiliki ruas jallan yang kecil jadi anda harus lebih berhati-hati ya, kebanyakan juga rumah penduduk di sana masi berbahan kayu  sejenis rumah gebyok


 
Yang menarik dari tempat ini adalah di Pantai Srau wilayahnya cukup luas jika di bandingkan dengan panatai Klayar, Dengan area yang luas membuat kita dengan bebas untuk memarkirkan kendaraan kita jika berkunjung ke tempat ini, Banyak juga pohon kelapa di sekitar pantai ini yang membuat pantai Srau menjadi sangat alami dan enak di pandang.
7. Objek Wisata Pantai Teleng Ria

pantai teleng ria
foto:pacitantrip.com


Pantai Teleng Ria hanya berjarak 3,5 km dari pusat kota Pacitan, dan Pantai ini memiliki dasar dari pasir dan ombak dengan tipe beach break. Karena memiliki ombak yang lumayan, sehngga di pantai ini dibangun sebuah life guard tower yakni di mana tempat penjaga pantai mengawasi dan memastikan keselamatan para pengunjung yang datang.
Pantai Teleng Ria adalah patai dengan lautan yang menjorok ke darat yang biasa disebut teluk. Pantai ini juga termasu dalam jajaran Pantai Selatan dengan luas pasir putih sepanjang hampir 3 km. Pantai Teleng Ria diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian darisebuuah  pegunungan kapur Selatan yang berdiri membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek dan menghadap ke Samudera Indonesia.
8. Objek Wisata Pantai Tamperan
Pantai Tamperan
Pantai Tamperan juga berlokasi berdekatan dengan pusat kota Pacitan. Pantai Tamperan sendiri lebih banyak digunakan sebagai pelabuhan Ikan dan pusat perindustrian usaha perikanan . 
 
Pemerintahnya melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Timur mendirikan salah satu prasarana perikanan (Pelabuhan Perikanan) di kawasan Kabupaten Pacitan. Pelabuhan tersebut yakni Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP)
Tamperan, Pacitan. Usaha dari pemerintah daerah ini bertujuan untuk membuka lapangan kerja dan memajukan pendapatan dari nelayan . Walaupun bukan sebagai Objek wisata tidak ada salahnya kita traveling kesana untuk melihat perindustrian perikanan di PAcitan karena seru juga kan dan mungkin kita bisa membeli ikan langsung di sana dengan harga yang relatif lebih murah kan

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

08 Tips Asyik dan seru Traveling dengan Motor, Anda Wajib Tau dan Praktekan !

Demikian artikel ini dibuat mengenai objek wisata pantai yang bagus-bagus di Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kekayaan alam Indonesia, Negara ini adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Mari kita jaga dan pelihara buat anak, cucu kita kelak
(Sumber artikel :http://indoexland.blogspot.co.id/ & WIKIPEDIA.COM)

Tags:

0 thoughts on “08 Objek Wisata Pantai di Pacitan Jawa timur yang Bagus dan Wajib di Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share