SHOPPING CART

close

10 Foto Terbaru wisata Hits Pura Taman Ayun Bali – Info Lokasi dan harga tiket masuk

10 Foto Terbaru wisata Hits Pura Taman Ayun Bali – Info Lokasi dan harga tiket masuk

Tempat wisata berikut begitu wajib untuk di kunjungi saat berlibur ke Bali menampilkan keindahan istana Pura yang begitu megah dan luas di Bali tepatnya di daerah Mengwi Bali yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari Kuta dan Bandara Ngurah rai Bali. Simak keindahan Pura Taman Ayun Bali dengan lokasi dan harga tiket masuk.

Pintu Gerbang Masuk Pura Taman Ayun Bali
Lokasi wisata di kelilingi danau yang besar di Pura Taman Ayun Bali

Sejarah Pura Taman Ayun Bali

Berdasarkan artikel yang di ambil dari wikipedia mengatakan bahwa Pura ini merupakan bagian dari sejarah budaya bali yang sangat kental di bangun pada abad ke-17 yakni pada tahun 1632 sampai dengan 1634 oleh pemerintahan dari Raja kerajaan Mengwi dari kerajaan Mangapura yakni I Gusti Agung Putu yang menjadi raja kerajaan Mengwi pada waktu itu.

Arsitektur dari bangunan Pura Taman Ayun di bantu oleh arsitek yang memiliki darah keturunan tionghoa dari Banyuwangi bernama Ing Khang Ghoew atau dipanggil juga I Kaco yang menjadi teman dari raja Mengwi.

Awal pembangunan Pura Taman Ayun Bali menjadi Pura keluarga kerajaan Mengwi di karenakan pada zaman dahulu pura -pura di Bali berada sangat jauh dan susah di jangkau oleh warga mengwi sehingga membuat raja mengwi ingin mendirikan tempat pemujaan dengan mendirikan bangunan sebagai simbul dari 9 pura utama yang ada di Bali yakni Pura Besakih, Ulundanu, pura Bautr, Uluwatu, Batukaru dan pura utama lainnya di Bali. Sehingga tercetuslah untuk mendirikan Pura Taman Ayun.

Wantilan sabung Ayam di Pura Taman Ayun Bali
Areal yang hijau dan luas di Pura Taman Ayun Bali

Baca : Pilihan Hotel Terbaik di 5 Tempat Tujuan wisata di Bali 2020 – Review dan Harga update

Denah Pura Taman Ayun Bali

Pura Taman Ayun Balui memiliki 4 halaman yang berbeda – beda dimana terlihat lebih tinggi dari yang bangunan yang lainnya.

Pada halaman pertama dinamakan Jaba tempatnya di dimana ada jembatan pada saat masuk pintu gerbang. ketika pengunjung masuk akan terlihat tugu kecil dan pada sebelah kananya terdapat ruangan atau wantilan tempat dimana warga lokal mengadakan sabung ayam (tajen) di saat ada upacara, disini juga terdapat tugu air mancur yang menghadap ke 9 arah mata angin.

Booking.com

Halaman kedua pada denah Pura Taman Ayun Bali terdapat pura kecil pada bagian kanan dengan nama Pura Luhuring Purnama. Halaman ketiga ini memiliki posisi area yang lebih tinggi dan pengunjung harus melewati pintu gerbang kedua juga, disini terdapat bangunan aling – aling bale pengubengan yang di hiasi dengan relief dengan simbul Dewata Nawa Sanga atau disebut 9 dewa penjaga mata angin.

Bagian Timur Halaman kedua ini juga terdapat pura kecil bernama Pura Dalem Bekak dan bagian pojok baratnya terdapat balai Kulkul yang tinggi.

Halaman terakhir yang ke empat adalah yang paling tinggi dan sangat sakral pengunjung pun tak bisa masuk dalam areal ini hanya bisa melihatnya dari samping. Pintu gerbangnya hanya akan dibuka jika sedang ada upacara disini adalah tempat arca dan peralatan upacara yang di sucikan.

Begitu bersejarah dan menjadi pencerminan hubungan antara manusia dengan Tuhan namun Pura Taman Ayun Bali ini menjadi tempat wisata yang begitu banyak orang minati apalagi sekarang sudah mengalami pembenahan dengan sangat baik dari tempat untuk berfoto – foto dipinggir sungai, tempat untuk bersantai sampai dengan tempat menjual makanan, minuman serta merchandise untuk oleh -oleh.

Pura utama di Pura Taman Ayun Bali
Museum di Pura Taman Ayun Bali

Lokasi dari Pura Taman Ayun Bali

Untuk lokasi tempat wisata hits Bali ini berada di jalan Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Hanya memerlukan waktu 1 jam perjalan dari arah Kuta Bali, tempat nya juga di pinggir jalan besar dan sangat mudah di jangkau dengan kendaraan mobil maupun minibus. Daerah sekitarnya terdapat pasar traditional mengwi yang ramai menjual makanan lokal bali.

Tempat wisata ini juga menjadi satu tujuan untuk pergi ke tempat wisata bedugul atau pun ke arah monkey forest Ubud bali.

Tempat menjual makanan dan minuman di Pura Taman Ayun Bali
Spot pemandangan danau dan berfoto di Pura Taman Ayun Bali

HTM Pura Taman Ayun Bali

Berapa harga tiket masuk ke Pura Taman Ayun ? Untuk htm kesini di bedakan antara wisatawan domestik dan asing tentunya warga lokal jauh lebi murah dibandingkan dengan turis asing.

Tiket masuk Pura Taman Ayun Bali

WisatawanHarga
1. DomestikRp.15.000
2. AsingRp.50.000
3. Parkir MobilRp.5.000
4. Parkir MotorRp.2.000
Tidak boleh memakai drone diareal Pura Taman Ayun Bali

Baca artikel lainnya : Mengapa Hotel menerapkan sistem Deposit bagi para tamu yang tinggal di sana

Demikian ulasan mengenai 10 Foto Terbaru wisata Hits Pura Taman Ayun Bali – Info Lokasi dan harga tiket masuk, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “10 Foto Terbaru wisata Hits Pura Taman Ayun Bali – Info Lokasi dan harga tiket masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: