10 Objek Wisata Menarik di Pasuruan yang Perlu travelers Kenal

Booking.com
10 Objek Wisata Menarik di Pasuruan yang Perlu travelers Kenal

Pasuruan menyimpan banyak objek wisata karena ini merupakan sektor unggulan kota ini yang didukung oleh sarana prasarana yang mendukung seperti jalan untuk menuju ojek wisata. Buat Anda yang pertama datang ke Pasuruan berikut adalah 10 Objek Wisata menarik di Pasuruanyang perlu travelers kenal. Meskipun wisata disini tidak seramai di daerah lain, berwisata ke Pasuruan akan membawa sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Kota Pasuruan berada dalam teritorial provinsi Jawa Timur , wilayah Pasuruan memiliki 24 buah kecamatan, 24 kelurahan, 341 Desa dan 1.465 dusun dengan luas wilayah mencapai 1.474.015 km (info dari wikipedia.com) Pasuruan adalah salah satu daertah pengambangan industri bisnis , perdagangan dan pariwisata yang terkelola dengan baik.

Untuk Objek wisata Menarik di Pasuruan , tentunya travelers sudah mengenal akan wisata alam di Gunung Bromo yang terkenal, selain dari wisata alam yang di miliki , Kota ini juga memiliki wisata pantai , taman, air terjun yang menarik dan keren untuk di kunjungi dan di kelola dengan baik oleh pemerintah dan pihak pengelola wisata setempat.
Untuk sarana dan fasilitas pendukung seperti jalan yang mendukung ke objek wisata, hotel dan penginapan, rumah makan dan toko suvenir oleh-oleh juga sudah ada di Pasuruan.

Objek wisata di Pasuruan memiliki keanekaragaman budaya dan tersebar di beberapa wilayah dan tetap di lestarikan , bagian barat Pasuruan adalah dataran tinggi yang sejuk dan menjadi wilayah wisata utama di Jawa timur dan ada banyak terdapat penginapan dan villa-villa dan perumahan elite di sini. Gunung Bromo adalah salah satu tujuan objek wisata paling utama di Pasuruan Jawa timur.

Berikut adalah 10 Objek Wisata Menarik di Pasuruan yang Perlu travelers Kenal :

01. Bukit Penanjakan 1 Gunung Bromo

Bukit Penanjakan 1 Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu tujuan wisata yang di minati terutama oleh para pendaki mapun pencinta alam, Banyak wisatawasn mancarnegara juga yang datang untuk melihat kemegahan dan keindahan gunung ini.
ada satu spot menarik di sini yakni Bukit penanjakan 1 gunung Bromo, spot ini merupakan view poin paling utama didaerah Bromo, dan memiliki pemadangan sunrise yang indah, dengan ketinggian 2.770 MDPL, Bukit Penanjakan 1 merupakan spot objek wisata untuk melihat dan memandang matahari terbit atau juga di kenal wisata bromo sunrise

Untuk menuju lokasi kita harus menggunakan kendaraan macam jeep yang bisa di sewa melalui paket wisata atau menghubungi pihak komunitas paguyuban Jeep dengan menanyakan keberadaan stok kursi Jeep. Pemandangan yang didapat dari bukit Penanjakan 1 adalah langsung melihat gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Lokasi Bukit Penanjakan 1 berada di Wonokriti Pasuruan.

2). Objek Wisata Agrowisata Bhakti Alam

Objek Wisata Agrowisata Bhakti Alam

Objek Wisata Agrowisata Bhakti Alam di dirikan tahun 1998, merupakan taman wisata agrowisata yang menyuguhkan keindahan akan alam yang dikelilingi kebun buah yang luas di temani dengan udara sejuk, rekomended liburan bersama keluarga.

Sesudah membeli tiket masuk travelers akan langsung di bawa berkeliling ke area perkebunan buah dengan menggunakan mobil yang unik ditemani pemandu yang menjelaskan tentang objek wisata Agrowisata Bhakti Alam. Ada juga tempat untuk membeli susu dan yogurt nama spotnya adalah Milk Kingdom , juga ada buah naga, durian, ada banyak macam buah yang bisa di cicipi di sini.

Selain itu Agrowisata Bhakti Alam memiliki wahan permainan untuk anak-anak seperti wahana kereta mini. Objek wisata ini juga memiliki resort untuk menginap , jika travelers dari luar kota bisa memilih untuk menginap disini juga. Bagaimana keren kan objek wisata menarik di Pasuruan , yuk segera kesini!

