8 Daerah Wisata Alam Menarik Dan Terindah Di Jawa Tengah

Mecari tempat wisata apa saja yang ada di Jawa Tengah , ternyata terdapat banyak sekali yang bisa anda lihat di sini lo , itulah yang menjadi keindahan alam indonesia ini. Kali ini kita akan membahas 8 Daerah Wisata Alam Menarik Dan Terindah Di Jawa Tengah
8 Daerah Wisata Alam Menarik Dan Terindah Di Jawa Tengah
Mecari tempat wisata apa saja yang ada di Jawa Tengah , ternyata terdapat banyak sekali yang bisa anda lihat di sini lo , itulah yang menjadi keindahan alam indonesia ini. Kali ini kita akan membahas 8 Daerah Wisata Alam Menarik Dan Terindah Di Jawa Tengah .

Sebagai salah satu Provinsi yang mempunyai banyak kekayaan alam serta tempat wisata alam nya yang menarik salah satunya yaitu wisata alam gerojokan Curugsewu dan ketep Pass Magelang, Jawa tengah masih banyak mengatakan lokasi-lokasi wisata yang sangat menggiurkan . Bagi Anda yang tinggal di tempat kota yang kumuh dan penuh polusi, tidak ada salahnya jikalau meluangkan waktu untuk traveling ke beberapa tempat wisata alam yang ada di Jawa Tengah ini

8 tempat wisata alam menari dan terindah yang di Jawa Tengah

1. Ketep Pass Magelang

foto:travel.detik.com

Di Jawa Tengah, obyek wisata apa saja ada, bahkan pemandangan bukit serta gunung yang menawan hati pun sangat menarik. Ketep Pass ini yaitu lokasi yang sangat pas untuk melihat gunung Merapi dan awan panasnya. Tidak hanya itu saja yang sanggup dinikmati di lokasi ini, tapi ada Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan akomodasi wisata di Ketep Pass.

Datanglah ke Pelataran Panca Arga dan dari sana ada lima buah gunung yang sanggup disaksikan melalui teropong yang ada, yaitu Gunung Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Merapi. Satu lagi teropong disediakan di Gardu Pandang yang terang sanggup dipakai untuk mengagumi keindahan alam sekitar.
Tidak heran jikalau Ketep Pass ini termasuk di dalam tempat wisata paling diminati oleh wisatawan dikala berjalan-jalan di Kabupaten Magelang. Biaya tiket masuknya pun tidak terlalu tinggi, alasannya yaitu per pengunjung hanya perlu menyiapkan kocek Rp 7.500 untuk sanggup menyaksikan pesona alam yang ada di sana.

2. Air Terjun Montel di Kudus

foto:http://www.reresepan.com/

Lokasi wisata ini, apabila dari Makam Sunan Muria, yaitu tidak jauh berada sempurna di sebelah utaranya. Selain gerojokan dan pemandangan alam yang sanggup disaksikan, di sana ada banyak sekali kios yang menjajakan souvenir bagi para wisatawan yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

Selain itu juga di sana ada warung makan yang akan membantu Anda mengisi tenaga sehabis berjalan-jalan mengelilingi area gerojokan ini. Hanya dengan membayar Rp 5 ribu, setiap pengunjung sanggup secara bebas mengagumi satu lagi ciptaan Allah yang indah tersebut sehingga tak heran jikalau tempat wisata gerojokan ini banyak di datangi dan di sukai bagi para pengunjung wisatawan untuk melepas kejenuhan sehabis usang beraktifitas.

3. Rafting Sungai Progo

foto:https://sportourism.id

Aliran sungainya mempunyai panjang 12 km. Ini yaitu salah satu lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah. Saat melaksanakan rafting di Sungai Progo Atas kita membutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga dengan 3 jam.

Ada beberapa rute arung jeram di Sungai Progo yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Alamat : Perumahan Griya Tok Songo, Magelang.
Melakukan rafting ini yaitu sebagian cara untuk menghilangkan stres karea acara yang dilakukan sehari-hari. Sangat cocok untuk mencobanya bersama teman-teman untuk sekedar berekreasi yang berbeda dari biasanya.

4. Pantai Petanahan di Kebumen

Pantai Petanahan merupakan salah satu pantai yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini belum banyak dikenal oleh wisatawan. Memiliki pasir hitam dengan air bahari kebiruan. Berkunjung dikala hari biasa atau bahkan tamat pekan, lokasi ini tidak terlalu ramai.
Akan tetapi jikalau anda berkunjung ketika idul fitri atau idul adha akan sangat ramai dipadati oleh orang-orang yang hendak rekreasi dan menikmati wisata Pantai Petanahan. Dahulu Pantai Petanahan berjulukan Pantai Karanggadung. Namun sekarang terkenal dengan nama Petanahan.

5. Pemandian Air Panas Krakal

Masih dari tempat Kebumen, Jawa Tengah. Salah satu obyek wisata yang terkenal yaitu Pemandian Krakal. Di tempat ini kita sanggup mandi air hangat belerang. Sangat menyegarkan dan konon elok untuk obat sakit kulit.
Jangan membayangkan satu kolam besar berisi banyak orang yang mandi bersamaan, ya. Pemandian di sini terbagi ke dalam bilik-bilik. Dalam bilik atau sebut saja kamar mandi itu ada kolam mandinya lengkap dengan gayung.
Makara yang ingin mandi air hangat, masuk ke bilik secara bergantian. Dan air sulfur akan dialirkan lewat kran kemudian ditampung dalam kolam mandi. Tetapi di sini dihentikan untuk mandi berendam dalam bak, ya. Lokasi wisata ini tidak terlalu luas. Fasilitas lain yaitu taman bermain, mushola, serta beberapa warung makan.

6.Teluk Penyu

foto:tripadvisor.com

Kalau anda ingin berwisata ke Cilacap, silakan mampir ke Teluk Penyu. Obyek wisata ini mempunyai luas sekitar 18 hektar. Mengapa dinamai Teluk Penyu? Menurut kisah yang beredar di masyarakat, dulu banyak penyu yang berkembangbiak dan hidup di pantai ini. Sebabnya yaitu keadaan pantainya tak terlalu panas dan jauh dari binatang pemangsa atau pengganggu penyu, sehingga cocok bagi tempat hidup mereka.

Itulah alasannya yaitu pantai ini dinamai Teluk Penyu. Pantai Teluk Penyu mempunyai panorama alam yang memukau, indah, dan juga hawa sejuk. Beberapa acara yang sanggup kita lakukan di sini antara lain yaitu memancing, main sepak bola, dan menyusuri pantai.
Fasilitas yang ada di lokasi wisata Teluk Penyu yaitu area bermain anak, kolam pemancingan, mushala, kios buah dan buah tangan khas Cilacap, warung makan seafood, kios yang menjual ikan segar serta ikan asin, dan sebagainya. Setelah berkunjung ke Teluk Penyu, jangan lupa mampir ke lokasi wisata yang tak jauh dari pantai ini yaitu Benteng Pendem dan Nusa Kambangan.
Alamat : Kecamatan Cilacap Selatan, Jawa Tengah.

7. Air Terjun Jumog

Wisata alam alternatif yang juga patut dikunjungi ketika anda liburan ke Solo yaitu Air Terjun Jumog. Air terjun ini tak kalah menawan dengan Grojogan Sewu. Udaranya sama-sama sejuk, higienis dan berhawa dingin.
Dapat ditempuh 40 km dari Kota Solo. Selain alamnya yang indah, gerojokan ini juga mengatakan harga murah untuk tiket masuknya. Yaitu Rp 5000,- per orang. Perlu diingat bahwa harga itu sanggup berubah sewaktu-waktu, ya.
Tak heran wisatawan terus saja berdatangan ke tempat ini, baik itu wisatawan lokal, wisatawan luar kota maupun wisatawan luar negeri yang jatuh cinta dengan keindahan alamnya.

8. Air Terjun Curugsewu

foto:http://www.brobali.com

Air Terjun Curugsewu berada yaitu Desa Curugsewu – Patean Kabupaten Kendal. Air terjun Curug Sewu merupakan gerojokan tertinggi di Jawa Tengah dan mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan gerojokan lainnya, dengan total ketinggian 80 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing mempunyai ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada dikala tertentu, diantara ketiga tingkatan gerojokan itu muncul pelangi dengan aneka warna yang mempesona. Air terjun Curug Sewu ini berada di kertinggian 650 m dpl dan merupakan gerojokan tertinggi di Jawa Tengah.

Kami juga pernah membahas tempat wisata lainnya di Jawa tengah, silahkan klik 12 tempat wisata di jawa tengah

 

Demikian ulasan mengenai 8 Daerah Wisata Alam Menarik Dan Terindah Di Jawa Tengah , semoga bermanfaat ya