10 Objek Wisata Menarik di Daerah Banyuwangi yang anda harus tahu

10 Objek Wisata Menarik di Daerah Banyuwangi yang anda harus tahu

Mendengar Kata Banyuwangi membuat ku kangen akan kota ini, dulu sewaktu kuliah sering melewati dan singgah 2-3 malam karena memiliki seorang teman yang asli dari kota ini. Banyuwangi adalah sebuah kota terluas di jawa timur letaknya pun paling ujung di pulau Jawa, Pelabuhan nya yang terkenal pelabuhan ketapang merupakan tempat penyebrangan yang ramai karena ini adalah transit dari pulau jawa ke bali. Banyuwangi juga terkenal akan wisatanya berikuta saya menampilkan 10 objek wisata menarik diDaerah Banyuwangi yang harus anda tahu.

Mengenai Banyuwangi sendiri , banyuwangi memiliki berbagai macam budaya seperti tarian dan musik khas Banyuwangi, Tarian Banyuwangi yang di kenal antara lain:
– Tari Hadrah kuntulan
– Jaran Goyang, Jaranan
– Tari Punjari
– Cengkir Gading
– Tari Gandrung
– Tari penyambutan (khusus di tarikan pada saat acara resmi menyambut kedatagan tamu penting)
– Seni musiknya yang terkenal antara lain adalah Kendang Kempul dengan memadukan kendang, angklung, gamelan, seruling menjadi sebuah irama musik yang indah.

Selain budaya tarian dan musiknya, di Banyuwangi sendiri terdapat pula makanan khas antar lain : rujak soto, rujak bakso, sego cawuk, sate kalak dll.
Jika anda sedang merencakan liburan panjang anda , Objek wisata di Banyuwangi adalah salah satu referensi untuk di kunjungi. anda pun bisa mengajak teman, pasangan, ataupun keluarga anda kesini.

Ok, simak 10 objek wisata menarik di daerah banyuwangi adalah sebagai berikut:

1. Objek Wisata Masjid Baiturrahman Banyuwangi

foto:http://simas.kemenag.go.id

Di bangun pada tgl 07 desember 1773, masjid Baiturrahman banyuwangi adalahsebuah masjid yang sangat indah , memiliki 2 lantai dengan tingkat kapasitas orang bisa mencapai 5.100 orang, Masjid ini merupakan sumbangan dari Bupati yang pertama di Banyuwangi bernama Raden Tumenggung Wiraguna I atau yang biasa disebut Mas Alit, berlokasi di Jalan Jendral Sudirman.

Bangunan ini telah mengalami 4 kali di renovasi, memiliki 11 kubah, dengan kubah utamanya bisa bergeser secara otomatis dan kita bisa langsung melihat langit dari sini, keren kan, teknologi ini hanya ada di sini dan satu-satunya di Indonesia

2. Objek wisata Desa Kemiren

foto:http://www.banyuwangibagus.com

Dulu nya desa ini tumbuh kebun kemiri dan duren sehingga di sebut desa Kemiren, sekarang sudah banyak pemukiman penduduk, penduduk aslinya di sebut suku Osing adalah pengungsi seteh runtuhnya kerajaan Majapahit pada tahu 1478SM, di banyuwangi mereka mendirikan Kerajaan Hindu Blambangan yang berkuasa selama 2 abad dan berakhir karena penjajahan VOC /Belanda , semua sejarah tercatat dalam perang puputan Bayu.
Desa Kemiren memiliki 2 tradisi kental yakni Barong Ider Bumi dan Mepe Kasur
Barong Ider Bumu adalah sebuah upacara ritual dengan mengaraak patung barong pada hari kedua setelah lebaran yang bertujuan untuk mengusir aura buruk , saat upacara juga terdapat tumpeng sewu yang berisi ribuan nasi tumpeng dengan lauknya; pecel pitik lauk ayam kampung bakar yang bisa di cicipi nantinya

Mepe Kasur adalah: tradisi mengeluarkan kasur di pinggir jalan dan menggebuknya bertujuan untuk mengusir bala atau aura negatif.
Desa Kemiren di tetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah daerah sehingga fasilitas untuk wisata di sini di kelola denga baik , terdapat juga penginapan, menjelajah bukit, belajar bahasa osing, belanja batik dan wisata kuliner

 

3. Objek Wisata Perkebunan Kopi Kalibendo

Objek wisata ini menyuguhkan wisat alam dengan tur sepeda , teknik memtik kopi dan mengolahnya, Objek wisata perkebunan kopi Kalibendo berada didaerah karanganyar dengan berbagai macam pohon selain kopi seperti pahon mahoni, cengkeh dan pohon karet. anda bisa mengujungi tempat ini sambil menikmati pemandangan alam yang indah

 

4. Objek Wisata Djawatan Benculuk

foto:http://www.reresepan.com

Satu lagi wisata alam dengan menyuguhkan alam pohon -pohon besar yang meneduhkan saat berkunjung, anda yang suka mengambil foto, objek wisata ini wajib untuk di kunjungi. Objek wisata Djawatan Benculuk memiliki luas 4 hektar dan memang di siapkan oleh pemerintah daerah sebagai salah satu objek wisata dengan primadona adalah pohon Trembasi
Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dimana sinar matahari masuk kedalam pepohonan sehingga membuat tambah indah suasananya. Disini juga terdapat polisi hutan yang berjaga-jaga dan anda bisa berbincang-bincang degan mereka.

 



Booking.com

 

5. Objek Wisata Lori Kalibaru

foto: https://indonesia.tripcanvas.co

Nah ini Wisata unik yang ada di banyuwangi yang di kembangkan oleh PT KAI (kereta Api Indonesia) wisata kereta api mengambil jalur Banyuwangi ke Jember dari 2016. Lori wisata adalah sebuah kereta api yang berukuran mungil dengan warna putih, merah dan biru.
Jika anda ingin ikut jadwal turnya bisa memesan tiket ke situs resmi PT KAI, kapasitas penumpang hanya 16 penumpang , rutenya dari stasiun Kalibaru ke stasiun Mrawan selama 50 menit jadi selama perjalanan kita bisa menikmati pemandangan perkebunan yang memukau.

6. Objek Wisata Kawah Ijen

10 Objek Wisata Menarik di Daerah Banyuwangi yang anda harus tahu

Kawah Ijen berlokasi di Gunung Ijen, gunung berapi yang aktif dan berada di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Jika ingin melihat fenomena api biru di objek wisata kawah Ijen kita harus berangkat dini hari ya, hanya 4 jam jaraknya dari pusat kota banyuwangi.
Objek wisata ini sering di datangi oleh wisatawan asing karena sudah terkenal di dunia, Danau Kawah Ijen adalah danau asam terbesar di dunia, Fenonema Api Biru yang keren terjadi sekitar jam 2 pagi sampai 4 pagi dan di dunia fenomena ini terjadi hanya di 2 tempat saja islandia dan di sini.
Dibutuhkan stamina yang kuat untuk mencapai lokasi karena memiliki medan yang terjal , kemiringan mencapai 25′ dan tanah yang berpasir, setelah anda mencapai puncak anda bisa melihat pemandangan gunung Raung, sukett Merapi dari sini. Keren Banget

7. Objek Wisata Pantai Syariah Pulau Santen

foto: http://travel.detik.com/

Objek wisata pantai syariah di pulau santen duu bernama Pantai Pandanan dan Pantai Bidadari dan berubah nama menjadi Pantai Syariah untuk menuju kesini hanya 10 menit dari kantor Bupati Banyuwangi dai kawasan Karangrejo
Tiket masuk nya hanya: Rp.3000/orang
Parkir Mobil : Rp. 10.000
Sewa kursi dan payung : Rp.10.000

Di tempat ini memiliki beberapa aturan jadi mohon di baca ya biar ga salah paham karena pantai syariah terbagi menjadi 2 sisi, kanan & kiri: kanan untu pengunjung Umum dan kiri untuk pengunjung wanita. Terdapat juga jempatan kayu sepanjang 10 meter yang langsung menghubungkan pintu masuk ke lokasi.
Tempat ini cocok buat piknik, berfoto ria, dan refreshing bersantai ria.

 

8. Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo

foto:http://www.telusurindonesia.com

Banyuwangi memiliki 02 taman Nasional yakni Objek wisata Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Alas Purwo. Kedua taman wisata ini memiliki keunikannya masing-masing. Untuk Taman Nasional Alas Purwo terletak di kawasan Tegaldilmo, Hanya tiga jam dari pusat kota Banyuwangi.
Tiket Masuk :
– Wisatawan Lokal Rp. 5000/orang
– Wisatawan Asing Rp. 150.000/orang
– Jika Mau melakukan penelitian Biayanya bisa dari Rp.100.000 sampai Rp.15.juta/orang
Jalan di Taman NAsional Alas Purwo tidak semuanya beraspal ini demi kelestarian alamnya, jadi perlu stamina yang fit kalau traveling ke sana.
Ada banyak sekali hal yang bisa dinkmati di sini seperti perkebunan pohon Jati dan pahon mahoni dan yang paling populr adalah Savana dan pantai Pengkung nya

Di Savana nya terdapat fauna yang bermacam-macam seperti babi hutan, kijang, rusa, banteng, macan tutul pun ada
Di Pantai Plengkung adalah kegiatan untuk berselancar , karena memiliki ombak yang besar. Disini juga terdapat penginapan bagi anda yang ingin stay lebih dari 1 hari.

9. Objek Wisata Taman Nasional Meru Betiri

foto:http://www.banyuwangibagus.com/

Taman Nasional Meru Betiri memang kurang begitu di kenal di bandingkan Taman Nasional Alas Purwo, Namun objek wisata ini memiliki lebih banyak pantai indah untuk di kunjungi seperti Pantai teluk Hijau dan Pantai Merah.
Pantai Teluk Hijau merupakan pantai dengan air biru kehijauan lengkap dengan pasir putih untuk menuju ke tempat ini anda bisa memakai sewa kapal nelayan atau lewat dengan mendaki bukit menikmati pemandangan dan sampai pantai teluk Hijau, Pantai ini juga jarang di datangi pengunjung sehingga kalau kita kesana berasa pantai ini milik sendiri saja, pada sudut pantai terdapat sebuah air terjun bidadari yang indah dan di sarankan untuk membawa bekal karena tidak penjual di sekitar pantai

Pulau Merah
DI pulau merah juga terdapat pantai dengan menyuguhkan karang-karang yang besar dan pohon-pohon rimbun yang melengkapi pemandangan menjadi tampak indah. di sini juga terdapat banyak akomodasi penginapan dan penjual makanannya.

Baca artikel Menarik lainnya: 

Tempat Nongkrong Terbaik di Rock Bar Ayana Resort Jimbaran Bali

10. Objek Wisata Pulau Tabuhan

foto:http://www.traveloista.com

Objek wisata Pantai berikut ini sangat cocok buat wisata keluarga karena di pantai ini merupakan tempat untuk bermain kano, berenang dan memancing , pantai ini memiliki laut yang lebih tenang dan tidak ada ombaknya. Pantai Tabuhan bisa di datangi dengan menyewa sebuah kapal dari Pantai Bangsring, yang merupakan satu jurusan dengan Pelabuhan Ketapang dan Pantai Watudodol, hanya memakan waktu 20 menit saja.
Tempat ini memang cocok untuk snorkeling dan memancing, kita hanya perlu meminta kepada nahkoda kapal berhenti pada titik terbaik dan kapal akan berhenti sejenak. Kita pun bisa makan dan minum di warung sederhana milik masyarakat lokal di sana

Demikian 10 objek wisata menarik di Daerah Banyuwangi , semoga menjadi bahan refrensi anda ketikan berkunjung ke Kota Banyuwangi, sampai ketemu di sana, selamat Liburan dan Salam Traveling!

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *