SHOPPING CART

close

10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Blitar yang Perlu Travelers Kenal

Booking.com
10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Blitar yang Perlu Travelers Kenal

Indonesia yang sangat kaya akan keragaman budaya dan alamnya menjadi sebuah senjata utama bagi kita mengenalkan negara ini kepada dunia, untuk pariwisata di Indonesia kita bukan hanya mengenal Bali atau Lombok semata melainkan setiap daerah memiliki potensinya akan alam dan budayanya, contohnya Blitar di Jawa Timur memiliki banyak sekali tempat menarik untuk di kenal, inilah 10 objek wisata menarik dan keren di Blitar yang perlu travelers kenal rekomendasi dari 17sekians.

Sebelumnya mari kita mengenal sedikit tentang Blitar Jawa timur , Kota ini adalah kota yang kaya akan nilai-nilai bersejarah. Presiden pertama Indonesia, Bapak Soekarno di lahirkan dan di makamkan di Kota ini, sehingga terdapat museum Bung karno dan banyak juga terdapat toko – toko suvenir untuk membeli oleh-oleh dan bermacam -macam kuliner khas Blitar. Menjadi kabupaten terkecil ke 2 di Jawa timur tidak menghalangi pemerintah daerahnya untuk tetap mengembangkan potensi pariwisata di kota ini, dengan memegang prinsip Kridho Hanudi Jaya yang artinya bekerja keras untuk mencapai yang mulia menjadi visi dan misi dari Kota ini.

Selain Wisata sejarah Blitar memiliki destinasi wisata alam yang menarik juga, apa saja itu? Mari kita cek 10 Objek wisata menarik yang ada di Blitar buat anda travelers yang hendak berkunjung ke sini :

1. Objek Wisata Makam Bung Karno Blitar

Objek Wisata Makam Bung Karno Blitar

Objek Wisata Makam Bung Karno adalah salah destinasi wisata favorit di Blitar, Banyk wisatawan yang antusias ingin mengenal lebih jauh terhadap tokoh proklamator ini, Selain makam disini terdapat museum dan perpustakaan mengenai beliau. Ya Disini lah Bapak Soekarno di kebumikan terakhir kalinya.

Sebelum Menuju Ke Makam Bung Karno silahkan untuk mengujungi Perpustakaan Beliau, tetpat di depan Perpustakaan terdapat Patung Bung Karno yang seering di pakai Travelers untuk mengambil foto dan setelah masuk ke Perpustakaan Bung Karno , travelers kan melihat koleksi ratusan dokumentasi foto tentang Bung Karno beserta kegiatan-kegiatan yang pernah di lakukan beliau semasa hidupnya.

Dan di Makam Bung Karno bukan hanya sekedar makam biasa, makam ini sangat megah dan keren terdapat pilar-pilar / tiang yang berdiri dan kolam yang ada di tengah, menuju makam kita harus menaiki tangga yang lumayan tinggi. Makam Bunngk Karno banyak di kunjungi Travelers pada saat weekend, jika anda tidak terlalu suka akan keramaian bisa datang ke sini pada hari-hari biasanya saja.

Alamat Makam Bung Karno Blitar : Jalan Candi Surawana No.10 Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66133

 

02. Objek Wisata Pantai Tambak Rejo Blitar

Objek Wisata Pantai Tambak Rejo Blitar

Pantai Tambak Rejo di Blitar Selatan adalah salah satu pantai yang memiliki Ombak yang lumayan besar jadi harus berhati-hati jika ingin berenang kesini namun pantai Tambakk Rejo memiliki panorama yang indah dan pantai ini terbagi menjadi 03 bagian yakni di bagian barat pantai terdapat dermaga kapal , di tengah sebagai pemecah ombak dan bagian paling timur adalah pantai dengan pasir yang indah. Saran untuk menuju ke Pantai pada sore hari karena Travelers akan melihat sunset yang indah dari sini.

Menuju ke Lokasi pantai terbilang cukup menantang karena ada beberapa rute tanjakan dan turunan yang memerlukan kehati-hatian anda dalam berkendara terutama yang memakai roda 04, jalan yang di lalui berlika-liku karena melewati areal perbukitan, cek selalu kondisi kendaraan anda agar bisa melewati tanjakan yang lumayan panjang di sini. Arah ke pantai mengambil patokan dari daerah Kademangan dan lihat plank nama arah pantai Tambak rejo ikuti saja sampai menuju lokasi

Alamat Pantai Tambak Rejo Bitar : Tambakrejo Wonotirto, Blitar, East Java 66173
Tiket Masuk : Rp. 3.000/orang
Parkir Motor : Rp. 3.000

 

03. Kampung Coklat Kademangan Blitar

Kampung Coklat Kademangan Blitar

Kampung Coklat Kademangan adalah sebuah perkebunan coklat yang dibuka untuk wisata , di sini kita bisa langsung memetik dan makan buah kakao masak. Buah kakao adalah sebagai bahan dasar untuk membuat coklat yang di ambil adalah biji dari kakao tersebut yang di keringkan dan di oalah menjadi coklat.
Banyak wisatawan asing yang tertarik untuk datang ke kampung coklat ini. Memang sangat lezat buah coklat ini. Di sini juga terdapat outlet atau toko yang menjual makanan dan minuman yang berbahan dasar coklat seperti ice cream coklat, minuman coklat ada juga mie coklat.

Alamat Kampung Cooklat Kademangan Blitar : Jalan Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar

Lokasi nya tepat berada di perbatasan antara desa Plosorejo dan desa Darungan Kademangan, awal dari kota Blitar langsung menuju arah kademangan sampai dengan travelers ketemu jembatan kademangan terus belok kiri dan lurus sampai bertemu pasar kademangan , lurus
lagi sampai perempatan dan ke arah Lodoyo (gunung Betet) , terus lurus saja lokasi ada di kiri jalan.

 

04. Objek Wisata Pantai Serang Blitar dan Pantai Jolosutro Blitar

Objek Wisata Pantai Serang Blitar

Objek Wisata Pantai Serang Blitar adalah pantai yang sangat luas memiliki pasir putih dan bibir pantai yang indah, pantai ini memiliki ombak yang tidak besar sehingga sangat cocok ni berwisata bersama keluarga dan anak-anak anda bermain di pantai, berenang dan berjemur sambil menikmati pemandangan pantai dan alam perbukitan.
Pantai Serang adalah pantai yang di kelilingi dengan banyak pepohonan Yang rindang jadi sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Alamat Pantai Serang : Desa Serang, kec. Panggungrejo kabupaten Blitar Jawa Timur (jarak dari kota Blitar 45 km) Pantai ini berada dalam area laut Hindia.

Pantai Jolosutro Blitar

Satu Lagi pantai yang menarik untuk di kunjungi terutama bai para surfer karean memiliki ombak yang lumayan besar adalah Pantai Jolosutro , memiliki pasir hitam yang eksotis dan pemadangan alam yang indah.

Lokasi Pantai Jolosutro : Desa Ringinrejo, kecamatan Wates di perbatasan kab. Blitar dan Malang. Jika berenang harus tetap berhati-hati karena ombak yang di miliki pantai Jolosutro cukup ektrim.
Tiket Masuk : Rp. 5.000/orang

Pantai Jolosutro merupakan objek wisata yang menarik untuk di kunjungi karena memiliki pemandangan laut biru yang indah dan dan birunya langit

 

05. Objek Wisata Pantai Pangi Blitar

Objek Wisata Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar membentuk sebuah cekungan yang di apit oleh 2 batu karang yang berdiri di kiri dan kanan pantai. Karena bentuk cekungan ini meski memiliki ombak yang besar terhintung masih aman untuk berenang di sini. Pantai Pangi Blitar masih sangat jarang pengunjung karena mungkin belum banyak yang mengetahui lokasi wisata di tambah jalur yang menuju lokasi belum tertata baik, jika musim hujan harus berhenti dan berjalan sejauh 300 meter menuju arah pantai. Tidak ada transportasi umum menuju ketempat ini, jadi kita harus membawa kendaraan pribadi.
Disini terdapat dataran yang luas yang sering dipakai travelers untuk berkemah atau camping. di sekitar pantai ada banyak pohon pinus sehingga menambah rindang dan keindahan di sini

Alamat Pantai Pangi Blitar : dusun Krajan, desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, kabupaten Blitar (sekitar 45km dari kota Blitar atau bisa di tempuh sekitar1,5 jam perjalanan)
Tiket Masuk : Rp. 8.000/orang

 

06. Objek Wisata Rambut Monte Blitar

Objek Wisata Rambut Monte Blitar

Wisata ke Rambut Monte adalah wisata sejarah, legenda dan mistis, banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Di rambut Monte terdapat sebuah candi dan telaga yang bisa anda lihat di sini. Asal muasal nama rambut mote berasal dari beberapa cerita legenda, pertama yakni kisah jaman majapahit ada seorang dengan nama mbah Monte yang melawan rahwana dan seekor naga, dikutuklah menjadi candi rambut monte dan cerita mengenai keluarnya sumber mata air di sekitar Candi berupa gelembung udara yang panjang mirip seperti monte dan di sebut rambut monte.

Objek wisata Rambut Monte di resmikan pada tahun 1976 di kelola swasta dan pada tahun 1996 tempat ini di ambil alih oleh pemerintah daerah. Hal menarik yang bisa travelers lihat di rambut monte adalah : Candi Rambut Lonte (salah satu bangunan sejarah jaman hindu) , Telaga Rambut Monte (sumber mata air yang bening dan segar di antara rimbunnya pepohonan), Ikan Senkariang yang hidup di telaga rambut monte di ekna dengan nama ikan dewa (ikan asli Indonesia) ikan sangat keramat dan tidak ada yang berani menangkap dan membunuhnya juga termasuk ikan langka di Indonesia.

Ada beberapa certia legenda mengenai tempat ini dan berbau akam mistis, jadi jika berkunjung ketempat ini tetap harus sopan dan beretiket baik jangan berkata-kata yang kurang berkenan mengingat objek wisata yang terkenal akan cerita legendanya. Jadi penasaran kan dengan Rambut monte? yuk langsung kesana

Alamat Rambut Monte : Desa Krisik, Gandusari, Blitar, jawa Timur 66187

 

07. Objek Wisata Candi Penataran Blitar

Objek Wisata Candi Penataran Blitar

Candi Penataraan adalah Kumpulan dari beberapa candi menjadi satu kesatuan dan merupakan candi terbesar di Jawa Timur, bentuk candi di sini memiliki ukurun dan bentuk yang berbeda, lokasi candi di kelilingi oleh rumah penduduk sana dengan suasana pedesaan yang masih asri dan jika anda memasuki areal candi Penataran serasa seperti berada di perkampungan pada saat kerajaan jaman dahulu. Candi ini adalah penginggalan dari agama Hindu Siwatis di bangun pada masa raja Srengga dari kerajaan Kadiri di tahun 1200 Masehi dan berkelanjutan ke masa pemerintahanraja Wikramawardhana kerajaan Majapahit di tahun 1415

Candi Penataran dulunya berfungsi sebagai tempat pemujaan oleh Raja Srengga berdasarkan keterangan dari Kitab Nagarakertagama.
Alamat Candi Penataran : Desa Penataran Kecamatan Nglegok Blitar, berada di lereng Gunung Kelud dengan jarak 12 km dari puncaknya.

 

08. Objek Wisata Taman Air Sumberudel Blitar

Objek Wisata Taman Air Sumberudel Blitar

Taman Air sumberudel atau Sumberudel Waterpark adalah taman air favorit dan terbesar di Blitar dengan memiliki begitu banyak wahana permainan dan lengkap akan fasilitas yang di milikinya. Tempat telah mengalami renovasi dan fasilitas di miliki semakin lengkap dan namanya pun lebih di kenal dengan nama sumberudel waterpark.

Kolam renang yang dimiliki adalah Kolam renang standart nasional ada 2 macam : Kolam renang khusus anak-anak dan kolam renang khusus dewasa dan ada pula waterboom yang memiliki kedalaman dari 1 meter – 1,5 meter. Kolam renang lainnya adalah kolam renang untuk perlombaan yang di lengkapi dengan tempat duduk untuk menonton.

Alamat Taman Air Sumberudel : Jalan Kalibrantas Kepanjen Kidul, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66116 (lokasi di pinggiran kota Blitar)
Harga tiket
Dewasa Rp. 10.000 / anak-anak Rp. 5.000
Jam Buka : 06.30 am – 18.00

Fasilitas yang di miliki Taman Air Sumberudel sudah lengkap yakni ada tempat parkir yang luas, outlet yang menjual makanan dan minuman, ada ruang ganti dan kamar mandi yang bersih dan tempat duduk yang nyaman untuk rileks. Biasannya di hari libur ada tambahan performa dari live group band yang turut memeriahkan suasana objek wisata.

 

09. Objek Wisata Goa Embultuk Blitar

Objek Wisata Goa Embultuk Blitar

Goa Embultuk menampilkan pemandangan stalakmit yang sangat memukau dengan di iringi oleh tetesan air menambah keindahan tempat ini. Ketika berkunjung kita harus membawa pakaian ganti , disini terdapat loket penitipan juga. Kondisi Goa yang gelap membuat kita harus menggunakan lampu petromax dan menyewa seorang guide penunjuk jalan biar tidak tersesat , biaya sewa guide Rp. 50.000, Goa ini memiliki permukaan air yang lumayan tinggi itulah kenapa kita harus membawa pakaian ganti, kalau basah bisa langsung ganti setelah mengunjungi Goa Embultuk. Waktu yang di habiskan untuk mengunjungi Goa Embultuk Blitar adalah 2 jam jadi harus siap stamina juga ya.

Goa Embultuk masih jarang di kunjungi oleh wisatawan , mudah -mudahan dengan menulis ini banyak yang tahu dan mengujungi objek wisata menarik ini, oiya Konon dari cerita bahwa Goa Embultuk pernah di jadikan tempat persembunyian PKI.

Alamat Goa Embultuk : Desa Tumpak Kepuh kec. Bakung, Blitar

Jalurnya adalah kota Blitar menuju ke arah Kademangan – Suruhwadang – Gawang kemudian ikutin saja papan nama menuju lokasi. Area lokasi memiliki lahan parkir yan cukup luas.

Baca artikel lainnya : 

10 Objek Wisata Menarik di Bogor yang perlu Travelers Kenal

 

10. Objek wisata Air Terjun Jurug Bening Blitar

Objek wisata Air Terjun Jurug Bening Blitar

Wisata air terjun memang menjadi favorit bagi wisatawan, ada beberapa wisata air terjun di Blitar salah satunya adalah air terjun Jurug Bening, kita bisa melihat keindahan air terjun langsung dari atas. Posisi Air Terjun Jurug Bening Blitar menjorok Kebawah jadi untuk menuju lokasi terdapat jalan setapak yang sudah ada dengan jalan menurun kebawah melaui tebing sekitar 15 menitan untuk samapi ke lokasi air terjun. Ingat untuk selalu berhati saat perjalan menurun karena jalan yang terjal dan licin.

Air Terjun Jurug Bening tidaklah terlalu deras dengan ketinggian mencapai 35 meter, hal uniknya adalah air terjun yang mengalir kebawah terpecah karena mengenai bebatuan di sekitar tebing yang menambah keindahan tempat ini, Sangat cocok buat travelers yang mencari wisata alam dengan berinteraksi langsung dan tantangan.

Alamat Air terjun Jurug Bening : Dusun Sumberdadi Desa Purworejo Wates, Blitar, East Java 66194.
Rute ke Lokasi adalah : Blitar – Lodoyo – Binangun – Pasar Bantengan – Purworejo

Demikian ulasan mengenai 10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Blitar yang Perlu Travelers Kenal, semoga bermanfaat dan Salam Traveling !

Tags:

0 thoughts on “10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Blitar yang Perlu Travelers Kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share