08 Tips jitu Traveling aman ala Backpacker buat liburan anda menjadi lebih ngirit dan menyenangkan

backpacker
foto:http://bhq.web.id
Traveling jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah sebagai jalan-jalan semakin digemari oleh banyak orang. Sekarang pun banyak kita temui di jalan-jalan orang orang yang melakukan traveling aman ala backpacker, karena memiliki tantangan tersendiri dan jauh lebih hemat, biasanya dilakukan oleh para anak muda yang haus kan pengalaman dan memiliki semangat akan
petualangan. tapi sebelum membahas tips traveling ala backpacker mari kita bahas tentang makna dari traveling itu sendiri.

backpacker
foto:https://letsescape.me


Tujuan dari banyak orang melakukan traveling adalah sangat bervariasi tergantung individu setiap orangnya:
·         – Ada yang melakukan untuk pekerjaan seperti membuat suatu travelling blog,
·         – Ada yang ingin menjelajah suatu tempat baru,
·         – Ada yang memang ingin murni liburan untuk  relaksasing
·         – Traveling karena hoby akan kuliner dan ingin mencoba makanan khas tempat baru yang akan dikunjungi, ingin memiliki   pengalaman baru dan mencari teman baru
Sering melakukan traveling juga ternyata memiliki manfaat-manfaat positif seperti dapat memperkaya pengalaman dan ilmu pengetahuan akan budaya dan bahasa baru, dan masih banyak lagi manfaat traveling.
Dan tujuan dari orang melakukan traveling banyak macamnya, untuk lebih aman, ada yang lebih suka melakukannya dengan memakai jasa tour & travel dan ada juga yang lebih menyukai traveling ala backpacker karena memiliki tantangan tersendiri.
Pengertian mudah tentang backpacker adalah traveling dengan enggunakan ransel atau tas punggung, ada juga pengertian lainnya adalah mengadakan traveling dengan menggunakan biaya minim hal ini sangat berbeda dengan traveling dengan menggunakan jasa agent yang tentu biayanya jauh lebih mahal.
Seorang Backpacker adalah seorang pemberani yakni seorang penjelajah sejati dan memiliki kebebasan dalam menentukan suatu tujuan perjalanan


backpacker
foto:catatanransel.wordpress.com


Berikut adalah beberapa tips traveling aman ala Backpacker, cek dibawah ya :
1. Mempersiapkan Diri Dulu
 
Kemana akan melakukan traveling? singapura, thailand, jepang yang paling penting adalah kita mencari informasi terlebih dahulu tentang negara tujuan berlibur.
Traveling ala backpacker adalah sebuah petualang dan pembelajaran tentang sesuatu. Mempelajari bahasa negara tujuan berlibur adalah penting untuk menunjukan bahwa kita menghormati mereka. Tidak perlu mempelajari bahasa yang pasif cukup tahu sedikit pun tidak apa-apa seperti selamat pagi, halo, terimakasih, apa kabar, ini akan membantu kita ketika ingin menanyakan sebuah informasi kepada orang di sana.
Karena semakin banyak kita mengetahui informasi akan mempermudah untuk kegiatan petualangan backpacker kita. Jangan lupa selalu mengecek dokumen pribadi kita untuk mendukung contohnya pasport, visa, itinerary pemesanan tiket, hotel harus sudah lengkap.
2. Dana
 
Dana dalam artian uang adalah hal sangat penting yang harus kita ingat dan perhatikan selama traveling liburan.
Backpacker adalah kegiatan traveling dengan menggunakan pengeluaran yang yang kecil atau irit dalam hal
sewa akomodasi, transportasi dan biaya makan, harus di patok sekecil mungkin.
Tak heran kita sering melihat seorang backpacker berada di tempat-tempat yang kesannya murah , menginap di tempat yang murah , makan di pinggir jalan kesannya kumuh ya tapi ini berguna dalam penghematan.
Ada baiknya juga saat traveling anda mengajak teman dalam perjalanan, karena biaya akan semakin hemat, misalkan dalam menyewa hotel, anda bisa patungan dalam membayar sewanya.
Ingat lah bahwa salah satu tujuan traveling ala backpacker adalah berpetualang dengan biaya yang rendah.

3. Barang Bawaan seperlunya saja
 
Traveling ala backpacker adalah seorang yang memiliki jiwa sederhana, prakris dan easy going, dalam hal bawaan saat traveling tidak memerlukan suatu yang namanya gaya, fashion atau trend.
Bawalah pakaian yang bisa anda pakai seharian contohnya kaos, untuk wanita tidak perlu memakai accesoris yang terlalu banyak kecuali sunglasses (kacamata hitam) dan sun block karena harimu akan di habiskan di luar sana.
selebihnya kita hanya membawa pakaian yang nyaman dan seperlunya saja kita bisa hitung dengan lamanya kita ber traveling ya.
Tas yang di pakai biasanya tas ransel untuk lebih praktis dan efisien :
·         Kalau perjalanan dengan waktu yang lebih lama, bisa menggunakan semi carrier (ukuran 35-40 liter) atau carrier (ukuran 45-80 liter).
·         Untuk perjalanan yang hanya dalam waktu beberapa hari, gunakan ransel jenis ‘day-pack’ (ukuran 20-30 liter)
·         Untuk berat bawaan juga harus di perhatikan biasanya untuk pergi keluar negri berat maksimum tas tidak lebih dari 20kg
4. Saatnya menyusun perjalanan di tempat tujuan
Amat lah penting bagi seorang backpackers untuk membuat rencana perjalanan nanti di tempat tujuan wisata. Mari pelajari terlebih dahulu
tempat-tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi nanti saat di sana, pelajari juga rute dan alat transportasi apa saja yang tersedia untuk menjangkau ke tempat-tempat wisata tersebut nanti.
Perhitungkan juga berapa waktu yang dibutuhkan, Cara yang paling ampuh mencari infonya adalah dengan mengcopy itinerary dari paket- paket wisata yang ditawarkan oleh agen tour n travel, atau dengan banyak browsing di internet mencari info tentang catatan perjalanan orang yang pernah mengunjungi tempat wisata yang akan kita dituju.
Pengalaman orang lain tersebut akan menjadi referensi bagi kita untuk menentukan apa saja yang akan kita lakukan nanti saat traveling.
5. Ikut Join Bareng komunitas backpacker
Menjadi seorang backpacker haruslah open minded dan menghargai, menghormati orang lain. Masalah kadang menimpa seorang backpacker disaat berpergian dengan hanya uang dan peralatan seadanya, ini lah merpakan tantangan yang harus di hadapi seorang bacpacker saat berlibur.
Cara menghadapi masalah ini adalah mencoba menjalin komunikasi dengan backpacker lain dan masyarakat setempat .
Inilah pentingnya kita membangun suatu komunitas backpacker untuk menggali lebih dalam informasi dan persaudaraan, Anda bisa mencari di media sosial seperti facebook untuk bergabung dan mengenal satu sama lain.
Bagi backpacker pemula yang baru belajar, bergabung dengan komunitas backpacker akan dapat mengubah jati diri anda menjadi pribadi yang lebih mandiri dan berani mengambil keputusan, mengubah anda menjadi seorang petualang sejati. Salam Backpacker !
6. Pribadi yang  berani mengambil risiko
 
Traveling ala Backpacker adalah sebuah traveling petualangan yang berani mengambil sebuah resiko, berani menghadapi “alam dan cuaca”.
Jangan pernah takut untuk menjadi sesuatu yang beda, karena disana lah letak kepuasan bathin itu, kepuasan terletak pada saat proses pencapain goal anda.
Ayo keluar dari zona nyaman anda, tidur nyanyak setiap hari, makan enak bisa belanja apa saja. Mari kita belajar untuk menhargai orang lain, alam ini, melakukan sesuatu demi kebaikan orang lain.
Menjadi seorang Backpacker adalah belajar untuk melihat lingkungan sekitar yang sebenarnya terjadi. Belajar akan reality kehidupan. Belajar dan menjadi seorang pribadi yang berani mengambil sebuah resikohehe..dalam sekali tulisan nya..
7. Anda siap melakukan traveling
Ok pesiapan sudah matang anda akan siap traveling ala Bacpacker, pastikan semua dokument sudah siap seperti dokument perjalanan anda
Bawalah tas pinggang yang isinya untuk dokemen anda contohnya : Pasport, ID anda, Tiket, kartukredit, polis asuransi, smartphone anda, kamera
Dan jangan lupa juga membawa obat-obatan dan vitamin biar anda selalu fit terus dalam perjalanan, terkadang faktor cuaca membuat kita jadi sakit karena belum terbiasa inilah gunanya membawa vitamin di setiap traveling anda

8. Smartphone selalu aktif
Sekarang jaman sudah canggih, bekali diri anda dengan smartphone yang selalu aktiv, mungkin bisa di temani dengan power bank untuk stabilitas baterai hp anda
Selama perjalanan anda perlu memberi kabar kepada keluarga, orang tua, istri teman terdekat tentang keberadaan anda ataupun jika ada keadaan emergency terjadi anda bisa langsung menghubungi mereka lewat video call atau WA. Betapa penting sebuah smartphone yang anda bawa sebagai guiding anda dalam traveling.
Demikian dulu ya , semoga bermanfaat traveling / liburan sudah menjadi kebutuhan bagi setiap individu, liburan tidak perlu harus mahal masih banyak cara untuk mengisi hoby ini cek artikel lain juga ya traveling hemat ala 17sekians.
Yuk liburan…

17sekians – SALAM-

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *