SHOPPING CART

close

10 Objek Wisata Menarik di Tegal Khusus Bagi Traveler

Booking.com
10 Objek Wisata Menarik di Tegal Khusus Bagi Traveler

Tegal menyimpan segudang wisata yang bisa di lihat baik dari dari wisata alam dan kulinernya, wisata alamnya terbagi dari wisata pantai sampai wisata di kawasan dataran tinggi yang memiliki udara yang sejuk, untuk mengetahui lebih banyak tentang potensi wisata nya 17 sekians mengulas tentang 10 Objek wisata menarik di Tegal khusus bagi traveler, simak terus artikel ini ya.
Tegal Adalah sebuah kota kecil yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota ini terletak di tepi pantai utara laut jawa sehingga cuaca yang terdapat di sini adalah panas Selain itu Tegal sangat terkenal dengan kuliner nya isitilah yang terkenal adalah warteg atau warung tegal pasti diantara kalian pernah mampir dan makan di warteg bukan? di kota-kota besar banyak sekali terdapat warteg. Anda pun bisa mencaba wisata kuliner jika traveling ke Kota Tegal seperti kupat glabed, kupat bongkok, sate blengong, sauto Tegal, sega lengko, sega langgi, tahu aci, teh poci, pilus, krupuk antor, telur asin dll.

Apalagi yang menjadi ciri khas kota Tegal adalah Orangnya saat berbicara dengan ciri khas cengkok berbahasa yang terkenal dengan sebutan ngapak, menurut Orang tegal sendiri bahasa ngapak itu justru lebih merekatkan persahabatan istilahnya yen ora ngapak, ora kepenak ( kalau tidak ngapak tidak enak)

Berikut adalah 10 Objek wisata di Tegal Jawa tengah :

1. Objek Wisata Curug Pitu Margasari

Objek Wisata Curug Pitu Margasari

Objek Wisata Curug Pitu adalah wisata air terjun di Margasari Tegal. Bagi yang menyukai sebuah tantangan maka Curug Pitu adalah next destinasi kalian nantinya . Untuk menuju ke lokasi masi terbilang agak susah karena infrastruktur yang belum memadai dan sulit memerlukan waktu tempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 2 jam berjalan kaki dari lokasi parkiran. Traveler juga harus menempuh medan yang cukup terjal untuk sampai ke curug yang terjun langsung dari atas batu ini. Curug artinya air terjun dan pitu adalah tujuh. Jadi Curug Pitu berarti air terjun yang berjumlah tujuh.

Sebelum melakukan perjalanan ke Objek Wisata Curug Pitu , wisatawan harus melapor ke Polsek Mergasari terlebih dahulu. Disarankan menggunakan pemandu yang sudah mengnal medan di sana.
Alamat Objek wisata Curug Pitu Margasari :
Kemiri, Sigaluh, Kemiri, Banjaranegara, Jawa Tengah 53481

Hal Yang menyenagkan adalah ketika tiba di lokasi air terjun, Traveler bisa menikmati langsung keindahan air terjun Curug Pitu dan kawasan hutan di sekitarnya. Sambil menenangkan diri dan mencari insipirasi dengan menikmati suasana alam hutan yang asri.

 

2. Objek wisata Bukit Goa Lawa

Objek wisata Bukit Goa Lawa

Objek Wisata Bukit Goa Lawa memiliki keindahan yang tiada duanya di samping itu pula di dukung oleh masyarakatnya yang ramah dan welcome dengan wisatawan yang datang ke sana
Bukit Goa Lawah adalah sebuah bukit yang terdapat di 2 desa Harjawinangun dan desa Batuagung dan tepat di tengah bukit tersebut terdapat sebuah Goa yang disebut orang di sana dengan nama Goa Lawa.

Kenapa bernama Goa Lawa karena di dalam Goa terdapat banyak kelelawar dan di puncak bukit terdapat batu yang sangat besar menyerupai kepala manusia, penduduk lokal di sana memberi sebutan sebagai waty semar atau batu semar

Akses ke lokasi ke Bukit Goa Lawa sudah sangat mudah untuk di tempuh dari kawasan Kota Tegal. Nah yang cukup sulit adalah saat menuju sampai ke atas bebatuan untuk selfie. traveler harus mendaki dengan cukup hati-hati untuk bisa sampai ke puncak dengan selamat dan mengambil foto yang diinginkan deh. Banyak lo wisatawan yang datang kesini untuk mengambil foto background instagram

Alamat Objek wisata Bukit Goa Lawa : Harjowinangun, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah 52464

 

3. Objek Wisata Permandian Air Panas Guci

Objek Wisata Permandian Air Panas Guci

Permandian Air panas Guci merupakan destinasi favorit para wisatawan maupun traveler di kota Tegal. Air yang keluar dari pancuran-pancuran di obyek wisata ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit- penyakit seperti rematik, koreng dan penyakit kulit lainnya, khususnya Pemandian Pancuran 13 yang memang memiliki jumlah 13 pancuran.
Hanya dengan membayar karcis masuk sekitar Rp. 5000, kita bisa masuk dan mandi sepuasnya dan memilih kolam untuk mandi sesuai dengan gender / jenis kelamin. Objek wisata permandian air panas guci selalu ramai dikunjungi pada malam Jumat Kliwon karena banyak orang yang meminta berkah. Mitosnya kalau mandi pada pukul 12 malam dengan memohon sesuatu, permohonan apapun akan dikabulkan. Kepercayaan ini sudah turun-temurun, gaman apakah anda mau mencobanya?
Bagi Para traveler yang ingin menghabiskan waktu lebih dari satu hari di sekitar lokasi objek wisata terdapat akomodasi untuk menginap seperti guest house atau penginapan.

Alamat Objek Wisata Permandian Air Panas Guci : Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466

 

4. Objek wisata Pantai Alam Indah Tegal

Objek wisata Pantai Alam Indah Tegal

Objek wisata Pantai Alam Indah Tegal salah satu objek wisata yang berlokasi di desa mintaragen Tegal, Jawa tengah. Tempat ini selalu ramai di kunjungi baik itu hari biasa maupun weekend karena memiliki sebuah pemandangan yang indah jika berkunjung, biasanya banyak anak muda yang nongkrong dan keluarga yang lagi refresing.
Aktifitas yang bisa di lakukan di sini adalah bermain pasir dan berenang, ombak yang ada di Pantai Alam Indah Tegal terdapat pengawas pantai yang selalu memantau jika terjadi bahaya akan ombak dan hal lainnya.

Disini juga terdapat banyak penjual makanan yang berada di tepi pantai, kita bisa menikmati makanan sambil duduk di tepi pantai dan menikmati sunset atau sambil mengabadikan lewat fotopun jauh lebih asyik.

 

05. Objek Wisata Kesehatan Jamu (WKJ)

Objek Wisata Kesehatan Jamu (WKJ)

Objek wisata Kesehatan Jamu (WKJ) termasuk wisata yang unik karena disini kita bisa melihat proses pembuatan aneka macam jamu dan tanaman -tanaman yang di pakai untuk membuat jamu. Jamu adalah sebuah minuman herbal traditional warisan nenek moyang kita dan wajib untuk di lestarikan
Jamu adalah obat tradisional Indonesia yang digunakan semenjak jaman dahulu dan sudah terbukti khasiatnya, Jamu tidak kalah dengan obat herbal impor yang banyak membanjiri pasar Indonesia akibat era perdagangan bebas.Banyak dari generasi kita yang sudah melupakannya makannya di bangun lah WKJ di Tegal.

Tempat ini berusaha untuk mengenalkan kembali tentang khasiat dari jika mengkonsumsi minuman alami tidah berbahan kimia dan pastinya menyehatkan badan

 

06. Objek Wisata Situs Manusia Purba Semedo

Objek Wisata Situs Manusia Purba Semedo

Situs Manusia Purba adalah sebuah situs yang terdapat fosil- fosil tentang tulang belulang manusia purba, gajah, badak, kuda nil banteng dan kerbau. Tulang yang di temukan tidak dalam keadaan utuh melainkan haris di identifikasikan lebih jauh oleh para arkeolog. ditemukan tahun 2005 lalu

Situs ini di buka untuk umum setiap harinya, traveler bisa datang untuk melihat sebuah sejarah tentang kehidupan, sangat menarik untuk di kunjungi. Lokasi tempat lumayan terpelosok di situs ini juga terdapat sebuah makam keramat , pendiri dari desa bernama Mbah Semedo.
Pemerintah daerah telah mengambil jalan serius untuk mengembangkan objek wisata Sirus Manusia Purba semedo dengan menata ulang terutama infrastruktur jalan menuju lokasi yang masi perlu untuk di perbaiki. Semoga cepat terlaksana ya.

 

07. Objek Wisata Waduk Cacaban

Objek Wisata Waduk Cacaban

Objek wisata Waduk Cacaban adalah sebuah waduk buatan pada masa pemerintahan Belanda, dulu nya waduk ini di gunakan sebagai sistem pengairan dan sumber mata air minum namun sekarang waduk ini berubah fungsi menjadi sebuah tempat wisata

Alamat Waduk Cacaban : sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Jika traveler datang ke sini langsung bisa melakukan aksi foto -fota dengan bacgroung pemandangan alam dan gunung Semar yang indah, sambil mengeksplore lebih dalam di waduk Cacaban ini.
Penduduk setempat menyewakan perahu juga lo, jadi kita bisa menjelajah sambil naik perahu, 1 perahu muat 4-8 orang , jadi bisa berkeliling sampai puas deh.

Waduk Cacaban diresmikan oleh Bapak Presiden Soekarno pada tahun 1952. Awal mula yang berfungsi mengairi sawah-sawah di sekitarnya, dan berubah fungsi menjadi obyek wisata andalan di Kabupaten Tegal. Letaknya tidak jauh dari Slawi, lebih kurang 9 km ke arah timur tepatnya di desa Karanganyar, Kecamatan Kedungbanteng.

 

08. Objek wisata Kebun Teh Tegal

Objek wisata Kebun Teh Tegal

Tegal merupakan produsen teh terbesar di Indonesia, beberapa perkebunanannya merupakan daerah tujuan wisata untuk berkunjung, dearah kebun teh yang sering di kunjungi antara lain terletak di bumiwijaya, hanya 15 menit perjalanan dari Bulakan. Disana kita bisa melihat pemandangan perbukitan yang hijau dari daun teh. kita juga bisa langsung melihat proses pembuatan teh .

Daun teh tersebut di potong kecil-kecil dan di keringkan kemudian di campur melati asli untuk mendapatkan aroma harum. Kita bisa langsung menikmati minum teh dan membeli daun teh kering sebagai oleh-oleh

 

09. Objek Wisata Curug Cantel

Objek Wisata Curug Cantel

Objek Wisata Curug Cantel adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter, Tinggi tebingnya yang membuat permulaan air jatuh ke bawah dan membuat kawasan ini menjadi lembap dan segar akibat dari butir-butir air. Traveler yang berada di bawah air terjun bisa langsung menikmati keindahan air terjun dan bermain air di aliran sungai yang ada di bawahnya. seru banget kan!

Lokasi Curug Cantel : Jalan Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466.
Untuk kelokasi masi terhintung sangat sulit , medan yang di lalui cukup menantang sehingga stamina yang diperlukan sebelum menju lokasi harus prima. di sarankan untuk ke lokasi pada pagi hari agar sampainya siang dan tidak terlalu malam untuk kembali lagi , hindari perjalanan di malam hari mengingat kondisi medan yang terjal

Baca artikel lainnya :

Pesan Hotel di Gedongtengen, Yogyakarta-Hemat dan Diskon-Booking.com

 

10. Objek Wisata Konsorsium Rumah Wayang

Objek Wisata Konsorsium Rumah Wayang

Konsorsium Rumah Wayang dimiliki oleh dalang Ki Kenthus yang namanya sudah sangat terkenal di Kota Tegal dan Jawa Tengah. Ki Kenthus memiliki koleksi wayang yang cukup banyak dari jenis wayang berbagai macam daerah di Indonesia. Wayang-wayang ini dipajang dan dipamerkan untuk umum agar masyarakat di Tegal bisa mengenal banyak wayang, tidak hanya jenis kulit saja.

Rumah Wayang ini pula dilengkapi dengan berbagai informasi lengkap baik dari proses pembuatan wayang seperti wayang kulit ataupun wayang golek. Proses pembuatannya diterangkan mulai dari bahan baku sampai menjelma menjadi wayang yang siap untuk dimainkan. Di tempat ini kita pun bisa ikut praktek mengenai cara membuat wayang dari membuat pola, memotong kulit sapi atau kambing, mengukir kulit sampai proses pewarnaan dari wayang
Konsorsium Rumah Wayang buka 2 kali dalam sehari yakni jam 08.00-10.00 dan 15.00-17.00. Wayang yang ada di sini memiliki keterangan di bawahnya, sehingga traveler yang datang tidak memerlukan pemandu untuk mengetahui asal dan nama dari wayang itu sendiri.

 

Demikian ulasan mengenai 10 Objek Wisata Menarik di Tegal Khusus Bagi Traveler, Semoga bermanfaat ya, Salam traveling

 

Tags:

0 thoughts on “10 Objek Wisata Menarik di Tegal Khusus Bagi Traveler

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share