Alamat Agrowisata Bhakti Alam: Desa Ngembal, Kec. Tutur, Ngembal, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur 67165
Tiket Masuk :
Hari Biasa : Rp. 30.000/orang
Hari Sabtu/minggu/ Libur : Rp. 35.000/orang

03. Objek Wisata The Pines Taman Dayu

Objek Wisata The Pines Taman Dayu

The Pines Taman Dayu adalah sebuah Objek wisata rumah Pohon di antara hutan Pinus dan suasan yang sejuk , sangat cocok ni buat wisata camping bersama teman-teman ke sini dan membuat momen yang tak terlupakan. Jadi jika camping kesini travelers tidak perlu repot-repot lagi membawa tenda dan bekal karena semua sudah tersedia di sini. Biaya tenda sebesar Rp. 150.000 belum di hitung makan.

The Pines (Rumah Pohon) Taman Dayu merupakan rumah yang benar-benar di bangun di atas pohon, jika travelers ingin mencari sensasi untuk tidur di rumah pohon yang menyatu dengan alam bisa mencoba menginap di sini , di sekitar the pines juga terdapat beberapa permainan seperti flying fox, kolam renang dan menembak.

Rumah Pohon disini dibuat di atas pohon pinus yang memiliki umur sudah tua dan berada di ketinggian 3 meter, ada berbagai ukuran rumah pohon di The Pines Taman Dayu bisa menampung 6 – 8 orang. Sangat seru berlibur ke sini bersama group atau keluarga anda.

4. Objek Wisata Air Terjun Kakek Bodo

Objek Wisata Air Terjun Kakek Bodo

Objek wisata menarik di Pasuruan berikutnya terdengar sangat unik yakni Air terjun Kakek Bodo , menuru cerita bahwa ada seorang kakek yang bekerja sebagai pembantu dari orang Belanda, sang kakek pergi menginggalkan mereka karena ingin bertapa di air terjun , akhirnya orang Belanda tersebut menggail sang kakek menjadi kakek yang bodoh, sang kakek bodo pun berhasil menguasai ilmu yang bisa mengobati penyakit kepada penduduk setempat. Ceritanya menarik juga.

Objek wisata Air terjun kakek Bodo memiliki sumber air dari sungai kaligetik, kucuran airnya cukup deras, segar dan dingin, dibawah air terjun terdapat kolam alami yang mempunyai kedalaman 1 – 5 meter, kolam ini sering di pakai berenang dan berfoto -foto.

Untuk fasilitas di sekitar Air Terjun Kakek Bodo terdapat : Musholla, Kolam Renang. Taman bermain anak-anak, warung, toilet. Untuk menuju lokasi travelers harus memakirkan kendaraan dan berjalan kaki sejauh 2 km ke lokasi air terjun, jangan khawatir karena akses jalan sudah baik dan terawat.

Alamat Air Terjun Kakek Bodo : JalanTaman Wisata No.541 Prigen, Pasuruan
Tiket Masuk : Rp. 10.000 / dewasa

5. Masjid Cheng Hoo Pandaan

Masjid Cheng Hoo Pandaan

Objek Wisata indah dan keren berikutnya di Pasuruan adalah wisata religi Masjid Cheng Hoo Pandaan masjid yang di bangun untuk mengenang perjalanan bersejarah Laksamana Cheng Hoo. Laksamana Cheng Hoo adalah panglima terkenal berasal dari negri Tiongkok yang melakukan perjalanan pada tahun 1404 – 1443, beliau memimpin 300 kapal dengan 27.000 mengarungi laut ke asia selatan dan asia tenggara, afrika dan timur tengah.

Dalam ekspedisi perjalanannya laksamana cheng hoo turut menyebarkan pengaruh agama islam terhadap penduduk dimana dia berlabuh, beliau sangat di hormati oleh sebagian besar umat muslim maupun tionghoa. Masjid ini di bangun untuk mengenang beliau.

Setelah Cheng Hoo meninggal dunia, di Pasuruan dibangunlah sebuah masjid megah nan indah untuk mengenang beliau yang terlahir karena menjadi seorang muslim.
Masjid Cheng Hoo Pandaan memiliki gaya arsitektur bergaya khas tiongkok dengan kombinasi warna merah nan cerah sangat indah dipandang mata , sungguh memberikan ciri keunikan tersendiri sebagai sebuah masjid tempat untuk beribadah.

Banyak wisatawan yang mengujungi Masjid Cheng Hoo karena keindahan nya dan bentuknya yang memadukan ciri khas Tionghoa, jawa dan nuansa islami, Masjid ini di bangun tahun 2003 dan di resmikan pada tahu 2008 oleh bapak bupati H. Jusbakir Aldjufri, SH. MM. menarik bukan ?

 



Booking.com

 

Alamat Masjid Cheng Hoo Pandaan : Jalan Kasri No.18, Desa Petungasri, Pandaan Pasuruan

6. Objek Wisata Candi Jawi

 

Belum banyak yang mengenal dengan objek wisata menarik di Pasuruan yang satu ini, Tempat ini bernama Candi Jawi, candi bersejarah warisan dari agama Hindu-Budha yang berdiri indah dan megah di area desa candiwates Pasuruan, Banyak orang berpikir jika candi Jawi adalah sebagai tempat pemujaan dari agama Budha namun sebenarnya candi ini adlah tempat penyimpanan abu dari raja Singhasari yang terakhir.

Candi Jawi memiliki bentuk agak ramping dan cukup tinggi, tak seperti candi lainnya, bagian bawah candi terbuat dari batu batu hitam dan bagian atasnya dari bahan batu putih, terdapat relief dengan ukiran -ukiran unik yang mencoba untuk menceritakan sesuatu akan tetapi sampai sekarang belum ada yang bisa membacanya mengingat ukirannya tidak begitu jelas karena sangat tipis dan usianya sudah tua.

Candi Jawi adalah peninggalan sejarah jaman kerajaan dahulu yang perlu kita kenal dan mengenang siapa sebenarnya kita dahulu , budaya yang kita wariskan ke generasi berikutnya. sangat keren jika mengambil foto dengan latar belakang candi ini.

Alamat Candi Jawi : Jalan Kasri No.18 Jalan Raya Bogem, Prigen Pasuruan Jawa Timur

 

7. Objek Wisata Saygon Waterpark Pasuruan

 

Objek Wisata Saygon Waterpark adalah objek wisata yang terfavorit jika berlibur bersama keluarga anda, ada banyak wahana permainan disini dan pasti akan seru banget.

Yang menjadi unik dari Saygon Waterpark di Pasuruan adalah anda akan bisa melihat sebuah Pesawat asli Boeing 272-400 yang dijadikan debuah wahana dimana kita bisa menikmati demo penerbangan secara simulasi dengan teknologi 3D dan juga terdapat bioskop 6D yang bisa kita tonton disini, keren kan.

Permainan lainnya yang bisa kita mainkan adalah wahana airnya seperti kolam ombak, waterpark anak, slide kecepatan ekstrim, kolam arus, slide terbuka dan tertutup, twister dll

Mengenai Fasilitas lainnya, di Saygon Waterpark sangat lengkap dari parkir yang luas, ada Musholla, Gazebo tempat beristirahat dan bersanatai, Toilet, kamar ganti, kamar bilas dan Loker yang bersih, ada juga ambulance untuk emergency, suttle Bus dan yang paling penting ada free WI-Fi nya .

Harga tiket untuk masuk ke objek wisata Saygon Waterpark pasuruan masih terbilang murah. Jadi bagi travelers yang minim budjet bisa datang kesini.

Alamat Saygon Waterpark : Desa Pucangsari Pucangsari Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur 67162
Tiket Masuk :
– Senin : tutup
– Selasa – Jumat : Rp. 35.000
– Sabtu, minggu , hari Libur : Rp. 50.000
Tiket masuk ke Pesawat Being 737-400 (simulasi penerbangan 3D)
– Setiap Hari : Rp. 20.000
Tiket Masuk bioskop 6D
– Setiap Hari : Rp. 20.000

8. Objek Wisata Taman Safari Indonesia 2

 

Objek wisata taman Safari Indonesia 2 di Pasuruan adalah taman wisata safari yang di klaim sebagai taman terbesar di Asia , dengan berada di lereng gunung Arjuno, mempunyai nuansa lingkungan yang terdapat bermacam habitat hewan di alam bebas dan yang hal menarik disini kita bisa langsung berinteraksi dengan cara memberi makan kepada hewan-hewan yang ada di safari park.

Travelers pun bisa langsung menggunakan kendaraan pribadi atau bus yang tersedia masuk kedalam taman safari Indonesia 2, ada juga beberapa atraksi hewan yang telah di latih , memiliki kolam renang dengan sistem filter air yang keren dan canggih , taman memiliki habitat yang asri dan hutan yang rimbun.

Untuk informasi bahwa Taman Safari ada 03 di Indonesia, yang pertama ada di Bogor Jawa barat, ke 02 di Pasuruan, dan ketiga ada di Bali tepatnya di Kabupaten Gianyar. Jangan lupa jika anda liburan di 3 kota tersebut untuk mengujungi taman safari dan menyaksikan berbagai macam hewan dari yang jinak dan sampai yang paling buas.

Alamat: Desa Jatiarjo No.1 Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

 

9. Objek Wisata Kebun Raya Purwodadi

Objek Wisata Kebun Raya Purwodadi

Objek wisata kebun raya Purwodadi adalah wisata dengan nuansa alam yang asri dan sejuk, awal di bangun nya tempat ini adalah sebagai tempat untuk penelitian yang kemudian berkembang menjadi tempat rekreasi dan objek wisata yang menarik untuk di kunjungi di Purwodadi Pasuruan. terdapat banyak sekali spot – spot menarik untuk di lihat di sini.

Kebun Raya Purwodadi di dirikan oleh Dr. Lourens Gerhard pada tgl 30 Januari 1941, di Indonesia terdapat 03 kebun raya yang memiliki fungsi masing-masing yakni 2 sisanya adalah kebun Raya Cibodas dan kebun raya eka Karya di Bali. Dengan area yang dimiliki mencapai 85 Ha kebun raya ini memiliki koleksi tumbuh-tumbuhan dan pohon sebanyak 10.000 koleksi dan semakin bertambah. Jika anda ingin menghirup udara segar tanpa polusi langsung kesini aja.

Selain kebun raya yang penuh dengan floranya di sini juga terdapat permainan seperti wahan permainan anak-anak, danau kecil , kolam renang, sepeda keliling. Keren kan , jadinya kita tidak hanya rekreasi biasa tapi bisa melakukan beberapa aktivitas seru. JIka travelers suka akan tempat ini alamat kebun raya purwodadi tertera di bawah ini.

Alamat: Jalan Raya Surabaya Malang KM.65, Capang, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur 67163
Harga tiket masuk :
– Wisatawan lokal Rp 10.000
– Wisatawan Asing Rp 16.000
– Parkir Motor Rp 3.000
– Parkir Mobil Rp. 5.500
– Parkir Bus Rp 10.500
– Mobil Keliling Rp 15.500
– Sepeda Keliling Rp 8.500
Jam Buka :
– Senin s/d Minggu : 07.30 am -16.00

 

Baca artikel lainnya : 

Rasakan Sensasi Tidur di Hotel Kapsul Mojokerto

10. Objek Wisata Pantai Lekok

Objek Wisata Pantai Lekok

Pasuruan juga memiliki objek wisata menarik pantai yakni bernama Pantai lekok , nama pantai di ambil dari nama kecamatan lekok. Pantai ini sangat indah pemandangannya pada pagi dan sore hari, travelers bisa melihat sunset dan sunrise di sini, ditambah lagi pantai ini berwarna kecoklatan menambah eksotis pemandangannya.

Di Pantai Lekok ini juga merupakan tempat belabuhnya para nelayan, hal ini juga merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melihat perahu – perahu yang dihiasi. Jika anda beruntung bisa menyaksikan beberapa pertunjukan yang di adakan masyarakat setempat seperti ski diatas lumpur atau sering di sebut ski lot. Ski lot adalah salah satu olahraga tradisional yang sering dilakukan Nelayan atau masyarakt setempat yang di gelar pada hari-hari besar tertentu setiap tahunnya.

Pantai Lekok juga telah memiliki beberapa fasilitas memadai contohnya :
– Rumah makan
– Mushola
– Kamar mandi atau MCK
– Area Parkir kendaraan
– dan lain – lain

Alamat Pantai Lekok : Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

 

Demikian ulasan mengenai 10 Objek Wisata Menarik di Pasuruan yang Perlu travelers Kenal  semoga bermanfaat, salam traveling

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *