SHOPPING CART

close

10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Semarang Yang Wajib untuk di kenali

Booking.com
10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Semarang Yang Wajib untuk di kenali

Semarang adalah kota yang sangat maju dalam segi ekonominya , kota masuk sebagai kota metropolitan no 5 terbesar di Indonesia, Diikuti dari ekonominya Semarang menyimpan banyak tempat menarik yang bisa kita kunjungi saat berlibur kesini. Inilah 10 objek wisata menarik dan keren di Semarang yang wajib untuk kenali sebelum berlibur ke Kota ini.

Dengan berkembang pesatnya ekonomi di semarang membuat kota ini pun semakin macet layaknya kota-kota besar di Indonesia. Namun itu tidak membuat perkembangan pariwisata semakin menurun justru banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk berlibur ke semarang. Di beberapa sudut kota telah berdiri gedung-gedung pencakar langit membuat kota ini tampak indah di malam harinya.

Objek wisata di Semarang sangat bervariatif ada wisata religi, wisata sejarah, wisata alam dan wisata kuliner pun ada di sini. Nah Mungkin anda masih bingung mau kemana harusnya di hari pertama tiba di Semarang atau mau kemana saja nih jika sudah tiba di Semarang.

Sekedar informasi bahwa Semarang mempunyai 2 stasiun kereta api yakni: Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol. Stasiun Poncol yang berada di Jalan Imam Bonjol ini terletak sangat dekat dengan objek wisata Lawang Sewu / Simpang Tugu Muda. mungkin anda bisa memulai untuk traveling ke objek wisata tersebu di hari pertama anda tiba di Semarang.

Atau anda memiliki rencana lain juga terserah saja, berikut adalah 10 objek wisata menarik dan keren di Semarang yang wajib anda kenali adalah sebagai berikut :

 

1. Objek wisata Kota Lama Semarang

Objek wisata Kota Lama Semarang

Objek wisata pertama yang wajib anda kenal adalah wisata sejarah ke Kota Lama Semarang. Kisah awalnya adalah di bangun benteng pertahanan oleh Belanda dan bangunan-bangunan tua yang berdesain ala eropa seperi Geraja Beleduk yang memiliki atap kubah yang artistik dan kerap menjadi incaran wisatawan untuk datang, gedung-gedung perkantoran, restaurant dan hotel-hotel yang ada mengambil nuansa eropa belanda , memang kota lama Semarang dulunya dibangun sebagai pusat pemerintahan Belanda sehingga kota ini di sebut juga sebagai kota kecil Netherland.

Namun sekarang Kota Lama Semarang menjadi sebuah objek wisata favorit buat para travelers yang berkunjung ke Semarang, kerap dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto.
Di daerah Kota Lama Semarang, travelers akan bertemu dengan keberadaan spot-spot tempat yang sering didatangi oleh wisatawan. Misalkan Gereja Blenduk, gedung-gedung lama yang kini dipakai sebagai tempat perkantoran , restaurant dan hotel-hotel berasa seperti di luar negri kalau datang kesini.

Bangunan-bangunan tua disini terawat dengan baik dan kebersihan pun selalu dijaga, inilah yang membuat wisatawan tertarik dengan suasana potensi wisata di Kota lama Semarang

Alamat Kota Lama Semarang : Jalan Letjen Suprapto No.22, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

 

2. Objek Wisata Kampung Batik Semarang

Objek Wisata Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang letaknya tidak jauh dari kota lama semarang . tepatnya dari gareja Blendukan mengambila arah memutar ke Budaran Bubakan , terdapat gang masuk yang tepat di samping hotel Horison. Anda akan melihat plang nama Kampung batik.
Lokasi Kampung Batik semarang : Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur tepatnya di dekat Bundaran Bubakan, Jawa Tengah.

Kampung Batik Semarang mulai di kenal banyak orang sebagai pusat oleh-oleh dalam hal kain Batik , ada berbagai macam jenis batik di sini dan travelers juga bisa melihat langsung bagaimana memproduksi batik karena banyak rumah disini yang memproduksi langsung batik dan menjualnya.
Untuk harga batik nya sangat bervariatif dari harga terendah Rp.50.000 hingga yang mahal Rp. 5juta untuk batik motif tulis semarang, Batik ciri khas semarang ini lebih condong kepada motif natural seperti ikan, burung, ayam, bunga, pohon, pemandangan alam disesuaikan dengan kondisi dari masyarakat pesisir pantai lain halnya dengan batik solo dan yogya yang kental akan simbol norma-norma dan masyrakat keratonnya

Kampung Batik semarang kerap dikunjungi oleh wisatawan asing juga seperti wisatawan singapura, Malaysia dan eropa. Jika anda mau belajar membatik di beberapa tempat di sini menyediakan kursus singkat membatik dengan membayar Rp. 20.000 – Rp. 30.000 anda bisa membuat batik dengan jenis motif motif asam, burung blekok, warak, hingga lawing sewu . Bagaimana apakah anda tertarik?

 

03. Objek Wisata Candi Gedong Songo

Objek Wisata Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan objek wisata sejarah menarik yang bisa anda kunjungi karena selain memiliki nilai sejarah area tempatnya juga sangat indah akan pemandangan alamnya. awal mulanya candi ini bernama Candi Gedong pitu karena awal mulanya hanya di temukan 7 candi saja, kemudian di tahun 1908 – 1911 di temukan kembali 2 candi sehingga sekarang objek wisata ini bernama Candi Gedong songo (09 candi) , candi ini adalah penginggalan dari wangsa Syailendra yang berjaya dan berkuasa pada abad ke-9 masehi, Jarak antara satu candi dengan lainnya tidaklah berdekatan diperlukan tenaga ekstra untuk melihat keseluruhan candi.

Candi Gedong sari berada di kawasan alam yang sangat luas dan mempesona , di sekitar kompleks candi terdapat permandian air panas , suhu udara di sekitar juga sngat sejuk dan dingin , sangat bebas dari yang namanya polusi karena terletak di lereng gunung dengan ketinggian 1.200 m diatas permukaan laut. Banyak wisatawan yang datang ke sini terutama saat musim liburan datang.

Alamat Candi Gedong Songo : Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

Jika anda merasa lelah untuk berkeliling, disini terdapat jasa untuk menyewa kuda juga jadi bisa berkeliling dengan naik kuda dapat menyimpan tenaga anda, jasa sewanya sebagai berikut:
– Wisata Desa Rp 25.000 (Wisman Rp 35.000)
– Ke Air Panas Rp 60.000 (Wisman Rp 70.000)
– Ke Candi II Rp 40.000 (Wisman Rp 50.000)
– Paket candi Songo Rp 70.000 (Wisman Rp 90.000)

 

04. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa

Anda pernah menonton film Soekarno yang di sutradarai oleh Hanung Brahmantyo , film tersebut mengambil tempat di Benteng Pendem Ambarawa, salah salah satu tempat bersejarah yang menjadi objek wisata di Semarang. Benteng Pendem berarti terkubur dibangun oleh Belanda di tahun 1834 di sebut juga bentang Willem 1, disini travelers bisa
melihat bangunan tua yang tak terurus mengandung banyak sejarah. Disni pula terdapat Palgan Ambarawa dan Museum Kereta Api

Untuk menuju ke Benteng Pendem Ambarawa ada 2 cara yakni lewat jalan alternatif dekat dengan RSUD Ambarawa dan kedua anda bisa masuk ke Lapas Ambarawa dan bangunan benteng yang bisa dikunjungi berada di kiri Lapas, untuk lewat lapas anda meminta ijin terlebih dahulu untuk lewatnya.
Bangunan benteng sudah hampir berusia 2 abad , walaupun masih berdiri kokok tetap meminta perhatian pemerintah agar bisa menjaga agar bangunan sejarah tetap ada dan di nikmati oleh generasi kita berikutnya, sayangnya hal ini belum di perhatikan oleh pemerintah setempat. Tempat ini kerap juga di pakai sebagai tempat foto keren oleh para wisatawan karena memiliki suasana eksotis berbau sejarah.

Alamat Benteng Pendem Ambarawa : Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50611

 

05. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata religi di Semarang yang rekomended adalah Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid ini sangat besar dan indah , dibangun di luas tanah sebesar 10 Ha, luas induk bangunan mencapai 7.669 M/segi Memiliki desain campuran antara Unsur Jawa dan Yunani. Masjid di resmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presiden SBY.

Keunikan Masjid ini adalah memiliki bentuk 06 payung elektrikdi serambi yang hampir mirip dengan Masjid Nabawi dan 06 payung dengan diameter 14 meter dapat di kembangkan jika ada perayaaan salat Idulfitri dan idul adha. Ada juga terdapat 25 pilar seperti Coloseum Roma yang mangandung arti bahwa pilar-pilar ini adalah perwakilan dari jumlah Nabi dan Rasul yang harus di ketahui oleh Agama Islam, saat masuk pintu Gerbang terdapat tulisan “Sucining Guno Gapuraning Gusti” yang di tulis dalam huruf arab melayu dan 2 kalimat syahadat.

Dalam wilayah Masjid Agung Jawa Tengah Semarang ini juga terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang dapat dilihat di Tower Asmaul Husna di Lantai 2 dan 03, add juga Hotel Graha Agung di bagian Utara dan resto yang memiliki pemandangan keren dan indah di Kota Semarang ini bisa dilihat di Tower Asmaul Husna pada lantai 18 nya. Untuk ke puncak menara ini anda akan di kenakan biaya tambahan

Alamat Masjid Agung Jawa Tengah : Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah

06. Objek Wisata Lawang Sewu

Objek Wisata Lawang Sewu

Objek wisata Lawang Sewu adalah merupakan wisata yang dapat memacu adrenalin anda karena di percaya bahwa tempat ini memiliki hawa yang angker dan seram, awal mula berdiri di tahun 1904 Gedung lawang Sewu merupakan kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), Kantor NIS merupakan sebuah perusahaan VOC jaman dulu ayng membangun jalur kereta api dari semarang – Solo – Yogyakarta.

Gedung Tua ini bercirikan dengan memiliki banyak pintu, ada ratusan jumlahnya sehingga mendapatkan julukan Lawang Sewu yang artinya seribu pintu, namun aslinya bahwa gedung yang memiliki 03 lantai ini hanya memiliki 400an pintu.
Ad banyak cerita horror mengenai Lawang sewu dari cerita dan mitos yang mengisahkan terjadinya banyak penampakan seperti hantu tentara Belanda, genederuwa dll, karena disini memang banyak spot -spot yang menyaramkan seperti di ada sumur tua, pintu utama, penjara bawah tanah, penjara jongkok dan ruang penyiksaan tawanan. Serem banget. Jangan pernah ke sini pada malam hari ya..he.he

 

07. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Ini dia wisata menarik yakni Museum Kereta api Ambarawa, aslinya dahulu pada tahun 21 Mei 1873 , raja Willem I dari Belanda membangun stasiun Ambarawa dan mulai beroperasi kemudian pada tahun 1976 stasiun ini di tutup dan menjadi sebuah museum, dan banyak juga wisatawan yang berkunjung kesini. Dsini travelers bisa melihat 21 jenis lokomotif dan mengetahui bahwa lokomotif-lokomotif ini memiliki peran yang sangat penting di masa penjajahan dalam hal memperjuangkan kemerdekaan yakni sebagai sarana angkut dari para tentara indonesia.

Disini terdapat kereta api model jadul yang masi menggunakan tenaga uap , konon sekarang ini cuma ada 03 saja kereta model lokomotif uap bergerigi buatan Hannoversche Maschinenbau AG, satu di semarang dan 02 lagi ada di India dan swedia, jika kesini kita bisa ber foto dengan kereta tua peninggalan sejarah.
Lokomotif-lokomotif masih berfungsi dengan baik, jika berkunjung ke Museum Kereta api Ambawara kita memiliki kesempatan untuk naik dan mendapatkan tour juga, ada 02 rute yang bisa di pilih yakni Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono, kereta apinya juga bisa di pilih mau menggunakan kereta api uap atau kereta yang menggunakan diesel

Ayo yang belum pernah naik kereta api, segera ke sini ya.

 

08. Objek Wisata Kampung Pelangi

Objek Wisata Kampung Pelangi

Kampung Pelangi berada di kampung Gunung Brintik Wonosari, kelurahan Randusari Semarang, Kampung Yang dahulunya terkesan kumuh ini berubah signifikan menjdai sebuah kampung wisata yang berwarna-warni dan menjadi viral di media international, Kalau di Malang terdapat Kampung Jodipan namun kampung Pelangi perlahan menyaingi ketenaran nya.

Adalah Bpk Slamet Widodo, sang Kepala Sekolah yang memiliki ide untuk mengubah kampung pelangi menjadi sekarang ini, insiparsi beliau berawal dari kampung jodipan yang ada di Malang. Ada 232 rumah di kampung pelangi yang telah di sulap cat warna – warni menjadi unik dan menarik.

Banyak wisatawan yang datang karena penasaran akan kampung ini, dan selalu mengabadikan dengan mengambil foto dengan bacground kampung pelangi. Untuk tiket masuk ke kampung pelangi di kenakan biaya Rp. 3000/orang dan parkir Rp.2.000/orang

Alamat Kampung Pelangi :
Jalan Dr. Sutomo Kelurahan Randusari, Semarang Selatan
Rute ke lokasi adalah mengambil arah pasar Bunga Kalisari lurus terus sampai bertemu Tugu Muda, lokasi kampung pelangi derada di perbukitan Gaes.

Kampung Pelangi adalah wjud nyata bagaimana pariwisata sangat dapat membantu perekonomian masyarakat setempat, karena semakin banyak wisatawan datang dapat membantu pemasukan mereka. Semoga semakin banyak kampung -kampung di Indonesia yang maju seperti kampung Pelangi

 

09. Taman Wisata Puri Maerokoco

Taman Wisata Puri Maerokoco

Taman Wisata Puri Maerokoco Semarang, merupakan wisata edukasi dimana di sini kita bisa mengenal adat dan budaya , rumah adat yang ada di seluruh nusantara, sangat rekomended berwisata ke sini bersama keluarga tercinta anda. Layaknya di Jakarta terdapat Taman mini Indonesia Indah (TMII) maka di semarang terdapat objek wisata yang sama, terdapat banyak miniatur-miniatur rumah adat indonesia plus di tambah kerajinan tangan dari masing-masing daerah bisa anda lihat di sini.

Lengkapnya disini terdapat 35 perwakilan budaya nusantara berupa adat istiadat nya seperti miniatur dari candi borobudur, masjid menara kudus, masjid agung demak, untuk ektra tambahan di Taman wisata puri Maerokoco juga terdapat kolam renang, komedi puter , kereta gantung dan macam permainan lainnya .

Alamat Taman Wisata Puri Maerokoco : Jalan Anjasmoro-Tawangsari, Tawangsari, Semarang Barat, Jawa Tengah
Tiket Masuk : Rp. 10.000/orang

 

Baca artikel Lainnya : 

Pantai Losari Ikon Pariwisata di Kota Makassar

 

10.  Objek Wisata Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Objek Wisata Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

 

Keindahan dari Pagoda Avalokitesvara di Watugong memang tiada duanya , pagoda ini memiliki tinggi 45 meter dan terdapat ada 7 lantai di dalam pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, di masing-masing tingkat/lantai terdapat patung suci Dewi Kwan Im yang posisinya berhadapan dengan 04 penjuru mata angin.

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong bentuknya sangat artistik dan hampir sama dengan pagoda yang ada di negri tiongkok, kerap diambil sebagai background foto bagi wisatawan yang datang kesini karena memiliki bentuk bangunan yang indah. Jika anda ingin meraml nasib anda bisa melakukannya di sini juga dengan mengikuti ritual tjiam shi, tapi hanya untuk fun aja ya jangan terlalu di anggap serius mungkin aja ramalannya tidak sesuai dengan kehendak anda.

Alamat Avalokitesvara Buddhagaya Watugong : Jalan Perintis Kemerdekaan Pudakpayung, Banyumanik, Semarang Jawa Tengah

 

Oke demikian mengenai ulasan 10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Semarang Yang Wajib untuk di kenali, semoga bermanfaat dan kalau suka dengan artikel ini jangan lupa untuk di share ya.  Salam Traveling!

Tags:

0 thoughts on “10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Semarang Yang Wajib untuk di kenali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share