SHOPPING CART

close

10 Tempat Wisata paling hits di Alor, NTT yang bisa anda kunjungi

10 Tempat Wisata paling hits di Alor, NTT yang bisa anda kunjungi

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sedang berkembang dengan pesat dal hal tempat tujuan wisata, tentunya kita semua telah mengenal labuan bajo yang terkenal akan wisata komodo dan lautnya yang bersih serta Sumba yang terkenal dengan wisata alam dan budayanya nah satu lagi yang masih berada di NTT yakni Kabupaten Alor sebuah destinasi wisata yang mulai dikenal banyak orang simak langsung 10 Tempat Wisata paling hits di Alor, NTT yang bisa anda kunjungi

Kabaputen Alor berada di paling ujung timur NTT dengan keindahan alamnya tersendiri terutama dari wisata alamnya, budaya dan sejarahnya, jika isitilah kerennya adalah hidden gem yang berada di paling timur indonesia adalah kawasan wisata Alor.

Dengan luas wilayah mencapai 2.864,6 km, Alor adalah sebuah kepulauan dan untuk mencapai kesini bisa ditempuh dengan jalur laut dengan penyebrangan setiap hari dan jalur udara yang juga ada jadwalnya setiap harinya. Untuk sampai di Alor haruslah melalui ibukota NTT yakni Kota Kupang. Buay teman -teman yang sudah mengunjungi tempat wisata hits di kota Kupang dan ingin mendalami dan menjelajah provinsi NTT, kenapa tidak datang saja ke tempat wisata hits yang ada di Alot NTT.

Baca : 10 Hotel Dengan Review Terbaik di Labuan Bajo, Flores

Berikut adalah 10 Tempat Wisata paling hits di Alor, NTT yang bisa anda kunjungi

1.Pulau Kepa

Pulau Kepa, Alor

Sesudah menempatkan diri anda di Alor dengan waktu tempuh 45 menit penerbangan dari kota Kupang, tempat terbaik yang bisa anda kunjungi adalah Pulau Kepa, pulau ini terlihat begitu terpencil yang terbilang masih perawan, disini adalah tempat terbaik untuk bersantai di pondok – pondok wisata khas ala rumah traditional NTT dan tempat terbaik untuk melihat keindahan bawah laut, kurang lebih ada 42 titik menyelam yang sangat indah untuk di lihat.

Bagi yang menyukai wisata alam dan panorama alam bawah laut sebaiknya datang ke pulau Kepa, terumbu karang disini adalah merupakan yang terindahn di dunia, tak heran tentunya karena Alor di lalui laut timor, laut sewu dan laut flores dan mejadi tempat jalur ikan paus berenang juga, jika beruntung kita melihat salah satu Paus yang lewat disini.

2. Pantai Sebanjar Alor

Salah satu wisata pantai dengan melihat sunset terbaik di Alor adalah berkunjung ke Pantai Sebanjar Alor, pantai ini sangat bersih dengan pasirnya yang berwarna putih dan air yang jernih, sangat mempesona sekali.

Pantai Sebanjar Alor

Sepanjang kawasan pantai sebanjar juga terdapat beberapa penginapan dan tempat – tempat bersantai sambil melihat panorama sunset di sore hari. Yang suka akan sunset wow! bisa datang untuk melihat panoramanya di pantai sebanjar alor

3. Desa Adat Takpala

Desa Adat Takpala

ALor juga memiliki wisata budaya yang sangat hits yang bisa anda dapatkan di desa adat Takpala sebuah desa tradisional yang berada di pesisir Alor. Desa in sudah ada sejak tahun 1940 di huni oleh suku asli Abui.

Desa Takpala merupakan hutan jaman dahulunya kemudian dihuni oleh Suku Abui yang artinya orang gunung, pengunjung akan disambut dengan tarian lego -lego oleh warga lokal desa adat takpala.

Desa Adata Takpala ini menampilkan rumah adat traditional dengan lantai 4 berbahan bambu yang bisa di huni oleh 13 kepala keluarga, didalamnya sudah terdapat dapur, tempat tidur dan ruang tamunya.

Adalagi hal menarik lainnya saat berkunjung adalah memakai baju adat Takpala yang lengkap dengan senjata panah buat pria dan balutan tenun dan gelang kaki buat wanitanya. Jadi bisa berfoto langsung menggunakan pakaian asli suku abui di desa adat takpala, harga sewa bajunya kisaran Rp.50.000 – Rp.100.000 untuk berfoto, disini jual menjual berbagai souvenir seperti gelang, kalung dll.

Dari Desa Adata Takpala kita juga disuguhkan pemandangan alam indah karena letak desanya yang berada di ketinggian

4. Ingin ketemu dengan Mawar yang lagi viral

Siapa itu Mawar ? apakan tokoh terkenal di Alor ? jawabannya adalah bukan guys! mawar adalah hewan mamalia laut sejenis dugong yang berada di sekitar laut pulau Sika.

Ingin ketemu dengan Mawar yang lagi viral

Untuk dapat melihat hewan dugong “mawar” ini anda harus menaiki perahu disertai dengan pawangnya, sebebanrnya ada banyak duging disini namun hanya si Mawar lah yang berani berinteraksi dengan manusia namun haruslah tetap hati – hati dan kita tidak di perkenankan untuk menyentuh hewan liar ini. Mawar akan mendekati perahu dan berenang di sekeliling kita untuk beberapa waktu.

Tarif wisata melihat mawar ini sekitar Rp.300.000 – Rp.600.000 per perahu dengan track dari pantai mali, enaknya berbanyak jadi bisa patungan guys.
Dengan cara yang unik sang pawang akan memukul – mukul dayungnya ke air kemudian mawar akan datang dan mendekat, keren banget kayaknya ni melihat langsung dugong langsung di laut.

5. Pantai Ling’al

Pantai Ling’al

Satu lagi pantai yang begitu indah yang terdapat di Alor adalah pantai Ling’al. Pantai ini memiliki pasir putih dan air yang sangat jernih tak banyak pengunjung yang datang, disini anda akan merasa rileks dan terasa seperti berada di surga banget karena saking begitu indahnya tempat ini.

Booking.com

Pantai Ling’al, alor memiliki air yang tenang sehingga memudahkan wisatawan untuk bermain air dan berenang dan snorkeling sekalipun.

Bagaimana cara kesana ?

Pantai Ling’al berada di desa halerman, Alor Barat daya, perjalanan laut memerlukan waktu sekitar 3 jam menggunakan perahu sedangkan lewat darat akan lebih lama sekitar 5 jam

6. Wisata Air Terjun Mataru di Alor

Alor adalah wisata kompleks dan bisa di bilang surga yang ada di bagian timur Indonesia, wisata hits Alor selain laut dan pantainya adalah air terjun Mataru, tempat wisata hits ini menjadi sangat hits di Alor dan menjari air terjun tertinggi yang ada dari beberapa air terjun di alor.

Wisata Air Terjun Mataru di Alor

Air terjun Taman Mataru terlihat memiliki 6 tingkat lokasi nya berada di desa Legiman Taman Mantaru, Kec. Mataru Alor. perjalanan memerlukan waktu sekitar 2 jam dari kota Alor, sesampainya di parkiran teman traveler harus berjalan lagi sekitar 1,5 km kepedalaman, suasana yang sejuk ditampilkan di lokasi wisata air terjun Mataru dan terkadang juga dingin dan panorama alam yang indah.

Aktivitas seru di Wisata Air Terjun Mataru di Alor mandi dan berfoto dengan spot alam yang keren dan semoga akses jalan, transportasi serta komunikasi semakin bagus ya disini

Baca : Aston Kupang Hotel & Convention Center, Hotel modern dengan pemandangan laut di Kupang

7. Kolam Bidadari, Alor NTT

Kolam ini berada di tengah hutan di Kokar kabupaten alor, air nya begitu bening seperti kaca guys oleh sebab itu lah kolam ini bernama bidadari karena bening banget kayak seorang bidadari.

Airnya yang bersih membuat pengujung yang datang seakan ingin segera menceburkan dirinya di dalamnya, disekitar kolam terdapat banyak pohon rindang yang menambah keindahan dari lokasi wisata kolam bidadari di Alor ini.

Lokasi nya berjarak 2 jam dari kota Alor, jika kesini sebaiknya membawa perlengkapan dari pakaian ganti sampai makanan ya, jika musim kemarau air di sekitar tidak begitu banyak jadi sebaiknya datang pas musim hujan ya.

Tak hanya wisata bahari saja, Alor juga memiliki “surga” tersembunyi. Air kolamnya begitu jernih dengan warna hijau yang membuat siapa pun terpesona memandangnya. Lokasinya terletak di Kokar, Kabupaten Alor. Pemandangan hijau di sekitar kolam turut memperindah destinasi wisata ini.

8. Air Mancur Tuti Adagai

Air Mancur Tuti Adagai

Alor juga memiliki sebuah fenomenal alam yang sangat hits untuk kunjungan wisata salah satunya adalah air mancur Tuti Adagal. Tempat wisata ini merupakan fenomenal alam berupa semburan air panas dari sebuah batu kristal.

Semburan air panas ini juga mengairi sungai dan sering digunakan warga setempat untuk mandi, karena mengandung kandungan belerang dipercaya jika mandi disini akan menyembuhkan beberap penyakit guys.

Air Mancur Tuti Adagai berada di timur kota kalabahi, Alor, untuk bisa kesana bisa menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan, lokasi Air Mancur Tuti Adagai berada di tengah hutan kenari dengan pohon – pohon besarnya dan menyuguhkan pemandangan yang keren untuk berfoto – foto guys

Baca : Desa Wisata Wae Rebo yang berada di atas Awan, Flores NTT

9. Resto Mama

Ok tentunya setiap daerah di indonesia memiliki tempat makan yang hits juga jadi sehabis berkeliling mengunjungi tempat wisata terkenal di Alor bisa mampir untuk mengisi kekosongan di perut, jadi untuk tempat makan favorit di Alor NTT, anda bisa mengunjungi Resto mama yang berada di kadelang, Kalabahi timur Alor NTT.

Resto Mama, Alor

Resto mama adalah sebuah pondok makan yang sederhana dengan bangunan dari kayu, papan dan bambu dengan nuansa yang indah berada menjorok ke arah laut jadi view laut indah terdapat di resto mama ini.

Menu khas yang disajikan adalah kuah asam dengan menu ikan segarnya, jadi resto terapung di Alor ini begitu terkenal dengan menu makanan lautnya, menu lainnya yang bisa anda pesan adalah jagung bose fatabanajong (kas alor) kacang merah/fata karaking, ikang blame, rumpu rampe yang merupakan tumisan daun dan bunga, sambal jeruk nipis, sup jagung, ikan bakar bumbu yang tak kalah lezatnya. Jangan lupa untuk mampir ya di resto mama.

10. Akomodasi Murah dan ramah lingkungan di Pantai Sebanjar Bungalow

Pantai Sebanjar Bungalow, akomodasi murah di depan pantai banget di Kab. Alor – Pesan disini ya!

Berwisata ke Alor NTT belum banyak dilihat akomodasi yang berbintang seperti yang ada di Ibukotanya Kupang namun ada juga penginapan yang murah dan berkelas bintang 1 dengan view pemandangan alam pantai yang indah seperti yang satu ini, Pantai Sebanjar Bungalow di mana anda bisa langsung mendapatkan sebuah penginapan di pinggir pantai dan harganya yang murah banget guys

Pantai Sebanjar Bungalow sebuah penginapan yang sederhana menyatu dengan alam berada di wisata pantai sebanjar, baca detail mengenai bungalow ini untuk fasilitas dan pemesanannya di Pantai Sebanjar Bungalow

Baca artikel lainnya : Info Terbaru Wisata Keluarga Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan

Begitu indahnya tempat wisata hits yang ada di Alor NTT ya, nah bagaimana dengan penginapan dan akomodasi jika ingin kesana ? sebenarnya teman traveler sudah tidak perlu kawatir lagi karena disini juga terdapat banyak tempat untuk menyewa kendaraan atau pun transport dan guide untuk berwisata, Alor juga memiliki banyak penginapan dan homestay bagi anda yang ingin menginap dan menjelajahi tempat wisata alor lebih maksimal guys

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata paling hits di Alor, NTT yang bisa anda kunjungi, semoga selalu bermanfaat dan terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “10 Tempat Wisata paling hits di Alor, NTT yang bisa anda kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: