SHOPPING CART

close
Booking.com

10 Objek Wisata Menarik dan Keren Di Medan Yang Perlu Travelers Kenal

Booking.com
10 Objek Wisata Menarik dan Keren Di Medan Yang Perlu Travelers Kenal

Medan adalah menjadi tempat destinasi pariwisata yang menarik untuk di jelajahi karena memiliki segudang objek wisata yang terkenal baik dari alam maupun buatan dan sejarah yang menjadi tempat wisata, Kota ini adalah gabungan dari budaya modern dan kolonial, jika travelers sedang di Medan berikut adalah 10 objek wisata menarik dan keren di Medan yang perlu travelers kenal, apa saja kah itu? mari kita simak terus artikel ini.

Medan merupakan kota terbesar no 3 di indonesia, pertama Jakarta dan Surabaya, menjadi pusat perdagangan karena merupakan pintu gerbang bagiat barat dari adanya pelabuhan Belawan dan Bandara Internasional Kuala Namu (bandara udara no 2 terbesar di Indonesia) dengan kemajuan yang dicapai Medan dalam hal ekonomi dan pembangunannya di iringi dengan berkembangnya objek wisata yang terdapat di Medan , ada banyak hal yang bisa kita lihat disini, Penduduk Medan adalah penduduk yang multietnis ada beragam budaya, agama dan suku di sini seperti ada etnis jawa, batak , tionghoa, mandailing, dan India dan sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian di bidang perdagangan, jadi jangan heran kalau di setiap sudut kota terdapat ruko-ruko yang berdiri. Objek wisata yang menarik dan keren di sini adalah danau Toba. Tapi 17sekians tidak akan membahas itu karena sudah pernah di tulis di Blog ini.

Salah hal menarik jika traveling ke Medan adalah objek wisatnya yang tidak telalu jauh dengan pusat kota jadi lebih hemat dalam segi biaya, dan juga khawatir dengan penginapan atau pun hotel ada banyak sekali hotel yang beroperasi di Medan. Dan anda pun bisa langsung memesan hotel secara online untuk itu, untuk agen reservasi hotel no. 01 , 17sekians merekomendasikan untuk memesan kamarnya lewat booking.com

Berikut adalah 10 objek wisata menarik dan keren di Medan :

1. Kampung Keling Medan

Kampung Keling Medan

Ada sebuah Kampung di Medan yang didiami oleh warga keturunan India aslinya berasal dari suku etnis Tamil, kenapa bisa sampai ke Indonesia, mereka sudah menempati di sini berpuluhtahun dan menetap di Medan, kampung tersebut bernama kampung Keling atau Kampung Madras. Mayoritas penduduk beragama Hindu dan juga beragama Islam dan mereka hidup rukun dan damai. Hal ini juga membuktikan bahwa Medan memiliki penduduk yang multietnis dan beragam.

Awal mulanya orang India Tamil ini datang sebagai buruh di perkebunan tembakau, mereka di datangkan karena terkenal rajin dan giat dalam bekerja, hingga sekarang pun menetap di tanah seluas 10 Ha. Banyak terdapat pengingalan sejarah jaman Belanda yang bisa di lihat di sini, jika anda kesini jangan lupa untuk mampir ke kuil Mariamman yang megah karena berwarna kuning emas dan Kuil Subramaniem. Kampun Keling Medan juga terkenal akan wisata kuliner nya , jika anda hobi dengan makanan khas India Kare wajib mencoba di sini ya.

Kampung Keling Medan berlokasi di area Zainul Arifin dan sangat mudah menuju lokasi , travelers bisa menggunakan sarana transportasi umum macam becak bermotor untuk menuju lokasi. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang di perhitungkan di Medan karena kita bisa melihat pusat kebudayaan India di Indonesia, ada banyak bangunan dengan arsitektur India di sini. Keren juga ni.

2. Rumah Tjong A Fie di Medan

Rumah Tjong A Fie di Medan

Dari namanya kita sudah memastikan bahwa rumah Tjong A Fie adalah objek wisata di medan yang menampilkan rumah dengan gaya Tionghoa yang dipadukan dengan gaya Melayu, rumah ini awalnya dimiliki oleh orang terkaya di medan di masa penjajahan Belanda tahun 1920. Rumah Mewah ini dibangun oleh Orang yang bernama Tjong A Fie yang memiliki banyak tanah dan perkebunan di Medan jaman dahulu. Tjong A Fie adalah Orang Tionghoa pertama yang memiliki lahan perkebunan yang sangat Luas di medan. Setelah Wafatnya, Beliau memberikan wasiat rumah dan kekayaan kepada yayasan Toen Moek Tong di Medan. Sampai sekarang rumah ini di kelola sebagai aset wisata budaya di Medan.

Rumah Tjong A Fie sangat klasik dan artistik karena berisikan lukisan-lukisan , foto-foto dan perabotan klasik serta di tambah ukiran-ukiran yang unik di setiap dinding rumah. Rumah ini kemudian resmi di jadikan objek wisata di medan , meskipun sudah berumur tua dan bersejarah perawatan yang diberikan sangat baik untuk rumah Tjong A Fei.

Alamat Rumah Tjong A Fie : Jalan Jendral Ahmad Yani VII No.105, Kesawan, Kota Medan, Sumatera Utara 20236
Jam Buka : 09.00 am – 12.00 dan 14.00 – 17.00
Tiket Masuk : Rp. 35.000

3. Istana Maimun Medan

Istana Maimun Medan

Wisata Ke Istana Maimun medan Adalah wisata di Medan yang bersejarah yang memperliihat sebuah bangunan megah dan indah yang memiliki arsitektur mix yakni percampuran antara unsur budaya Melayu yang di padu dengan Islam timur tengah , Sapnyol dan Italia. Inisalah satu istana yang terindah yang ada di Indonesia.
Sejarah Istana Maiumun di Medan adalah merupakan peningagglan sejarah dari masa kerajaan Deli oleh Sultan Maimun AL Rayid Perkasa Alamsyah, beliau adalah keturunan raja kesultanan Deli Ke-09, dibangun pada tahun 1888 dan di resmikan tahun 1891 (hanya selang waktu 3 tahun)

Warna dominasi Istana Maimun adaah warna kuning yang merupakan lambang dari warna melayu dan kebesaran dari kerajaan Deli, bentuk pintu yang besar-besar sangat mirip dengan arsitek Eropa dan perabotan seperti kursi , lampu , meja dan lemari juga merupakan ciri khas dari Eropa. Dan pengaruh islam timur tengahnya bisa di lihat dari bagian atap yang menyerupai perahu terbalik sangat mirip dengan bangunan yang ada di kawasan timur tengah.

Istana Maiumun memang sangat lah indah, travelers wajib kenal dan mengunjungi tempat ini yang memiliki luas 2.772 meter/segi dan ada 30 ruangan dan 2 lantai.

Alamat Istana Maimun Medan : Jl. Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66, Medan Maimun, Kota Medan Sumatera Utara 20151
Tiket Masuk : Rp. 5.000

4. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Gunung Subayak Berada dalam area kota berastagi Medan, ini adalah bogornya Medan. Udara disini sangatlah sejuk dan dingin jadi bayak travelers yang tertarik untuk datang ke sini terutama saat weekend dan musim liburan.

Gunung Sibayak adalah gunung yang masih aktif dan pernah meletus pada tahun1881, Orang dari suku karo menamakan gunung Sibayak sebagai gunung raja (artinya Sibayak ). Ketinggian gunung Sibayak mencapai 2.212 mdpl. Jadi yang menyukai dengan kegiatan tracking atau mendaki bisa mencoba untuk menaklukan gunung Sibayak, ada banyak juga cerita tentang para pendaki yang tersesat tak kembali ketika mendaki gunung Sibayak , jadi harus tetap berhati-hati dan menggunakan jasa guide ya.

Namun lepas dari semua itu, pemandangan yang didapat di gunung sibayak sangatlah indah dan melihat pemandangan dari ketinggian adalah hal langka, seru dan tak terlupakan. Gunung Sibayak berada dalam kawasan Kota Berastagi, kota ini juga memiliki pemandangan indah dan ada banyak hotel untuk menginap, di sini juga terdapat perkebunan jeruk dan strawbery dimana travelers bisa datang, memetik dan mencicipi buah di tempat.

5. Taman Bermain Hillpark Sibolangit

Taman Bermain Hillpark Sibolangit

Paling menyenangkan memang berwisata air bersama keluarga tercinta, untuk di medan terdapat wahana permainan air bernama Hillpark Sibolangit memiliki system dan konsep layaknya seperti di Dufan atau trans studio dan taman bermain Hillpark Sibollangit adalah taman bermain air yang terbesar di Sumatera .
Ada banyak sekali wahana permainan yang bisa di dapat di sini, pertama adalah taman ini terbagi menjadi 03 tema yaitu Lost City, Toon town, dan Heritage. Wahana permainannya meliputi ferries wheel (kincir raksasa), roller coaster, 4D theater, dan amphitheater yang memiliki kapasitas 1.200 orang untuk mengadakan pertunjukan dan konser. Udara di sini sangat sejuk dan kondisi Taman Bermain juga bersih dan terawat dengan baik.

Alamat Hillpark Sibolangit : Jalan Let. Jend. Jamin Ginting Sikeben, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20157
Tiket Masuk : Rp. 45.000/orang
Jam Buka hanya di hari sabtu, minggu dan hari libur saja

6. Graha Santa Maria Velangkanni

Graha Santa Maria Velangkanni

Wisata rohani berikutnya adalah Graha Santa Maria Velangkanni , untuk menuju lokasi sangat lah mudah, Temapat ini adalah sebuah gereja bagi umat katolik, mereka sering datang dan berziarah ke Graha Santa Maria Velangkanni dan juga di buka untuk umum sebagai objek wisata menarik di medan.
Keunikan Gereja adalah bentuk bangunannya yang menyerupai sebuah kuil umat Hindu dan Budha awal mulanya Graha Santa Maria Velangkanni sebagai tempat pemujaan umat katholik tamil di Medan namun sekarang semua umat katholik bisa datang ke sini.

Gereja Graha Santa Maria Velangkanni dibangun pada tahun 2001 dan selesai tahun 2005 menelan biaya sebesar Rp. 04 Miliyar, desain bangunan oleh Pastor James Bharataputra S.J. Jika datang kesini tidak akan di pungut biaya apapun hanya di kenakan bayar parkir kendaraan saja.

Alamat Graha Santa Maria Velangkanni : Jl. Sakura III No. 7, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat Medan, Sumatera Utara 20135

 



Booking.com

 

7. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Masjid bersejarah ini merupakan lambang dari kemakmuran dari kerajaan Deli jaman dahulu, jaraknya sangat berdekatan dengan istana Maimun, dikenal juga dengan nama masjid Al Mashun , berada tepat di jantung kota Medan dan merupakan objek wisata menarik di medan yang banyak pengunjungnya.

Masjid Raya Medan di dirikan pada tanggal 21 agustus 1906 dengan arsitek bangunan bergaya Eropa, Melayu, Maroko dan timur tengah. Masjid megah ini memiliki bentuk yang keren dengan bentuk segi delapan dan empat serambi utama pada bagian depan, belakangnya dan samping kiri dan kanan, pada kubah masjid raya ada dekorasi bulan sabit dan dindingnya mempunyai dekorasi bunga yang di cat menggunakan cat minyak.

Alamat Masjid Raya : Jalan Sisingamangaraja, Medan Sumatera Utara 20212

 

8. Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara

Objek wisata sejarah dan budaya menarik di Medan adalah Museum Sumatera Utara, museum ini adalah museum terbesar yang ada di Sumatera Utara , luas lahannya mencapai 10.468 meter/segi, memiliki 2 lantai yang memiliki beberapa ruangan dan koleksi yang di miliki mencapai 6.799 barang peninggalan sejarah.

Bangunan dari museum Sumatera Utara berbentuk rumah tradisional dari sumatera sendiri. Pada lantai pertama nya terdapat koleksi pakaian adat dari bermacam suku yang di Sumatera utara seperti Batak, Melayu , Batak Toba, Simalungun, Pakpak, Nias dll, seperti yang sudah di bahas bahwa Medan adalah multietnis, ada beragam budaya dan suku di sini.
Museum ini juga memiliki koleksi benda peninggalan sejarah sampai purbakala, ada fodil manusia purba, ada juga koleksi benda-benda tentang sejarah agama Hindu dan Budha yang diambil dari candi Padang Lawas.

Hal unik lainnya museum ini memiliki koleksi benda -benda sakral seperti peti mati dari batu (sarkopagus) , tongkat perdukunan, wadah obat dari gading, arca batu, perunggu, pecahan keramik, dan mata uang kuno, juga sebuah replika candi induk dari Candi Bahal I. Sangat menarik juga ya buat pebelajaran sejarah kita.

Alamat Museum Sumatera Utara : Jalan H.M. Joni No. 51 , Medan
Tiket Masuk : Rp. 5.000/orang
Jam Buka :
Selasa-Kamis: 08:30 am – 17:00
Jumat-Minggu: 08:30 am -16:30

9. Taman Buaya Asam Kumbang

Taman Buaya Asam Kumbang

Medan juga memiliki taman Buaya yang berisikan berbagai jenis buaya yang bisa anda tonton, taman ini bernama taman Buaya Asam Kumbang sangat mudah untuk menuju lokasi hanya dengan menggunakan angkutan umum. Taman ini di klaim sebagai taman Buaya terbesar di Asia Tenggara dengan koleksi Buayanya mencapai 2.500 lebih, wow.

Taman Buaya Asam Kumbang di kelola oleh penduduk lokal bernama Lo Tham Muk, dari beberapa jenis saja dan berkembang menjadi sangat banyak, koleksi terbanyak dari buaya muara dan umur buaya juga beragam ada yang berumur balita , ada yang sudah tua 50 thn- 70 thn, Jika anda tertarik coba langsung datang kesini aja ya dan jangan lupa untuk berhati-hati karena pa yang kita lihat adalah salah satu jenis hewan buas.

Alamat Taman Buaya Kumbang : Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Medan
Tiket masuk : Rp. 5.000

Baca Artikel Lainnya :

12 Tempat Nongkrong dan Kuliner Asyik di Bandung Yang Travelers Harus Kenal

Pesan Hotel di Medan-Mudah dan banyak diskon-lewat booking.com

10. Merdeka Walk Medan

Merdeka Walk Medan

Merdeka Walk adalah Objek wisata kuliner di Medan yang selalu ramai akan pengunjung, sering sekali banyak di pakai juga sebagai tempat nongkrong oleh masyarakat setempat karena terdapat banyak hiburan juga di sini. Ada banyak warung yang menjual berbagai macam makanan seperti makanan khas Medan, asian food dan western food juga ada.

Jika anda ingin mencoba makanan khas Medan macam soto medan, nasi Lemak atau pancake ala durian maka harus mampir ke merdeka walk atau sering di sebut MW, jika ingin mencoba makanan jenis lain , di objek wisata kuliner merdeka walk juga ada restaurant fast food seperti MC Donald dan Pizza Hut, ada juga makanan asia lainnya seperti : sop buntut, bakso, mie pangsit, sate padang dan empek-empek

Merdeka Walk Buka setiap hari dari jam 11.00 am – 24.00, jika hari sabtu bukanya lebih malam sampai jam 02.00 am

Demikian ulasan mengenai 10 Objek Wisata Menarik dan Keren Di Medan Yang Perlu Travelers Kenal, semoga bermanfaat ya – Salam traveling

Tags:

0 thoughts on “10 Objek Wisata Menarik dan Keren Di Medan Yang Perlu Travelers Kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cari Hotel Murah

Booking.com
Booking.com