08 Tempat Wisata Menarik yang ada di Sumatera Selatan dan wajib anda kunjungi

08 Tempat Wisata Menarik yang ada di Sumatera Selatan dan wajib anda kunjungi
08 Tempat Wisata Menarik yang ada di Sumatera Selatan dan wajib anda kunjungi
Provinsi Sumatera Selatan adalah merupakan satu provinsi yang berada di Indonesia. Sumatera Selatan (Sumsel) beribukota Palembang dilihat dari segi geografis mempunyai lokasi yang berbatasan dengan provinsi lain seperti Jambi di bagian utara, propinsi Lampung di bagian selatan, provinsi Kep. Bangka Belitung pada bagian timur, dan Propinsi Bengkulu di bagian sebelah barat. Inilah 08 Tempat Wisata Menarik yang ada di Sumatera Selatan dan wajib anda kunjungi
Di SumSel sendiri memiliki beberapa tempat wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi  dan tempat wisata ini bukan hanya menarik di SumSel tetapi juga menjadi tempat wisata favorit di Indonesia. Banyak Wisatawan lokal maupun asing yang selalu datang berkunjung ke kota Palembang di setiap tahunnya, Mereka sekedar ingin melihat dan menikmati tempat-tempat wisata itu.
Berikut adalah 08 Tempat Wisata Menarik yang ada diSumatera Selatan dan wajib anda kunjungi :
1. Tempat Wisata Rumah Limas
 
foto:http://hellopalembang.com

Rumah Limas adalah sebuah rumah tradisional ciri khas dari Sumatera Selatan dengan segi bentuk rumah adalah memiliki bentuk panggung dan berbahan dari kayu, kenapa disebut sebagai rumah limas karena atapnya menyerupai bentuk yang seperti limasan. Bangunannya memilki tingkat-tingkat dan mempunyai filosofi budaya tersendiri di setiap tingkatannya dan masyarakat lokal di sana menyebut tingkat-tingkat ini adalah bengkilas.
Satu rumah Limas sangat lah luas dan seringnya rumah limas di pakai untuk tempat acara-acara khusus atau acara adat desa setempat . Luas sebuah rumah limas sendiri mencapai luas sekitar 400 sampai 1000 meter/ segi. Bahan dari bangunan itu sendiri adalah beberapa material lantai, dinding, serta pintu memakai bahan dari kayu pohon tembesu.
2. Tempat Wisata Makam Ki Gede Ing Suro
 
 
Makam Ki Gede Ing Suro adalah salah tempat wisata religi yang menarik untuk di kunjungi.  lokasi makam berada di Kelurahan 1 ilir. Disana terdapat 8 buah bangunan berisi 34 kuburan dan dsalah satunya adalah kuburan Ki Gede Ing Suro yang merupakan awal dari sejarah Raja-raja Palembang.
Pada abad ke16 dalam cerita sejarah ada seorang bangsawan dari Jawa yang bernama Sido Ing Lautan tiba di Palembang bersama para pengikutnya. dan beliau diganti oleh puteranya sendiri bernama Ki Gede Ing Suro tahun 1552 dan mendirikan sebuah Kerajaan Palembang dan pada saat itulah awal dari masuknya agama islam ke Palembang.
3. Tempat Wisata Jembatan Ampera
 
foto:http://www.jalanjalanyuk.com
Jembatan Ampera merupakan lambang dari kota Palembang, awal mulanya jembatan ini bernama Jembatan Bung karno karena di bangun pada masa pemerintahan presiden Soekarna, tetapi kemudian di ganti menjadi Jembatan Ampera yang singkatan dari Amanat Pemerintahan Rakyat. Jembatan Ampera di bangun di atas Sungai Musi.
Sungai Musi yang adlah salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Di salah satu pinggiran sungai Musi terdapat satu benteng yang bernama Benteng Kuto Besak yakni salah satu tempat wisata yang memiliki sejarah menarik. Banyak juga cerita-cerita menarik yang bisa di dapatkan jika anda mau menyusuri sungai Musi, seperti ke Pulau Kemaro, yang merupakan delta sungai Musi. Pulau ini juga memiliki sejarah dan kisah yang menarik untuk di pelajari.
4. Tempat Wisata Goa Putri Baturaja
 
foto:http://zhwart.xyz
 
Goa Putri Baruraja berada di Desa Padang Bindu. Untuk dapat menuju lokasi Goa Putri Baturaja diperlukan waktu hampir sekitar 6 jam an dari kota Palembang. Dengan detail perjalanan sekitar 5 jam menuju Baturaja dan 1 jam menuju arah Goa Putri. Mengenai tarif transportasi cukup terjangkau dan jika anda ingin menggunakan transportasi umum di anjurkan mengunakan Bus dari stasiun Palembang .
Konon Goa Putri Baturaja terbentuk dari sebuah ceritra dongeng jaman dahulu, Goa ini sangat menarik unutk di kunjungi  dan wisatawan yang datang tempat wisata ini setiap akhir pekannya.
5. Tempat Wisata Hutan Wisata Punti Kayu
 
foto:http://hellopalembang.com
Hutan Wisata Punti Kayu memilki luas 50 hektare berjarak kurang lebih 7 km dari kota Palembang dan ditetapkan sebagai hutan lindung pada tahun 1998, Hutan Wisata dikelola langsung oleh Dinas Kehutanan . Hutan Wisata Punti kayu terdapat banyak monyet lokal yang mendiami tempat ini.
Tempat wisata sangat cocok untuk acara rekreasi keluarga dan untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran pada akhir pekan. Tempat menarik yang bisa di kunjungi di sini adalah bermain menaiki gajah, melihat kebun binatang mini, mandi di kolam renang, atau sekedar duduk bersantai di antara pepohonan pinus. Dan terkadang tempat wisata ini mengadakan hiburan yang dihadiri oleh artis lokal atau luar kota.
6. Tempat Wisata Kebun Binatang Sriwijaya
 
foto:http://betapunyaa.blogspot.co.id
 
Kebun Binatang Sriwijaya adalah merupakan tempat rekreasi warga Palembang yang favorit apalagi jika liburannya mengajak keluarga anda . Di dalam Kebun Binatang banyak terdapat satwa-stawa seperti ikna, buaya dan gajah yang bisa anda naiki dan berkeliling,
Lokasi Tempat wisata tidaklah terlalu jauh dari kota Palembang yakni 55 Km ke arah barat dari kota Palembang. Tepatnya di pinggir jalan lintas Sumatera dan Palembang serta Prabumulih SumSel.
7. Tempat Wisata Arung Jeram Sungai Manna
 
 
Arung Jeram Sungai Manna adalah tempat wisata yang menyuguhkan tantangan arung jeram dengan tingkat kesulitan yang bermacam-macam. Sungai manna berlokasi di Kecamatan Tanjungsakti, sekitar 40 km dari kota Pagaralam.
Sungai ini dibagian awal sungai ini cukup besar, setelah 15 Km kedepannya luas sungainya menjadi sempit, arus sungai ini pun juga cukup deras dan besar , sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi Anda yang menggemari olah raga menantang ini.
Aliran sungai yang begitu keras dengan dinding – dinding batuan padas berada di pinggiran sungai, ditambah arus yang membentuk lengkungan dan arus yang memutar. Anda yang menyukai olah raga air wajib kesini dah dan ketika melalui tempat ini akan terlihat tebing-tebing yang memperlihatkan pemandangan alam hutan hujan tropis Sumsel.
8.Tempat Wisata Danau Ranau
 
foto:http://palembang.tribunnews.com

Berwisata ke Danau Ranau sangatlah  menarik , Kenapa? karena daerah ini masihlah asri dan jauh dari polusi udara . Tempat wisata danau Ranau berlokasi  di Kampung Lombok, Kec. Sukau, Kab. Lampung Barat. Danau ini diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Lam-bar, Jika anda ingin menginap tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas Hotel kelas Bintang 3 berfasilitas lengkap. sangat cocok untuk liburan keluarga sambil menikmati pemandangan alam.
Demikian dulu ya, semoga bermanfaat dan mari majukan pariwisata di kota -kota di mana tempat kita tinggal. Pariwisata adalah satu-satunya cara agar kita bisa mengenalkan tradisi dan budaya kita ke dunia. terimakasih sudah membaca artikel mengenai 

 

17sekians **SALAM**



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *