SHOPPING CART

close

10 Objek Wisata Menarik di Banyumas yang perlu Travelers kenal

Booking.com
10 Objek Wisata Menarik di Banyumas yang perlu Travelers kenal

Kabupaten Banyumas yang beribukota Purwokerto merupakan salah satu kota yang menyimpan segudang wisata terutama wisata alamnya. Berada tetpat di kaki gunung Slamet yang masih aktik membuat Banyumas memiliki kekayaan alam yang tak ternilai harganya, Banyak sekali tempat menarik yang bisa travelers kunjungi terutama wisata alam curug atau air terjun, ada banyak sekali curug di Banyumas sehingga dikenal juga sebagai kota dengan seribu curug, bukan hanya wisata alam saja terdapat, ini lah 10 objek wisata menarik di Banyumas yang perlu travelers kenal

Ada banyak sekali objek wisata yang bisa anda temui di Banyumas, sebelumnya mari mengenal tentang Kabupaten Banyumas. Purwokerto adalah ibukota dari Banyumas, Kota yang menjadi perbatasan dengan Banymas anatar lain Brebes di bagian utara, Purbalingga , Banjarnegara dan kebumen di bagian timurnya, cilacap di bagian selatan dan bagian barat. dan berada di Kaki Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 meter diatas permukaan laut.
Orang-orang di Banyumas kebanyakan menggunakan bahasa jawa yang khas dengan dialeknya sering juga di sebut bahasa ngapak, Banyumas juga dikenal sebagai kota satrya karena ada banyak kesatria atau pahlawan yang lahir dari Banyumas sebut saja Jenderal Soedirman, Gatot Subroto, Sony Harsoeno, Hasir Hadi Broto, Soparjo Roestam, Soerono ada juga kesatria yang berjuang pada masa di bentuknya Banyumas seperti Adi Pati Wirasaba, Joko Kaiman dll.

Bagi Travelers yang menyukai akan wisata alam , Banyumas adalah salah wisata menarik untuk di kenal dan di explore, sebelum anda kesana baiknya membaca artikel ini yang berisikan tentang 10 objek wisata menarik di Banyumas yang perlu travelers kenal adalah sebagai berikut :

 

1. Objek wisata Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden adalah objek wisata yang terkenal dan berkembang sangat baik di Banyumas , berkendara hanya berjarak 14 km dari kota Banyumas. Yang menjadi menarik dari tempat ini adalah alamnya yang indah , pemandangan gunungnya ditambah dengan udara yang dingin dan sejuk , dan juga pengembangannya di dukung pula dari Pemda Banyumas yang mengembangkan pariwisata di sini sehingga menjadi tertata dengan rapi. Sangat cocok datang kesini bersama keluarga karena sangat cocok berwisata di sini dari tingkat anak-anak sampai dewasa.

Ada terdapat fasilitas dan wahana permainan yang lengkap disini antara lain : Kolam renang dengan papan seluncurnya, sepeda air, air terjun dan ada juga permainan air panas belerang. Di Baturraden terdapat adanya teater alam yakni pesawat jenis foxer 28 milik Garuda Indonesia, teater ini memutar film pendek yang menceritakan tentang alam yang ada di Indonesia. Ada juga pertunjukan seni khas Banyumas contohnya calung, ebeng/kuda lumping, permainan musik tradisional, Kenthongan dll.

Alamat : Lokawisata, Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151 (15 km dari kota purwokerto)
Lokasi bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

kesimpulannya jika anda berkunjung ke Lokawisata Baturraden, tempat menarik yang bisa anda kunjungi adalah :
1. Telaga Sunyi
2. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden
3. Bumi Perkemahan
4. Kaloka Widya Mandala
5. Teater Alam Baturaden

 

2. Objek wisata Sumber Air Panas Pancuran Tiga

Sumber Air Panas Pancuran Tiga

Masih dalam areal wisata Baturraden , travelers harus berjalan kaki sejauh 2,5 km ke sisi bukit untuk menemukan lokasi air panas pancuran telu. Terdapat 03 pancuran air panas yang mengandung belerang dari Gunung Slamet, walaupun tempatnya sangat sederhana banyak pengujung yang datang kesini sambil menikamti mandi dengan air belerang. Mandi atau berendam denganair panas belerang di percaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit terutama penyakit tulang dan kulit, rematik

Jika anda tertarik bisa langung ke sini dan rasakan sensasi pijit tradisional dengan memakai media air belerang dan juga anda bisa mandi lumpur belerang , kalau travelers suka bisa juga lumpur belerang ini di bawa pulang dengan membelinya dalam kemasan botol untuk luluran agar kulit anda sehat dan tidak berjewarat.

Alamat Sumber air panas Pancuran tiga : Berada di kawasan komplek Bautrraden
Tiket masuk : Rp.5.000/orang

3. Objek Wisata Sumber Air Panas Pancuran Tujuh

Objek Wisata Sumber Air Panas Pancuran Tujuh

Objek wisata sama persis dengan Sumber Air Panas Pancuran Tiga hanya saja pamncuran tujuj memiliki 7 pancuran yang mengalir dengan 03 pancuran diantaranya adalah pancuran besar. Fasilitas yang menarik disini adalah adanya pancuran yang mengalir secara priobadi ke kamar mandi dengan cara memesannya terlebih dahulu.
Banyak Juga Wisatawan yang tertarik akan wisata mandi air panas karena ini di percaya dapat menyembuh beberapa penyakit.

Alamat : Kawasan Lokalwisata Baturraden

Untuk menuju lokasi travelers harus menuruni banyak anak tangga, ada sekitar 250 anak tangga posisi tempat wisata berada di bawah bukit.

 

04. Objek Wisata Curug Gede Banyumas

Objek Wisata Curug Gede Banyumas

Info sebelumnya bagi anda yang belum mengerti arti Curug adalah air terjun , orang Banyumas sering menyebutnya curug. Menikmati pesona alam curug memang tidak akan bosan, tempat wisata curug yang menarik untuk dikenal dan di explore adalah Curug Gede.

Dengan Ketinggian mencapai 25 meter curug gede menampilkan pesana alam yang dikelilingi oleh areal perhutanan, Sayangnya kurang perhatian dari pemda setempat membuat untuk menuju ke lokasi masih di bilang cukup ektrim karena jalan menuju kesana masih banyak rintangan aperti semak-semak jalan yang licin dan terjal dll.

Sampai ke desa ketengger kita harus memarkirkan kendaraan dengan karcis parkir Rp.2.000 kemudian berjalan menuju lokasi curug.

Alamat Curug Gede Banyumas : Desa Ketengger Baturraden (3 km keselatan dari arah Baturraden)
Ada banyak sekali curug di Desa Ketengger yakni 09 jenis air terjun di antaranya adalah curug Gede dan terdapat sungai yang mengalir tepat di bawah curug bernama sungai Gembyong.

 

05. Objek Wisata Curug Ceheng

Objek Wisata Curug Ceheng

Curug Ceheng adalah wisata air terjun lain yang ada di banyumas tepatnya berada paling ujung timur kota banyumas di Subang. Sangat bersahabat dengan wisata keluarga karena lokasi tidak begitu jauh dari jalan umum yang sudah mulus beraspal . Suasana Curug Ceheng sangat sejuk dan indah.
Curug ceheng memiliki debit air terjunnya yang lebih besar dari curug gede dan ada telaga di bawah curug jadi travelers bisa berenang dan berendam di sana. Namun tergantung musim juga sih jika musim kemarau berkepanjangan debit air curug Seheng juga akan sedikit. Tetap saja ibjek wisata curug ceheng sangat di minati oleh wisatawan untuk berkunjung, mungkin karena akses nya juga gampang di capai.

Alamat Curug Seheng : Gandatapa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183(dari pusat kota purwokerto sekitar 30 menitan)
Tiket masuk :
Menggunakan motor Rp. 7.000
Menggunakan Mobil Lebih dari Rp. 7000 hehe..

 

06. Objek Wisata Curug Cipendok

Objek Wisata Curug Cipendok

Inilah curug yang paling indah di Cipendok dan memiliki beberapa fasilitas yang lumayan lengkap dari akses jalan menuju lokasi yang gampang , warung penjual makanan dan minuman, mushola, tempat bermain anak, cottage, outbond, jogging track dan jungle track.

Curug Cipendok memiliki pemandangan alam yang spektakuler dan kesejukan udara akan terasa ketika travelers memasuki area objek wisata curug cipendok, disini juga terdapat satwa – satwa jika beruntung kita bisa melihatnya juga seperti elang jawa dan monyet dll. Curug Cependok memiliki ketinggian 92 meter dan di kelilingi oleh hutan lindung dan terdapat menara yang bisa gunakan untuk melihat pemandangan banyumas tergantung dengan cuaca juga sih.

Alamat Curug Cipendok : Jalan Curug Cipendok, Karangtengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53162
Tiket Masuk : Rp. 10.000/orang
Berjarak 20 – 25 km dari kota purwekerto

 

07. Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Museum Panglima Besar Jendral Soedirman di dirikan sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan beliau merebur kota Yogayakarta kembali ke Tanah air Indonesia. Jendral Soedirman lahir di banyumas 24 Januari 1916, merupakan Pahlawan nasional yang memperjuangan tanah air sewaktu masa penjajahan Belanda dulu. Beliau wafat pada tanggal 29 Januari 1950 dan di makamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki Yogyakarta pada tanggal 30 Januari 1950 dengan dengan diiringi oleh upacara militer dipimpin langsung oleh Letkol Soeharto.

Museum terletak di bagian barat kota Banyumas, begitu travelers memasuki area museum yang memiliki 2 lantai , dimana lantai pertamanya memberikan kisah tentang foto – foto perjuangan Jendral Soedirman dan peninggalan beliau berupa duplikat-duplikat dokumen. Lantai kedua travelers bisa melihat relief tentang sejarah negara ini pada masa kemerdekaan di tahun 1945 dan tentang perjuangan Jendral Soedirman saat merebut Yogyakarta
Objek wisata ini sangat menarik karena untuk mengenang dan mengajarkan pemuda -pemudi tentang arti dari kemerdekaan dan sejarah bangsa Indonesia.
Pada lantai dua juga travelers bisa melihat patung Jenderal Soedirman yang sedeang duduk diatas kuda dengan gagahnya , patung tersebut terbuat oleh bahan perunggu dengan berat 5,5 ton dan tingginya mencapai 4,5 meter, keren banget.

 

08 . Museum Wayang Sendhang Mas

Museum Wayang Sendhang Mas

Selain Museum tentang Jendral Soedirman di Banyumas juga terdapat Museum Wayang Sendhang Mas , museum ini di dirikan di tahun 1983 atas ide dari Soeparjo Rustam dengan sesepuh /tokoh-tokoh Banyumas lainnya , pendirian museum bertujuan untuk melestarikan budaya dari Banyumas dan bangsa dalam hal pewayangan.
Museum mengoleksi banyak macam jenis wayang seperti
1. Wayang gragag banyumas, Gagrag Yogyakarta, Surakarta, dan benda-benda purbakala, 2. Ada Satu perangkat Gamelan Laras Selendro, koleksi sejak tahun 1983
3. Benda – benda Pra Sejarah dalam bentuk fosil yaitu sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu dan sudah tertimbun dalam tanah berjuta-juta tahun lamanya
4. Foto dan Lukisan, tentang Banyumas tempao lampau, bupati Banyumas dari eranya masing-masing, tokoh-tokoh penting Banyumas.

Alamat : Sudagaran Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53192 (pusat pemerintahan Banyumas)

Ini lah bentuk pelestarian budaya yang selalu di jaga dan di kumpulkan sehingga banyak orang yang tahu akan nilai sejarah.

09. Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Memang cukup aneh juga sih , ternyata ada museum perbankan yakni di Banyumas, Museum terdapat berbagai macam pengetahuan tentang perbankan di Indonesia, tentang pelopor pendiri bank dan juga menceritakan solusi masalah dari perbankan di Indonesia.
Museum ini di buka untuk umum terkecuali di hari jumat-sabtu tutup. Untuk fasilitas lain dekat dengan museum terdapat banyak penjual makanan dan minuman, travelers bisa mencoba makanan khas banyumas lo di sini.
Museum BRI terdiri dari 03 monumen yakni Gedung Replika, Patung gedung Replika, Patung Raden Aria Wirjaatmadja, Gedung Museum BRI
Banyak hal yang bisa kita pelajari di sini, jadi jangan lupa mampir jika berkunjung ke Bnayumas ya.

Alamat Museum Bank Rakyat Indonesia : Jalan Jenderal Sudirman Timur No.57, Kedungwuluh, Kabupaten Banyumas
Jam Buka :
– Minggu-Kamis , jam 09.00 am – 14.00

 

Baca artikel lainnya :

10 Objek Wisata Menarik dan Keren di Blitar yang Perlu Travelers Kenal

 

10. Objek wisata Goa Maria Kaliori

 

Objek wisata Goa Maria Kaliori

 

Objek Wisata religi yang rekomend berikutnya adalah Goa Maria Kaliori , merupakan tempat Ziarah yang terletak tepat di desa Kaliori, dibangun di atas bukit kecil yang dahulunya adalah bukit yang tandus dan di sulap menjadi bukit yang hijau dan indah dan memiliki pemandangan alam yang menarik. Goa Maria Kaliori memiliki fasiltas lain Jalan Salib, taman Rosario Hidup, Kapel Ratu Surga, Jalan Salib, Rumah Retret Maria Imakulata yang memiliki kapasitas sampai 150 orang. Objek wisata mejadi objek wisata ziarah umat kristen yang terlengkap di Indonesia.

Jangan lupa untuk mampir kesini ya

Alamat Goa Maria Kaliori : Jalan Gua Maria Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Kaliori, Banyumas

 

Demikian ulasan mengenai 10 Objek Wisata Menarik di Banyumas yang perlu Travelers kenal, semoga bermanfaat ya dan salam traveling

Tags:

0 thoughts on “10 Objek Wisata Menarik di Banyumas yang perlu Travelers kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share