10 Objek Wisata Menarik dan keren di Denpasar Bali yang Perlu Travelers Kenal

Booking.com
10 Objek Wisata Menarik dan keren di Denpasar Bali yang Perlu Travelers Kenal

Om swastiastu adalah salam pertemuan dalam bahasa bali jadi jika bertemu dengan masyarakat Bali ada baiknya kita mengucapkan salam untuk mendapatkan perkenalan yang hangat, Bali adalah destinasi wisata dunia dan hampir setiap kotanya memiliki objek wisata yang bagus -bagus dan sekarang mari kita mengenal 10 objek wisata menarik dan keren di Denpasar bali yang perlu travelers kenal, apa saja itu? yuk di baca terus artikel ini.

Denpasar merupakan ibukota dari Bali masuk dalam kabupaten Badung. Denpasar adalah pusat dari setiap kegiatan bisnis dan pusat ekonomi di Bali dan memiliki tingkat perkapita yang tinggi dibandingkan dengan daerah lain bahkan Pemerintah Indonesia telh mempersiapkan 3 kota di Indonesia sebagai kota metropolitan terbaru dan salah satunya adalah Denpasar.

Kata Denpasar sendiri berasal dati kata Den artinya selatan dan Pasar, arti utuhnya adalah Selatan pasar , dulunya masuk dalam kerajaan Badung di abad 19. dan runtuh pada saat Belanda datang dalam perang puputan Badung.
Denpasar sendiri menyimpan beberapa objek wisata menarik dan keren dalam hal situs sejarah dan budaya dan tempat suci umat Hindu, berwisata ke Denpasar juga menyuguhkan pecampuran antara suasana pedesaan dan keramah tamahan masyarakatnya yang membuat wisatawan semakin tertarik kesini. suasana dalam kota Denpasar akan terasa agak ramai dengan banyaknya bangunan yang berdiri namun jika keluar sedkit dalam pinggira kota kita bisa menemukan wisata alami nan nyaman dengan mengujungi beberapa desa .

Semakin penasaran kan, inilah 10 objek wisata menarik dan keren di Denpasar, travelers harus kenal yakni:

1. Objek Wisata Bajra Sandhi Renon

Objek Wisata Bajra Sandhi Renon

Objek Wisata Bajra Sandhi adalah sebuah monumen peringatan tepat di jantung koya Denpasar, monumen di persembahkan untuk mengenang perjuangan rakyat bali dalam sejarahnya dari jaman kerajaan sampai kolonial belanda.

Objek wisata Bajra Sandhi Renon memiliki bangunan seperti sebuah candi yang sangat artistik dan megah dibangun di daerah renon denpasar, masyarakat setempat sering melakukan aktivitas olahraga di sekitar Objek wisata karena tersedia tracking untuk lari, bermain sepakbola, voli dll. Ternyata Bajra Sandhi lebih dikenal oleh wisatawan asing karena terbukti akan tingkat kunjungan yang datang kesini kebanyakan wisatawan dari Korea dan China.

Di monumen ini Bajra Sandhi juga sering di pakai untuk pemotretan foto pra wedding karena bangunnanya yang kental akan ciri khas bangunan Bali yang lengkap dengan ukiran -ukiran.

Alamat Bajra Sandhi Renon : Jalan Raya Puputan No.142, Denpasar Timur Bali
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 25.000/orang

Cek artikel tentang Monumen Perjuangan Bajra Sandhi Renon di Pusat Kota Denpasar Bali

 

2. Museum Bali Denpasar

 

Museum Bali Denpasar

Objek wisata berikutnya adalah Museum Bali yakni Museum yang memiliki koleksi tentang segudang pengetahuan tentang sejarah peradaban manusia jaman dahulu khususnya menceritakan tentang peradaban masyaralat Bali, nilai sejarah dari budaya Bali yang mendunia ada di sini. Objek wisata ini sering dipakai untuk pemotretan foto Pra wedding karena memiliki latar foto yang unik dan sangat khas Bali.

Koleksi – Koleksi yang ada di Objek wisata Museum Bali Denpasar adalah barang atau benda etnografi contohnya peralatan pada zaman pra sejarah , peralatan untuk upacara tentang keagamaan, adat dan budaya, museum ini juga menceritakan tentang perkembangan seni dan budaya bali dari jaman sejarah hingga sekarang, jadi traveler bisa membedakan peradaban yang manusia yang telah mengalami perubahan dari jaman sejarah sampai sekarang di jaman modern ini.

Sangat mudah untuk menuju lokasi objek wisata karena akses jalan kota Denpasar yang bagus dan lebar, namun jangan heran karena terkadang juga terkena macet di jalan.

Alamat Museum Bali Denpasar : Jalan Mayor Wisnu No1 Dangin Puri Denpasar Bali
Hari Minggu-Kamis buka pada jam 08.00 am -15.00
Hari jumat 08.00 am -12.30
Hari sabtu, minggu, hari libur, Museum tutup
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 / orang (kecuali jika ingin mengadakan foto sesi prawedding dikenakan biaya tambahan kurang lebih Rp. 200.000

 

3. Objek Wisata Konservasi Penyu Di Pulau Serangan Bali

 

Objek Wisata Konservasi Penyu Di Pulau Serangan Bali

Objek Wisata Konservasi penyu ini berada di Pulau Serangan yang berada di Denpasar Selatan, Pulau Serangan dulunya terpisah dengan Bali sehingga bernama Pulau Serangan namun sekarang telh terhubung dengan kembaan kecil yang di bangun sehingga kita bisa kesana langsung menggunakan kendaraan, ada banyak hal yang bisa kita lihat di Pulau serangan contohnya Konservasi Penyu atau tempat penangkaran dari penyu dan kura – kura.

Tujuan mulia dari di bangunnya konservasi penyu ini adalah untuk melindungi dan melindungi telor -telor penyu dengan cara memindahkannya dari sarang awalnya dari pemangsa lainnya seperti ular, burung, bahkan manusia, inilah langkah penyelamatan pertama agar hewan ini tidak punah. Penyu atau Kura-kura dalam sekali bertelur bisa menghasilkan 150 butir dan yang menetas hanya 40 – 60 % saja makanya dibuatlah konservasi penyu di Pulau Serangan ini.

Dengan berkunjung kesini kita bisa melihat langsung penyu dan kura-kura yang imut , bisa juga langsung mengambil fotonya, namun seijin petugas di sana ya, karena tidak semua penyu boleh di ambil fotonya.

Lokasi dan Alamat : Jalan Tukad Punggawa Pulau Serangan Denpasar Bali
Harga Tiket Masuk : sekitar Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan roda empat

4. Wisata Ikan Hiu di Pulau Serangan

Wisata Ikan Hiu di Pulau Serangan

Mendengar nama Objek wisata nya saja sudah serem ya, wisata Ikan Hiu di Pulau Serangan adlah salah satu wisata yang unik karena di sini kita bisa berenang langsung dengak berinterkasi dengan IKan Hiu, Mau Coba? Tenang dulu karena ikan Hiu di sini adalah ikan Hiu yang tergolong tidak berbahaya , memiliki sirip putih kalaupun anda tidak berani juga travelers bisa melakukan hal lain seperti memberi makan ikan hiunya saja.

Wisata Ikan Hiu di Serangan merupakan upaya perlindungan untuk Hiu sendiri yang semakin langka terlihat di laut lepas , sehingga pihak pengelola pada tahun 2014 mencoba mengembangkan sebuah konsevasi di pulau serangan yang kemas dalm bentuk tempat wisata, respon wisatawan pun sangat bagus karena tergolong unik dan keren

Apabila wisatawan ingin melakukan aktivitas berenang dengan hiu tersebut dikenakan tarif sebesar 99 dolar Amerika Serikat (AS) dengan durasi dua jam. Sedangkan untuk wisatawan domestik hanya dikenakan biaya sebesar Rp800 ribu untuk melakukan aktivitas berenang dengan hiu tersebut.

Alamat Wisata Ikan Hiu : Jalan Tukad Punggawa Pulau Serangan di Denpasar Selatan Bali
Harga Tiket : Rp. 800.000 (bagi wisatawan Lokal) dan $. 99 USD (bagi wisatawan asing )

Dengan harga yang lumayan mahal travelers bisa berenang bersama hiu yang lucu-lucu selama 2 jam. Selamat mencoba dan ingat untuk membaca doa dulu ya sebelum berenang. He..

5. Pura Sakenan Denpasar

 

Pura Sakenan Denpasar

Pura Sakenan adalah pura yang indah, menurut sejarah Pura atau tempat suci ini di buat oleh Empu Kuturan di abad ke 10, Empu Kuturan adalah Pendeta Hindu yang berasal dari Kerajaan Majapahit, beliau mengadakan perjalanan hingga sampai ke Tanah Bali , bangunan Pura terbuat dari batu Kapur dan karang merah, pada halaman Pura Sakenan terdapat 2 pohon besar nan tinggi yang dianggap pohon pelindung karena di percaya memiliki kekuatan dan tempat tinggal dari makhluk lain.

Pura Sakenan hanya berjarak 30 menitan dari arah kuta, Dari Pura ini kita bisa melihat pemandangan pantai yang indah dan eksotis, perbukitan dan pantai nusa dua yang di sebelah selatan.
Untuk Bangunan Pura terbagi menjadi 2 bagian yakni :
– Pura Sakenan yaitu sekumpulan pura yang ada di sebelah timur
– Pura Dalem Sakenan yaitu sekumpulan puran yang ada di belah barat.

Alamat Pura Sakenan: Jalan Pulau Serangan Denpasar Selatan Bali

 



Booking.com

 

 

 

6. Objek Wisata Art Centre Bali (Taman Budaya Bali)

Objek Wisata Art Centre Bali (Taman Budaya Bali)

Objek wisata Art Centre Bali sebuah taman budaya yang kompleks di kenal juga dengan nama lain bernama Taman Werdhi Budaya dengan memiliki luas mencapai 14Ha, objel wisata merupakan tempat berlangsung nya pagelaran budaya di seluruh pulau Bali dan juga merupakan tempat rekreasi dari warga kota Denpasar dan wisatawan, memiliki taman -taman yang tertata rapi , pohon -pohon rindang di beberapa sudut yang membuat kesejukan akan objek wisata ini.

Art Centre di buat arena memiliki tujuan sebagai tempat pementasan seni dan juga untuk menampilkan bakat-bakat seni, setiap tahun Bali mengadakan sebuah pentas kesenian (PKB) dan pusat dari itu diadakan di Art Centre Bali, PKB di adakan sekitar bulan juni – Juli jadi jika anda ingin ke melihat pentas kesenian Bali silahkan datang bulan tersebut ya. namun terkadang studio terbuka Art centre di gunakan juga untuk menagdakan konser musik dan pagelaran seni drama bali.

Alamat Art Centre Bali : Jalan Nusa Indah Denpasar, Bali (jurusan ke universitas warmadewa)

 

7. Museum Lukisan Sidik Jari Denpasar

Museum Lukisan Sidik Jari Denpasar

Di kota Denpasar juga terdapat sebuah Museum seni rupa yang menampilkan koleksi lukisan dari Gede Ngurah RAi Pemecutan selaku pendiri Museum, disini travelers bisa melihat koleksi Lukisan beliau yang rarusan jumlah serta puisi yang di tulis di atas batu. Museum ini di dirikan tahun 1993 dan resmi di buka untuk umum tahun 1995 oleh Beliau.

Keunikan dari museum sidik jari denpasar adalah lukisan yang di hasilkan bukan melalui kuas seperti lukisan pada umumnya melainkan lukisan di hasilkan langsung dari ujung jari pelukis, unik juga ya. Tambahan bagi travelers yang ingin dan tertarik untuk belajar seni tari Bali bisa melakukannya di sini juga, juga terdapat kursus melukis, seni musik yang di temani dengan pengajar yang profesional.

Mantapnya lagi Jika kesini, tiket masuknya gratis lo dan ada beberapa kafe dan wantilan khusus untuk beristirahat sejenak, toilet umum juga tersedia dan parkir area yang cukup luas juga ada. Jika berkunjung ke Denpasar jangan lupa ke sini ya.

Alamat Museum Sidik Jari : Jl. Hayam Wuruk Panjer Denpasar, Bali 80239
Harga Tiket Masuk : tidak ada alias free

 

8. Objek Wisata Desa Budaya Kertalangu

Objek Wisata Desa Budaya Kertalangu

Objek wisata Desa Budaya Kertalangu sangat-sangat cocok di kunjungi bersama keluarga karena tempat ini bukana hanya tempat wisata melainkan banyak yang bisa kita lakukan di sini. Objek wisata desa budayaa kertalangu memiliki luas 80 Ha, suasan di sini sangat hijau dan asri dan di gunakan sebagai tempat konservasi, rekreasi, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Kosep dari desa budaya kertalangu adalah mengambil kehidupan bali tempo dulu seperi menampilkan makanan tradisional dan minuman tradisional khas Bali dengan bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan kepada pengunjung agar tidah punah dan hilang begitu saja

Ada banyak aktifitas yang bisa di lakukan disini bersama keluarga dan teman-teman traveler contohnya kegiatan memancing, ada zona jogging track khusus untuk berolah raga dengan panjang tracking sepanjang 4 km, ada pula zona industri yang menampilkan beragam kerajinan tangan dan pembuatan patung, menunggang kuda dan masih banyak lagi.

Di tengah kota Denpasar yang sudah padat ternyata masih ada zona hijau yang di lestarikan sebagai daerah tujuan wisata semi melestarikan seni dan budaya Bali yang hampir termakan oleh jaman. Treveler wajib ke sini ya!

Alamat Desa Budaya Kertalangu : Jalan By Pass Ngurah Rai No.88 Denpasar

 

9. Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha

 

Pura Agung Jagatnatha adalah pura terbesar di Denpasar , jika bulan purnama full tempat ini akan di padati oleh masyarakat bali untuk melakukan persembahyangan, lokasi berdekatan dengan Museum Bali dan arah pura menghadap ke Gunung Agung. Gunung tertinggi di Bali yang di sakralkan karena di percaya bahwa terdapat kerajaan para dewa di sana.

Awal mula di bangunnya Pura Agung Jagatnatha karean dulunya banyak masyarakat bali yang datang ke Denpasar untuk bersembahyang tapi tidak menemukan tempat untuk bersembahyang sehingga di bangun lah Pura Agung Jaganatha yang resmi di buka sebagai objek wisata menari di denpasar tgl 13 mei 1968.

Bali memang terkenal akan keindahan tempat sucinya yang dinamakan Pura sehingga Bali dinamakan juga pulau seribu pura. Tidak perlu jauh-jauh untuk melihat kemegahan dan keindahan silahkan datang saja ke Pura Agung Jagatnatha yang terletak di jatung ibukota Bali yaitu Denpasar hanya 20 menit berkendara dari Kuta atau Bandara Ngurah Rai.

Alamat Pura Agung Jagatnatha : Jalan Mayor Wisnu, Dangin Puri, Denpasar Bali

 

Baca artikel lainnya : 

Wisata Unik di DMZ, Gallery Trick Art Museum dan Upside Down World di Bali

 

10. Wisata Hutan Mangrove Bali (Wisata Bakau Bali)

Wisata Hutan Mangrove Bali

Di Bali terdapat hutan Mangrove yang dikelola secara baik dan di buka juga sebagai objek wisata yang menarik dan keren untuk di kenal dan di kunjungi. Hutan Mangroove atau hutan bakau adalah sebagai pelindung dari daratan agar tidak terkena yang namanya abrasi atau pengikisan yang bisa menyebabkan longsor pada tepian laut dan juga hutan mangrove di kelola untuk melindungi hewan-hewan laut yang sangat tergantung akan makanan.

objek wisata Hutam Mangrove telah di kelola cukup baik, jika travelers kesini kita bisa berkeliling dengan mengikuti jalan jembatan kayu yang telah di sedikan oleh pihak pengelola, ditengah hutan Mangrove juga terdapat sebuah menara dimana kita bisa naik keatas dan melihat pemandangan hutan dan laut yang indah, ada juga perahu dari nelayan setempat yang bia kita sewa untuk berkeliling di sekita huta mangrove Denpasat Bali.

Objek wisata hutan Mangrove juga sering dipakai untuk foto sesion Prawedding karena memiliki latar alam yang menarik dan keren. Cuma untuk harga masuknya jadi akan berbeda.

Tempat wisata di Denpasar Bali ini, selain terkenal sebagai tempat rekreasi juga terkenal sebagai salah satu tempat favorit melakukan foto prewedding. Tidak hanya masyarakat lokal Bali yang melakukan foto pre wedding di hutan mangrove, calon pengantin dari Jakarta dan negara lain juga memilih hutan bakau di Bali untuk lokasi foto pre wedding.

Alamat Hutan Mangrove : Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar, Bali (Jarak lokasi sangat dekat dengan Bandara Ngurah Rai dan pelabuhan benoa Bali )
Harga Tiket Masuk : Rp 6.000 / orang

Demikian infornmasi tentang 10 Objek Wisata Menarik dan keren di Denpasar Bali yang Perlu Travelers Kenal, semoga menarik dan bermanfaat. Salam traveling!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *