10 Objek Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi oleh Travelers

10 Objek Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi oleh Travelers

Salah satu kota terbesar di Sulawesi adalah Makassar, dulunya sering di sebut ujung pandang yang merupakan Ibu Kota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Ada banyak sekali Objek wisata menarik di Makassar yang wajib di kunjungi oleh travelers. Di makassar sendiri juga hidup berbagai macam suku dan budaya seperti Toraja, Bugis, Buton, Tionghoa, suku Makassar , Jawa yang hidup tentram dan damai. Kota Makassar juga mendapatkan julukan sebagai kota Daeng dan anging mamiri

Objek wisata di Makassar terletak dari pesisir pantai sampai dengan di dataran tinggi , untuk bagian pantai yang terkenalnya adalah Pantai Losari di sini juga terdapat kuliner khas makassar yakni coto makassar dan pisang Epe. Pisang Epe adalah pisang mentah yang di masak dengan di bakar dan dibuat pipih terus di campur dengan air gula merah, dimakan saat hangat menambah nikmat kuliner khas makassar ini. Ada juga makanan khas lain bernama Pallu Basa, makanan yang terbuat dari jeroan sapi atau kerbau di makan dengan nasi. Untuk minuman khas Makassar adalah es Pallu Butung yani minuman santan , gula pasir, es serut yang berisikan pisang yang di potong-potong , wow rasanya pasti nikmat sekali.

Bagi travelers yang baru pertama kali ke Makassar dan bingung harus kemana , silahkan baca 10 objek wisata rekomendasi dari 17sekians di bawah, meskipun ada banyak juga objek wisata lain yang bisa anda explore sendiri nantinya di sana, yuk cek objek wisata menarik di makassar berikut :

 

1. Objek wisata Pantai Losari

Objek wisata Pantai Losari

Pantai Losari merupakan sebuah icon pariwisata bagi koa makassar, pantai ini sangat di minati oleh para muda-mudi sebagai tempat tongkrong di sore harinya sambil menikmati pemadangan matahari terbenam . Keunikan dari Pantai Losari adalah pantai ini tidak memiliki pasir terdapat beton di tepiannya sebagai pembatas namun ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini lo, seperti memancing, berolahraga , naik sepeda, naik perahu, naik banana boat dll.

Di sekitar pantai Losari terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai macam aneka makanan khas makassar seperti pisang epe, sop konro, coto dan minuman. pada pagi hari biasanya di pantai Losari banyak orang menggunakannya sebagai kegiatan lintasan lari dan sore harinya banyak orang yang akan menunggu untuk melihat sunset sambil menikmati makanan dan minuman yang di jual di sini.

Pantai ini terletak di sebelah barat kota Makassar. Untuk menuju Lokasi Pantai sangat mudah dan tidak sulit karena telah di dukung infrastruktur jalan yang ok. Jika travelers datang dari bandara Hasanuddin hanya perlu waktu sekitar 50 menitan dan arah dari pelabuhan Soekarno Hatta hanya butuh waktu sekitar 20 menitan.

Oiya satu lagi di pantai Losari anda pun bisa mengambil foto sebagai pelengkap moment instagrammu, di sini ada banyak juga fotografer yang sering mengabadikan moment-moment kerennya.

 

2. Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam

Benteng ini merupakan penginggalan sejarah perjuangan rakyat Makassar melawan penjajah , fort rotterdam berlokasi tidaklah jauh dari pantai losari , adalah salah satu peninggalan dari sejarah kerajaan Gowa-tallo yang dibangun pada tahun 1545 raja ke-9 bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung , pada awalnya di bangun dengan menggunakan tanah liat dan putih telur dan kemudian di sempurnakan pembangunannya kembali oleh raja ke 14 Sultan Alauddin dengan menggunakan batu padas.

Bentuk dari benteng ini mengambil bentuk seperti Penyu yang berjalan menuju ke arah laut, filosofinya penyu dapat hidup di dua dunia yakni darat dan laut yakni berarti kerjaan Gowa-Tallo yang berjaya di darat dan lautan.
Pertama kalinya benteng ini bernama benteng ujung pandang yang kemudian di ambil alih oleh pemerintah Belanda dan berganti nama menjadi fort rotterdam, dan nama ini di pakai samapi sekarang. terdapat 13 bangunan dan 05 buah menara , ada sebuah menara di pintu masuk sisa 4 nya berada di setiap sudut kawasan benteng. oleh pemerintah Belanda benteng fort rotterdam di pakai sebagai tempat untuk menyimpan rempah-rempah hasil rampasan dari Indonesia bagian timur

Pangeran di ponegoro pernah di asingkan di sini oleh Belanda, terdapat ruangannya di benteng ini dan ada juga museum La Galigo berisi koleksi benda-benda sisa peninggalan kerajaan dahulu.

Jam Operasional fort Rotterdam
– Buka setiap hari : 08.00 am – 18.00 (gratis) namun untuk masuk ke Museumnya di kenakan karcis Rp. 7.500, buka setiap selasa – minggu (08.00 am- 12.30)

 

3. Objek Wisata Trans Studio Makassar

Objek Wisata Trans Studio Makassar

Mau Tahu Objek wisata modern yang terkeren dan menarik ialah Trans Studio Makassar , tempatnya sangat luas yakni 2.7 Ha di resmikan oleh Wakil Presiden Bapak Yusuf kalla pada tahun 2009 konon theme dari trans studio ini hampir menyamai Universal studio dan Walt Disneynya di California USA sana lo. Banyak sekali terdapat wahana permainan di sini, ada 21 wahana dan 4 zona permainan yakni Cartoon City, Lost city, Studio Central dan Magic Corner.
So trans Studio di lengkapi dengan ruang-ruang simulasi hasil dari beberapa program stasiun televisi seperti trans TV dan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia.
Didesain oleh Joh Stevenson, sutradara dari film Kungfu Panda, kapasitas pengunjung bisa 5000 penunjung.
Sangat cocok banget jika datang bersama keluarga dan anak-anak anda.
Jam operasional Trans Studio Makassar: Jam 10..00 am – 19.00
Karcis Masuk Rp. 100.000 dalam bentuk mikrochip (hari biasa)
Kalau hari libur harga bisa naik lagi.

 

4. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung

Objek Wisata Taman Nasional berikut adalah sebuah wisata edukasi yang sangat indah dan menarik, disini travelers bisa melihat banyaknya koleksi dari kupu-kupu yang di miliki taman nasional Bantimurung. ditemukan oleh Alfred Rusel Wallace dengan koleksi sebanyak 250 jenis kupu-kupu untuk pertama kalinya, jika anda baru masuk ke objek wisata anda akan melihat patung kupu-kupu besar yang terpampang dan luas lahan taman nasional mencapai 43.750 Ha yang meliputi bukit kapur, air terjun dan gua.

Disini terdapat juga jenis kupu-kupu langka yang dilindungi seperti Cethosia Myrana, Papilo Adamantius, Troides Haliphron Boisduval, Troides Hypolitus Cramer, dan Troides Helena Linne yang diketahui cuma ada di Sulawesi Selatan. Tempat ini adalah kerajaan dari kupu-kupu. para kupu tergolong berkembang biak dengan baik karena di sokong dengan makanan dan lingkungan yang mendukung dari air terjun dan vegetasi tropis.

Selain melihat jenis kupu-kupu yang hidup maupun yang sudah di awetkan, travelers bisa juga melakukan aktivitas lain seperti mandi di air terjun, kegiatan flying fox, berenang di kolam yang telah tersedia dan mengexplore gua yang telah disediakan. kegiatan alam yang sangat menantang bisa di lakukan.

Untuk menuju lokasi sudah sangat gampang dengan menggunakan kendaraan karena jalannya sudah mulus dan di kenakan tiket masuk sebesar Rp. 20.000/orang

05. Objek wisata Tanjung Bira

Objek wisata Tanjung Bira

Objek wisata tanjung Bira terletak di Bulukumbah yakni 200 km dari ibukota Makassar, Tanjung Bira adalah sebuah pantai yang sangat indah, memiliki pasir putih yang kecil-kecil dan laut yang biru, pemandangan alam bawah laut yang indah dan pemandangan sunset yang keren juga bisa di lihat dari sini.

Pantainya yang bersih dan jika dari kejauhan terlihat 3 lapisan warna yang terlihat sangat indah, Pantai nya yang tenang nan bersih menambah nilai plus yang membuat banyak wisatawan lokal maupun asing datng ke sini.
Kegiatan yang bisa anda lakukan di Tanjung Bira adalah berenang, berjemur dan snorkeling, jika tidak membawa alat snorkeling anda bisa menyewanya dengan harga Rp. 30.000, ada juga tempat penyewaan motor sebesar Rp. 65.000 yang bisa di sewa untu berkeliling di seputaran pantai. Di Sekitar Tanjung Bira sudah terdapat penginapan dan restaurant dan kamar mandi untuk bersih bersih setelah berenang. Tiket masuk ke Tanjung Bira cukup murah Rp. 5.000/orang

 

6. Objek Wisata Danau Tempe

Objek Wisata Danau Tempe

Satu lagi Objek wisata menarik yang bisa anda kunjungi adalah Danau Tempe , Sebuah danau penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia, disini memang terdapat ikan yang berlimpah mungkin karena letak geografis yang di atas lempeng australia dan lempeng eurasia. Danau ini sangat alami dan anda bisa melakukan kegiatan memancing di sini atau pun membeli ikan segar dan tanaman sayur kepada penduduk lokal setempat.

Keunikan di Danau Tempe adalah terdapatnya ratusana rumah apung oleh nelayan lokal sana dengan jala-jala yang di gunakan untuk menangkap ikan di hiasi dengan bendera warna – warni, Sambil menaiki perahu yang di sewa kita bisa melihat keindahan alam dan melihat burung-burung yang tidak di temui di tempat lain, burung -burung ini merupakan migrasi dari benua lain.

Danau Tempe memiliki luas hampir 13.000 Ha, sangat luas dan di apit oleh 3 kabupaten yakni Wajo, Sidrap dan Soppeng. Danau menjadi salah satu objek wisata terfavorit karena selalu di kunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Danau Tempe terletak di kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo (Sengkang), Sulawesi Selatan

 

07. Objek wisata Taman Laut Taka Bonerat

Objek wisata Taman Laut Taka Bonerat

Objek Wisata Taman Laut Taka Bonerat Berlokasi di Kota Benteng Kepulauan Selayar, tempat ini merupakan tempat menyelam yang indah karena memiliki terumbu karang yang sangat indah, dengan menyelam disini travelers bisa melihat ratusan jenis ikan , penyu dan kura-kura memang Sulawesi sangat terkenal dengan terumbu karangnya yang indah-indah. Taman laut Taka Bonerat adalah salah satunya.
Waktu terbaik untuk berkunjung di tempat ini adalah antara bulan April – Mei, di percaya bahwa bulan-bulan itu arus dan suhu air di Taman Laut Taka Bonerat tidak terlalu kuat dan jarak pandang di dasar laut pun clear dan sempurna.

Sebelum menyelam di sini, kita wajib mendapatkan ijin dari Balai Taman Nasional dengan membawa kkartu identitas Yang masih aktif masa berlakuknya. Biaya untuk menyelam bagi wisatawan lokal adalah Rp. 25.000, wisatawan asing Rp. 60.000 dan untuk peralatan menyelam di kenakan sewa sebesar Rp.250.000

Jika Menyelam di sini anda akan menemukan penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu belimbing Pasifik (Lepidochelys olivicea), dan penyu hijau (Chelonia mydas). Taka Bonerate diklaim memiliki salah satu keanekaragaman fauna laut tertinggi di dunia. Taman ini mempunyai lebih dari 50 titik menyelam yang fantastis yakni pulau Tinabo, yang lain di dekat pulau Kahabia, Belang-Belang, dan Taka Lamungan, wow indah sekali alam indonesia ini.

 

08. Objek Wisata Pemandian Air Panas Lejja

Objek Wisata Pemandian Air Panas Lejja

Ada Banyak sekali permandian air panas yang tersebar di seluruh Indonesia dan di Sulawesi sendiri ada permandian air panas Lejja yang berada dalam kawasan hutan lindung di Kec. Mariariawa, kabupaten Soppeng, karena berada ditengah hutan menambah keindahan dengan banyaknya pepohonan yang rindang dan udara yang di hasilkan pun sejuk. Disini juga di sediakan gazebo dengan tarif Rp. 50.000 untuk sewa per 2 jam.
Di permandian Air Panas Ledjja memiliki 05 buah kolam dengan suhu dan kedalaman masing-masing kolam berbeda-beda, suhu yang paling panas mencapai 60 C. Karcis masuk nya untuk anak-anak Rp. 3.500 dan dewasa Rp. 5.000. Berendam di air panas di percaya bisa menyembuhkan segala macam peyakit kulit macam panu dan koreng, jadi sangat bagus buat kesehatan.

Alamat Permandian air panas Lejja : Bulue, Mario Riawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan 90852

Jarak Kabupaten Soppeng ke makassar adalah 200 km dan mendapatkan julukan sebagai kaota kalong karena terdapat banyak kelelawar di sini. Di tempat permandian air panas telah tersedia tiolet, tempat mengganti pakaian , pondok untuk berisitirahat, lapangan tenis. terdapat kolam private dan 05 kolam permandian umum.

asilitas di Pemandian Alam Air Panas Lejja ini cukup memadai dengan adanya kolam pemandian umum dan private, toilet, ruang bilas, tempat ganti pakaian, pondok peristirahatan, lapangan tenis dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan yang bisa menampung 300 orang. Untuk kolam pemandian private disediakan dengan rumah panggung kecil yang memiliki kolam di belakangnya dengan lebar 3 meter. Sedangkan untuk kolam pemandian umumnya terdapat 5 kolam dengan fungsi yang berbeda.

 

09. Jalan Somba Opu

Jalan Somba Opu

Tempat ini merupakan tempat untuk membeli oleh-oleh yang berciri khas Makassar, ada kerajinan tangan , makanan khas, minuman khas sampai minyak gosok cap tawon asli produk makassar. lokasi Somba Opu tak jauh dari fort Rotterdam kalau anda ingin mencari tempat oleh-oleh di makassar maka Somba Opu adalah rekomendasi nya. Kalau di Yogyakarta ada Malioboro maka Makassar ada Somba Opu.

Produk yang terkenal adalah Minyak Tawon, barang ini selalu menjadi buruan wisatawan untuk di bawa sebagai oleh-oleh, Minyak gosok nya ada 2 macam : minyak dengan tutup merah berharga Rp.90.000 dan tutup putih Rp.230.000, minyak tawon ini telah di buat sejak 1912 ada juga minyak kayu putih. Dan di Somba Opu juga menjual kain tenun khas bugis yang harga nya lumayan mahal dari yang pling murah Rp. 250.000 sampai dengan jutaan rupiah, memiliki motif khas Makassar sangat cocok untuk pergi ke pesta udangan pernikahan atau hanya ingin sekedar bersantai.
Pesannya jangan kalap saat berbelanja ya walaaupun harganya miring namun harus tetap sesuai dengan budget yang dibawa saat berlibur.

 

Baca artikel lainnya :

10 Objek Wisata Menarik di Lembang Bandung Yang wajib di ketahui oleh traveler

 

10. Objek wisata Malino

Objek wisata Malino

Objek wisata Malino terletak di kecamatan Tinggimoncong, kab. Gowa Sulwesi Selatan, Malino adalah kota kecil berada di ketinggian 750 mdpl(meter diatas permukaan Laut) berada di dataran tinggi membuat malino adalah “Puncak Bogor” dari Sulawesi selatan , udara yang di hasilkan disin sangat sejuk. terdapat banyak pohon pinus yang menjulang tinggi . Berjarak 90 km dari Makassar selama perjalanan ke sini anda akan disuguhi oleh pemandangan hutan Pinus dan batu kapur yang menarik dan indah .
Merupakan salah satu destinasi wisata favorit karena memiliki pemandangan alam yang indah , suhu udara bisa mencapai 10 – 26 C jadi selalu untuk membawa pakaian tebal jika ingin ke Malino. Malino memiliki banyak tempat yang indah untuk di kunjungi seperti air terjun (air terjun seribu tangga dan air terjun Takapala) terdapat juga kebun teh , lembah biru, bunngker peninggalan jepang. Ada juga tempat untuk membeli oleh-oleh saat pulang dari sini , kita bisa membelli dodol ketan, Markisa dan apel.

Sejarah tempat ini adalah Malino pernah menjadi temapt berlangsungnya perundinagan meja bundar yang mengesahkan pembentukan republik indonesia serikat (RIS) dengan dihadiri langsung oleh Jendral Belanda Van Mook.

Demikian ulasan mengenai 10 Objek Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi oleh Travelers, semoga bermanfaat dan salam traveling

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *