SHOPPING CART

close

10 Ketrampilan Kerja Seorang Receptionist Hotel yang Harus di Miliki

10 Ketrampilan Kerja Seorang Receptionist Hotel yang Harus di Miliki

Sebagai wakil dari sebuah managemen hotel resepsionis/receptionist harus selalu bersikap profesional dan mahir dalam teknik – tekni kerja seperti memproses langsung semua prosedur pemesanan baik itu menggunakan surat, komputer dan bertatap muka secara langsung dengan tamu. Simak 10 Ketrampilan Kerja seorang receptionist hotel yang harus di miliki

Menjadi seorang reseptionist adalah hal yang sangat menyenangkan karena kita akan selalu bertemu orang baru dengan budaya yang baru dalam sebuah hotel, tentunya hal ini menuntut menjadi seorang reseptionist menjadi seorang yang harus memiliki ketrampilan yang serba bisa dan percayalah bahwa ini semua bisa di pelajari dengan tekun, anda tidak perlu menjadi seorang yang pintar yang terpenting adalah kemauan belajar dari hati untuk bisa dalam ketrampilan kerja dari seorang receptionist.

Baca : Foto Terbaru Tempat Wisata Tanah Lot Tabanan Bali – Harga Tiket Masuk dan Alamat Terupdate

Berikut adalah 10 Ketrampilan Kerja Seorang Receptionist Hotel yang Harus di Miliki

1. Standar Kerja

Receptionist harus memiliki kemampuan dan ketrampilan kerja berkomunikasi yang mantap, tegas, mampu bernegosiasi dan menutup penjualan dengan baik.Penampilan, nada suara dan sikap yang menawan digunakan dengan tepat untuk menciptakan suasana penjualan yang baik plus kemampuan bahasa akan menambah nilai seorang reseptionist.

Disini anda harus berbekal pengetahuan yang memadai akan membuat receptionist mampu tampil percaya diri dan menunjukan sikap yang dapat di percaya, karena yang diperlukan tamu dapat diberikannya secara meyakinkan.

Kantor depan selalu berada di depan hotel jadinya hal yang menunjang ketrampilan harus di siapkan secara efisien dan efektif mungkin dan semua itu harus didasari dengan courtesy yang tepat.

Perasaan empati kepada tamu akan membantu receptionist dalam ketrampilannya dengan suatu proses kerja yang profesional.

2. Komputerisasi

Jaman sekarang semua pekerjaan sudah didasari dengan penggunaan komputer/PC/Laptop, alat ini merupakan perbantuan kita dalam melakukan tugas melayani tamu. Semua data kamar, email, penjualan sudah berbasis komputerisasi. Dan ini menjadi salah satu ketrampilan wajib yang di ketahui oleh seorang receptionist.

Namun pemakaian komputer hanyalah sebagai alat bantu dalam melayani tamu karena tetap fokus utama kita adalah tetap kepada tamu dan jangan sampai mereka di nomor 2 kan karena kita terlalu asyik dengan memasukan data di komputer. Letak komputer dapat disesuaikan untuk menghilangkan kesan seperti diatas. Sikap dari receptionist sangat berperan dalam hal ini.

Front Office adalah pusat informasi dari hotel jadi semua gadget harus ditata dengan rapi tanpa harus mengganggu keindahan dari konter anda dalam berkerja. Sekali lagi ketrampilan dala komputer menjadi sangat penting dan ini bisa dipelajari meskipun anda tergolong gaptek sebelumnya yang terpenting ada kemauan untuk mempelajarinya.

3. Peka Terhadap lingkungan Kerja

Seorang reception haruslah bisa menyatu dengan keadaan lingkungan kerja, selalu rapi dan enak dipandang mata, aroma hotel harus selalu wangi, wajah hotel akan selalu terihat di awal di counter dan pihak receptionnya.

Misalkan
Penggunaan Ballpoint, setiap kali tamu melakukan proses registrasi biasanya harus di akhiri dengan penulisan tanda tangan, jadi counter harus di sediakan ballpoint yang seperlunya saja.
Walaupun kecil bentuknya namun penempatan dan penyediaan yang kurang tepat akan membuat kounter anda akan terlihat kurang sempurna apalagi saat digunakan ternyata macet.

  • Asbak / Astray
    Keberadaan asbak selalu sedia di counter karena banyak para tamu yang perokok jaman sekarang ini, usahakan asbak selalu bersih dan kosong jika terisi satu saja harus langsung di buang untuk penggunaan tamu berikutnya.
  • Penempatan vas bunga di counter juga harus diperhatikan penempatannya.

Ketrampilan dalam hal lingkungan kerja bagi seorang reception harus menyatu karena lingkungan yang bersih dapat memberikan suasana kerja yang baru dan bersemangat, seorang reception harus memiliki cita rasa seni yang tinggi, cita rasa kebersihan yang memadai. Dalam proses registrasi, penyiapan sarana hendaknya dilakukan dengan elegan yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan.

4. Seni Menjual yang tinggi

Bagi penjual yang pintar, pengetahuan dasar tentang apa yang akan dijual amat penting untuk diketahui terlebih dahulu, jika anda terlihat ragu-ragu maka akan memberikan kesan yang sangat negatif di mata calon pembeli anda.

Hal yang sama juga berlaku buat recepiton hotel dimana pengetahuan dasar dari jumalah kamar, tipe kamar sampai update harga terbaru dibekali dari awal sebelum memulai pekerjaan anda.

Melayani tamu yang sudah memesan kamar ataupun yang akan memesan kamar atau tamu VIP sebaiknya dilakukan dengan baik dan sesuai aturan hotel, bagiamana melaksanakan pembatalan pesanan, situasi ovebooking dll harus dikuasai dengan baik.

5. Sistim Pembayaran

Reception bertugas pokok untuk menjual kamar sebanyak-banyaknya dan Dia juga wajib menguasai sistim pembayaran yang benar dari penggunaan mesin EDC, pembayaran tunai dll, ini untuk menghindari keributan antara tamu karena perbedaan pemahaman sistim.

Aturan sistim pembayaran harus sesuai dengan aturan hotel dimana sampai sekarang ini masih saja terjadi masalah tamu yang kabur dengan meninggalkan sejumlah tagihan yang belum terbayar isitilah hotelnya skipper. Reception harus peka dan trampil dalam menjalankan sistim pembayaran hotel.

6. Kecepatan Kerja

Pelaksanaan kerja yang sesuai dengan tempo, cepat dan tepat akan menambah nilai kerja yang penuh courtesy. Menangani tamu adalah pekerjaan yang unik terkadang kita harus mengikuti ritme kerja berdasarkan tamu yang kita hadapi.

Ada tamu yang terlihat tergesa-gesa dan ada tamu yang terlihat santai, seorang reception harus bisa melihat keadaan ini sehingga tidak timbul permasalahan kedepannya.

Baca : Swiss-Belhotel Bogor, Modern Dengan Fasilitas lengkap banget – Harga mulai dari 500 Ribuan saja

7. Pengetahuan yang luas

Tamu akan merasa senang jika kita bisa menjelaskan sesuatu sesuai dengan keinginannya, ini akan menjadi nilai plus buat anda sendiri. Pengetahuan itu wajib di miliki reception.

Mengetahui tentang fasilitas hotel selain kamar, jadwal sarapan, kamar terbaik adalah hal wajib diingat seoarang reception. Tidak hanya itu saja pengetahuan tentang keadaan di luar hotel pun wajib kita ketahui seperti restaurant yang enak, tempat wisata terdekat hotel, tarif taxi ke bandara dll.

8. Tuan Rumah Yang baik

Tamu di sebuah hotel sangat berbeda dengan seseorang yang datang ke sebuah toko, berbelanja lalu pergi. Tamu hotel membayar kamar hotel dengan pelayanan yang diberikan, maksudnya adalah tamu adalah orang yang kita undang untuk datang ke rumah jadi mereka harus mendapatkan perhatian khusus dan pelayanan spesial sehingga mereka akan memperoleh kesan positif

Reception harus menyadari hal ini dan bertindak sebagai tuan rumah yang baik dengan menyambut dan memberikan kesan yang baik untuk membuat tamu hotel menjadi senang saat tinggal.

9. Menangani Keluhan

Dalam menerima keluhan dan melemparkan tanggung jawab kepada orang lain sangat tidak di anjurkan. Menyalahkan mangement akan membuat anda terlihat sangat tidak profesional dalam bekerja.

Seorang reception sebagai pusat informasi harus bisa menangani keluhan dari tamu karena kita sebagai pusat komunikasi jikapun masalah yang terjadi tidak terpecahkan anda bisa langsung melaporkannya kepada supervisor anda dalam penangan keluhan tamu.

10. Berusaha untuk belajar

Ketrampilan dari seorang reception memang harus selalu di kembangkan. Caranya adalah berusaha untuk belajar terus karena sebagian dari ketrampilan ini akan didapat dari pengalaman saat bekerja.

Sering juga masalah yang terjadi itu datang secara bersamaan dan memerlukan tindak lanjut, dalam kondisi ini kita harus menyelesaikannya dengan tenang dan satu persatu.

Tamu akan siap untuk menunggu bilamana melihat kesungguhan reception dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Mereka akan mengerti bilamana mendapatkan penjelasan yang baik dan akurat.

Sumber artikel : Buku Secret Receptionist Skills oleh Drs. A Bambang Sujatno CHA

Baca artikel lainnya : 10 Kawasan Wisata Bogor Harus Kau Kunjungi Segera

Demikian ulasan mengenai 10 Ketrampilan Kerja Seorang Receptionist Hotel yang Harus di Miliki, semoga selalu bermanfaat ya. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “10 Ketrampilan Kerja Seorang Receptionist Hotel yang Harus di Miliki

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: