SHOPPING CART

close

10 Tempat Wisata Terbaik di Bengkulu Buat Liburan Nanti

10 Tempat Wisata Terbaik di Bengkulu Buat Liburan Nanti

Bengkulu adalah Kota besar kedua yang berada di bagian pantai barat Sumatera berdekatan dengan kota padang, anda pasti mengetahui tentang bunga Raflesia Arnoldi yang terkenal itu bukan ? bunga terbesar didunia ini berada di Bengkulu loh guys, Bengkulu juga memiliki banyak wisata terkenal dan menarik yang bisa anda kunjungi dan sebagai bahan referensi anda berikut 17sekians.com akan membahas tentang 10 Tempat Wisata Terbaik di Bengkulu Buat Liburan Nanti

Sebelum membahas tentang tempat wisata di bengkulu, mari mengenai lebih dekat tentang Bengkulu, dimana sih Bengkulu itu ?

Kota Bengkulu memiliki nama yang sama dengan provinsinya jadi Ibukota Bengkulu berada di Provinsi Bengkulu, Indonesia. Perekonomian Kota Bengkulu memang cukup maju di Pulau Sumatera terdapat banyak akomodasi penginapan modern disini bagi anda yang ingin berlibur dan mencari penginapan yang layak dan nyaman.

Dalam sejarah kelam indonesia, bengkulu kerap di jadikan sebagai tempat pengasingan tokoh politik dan pejuang Indonesia bahkan Mantan Presiden Soekarno pernah diasingkan disini terhitung dari 1939 – 1942. Dan sang Istri ibu Fatmawati dilahirkan di Bengkulu juga guys.

Untuk pariwisata sendiri, Bengkulu memiliki keunikan tersendiri dari wisata alam, wisata pantai, sejarah sampai dengan wisata belanja dan kulinernya guys, sekarang kita akan membahas mengenai tempat wisata terbaik yang ada di bengkulu, Sumatera

Baca : Pesan kamar Hotel di Bengkulu-Murah & Banjir Diskon-Booking

10 Tempat Wisata Terbaik di Bengkulu Buat Liburan Nanti

1.Benteng Marlborough

Benteng Marlborough /IG @fendy_velcro

Seperti pembahasan awal kami Bengkulu memang tak lepas dari cerita sejarah tentang penjajajahan, bangunan sejarah yang terkenal di bengkulu adalah benteng Marlborough. Lokasinya yang sangat cantik di dekat pantai tapak padri membuat tempat wisata terbaik di Bengkulu ini menjadi wisata berfoto yang bagus dengan latar bangunan kuno serta alam pantai yang indah.

Benteng Marlborough sering di kunjungi oleh banyak wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Sejarah Benteng Marlborough mengatakan bahwa tempat ini adalah peninggalan dari bangsa inggris yang berdiri di tahun1714 – 1719 yang kemudian tetap digunakan oleh Belanda saat menjajah indonesia dan jepang.

Fungsi utamanya adalah sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang datang dari laut, setelah indonesia merdeka , Benteng Marlborough dijadikan sebagai markas Polri dan TNI AD. Hingga pada tahun 1977 Benteng Marlborough diambil oleh pemerintah untuk di rehab dan dijadikan sebagai cagar budaya dan menjadi bagian sejarah indonesia yanng harus di pelihara dan di jaga.

Terdapat beberapa ruang dalam bangunan Benteng Marlborough yang memiliki fungsinya masing -masing dari Bastion, revalina, ruang tahanan, gudang mesiu dll. Untuk mengunjungi wisata Benteng Marlborough, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000

Lokasi Benteng Marlborough berada di jalan Benteng, Kebun Keling, Tlk. Segara Kota bengkulu
Jam buka : 08.00 am – 18.00

2. Tugu Thomas Parr

Tugu Thomas Parr, Bengkulu

Lokasi nya yang strategis berada di tengah kota dan menjadi tempat nongkrong yang asyik dan gratis serta tempat berfoto selfie dengan latar bangunan sejarah. Tugu Thomas Parr merupakan tempat wisata terbaik dan populer di bengkulu.

Tugu Thomas Parr berada di Jalan Ahmad Yani, bagian dari Kampung Cina di Kota Bengkulu sangat gampang untuk mencapai lokasi wisata. jika dari Benteng Marlborough hanya berjarak 170 meter saja, sebenarnya Tugu berada di banyak bangunan bangunan pada masa pemerintahan inggris jaman dahulu namun kini banyak berdiri bangunan komersial didekatnya dan kantor pos juga.

Kenapa di bangunnya monumen ini, Tugu Thomas Parr di buat untuk memperingati Thomas Parryang menjabat sebagai residen Inggis yang meninggal pada tahun 1807, kemudian bangunan ini diperlakukan sebagai cagar budaya indonesia. Tugu ini memiliki bentuk oktagonal dengan tinggi 13 meter dan luas 70 meter persegi

Lokasi Tugu Thomas Parr berada di Malabero, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu
Buka : 24 jam

3. Rumah Pengasingan Bung Karno & Rumah Ibu Fatmawati Soekarno Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno & Rumah Ibu Fatmawati Soekarno Bengkulu

Rasanya tidak klop jika tidak mengunjungi tempat sejarah berikut ini guys dimana 2 tokoh ini adalah tokoh utama dimana bumi indonesia ini bisa merdeka dan sampai sekarang ini, ya saat jalan -jalan ke Bengkulu pastikan untuk mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno & Rumah Ibu Fatmawati Soekarno Bengkulu ya.

Rumah Pengasingan Bung karno di bengkulu sampai sekarang dirawat dengan baik sebagai tempat berwisata untuk melihat dokumen dan foto saat presiden mengalami pengasingan dari tahun 1938 sampai dengan 1942.
Banyak koleksi beliau yang bisa kita lihat disini dari foto -foto, sepeda ontel yang sering dipakai beliau berkeliling, rumah pengasingan ini memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang tamu dan ruang kerja dan ada banyak koleksi buku yang sering di baca bung karno sendiri. Untuk bisa kesini anda hanya perlu membayar tiket Rp.3.000 / orang

Hanya minus nya pengunjung hanya boleh mengambil foto lewat ponsel saja, kamera DLSR tidak diperkenankan disini.

Tempat kedua wajib di kunjungi adalah Rumah Ibu Fatmawati Soekarno Bengkulu, seperti yang kita ketahui bahwa Ibu Fatmawati adalah istri ke tiga dari Bung karno. Dirumah dengan warna coklat yang sederhana ini di buka untuk umum bagi wisawatan yang ingin melihat -lihat, di rumah ini lah bendera Indonesia di buat pertama kali bahkab mesin jahit nya masih ada didalam rumahnya.

Rumah Ibu Fatmawati juga menyimpan banyak foto -foto kenangan bersama presiden yang bisa dilihat. Pernikhan antara Bung karno dan Ibu Fatmawati melahirkan Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra. Beliau sendiri meninggal dunia pada tanggal 14 mei 1980 di Malaysia.

Lokasi Rumah Pengasingan Bung Karno berada di Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu

Lokasi Rumah Ibu Fatmawati Soekarno Bengkulu berada di jalan Fatmawati, Penurunan, Kec. Ratu Samban Bengkulu

4. Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu / IG @yudi_kdi6

Salah satu ikon wisata pantai di bengkulu adalah Pantai Panjang yang memiliki garis pantai sepanjang 7 km, memiliki keindahan tersendiri serta fasilitas jogging track yang kerap di pakai pengunjung untuk berolah raga di sore hari. Pantai panjang bengkulu juga memiliki pasir yang halus berwarna putih serta air laut yang jernih dengan ombak yang landai membuat pengunjung yang datang bisa bermain air, berenang atau memancing.

Keindahan dari pantai panjang bengkulu memang tidak perlu di ragukan lagi disini juga berdiri banyak resto, warung dan hotel yang siap mempercantik bibir pantai.

Ketika sore hari pengunjung yang datang akan semakin ramai karena pantai ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk bersantai samil menikmati kuliner dan memandang sunset yang akan segera tiba. di pinggiran pantai panjang juga tumbuh banyak pohon cemaradan phon pinus yang rindang.

Lokasi Pantai Panjang Bengkulu berada di jalan Pariwisata, Lempuing, Kec. Ratu Agung Bengkulu.
Jam buka : 24 jam

Lokasi pantai berada di bagian barat kota Bengkulu sangat mudah di akses dengan kendaraan mobil dan minibus atau kendaraan lainnya.

5. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci / IG @amanahrahmawani

Mau melihat keindahan pantai lainnya di bengkulu maka anda harus menuju ke Pantai Sungai Suci, lokasinya berada dekat dengan pusat kota dimana perjalanan hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja. Kemudian setibanya di Desa Pasar Pedati, teman traveler harus melintasi jalan gang yang sudah bagus sejauh 1,5 km hingga tiba di lokasi pantai.

Keindahan melihat pantai dengan laut lepas ke samudra hindia serta masih banyak nya pohon yang tumbuh di sepanjang pantai keunikan dari pantai sungai Suci ini terdapatnya pulau kecil yang menjorok kedalam laut dan tersediannya jembatan gantung yang di buat leh masyarakat setempat. Sekilas seperti yang ada di Tanah Lot bali namun disini terdapat jembatan gantung kembarnnya.

Banyak pengunjung yang ingin mencoba sensasi menyebrang melewati jembatan gantung kembar ini. ketika melintasi kita akan merasakan hempasan ombak yang terjadi tepat di bawah nya, wow keren banget. Tiket untuk melewati jembatan ini adalah Rp.5.000/orang

Sesudah sampai ke pulau kecil di Pantai sungai suci, kita akan disuguhkan pemandangan laut yang jauh lebih keren karena berada dekat sekali dengan laut dan deburan ombak yang menghempas ke karang pulau langsung menerpa tubuh kita. Pulau kecil ini sudah disediakan tempat untuk bersantai sambil berfoto – foto selfie juga.

Lokasi Pantai Sungai Suci berada di Jalan Pesisir Pantai Panjang, Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkul

Baca : Wisata Terkenal Pantai Air Manis, Legenda Malin Kundang Padang Sumatera Barat

6. Air Terjun Tri Muara Karang

Air Terjun Tri Muara Karang @zona_sumatera

Bengkulu juga memiliki beberapa wisata air terjun yang terkenal antara lain air terjun Tri Muara Karang dengan memiliki keindahan alam yang luar biasa indah, air terjun ini memiliki 3 aliran dengan keunikan masing -masing. Terdapat air terjun panas dan dingin lo, air terjun yang paling tinggi ada 100 meter

Pengunjung yang datang pun bisa melihat sumber mata air panas yang telah dibuakan kolam renang dengan air yang jernih, asap mengepul dan terlihat dasar bebatuan yang jelas. Disekitar lokasi wisata air terjun Tri Muara karang kehidupan alamnya masih sangat asri dengan hutan yang masih rindang dengan hewan -hewan yang hidup didalamnya.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun tri Muara Karang kita akan melewati alam hijau, kebun bunga, buah -buahan dan tanaman lainnya. yang hobi akan wisata air terjun wajib datang kesini ya dan tetap untuk menjaga kebersihan saat di lokasi wisata bengkulu ini ya.

Lokasi Air Terjun Tri Muara Karang berada di Belitar Seberang, Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu
Jam buka: 07.00–17.00

7. Air Terjun Mandap Sari Sengkuang

Menikmati Keindahan Air Terjun Sengkuang, Di kepahiang Bengkulu / IG @genpi_kepahiang

Memerlukan perjalanan selama 2 jam dari kota Bengkulu dengan perjalanan yang berlika liku dengan pemandangan pegunungan dan alam yang indah, serta perkebunan teh dengan udara yang sejuk. Keindahan air terjun Mandap Sari Sengkuang memang sangat indah.

Walaupun fasilitas dan jalan masih harus di perbaiki namun bagi yang menyukai wisata air terjun tetap harus datang kesini ya, harga tiket masuknya masih sangat murah. Keberadaan air terjun sengkuang sudah sangat terkenal akan keindahannya. Baca lebih lengkap mengenai Air Terjun Sengkuang Kepahiang

Lokasi Air Terjun Mandap Sari Sengkuang berada di Suka Sari, Kaba Wetan, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu

Baca : Info Lengkap Lokasi dan Tiket Masuk wisata Instagramable Dusun Semilir Eco park Semarang

8. Wahana Surya Waterpark

Wahana Surya Waterpark / IG @nyimaslisaoktariani

Wisata keluarga yang asyik dan seru di bengkulu tak lain dan tak bukan adalah menuju ke Wahana Surya Waterparknya guys, disini adalah tempat bermain air serta wahana waterboom yang seru banget.

Wahana Surya Waterpark menjadi tempat rekreasi air yang terlengkap di bengkulu dengan kolam -kolam yang besar dan banyak jenisnya dari kolam renang untuk dewasa sampai untuk anak – anak, disini juga terdapat fasilitas permainan, ruang ganti, locker, Gazebo, tempat duduk sampai tempat penjual makanan dan minuman.

Untuk tiket masuk di wahana Surya Waterpark ini adalah Rp.30.000/ orang untuk hari biasa, kalau weekend biasanya akan naik lebih sedikit. Disini terdapat gazebo yang nyaman bagi yang datang bersama keluarga namun gazebo disini tidak gratis ada minimum harganya yakni Rp.25.000/jamnya guys.

Tempat bermaian air yang lengkap di bengkulu ini sangat rekomended banget karena tempatnya yang lengkap, bersih dan bagi yang tidak berenang juga masih bisa berfoto -foto disini dengan latar kolam, patung atau taman -taman indah yang ada disini.

Lokasi Wahana Surya Waterpark berada di Desa pasar Pedati Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu 38121

9. Kampoeng Pesisir

Kampoeng Pesisir Bengkulu / IG @rose_fitfresh

Sehabis lelah berjalan -jalan mengunjungi tempat wisata hits di bengkulu tentunya perutnya terasa laper saatnya untuk bersantap makanan yang sedap di Bengkulu, ada satu tempat yang nyaman, suasana yang tenang, dan makanan yang sedap. kampoeng Pesisir menjadi tempat makan yang enak dan nyaman. restaurant ini memiliki desain tempat makan yang bagus, dari penataan meja, perabotan, meja dan kursi memang sangat cantik jadi yang makan akan merasa nyaman dan senang.

Kampoeng Pesisir berada dekat pantai panjang, terdapat semacam saung -saung dimana diabwahnya langsung melihat kolam terdapat air mancurnya. Terdapat ruang VIP dengan fasilitas AC, pengunjung bisa memilih untuk makan di kursi atau duduk lesehan. Disini juga ada live music juga guys.

Menu yang disuguhkan di kampoeng Pesisir adalah menu seafood yang fresh, ayam goreng lalapan , tahu , tempe dll, paling enak kesini bersama teman, group atau keluarga.

Lokasi Kampoeng Pesisir berada di Nusa Indah, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu
Jam Buka : 10.00 am – 22.00

10. Menginap di Hotel Santika Bengkulu

Hotel Santika Bengkulu, Hotel Terbaik Di Kota Bengkulu

Tidak begitu banyaknya hotel berbintang yang ada di Bengkulu membuat anda yang sedang mencari hotel untuk menginap terkadang harus ekstra hati -hati dalam memilih penginapan. Namun sekarang anda tidak perlu bingung -bingung lagi karena pemesanan di hotel Santika bengkulu bisa di lakukan secara online dan caranya sangat mudah.

17sekians merekomendasikan hotel bintang 3 ini karena telah beroperasi sejak 2012 dan memiliki review yang baik dari para tamu terdahulunya, hotel dengan desain modern ini memiliki beberapa fasilitas unggulan dari kolam renang, SPA, pusat Gym. Dan lokasi hotel juga berada di tengah kota Bengkulu jadi sangat strategis banget. Mau pesan hotelnya langsung klik link berikut ya Hotel Santika Bengkulu

Baca artikel lainnya : Lokasi Dan Data Tarik Wisata Danau Singkarak Dengan Spot Foto Hits di Sumatera Barat

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata Terbaik di Bengkulu Buat Liburan Nanti, semoga selalu bermanfaat, jika suka artikel ini yuk langsun di share ya. Terimakasih.

Tags:

One thought on “10 Tempat Wisata Terbaik di Bengkulu Buat Liburan Nanti

  • yahya

    Bengkulu memang sangat indah, terimakasih sudah memberikan info wisata bengkulu ya, langsung saya share infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: