10 Objek Wisata Air Terjun Indah dan Keren di Pulau Bali, Travelers harus Kesini

Booking.com
10 Objek Wisata Air Terjun Indah dan Keren di Pulau Bali, Travelers harus Kesini

Bali Memang memiliki segudang objek wisata yang telah mendunia, banyak jenis wisata di sini khusus untuk wisata alam, kita akan membahas 10 Objek wisata air terjun indah dan keren di Pulau bali, travelers harus kenal. Walaupun Pulau ini sangat terkenal akan keindahan pantai nya ternyata Bali juga menyimpan banyak wisata alam air terjun juga namun belum banyak mengetahui hal ini, karena lokasi yang sulita di capai.

Untuk lokasi objek wisata air terjun di Bali kebanyakan terletak Bali Utara karea wilayahnya banyak yang berbukit dan masih hijau, untuk air terjun sendiri banyak terdapat di bukit, lereng gunung dan dalam hutan, untuk mencapai lokasi pun memerlukan usaha yang kuat dan kondisi badan yang sehat dan fit. Tapi bagi travelers yang suka akan tantangan maka ini buka suatu masalah karena wisata alam khususnya air terjun banyak di buru oleh mereka.

Untuk berwisata ke Air terjun juga melhat cuaca yang terjadi, misalkan sekarang di bulan November ke desember adalah musim hujan dengan debit air yang besar, traveler harus lebih berhati -hati karena debit air akan sangat deras dan kondisi jalan menuju air terjun akan licin, becek dan terjal, persiapan peralatan yang mendukung sangat di rekomendasikan seperti sepatu, baju gannti dan stamina badan yang tahan banting.

Oke sekarang wisata air terjun di bali itu ada di mana saja ya, Berikut adalah ulasannya :

1. Wisata Air Terjun Gitgit

Wisata Air Terjun Gitgit

Wisata air terjun Gitgit adalah objek wisata yang sangat terkenal di Bali sejak dulu, objek wisata ini dikenal baik oleh wisatawan mancanegara, memiliki debit air yang deras apalagi dimusim hujan. air terjun gitgit memiliki 02 aliran air yang jatuh sering juga di sebut air terjun kembar gitgit. Berlokasi di pegunungan sehingga airnya terasa dingin dan sejuk cocok dengan namanya airnya dingin menggigit.
Lokasi berdekatan dengan objek wisata bedugul tabanan namun air terjun gitgit masuk dalm wilayah kabupaten Buleleng, untuk menuju lokasi sangat mudah karena lokasi air terjun mudah di tempuh yakni di pinggir jalan raya menuju denpasar ke bedugul ke singaraja. Di Lokasi Air Terjun Gitgit anda bisa mencoba petualangan seru tracking dengan medan jalan-jalan setapak naik turun dan berlekok sangat seru dan memacu adrenalin.
Berada di Air terjun Gitgit akan membawa suasana alam yang indah seperti suara burung berkiciau suara deburan air. Dilokasi juga terdapat beberapa air terjun lainnya contohnya air terjun Les munduk dan sekumpul yang mempunyai keunikannya masing-masing.
Sepanjang jalan menurun traveler juga bertemu dengan para penjual yang menjajakan beberapa sovenir, makanan dan minuman.

Alamat Air Terjun Gitgit : Jalan Raya Bedugul , desa Gitgit kec. Sukasada Kabupaten Buleleng Singaraja
Tiket Masuk : Rp. 5.000/orang
Juga tersedia pemandu yang mengenal tracking jalan menuju lokasi.

Keindahan wisata air terjun Gitgit memang sudah tidak di ragukan lagi, terbukti dengan banyaknya wisatawan yang datang kesini. Makanya 17sekians merekomendasi objek wisata air terjun untuk wajib di kunjungi.

 

2. Objek Wisata Air Terjun Sekumpul

Objek Wisata Air Terjun Sekumpul

Wisata Air terjun Sekumpul sangatlah unik karena terdiri dari 07 air terjun yang terkumpul di satu tempat, Objek sangat indah dan kita dapat menikmati pemandangan dari bale atau tempat duduk yang telah di sediakan. Ke tujuh air terjun yang ada berada di ketinggian yang berbeda-beda dan bentuknya pun beda, air terjun sekumpul merupakan air terjun terindah di Bali dan dari 07 air terjun yang ada traveler hanya bisa mendekati 02 air terjun saja karena medan yang lumayan ekstrim.
Untuk menuju lokasi travelers harus berjalan dan menuruni banyaknya anak tangga dan harus tetap berhati-hati ya namun semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan yang akan di dapat nantinya.

Saran buat traveler yang ingin kesini sebaiknya dilakukan di pagi hari karena untuk menghindari hujan sehingga membuat medan menjadi licin, antara jam 07.00 am – 08.00 am adalah waktu terbaik untuk memulai tracking ke objek wisata air terjun Sekumpul di Buleleng.

Letak Air terjun Sekumpul searah dengan wisata air terjun Gitgit yang masih dalam wilayah Kab. Buleleng. Daerah ini merupakan daerah yang kaya akan wisata air terjunnya atau kalau di jawa sering disebut Curug.

Alamat Wisata Air terjun Sekumpul : Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan , Buleleng, Bali.
Tiket masuk : Rp. 5.000/orang

 

3. Wisata Air Terjun Tibumana Bangli Bali

Wisata Air Terjun Tibumana Bangli

Wisata Air terjun Tibumana mulai di kenal banyak wisatawan walaupu lokasi air terjun yang cukup terpencil. air terjun Tibumana adalah alternatif wisata baru yang bisa anda kenal dan kunjungi di daerah Bangli. Suasana yang di dapat di sini sangat sejuk, alami dan jauh dari kebisingan.

Air terjun tibumana memiliki 02 air terjun dengan ketinggian 20 meter seperti air terjun kembar yang jatuhnya seirama. Objek wisata ini mulai terkenal dan wisatawan datang pun banyak terutama saat musim liburan.
Ada keunikan dari Objek wisata air terjun tibumana bahwa tepat di belakang air terjunnya terdapat sebuah goa, goa ini di percaya oleh masyarakat setempat sebgai jalan tembus ke Pura Goa Raja yang ada di di Besakih, namun belum ada satu pun yang pernah membuktikanya, apakah traveler mau menjadi sang pioner.
Keindahan akan objek wisata ini sudah mulai di kenal dan akan menjadi sebuah permata pariwisata di sekitar deas Apuan, jika sudah banyak pengujung tentu saja akan meningkatkan pendapatnya masyarakt setempat.

Alamat : Jalan Desa Apuan, Susut bangli
Yiket masuk : Rp. 5.000/orang

Untuk menuju lokasi, travelers harus menuruni puluhan anak tangga, jalan yang sedikit menantang dan terjal akan menantang traveler untuk menaklukannya.

 

4. Objek Wisata Air Terjun Tegenungan Sukawati

Objek Wisata Air Terjun Tegenungan Sukawati

Objek wisata air terjun Tegenungan di Sukawati memiliki debit air yang deras, sumber airnya langsung mengalir dari sungai Tukad Petanu, Ketinggian air terjun hanya mencapai 4 meter dan memiliki air yang jernih kecuali musim hujan, ada banyak wisatawan asing yang sering kesini. Air terjun ini memiliki kolam di bawahnya jadi pengujung bisa melakukan aktivitas berenang di bawah air terjun.

Objek wisata ini mulai dilakukan promosi dari tahun 1999 dan di tahun 2000 terlihat mulai ada ketertarikan wisatawan untuk mengujungi tempat ini. pendapatan dari tiket masuk di alihkan untuk membuat fasilitas penunjang di lokasi air terjun Tegenungan, fasilitas yang di miliki objek wisata terdapat toilet umum, parkir motor dan mobil yang memadai dan terdapat juga penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi.

Alamat Air Terjun Tegenungan : desa Kemenuh, kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar
Tiket Masuk : Rp. 10.000/orang
Untuk menuju lokasi travelers harus menutuni anak tangga yang berjumlah 144 bisa di tempuh dengan hanya 5 menit berjalan ke bawah, sambil berjalan pengujung bisa melihat hijaunya pemandangan di sekitar dan begitu sampai di bawah travelers harus melewati babatuan di sungai untuk sampai ke pusat air terjun tegenungan.

Aksi ekstrim yang bisa di lakukan adalah travelers bisa melompat dari atas menuju ke arah kolam karena air terjun tidaklah begitu tinggi, namun tetap harus di temani guide yang berjaga di sana, karena di sini pernah terjadi kejadian ada wisatawan asing yang terluka saat melompat dari atas. Anda ingin mencoba nya? yuk langsung ke objek wisata air terjun tegenungan di Sukawati.

 

5. Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pupuan

Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pupuan

Di Tabanan Bali yang alamnya masih alami juga terdapat objek wisata air terjun bernama Blemantung atau Pujungan . Air terjun Blemantung memiliki ketinggian mencapai 25 meter dan mengalir melalui sela-sela tebing yang tinggi dan terdapat perkebunan kopi yang jauh dari kebisingan pemukiman desa. Suasana alam yang hijau dan asri sangat dapat di sini.
Di dekat lokasi Air terjun terdapat juga objek wisata lain bernama Pura Malen. Pura ini merupakan salah satu objek wisata terkenal di Pupuan , jarak hanya 1 km dari desa pujungan, berlokasi tepat di lereng gunung Batukaru.
Menuju ke Lokasi air terjun Blemantung adalah suatu petualangan yang seru karena kita kan menemukan jalan setapak yang sudah di paving yang masih bisa di tempuh dengan kendaraan motor atau mobil kemudian kita harus jalan kaki sejauh 400m untuk menemukan lokasi air terjun.

Di air terjun ini juga terdapat kolam yang bisa di pakai untuk berendam maupun berenang jadi bisa berlama-lama di sini dah.
Alamat : Desa Pujungan Kecamatan Pupuan Kab. Tabanan ( jarak 70km dari arah Kuta)



Booking.com

 

6. Objek Wisata Air Terjun Yeh Mampeh Buleleng

Objek Wisata Air Terjun Yeh Mampeh Buleleng

Objek wisata air terjun Yeh Mampeh memang belum banyak yang mengetahui nya, karena lokasinya yang sangat pelosok bisa di bilang air terjun yang masih perawan karena belum ada yang menjamahnya hehe.. namun di sini juga terdapat penjual makanan dan minuman yang perlu anda bawa hanyalah baju ganti saja. Kondisi jalan menuju lokasi juga sudah menunjang. Kenapa belum banyak yang kesini? mungkin karena lokasi yang sangat jauh dari keramaian sehingga banyak travelers yang mengurungkan niatnya.
Air terjun Yeh Mampeh memiliki ketinggian mencapai 30 meter, memiliki air yang jernih dan sejuk ditambah udara sekitar yang damai banget. Terdapat kolam di bawahnya yang besar bisa buat berenang dan berendam

Alamat Air terjun yeh Mampeh : Desa Les Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali 81173
Tiket masuk : Rp. 10.000/orang

 

7. Objek wisata Air Terjun Nungnung Petang

Objek wisata Air Terjun Nungnung Petang

Air terjun berikut memerlukan waktu 1,5 jam berkendara dari pusat kota Denpasar, berada di desa Nungnung dengan lingkungan alam yang masih terjaga, air terjun Nungnung merupakan salah satu wisata alam yang wajib di kenal traveler. Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dengan debit air yang besar. Untuk menuju lokasi traveler harus menuruti banyak anak tangga jadi harus berhati-hati terutama saat musim hujan.

Walaupun jalur nya agak sedikit ekstrim, fasilitas yang di bangun sudah terbilang baik, dengan kondisi jalan setapak yang lebar dan dibangun dengan konstruksi berbahan beton dan terdapat handle pengaman. Jadi lebih aman berjalan menuju lokasi air terjun. Terdapat Gazebo juga untuk tempat beristirahat di beberapa titik jika merasa kelelahan. untuk mencapai lokasi air terjun kita akan berjalan sejauh 400 meter.

Alamat Air terjun Nungnung : desa Nungnung kecamatan Petang Kabupaten Badung
Tiket Masuk : Rp. 7.500 /orang

 

8. Objek Wisata Air Terjun Aling-Aling Sukasada

Objek Wisata Air Terjun Aling-Aling Sukasada

Objek wisata air terjun Aling-aling memiliki 2 aliran air terjun yang jatuh bersamaan di mana debit air terjun yang sebleha kanan lebih deras dari yang seblah kiri. Memiliki ketinggian mencapai 35 meter , air terjun mengalir dari tebing yang yang lumayan curam dengan di tumbuhi pepohonan dan tumbuhan yang hijau. Dibawah air terjun terdapat kolam dengan kedalaman mencapai 4 meter, travelers bisa berenang dan berendam di sini, byuuuurrr..

Disekitar lokasi terdapat juga air terjun yang lain seperti air terjun kembar, air terjun Pucuk, air terjun canging, dedari dan kroya. Kabupaten Buleleng memang kaya akan wisata air terjunnya.Untuk mencapai lokasi air terjun traveler berkendara menuju kota Buleleng dnan berjalan dengan medan yang turun naik bukitdan melewati sungai dan samapi ke lokasi

Alamat air terjun Aling – Aling : Jl. Raya Desa Sambangan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161

 

Baca Artikel Lainnya :

Objek Wisata Pura Tirta Empul dan Istana Presiden Menarik di Gianyar, Yuk Kesana

 

 

9. Objek Wisata Air Terjun Melanting Banjar

Objek Wisata Air Terjun Melanting Banjar

Satu lagi ni objek wisata air terjun yang keren dan indah bernama air terjun Melanting yang masih berada di Kab. Buleleng tepatnya di desa munduk, dengan ketinggian air terjun mencapai 20 – 30 meter, suasana di sekitar air terjun sangat indah dan sejuk karena lokasi air terjun berada di 900 mdpl, ada banyak perkebunan kopi dan cengkeh di sini , jadi jika sedang berjalan kaki travelers kan mendapatkan suasan alam , kicuan burung dan suara jatuhnya deru air terjun. Wisataan pun bisa berendam dan berenang di sini juga loh.
Alamat air terjun Melanting: Jl. Air Terjun Melanting, Gobleg, Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152
Tiket masuk : Rp. 5.000 / orang

 

10. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan

Objek wisata terakhir yang rekomended dan tak kalah indahnya adalah Objek wisata air terjun Peguyangan, tepat berada di pinggir pantai, air terjun langsung jatuh menuju ke laut, keren banget ya, hanya saja posisi air terjunnya yang langsung jatuh tepat di jurang menuju ke laut sehingga kita tidak bisa bermain di bawahnya, akan tetapi terdapat kolam di bibir tebing di atas tepat sebelum airnya jatuh ke laut di sana kita bisa berendam dan menikmati pemandangan laut langsung.

Untuk menuju kolam ini travelers harus menuruni ratusan anak tangga yang telah di sediakan, Memang air terjun peguyangan adalah salah satu wisata menarik dan keren , dan juga memerlukan keberanian pengunjung untuk datang kesini karena lokasi yang berada di ketinggian dan pinggir tebing, nyali traveler harus kuat ya. tidak di sarankan bagi yagn takut akan ketinggian untuk ke sini.

Ada sekitar 870 anak tangga yang harus di lewati, ada pipa besar tempat mengalirnya air bersih ke masyarakat sekitarnya. Memang perjalanan akan sangat menantang namun akan terbayarkan dengan pemandangan lautan yang keren sambil berendam di kolam yan jernih. Terdapat juga air suci di sini, Travelers bisa langsung meminumnya di sana. juga terdapat Patung Yang mirip Nyi Ratu Kidul karena cerita mitos bahwa objek wisata ini adalah tempat bertapanya Niy Ratu kidul.

Alamat Air terjun Peguyangan : Batukandik, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771

Demikian ulasan mengenaiĀ 10 Objek Wisata Air Terjun Indah dan Keren di Pulau Bali , semoga bermanfaat ya -salam traveling

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *