08 Tips Asyik dan seru Traveling dengan Motor, Anda Wajib Tau dan Praktekan !

traveling motor
foto:http://ulinulin.com
Hello Traveler, Kali ini 17sekians mencoba memberikan tips traveling dengan motor menggunakan motor, Sebenarnya banyak cara jika anda ingin travelling yakni dengan mobil, transportasi umum dengan berjalan kaki sekalipun bisa dilakukan.

mengingat Indonesia ini pengguna kendaraan motor nya sangat banyak, dan hampir semuanya ketika mengadakan traveling menggunakan alat transportasi motor, baik itu liburan, pulang kampung kampung atau mudik pas hari raya tiba. Termasuk saya sendiri sangat menyukai melakukan aktivitas dengan motor, soalnya tidak punya mobil sih ha..ha

Melakukan traveling dengan motor sebenarnya banyak manfaatnya positifnya yakni kita bisa terhindar dari macet, dari segi biaya lebih irit, perjalanan lebih cepat dan bisa langsung merasakan udara dan terasa bebas, namun dengan traveling menggunakan motor juga ada segi kekurangannya yakni motor hanya bisa muat 2 orang atau paling banyak bertiga dengan anak kecil, dari segi safety juga beresiko kecelakaan di jalan, kehujanan, kelelahan di jalan dan sebagainya.

traveling motor
foto:http://ammots.weebly.com


Sehingga di artikel ini , saya mencoba memberikan 08 tips asyik dan seru traveling dengan menggunakan kendaraan motor, gunanya agar kita lebih safety selama perjalanan nanti, adalah sebagai berikut :
1. Cek dan ricek kendaraan motor anda
Sebelum melakukan traveling dengan motor , hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan cek kondisi motor anda. Bisa di mulai dari rem motor, gas, kondisi ban, oli mesin, semua hal ini anda bisa cek di bengkel langganan anda jika tidak begitu memahami dengan kondisi mesin motor.
Safety atau keselamatan merupakan hal yang paling berharga jadi kita harus mempersiapkan motor kita di kondisi yang siap di pakai selama perjalanan kita

2. Dokumen motor dan SIM harus valid dan lengkap
Yang kedua adalah surat-surat motor seperti SIM, BPKP, KTP harus lengkap di bawa dan masih berlaku, ingat bahwa ini negara hukum jadi semua kendaraan harus memiliki surat-surat lengkap. Karena siapa tahu juga ada razia polisi di jalan dan harus menunjukan surat-surat motor anda, jika tidak lengkap anda bisa di tahan atau membayar tilang di tempat. Wah hal ini akan mengganggu traveling anda tentunya.
3. Mengenali rute traveling yang akan di tempuh
Kemana anda merencanakan traveling anda k Puncak, Malang, Bali atau kemana saja, pastikan agar anda memsiapkan dan mempelajari rute atau jalan yang akan di tempuh nanti. Ini sangat penting karena berkendaraan motor memerlukan stamina yang prima dan kita juga perlu gambaran tentang skema perjalanan nanti.

Anda bisa mencari informasi ini melaui google Map, di sana anda bisa menghitung waktu perjalanan yang di tempuh sampai tempat tujuan, jalan-jalan mana saja yang akan di lalui dan masih banyak lagi fasilitas yang bisa di lihat.

Jika waktu liburan atau cuti anda hanya sebentar antara 2-3 hari, bijaklah untuk memilih lokasi liburan yang tidak memerlukan waktu tempuh lebih dari 1 hari, ini akan menghabiskan waktu cuti anda hanya di jalan saja.
4. Perlengkapan pendukung berkendaraan Motor
Ok selain surat-surat motor yang sudah di bahas di no 1, ada baiknya kita juga perlu memperhatikan perlengkepan pendukun dalam berkendaraan naik motor seperti helm standart (SNI) , Jaket , sarung tangan, sepatu. Anda harus melindungi diri anda dari segala macam bahaya yang tidak terduga karena naik motor resiko kecelakaan jauh lebih tinggi dari berkendaraan menggunakan mobil.

Kita harus selalu melindungi anggota tubuh kita dari hal-hal yang tak terduga terjadi di jalan. Sangat wajib hukumnya kita memakai perlengkapan pendukung di atas. selalu ingat bahwa kita memiliki keluarga, anak, orang tua yang menyayangi kita dan kita pun wajib melindungi mereka pula.

 

5. Kunci-kunci atau tools Sederhana wajib di bawa
kita memang sudah memepersiapkan motor kita dalam keadaan yan fit, namun apa yang terjadi di jalan belum tentu sesuai dengan kemauan kita, ada baiknya kita membawa tools motor yang sederhana saja seperti obeng atau kunci pas, untuk mengantipasi kalau tiba-tiba motor mogok atau mati di tengah jalan, dan tidak bisa menemukan bengkel terdekat.
6. Mengambil waktu istirahat jika kelelahan
Memang sangat praktis dengan berkendaraan motor dan kita memiliki, mengatur waktu secara bebas, akan tetapi janganlah terlalu memaksakan berkendaraan untuk segera sampai ke tempat tujuan. Faktor kelelahan, ngantuk itu pasti ada jadi istirahat lah sesering mungkin dan normalnya sih setiap 3 jam berkendaraan kita wajib untuk isitrahat antara 15 – 20 menit agar kondisi badan anda tetap fit dan semangat.

Jika dalam traveling anda bersama teman anda, ada baiknya saling bergantian dalam berkendaraan agar tidak cepat lelah dan anda pun bisa menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan di jalan.
7. Malu bertanya sesat di jalan
Ingat lah bahwa sebagai seorang traveler adalah seseorang yang haus akan informasi, anda ingin mencari sesuatu yang baru, dalam perjalanan anda pasti akan menagalami kendala sehingga anda memerlukan informasi dari orang lain

Hal berlaku sama saat traveling dengan motor, kemungkinan tersesat dijalan pasti ada meskipun anda sudah menggunakan aplikasi Google Map, so jangan sungkan-sungkan untuk bertanya dengan sopan kepada orang -orang di sekitar anda, bertanya dengan cara yang sopan tentu akan di respon baik dengan orang lain

Dan juga selalu memperhatikan rambu-rambu lalulintas di sepanjang jalan, hindari untuk melanggarnya karena kalau lagi apes anda bisa di tilang sama om Polisi. selalu waspada dan berhati-hati dijalan untuk keselamatan anda.
8. Berdoa
Jika semua tips di atas sudah anda pahami , terakhir yang tak kalah pentingnya adalah berdoa sebelum, selama traveing dan sampai di tempat tujuan. Apapun yang ingin anda lakukan sebaiknya di mulai dengan meminta ijin Tuhan terlebih dahulu agar di berikan kemudahan, keselamatan selalu.
Demikian adanya tips traveling dengan motor semoga bermanfaat, jika suka dengan artikel ini , mohon kiranya untuk di share, yuk traveling…
 
17sekians – SALAM-




 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *