SHOPPING CART

close

08 Tips traveling abroad / keluar negeri pertama kalinya, Pastikan Semua Sudah Terencana Dengan Baik ya

Booking.com
Hello Para traveler, Memulai sesuatu yang baru mungkin akan membuat merasa canggung, resah dah tidak tahu harus mulai dari mana, Ini juga terjadi terhadap saya.
Misalkan pertama kali saya harus menulis di blog ini , tidak tahu harus mulai dari mana. Begitupun ketika kita pertama kali memulai traveling abroad / keluar negeri pertama kalinya, rasa takut, deg-degan dan bingung apa yang harus di siapkan terlebih dahulu.
Saya ingat pertama kali ketika saya harus pergi keluar negeri untuk bekerja di kapal pesiar, banyak yang saya harus persiapkan seperti dokumen-dokumen pendukung, surat kerja, dan mental yang kuat karena waktu itu saya harus pergi seorang diri ke Genova Italia..
Salah satu cara jitu biar Kita tidak merasakan deg – degan permanen, sampai bikin panik  dan sakit adalah kita harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai sebelum Kita memulai sesuatu apapun itu .



Contohnya : ketika pertama kali dipanggil interview kerja, Kita harus mecari informasi dulu tentang perusahaan yang kita lamar lewat internet atau iseng menelpon mereka dan mencari tahu background perusahaan tersebut dan lain-lain.

Hal ini berlaku sama hal nya dengan  ketika kita pertama kali traveling abroad / luar negeri.
Buat anda yang sedang merencanakan liburan kesana berikut adalah 08 Tips traveling abroad / keluar negeri pertama kalinya, Pastikan Semua Sudah Terencana Dengan Baik ya sehingga trip anda nanti bisa berjalan dengan lancar

1. Teliti dengan pasport Anda
Ketika Anda hendak merencanakan perjalanan atau traveling ke luar negeri pastikan untuk  meneliti paspor terlebih dahulu, cek masa berlaku paspor Kita tidak dalam kondisi harus diperpanjang bertepatan waktu keberangkatan karena hal tersebut pastinya akan membuat panik dan and bisa di tahan di airport negara bersangkutan dan langsung di deportasi,kan ga asyik.
Pastikan Kita menjaga pasport yang sama dengan identitas pribadi kita selama diluar negeri. Selain pasport, Kita juga wajib mencari info tentang visa juga, apakah nanti perlu visa di negara tujuan atau tidak. Termasuk jika perjalanan Kita mengharuskan transit terlebih dahulu di suatu negara yang memaki visa transit . Karena ada beberapa negara yang mengharuskan penumpang memiliki Visa transit jika turun ke bandara mereka. info ini bisa di dapat dari pihak agent tiket maskapai atau anda bisa mencari info ke duta besar yang bersangkutan
2. Mengumpulkan informasi tujuan traveling
Negara tujuan traveling kita itu seperti apa? mengumpulkan informasi selengkap- lengkapnya tentang tempat-tempat wisata yang akan didatangi dan informasi lain seperti alat transportasi untuk ke tempat tujuan, rata-rata harga makanan dan minuman, cuaca terupdate maupun informasi lainnya. Untuk rute sendiri bisa kita dapatkan langsung dari gadget smartphone kita.
3.  Periksa dan update selalu dengan tiket penerbangan pulang pergi
Mempersiapkan tiket pesawat Saat melakukan perjalanan keluar negeri sangatlah penting, pastikan Kita sudah memeriksa tiket penerbangan pulang pergi yang sudah dibeli, cek secara detail dengan tanggal, Nama, dan jam.
Ketelitian dengan tiket bisa membantu Kita menghitung berapa lama waktu yang bisa di atur untuk menikmati objek-objek wisata di negara tujuan berlibur sebelum kita kembali ke Indonesia. Jangan terlalu bergantung pada agent wisata atau aplikasi penjualan tiket online karena human error kadang terjadi. Selalu untuk double cek tiket anda pastikan nama, tanggal dan jam nya sesuai dengan identitas dan keinginan Kita.

4. Mendapatkan vaksinasi
Jika Anda mendengar suatu berita di negara tujuan wisata yang ingin didatangi sedang terjangkit wabah penyakit tertentu seperti flu burung dan anda tetap ingin berlibur ke sana , segera lakukan vaksinasi untuk pencegahan ke dokter anda.
Vaksinasi yang tepat juga berguna membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit apapun selama traveling.
5. Dapatkan Asuransi untuk keselamatan saat traveling
Siapa yang akan tahu ketika anda sedang traveling , hal buruk menimpa anda seperti kecelakaan, kehilangan barang berharga dan lain- lain, Kita tidak akan pernah tahu akan terjadi.
Dalam traveling sebaiknya, protek diri anda dan keluarga dengan asuransi, baik itu adalah asuransi barang maupun jiwa. Dengan dilengkapi dengan asuransi yang memiliki lisensi taraf internasional, Anda akan merasa selalu tenang selama liburan diluar negeri.
6 Menyiapkan uang kas negara tujuan
ketika akan berlibur ke negara tujuan baiknya kita menyiapkan uang kas negara tersebut, ini sangat penting biasanya uang kas yang dipersiapkan juga harus ada pecahan kecilnya,  Biasanya kita sudah harus menukar nya di rumah dan hindari menukar pas sudah berada di sana karena nilai tukarnya biasa nya akan lebih rendah.

Selain uan kas , alternatif lainnya harus bawa kartu kredit atau kartu debit yang bisa di pakai di international atm.

Uang kas dalam pecahan kecil berguna ketika kita ingin membayar transportasi atau membeli snack di minimarket.
Jadi prepare Uang kas juga ya sebelum berangkat.
7. Mempelajari bahasa negara tujuan dan siapkan kalkulator
Tidak ada salahnya jika kita mempelajari bahasa negara tujuan berlibur, seperti bagaimana mengatakan apa kabar, selamat pagi, terimakasih dan lain-lain, ya tidak perlu belajar yang susah-susah yang penting sekedar tahu saja.
Percaya atau tidak bahwa orang akan merasa senang dan terhormat jika kita sebagai orang asing mengucapkan salam dengan bahasa mereka. Jika anda kesulitan,  anda bisa mendownload aplikasi bahasa di gadget anda dan coba praktekan .
Siapkan juga kalkulator kecil atau anda bisa memakai smarphone anda untuk menghitung uang pada saat anda berbelanja di negara tujuan. Biasanya dengan mata uang asing anda merasa bingung denganpengeluaran yang telah di lakukan.
8. Membawa barang sesuai keperluan saja
Waktu mempersiapkan barang yang akan dibawa selama traveing keluar negeri, aturlah sepintar mungkin prioritaskan barang apa saja yang akan dimasukan dalam travel bag maupun hand bag. Jangan memasukkan barang berharga kedalam koper anda, untuk menghindari resiko kehilangan maupun kerusakan.

Jangan terlalu banyak membawa barang saat traveling nanti, sesuaikan membawa barang dengan waktu liburan anda. dan biasanya juga ketika anda pulang nanti barang anda akan bertambah berat karena terlalu asyik membeli oleh-oleh saat liburan di sana.
Pastikan juga koper anda memiliki kunci password atau gembok agar tidak bisa dibuka oleh sembarang orang.
Demikianlah persiapan yang harus dilakukan ketika anda akan traveling untuk pertama kalinya, oiya smarphone anda juga sangat penting, pasti selalu on agar anda bisa memberikan informasi secara update kepada keluarga atau orang terdekat anda bahwa anda sudah berada di mana dan selamat.
 
17sekians – SALAM –

 

Tags:

0 thoughts on “08 Tips traveling abroad / keluar negeri pertama kalinya, Pastikan Semua Sudah Terencana Dengan Baik ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share