SHOPPING CART

close

10 Tempat Wisata Terbaik di Palangkaraya, Kalimantan Tengah update 2020

Palangka Raya menjadi viral karena disebut akan menjadi the next ibukota dari Indonesia, wacana ini memang sudah pernah disebut -sebut sejak masa pemerintahan Soekarno dan kini di Era Jokowi wacana pemindahan Ibukota di angkat kembali dan kota Palangka Raya menjadi salah satu kota perencanaan untuk menjadi ibukota indonesia, dari segi pariwisata mari kita mengenal lebih dekat tentang 10 tempat wisata terbaik di Palangkaraya, Kalimantan Tengah 2019
10 Tempat Wisata Terbaik di Palangkaraya, Kalimantan Tengah update 2020

Palangka Raya menjadi viral karena disebut akan menjadi the next ibukota dari Indonesia, wacana ini memang sudah pernah disebut -sebut sejak masa pemerintahan Soekarno dan kini di Era Jokowi wacana pemindahan Ibukota di angkat kembali dan kota Palangka Raya menjadi salah satu kota perencanaan untuk menjadi ibukota indonesia, dari segi pariwisata mari kita mengenal lebih dekat tentang 10 tempat wisata terbaik di Palangkaraya, Kalimantan Tengah 2020

Dalam wikipedia di jelaskan mengenai administratif dari Palangkaraya kalimantang tengah bahwa Provinsi Kalimantang tengah memiliki ibukota yang bernama Palangkaraya, kota ini memiliki luas 2.400 km2 dengan penduduknya mencapai 376.647 manusia, terdapat 5 kecamatan dengan hutan lindung dan beberapa konservasi alam didalamnya. Kota Palangkaraya juga memiliki julukan sebagai kota cantik.

Kota Palangkaraya berada di tengah indonesia dan konstruksi tanah yang datar serta jarang terjadi bencana alam sehingga kota ini sering digadang -gadangkan menjadi Ibukota Indonesia, pesona alam dan tempat wisata di Palangkaraya juga sangat menarik dan sudah banyak akomodasi penginapan yang menunjang disini seperti Swiss- Belhotel danum Palangkaraya dan hotel modern lainnya.

Bagi teman traveler yang ingin melihat lebih dekat tentang potensi wisata mana saja yang bisa di kunjungi di Kota Palangkaraya silahkan simak rekomendasi dari kami ya

10 Tempat Wisata Terbaik di Palangkaraya, Kalimantan Tengah update 2020

1 . Wisata Danau Tahai Palangka Raya

Wisata Danau Tahai Palangka Raya

Tempat wisata terbaik danau Tahai ini tepatnya berada di tumbang tahai, bukit batu kota palangkaraya kalimantan tengah, Danau ini terbentuk karena merupakan peninggalan tambang penggalian pasir yang membentuk lubang yang besar yang terjadi bertahun -tahun dan tidak berproduksi lagi.

Ketika musim hujan tiba, lubang besar ini menampung air dan membentuk sebuah danau yang dinamakan Danau Tahai daan kini menjadi tempat wisata yang indah untuk di kunjungi di Palangkaraya, kalimantan tengah.

Lokasi dari danau tahai sendiri berada 30 km dari kota palangkaraya ke daerah sampit, kata tahai merupakan bahasa dayak yang berarti danau.

Danau tahai menjadi sangat indah di kota Palankaraya guys, hal menarik disini adalah pemandangan alam disekitarnya serta wahana permainan yang ada di sini.

Warna dari air danau tahai ini berwarna merah, hal unik terbentuk dari air tanah gambut dan akar – akaran pohon. Disini juga terdapat beberapa rumah apung yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat, mengambil foto dan bersantai melihat pemandangan. disini juga terdapat sepeda angsa, perahu dayuung, rumah makan, mushola dll.

2. Melihat Orang Utan di Nyaru Menteng

Kalimantan memang terkenal dengan species hewan Orang Utan yang sangat terkenal di dunia, orang Utan adalah special langka yang terancam kepunahan karena hutan yang semakin kecil karena keserakahan manusia guys.

Melihat Orang Utan di Nyaru Menteng / IG @imam_toharo

Saat liburan ke Palangkaraya kalimantan tengah anda bisa mengunjungi tempat penangkaran dari hewan langka ini di Nyaru Menteng yang berada di jalan Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya dekat juga dengan wisata danau tahai.

Orang Utan adalah hewan lucu yang ramah dengan manusia, di penangkaran Nyaru Menteng ini kita bisa bermain dengan latar belakang hutan asli mereka. Tempat ini berdiri sejak 1991 oleh Lone Dröscher Nielsen dan Odom Kisar.

Dengan luas hutan hanya mencapai 1.5 hektare dengan total species mencapai 450 ekor Orang utan yang terlantar dan masih tergolong bayi. Yuk Langsung kesana ya

Baca : Pesan Kamar Hotel di Palangkaraya-murah & Banyak Promo-Booking com

3. Arboretum Nyaru Menteng

Selain penangkaran bayi Orang Utan di Nyaru Menteng tak jauh dari lokasi juga terdapat tempat konservasi tempat melihat flora dan founa di Arboretum Nyaru Menteng.

Arboretum Nyaru Menteng / IG @nheeta

Kawasan Arboretum Nyaru Menteng sangat luas mencapai 65 Ha disini kita bisa melihat pusat penangkaran Orang Utan dan hewan lainnya dengan habitat hutan asli kalimantan.

Disamping Orang utan, pusat penangkaran Arboretum Nyaru Menteng merupakan tempat perlindungan bagi hewan lainnya seperti beruang madu, aneka burung, monyet, biawak dan hwan liar lainnya.

Jenis pohon yang hidup disini adalah pohon berakar tunjang contohnya bakau dan terdapat banyak rawa – rawa terhitung terdapat 43 jenis pohon dengan species melebihi 139 jenis tumbuhan yang ada di Arboretum Nyaru Menteng.

Hal menarik bagi pengunjung yang datang tentunya ingin melihat Orang Utan sendiri, selain itu di Arboretum Nyaru Menteng ini sering dipakai para pencinta alam sebagai tempat untuk berkemah, ada banyak spot foto juga seperti banyaknya jembatan kayu.

Fasilitas penunjang : tempat parkir, pusat informasi, perkemahan, mushola, toilet sudah tersedia.

Tempat penangkaran Arboretum Nyaru Menteng hanya di buka pada hari libur saja, jika hari biasa akan tutup.

Lokasi Arboretum Nyaru Menteng : Jalan Raya Tjilik Riwut, Kelurahan Tumbang Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah

4. Kalawa Waterpark Palangkaraya

Wisata keluarga yang seru tentunya dapat dinikmati di taman bermain Kalawa Waterpark, cuaca panas yang ada di palangkaraya jadi sangat cocok banget jika bermain air di salah satu tempat wisata terbaik di Palangkaraya ini.

Kalawa Waterpark Palangkaraya

Kalawa Waterpark palangkaraya sudah sangat lengkap dengan wahana permainan seperti kalawa slide, kiddy pool untuk anak -anak dan lazy river. Luas wilayah taman bermain ini mencapai 3 hektare jadi sangat luas ya.

Tiket masuk ke Kalawa waterpark terbaru ini adalah

Hari biasa (senin – jumat) >> Rp.45.000 / orang
Hari libur (sabtu – minggu) >> Rp.65.000 / orang
Hari libur nasional >> Rp.75.000 / orang

Selain wahan bermain disini juga sudah terdapat fasilitas pelengkap seperti ruang ganti, loker, kamar mandi dengan bilas, toilet, panggung hiburan dan lobbi yang luas juga.

Lokasi Kalawa Waterpark Palangkaraya berada di Bukit Tunggal, Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalteng
Jam buka : 09.00 am – 17.30

5. Taman Kota Palangkaraya

Tempat wisata gratis berikut adalah tempat wisata terbaik dan ikon dari wisata dair kota Palangkaraya kalimantan tengah. memiliki banyak fasilitas yang keren di taman kota.

Taman Kota Palangkaraya

Taman kota ini adalah tempat nongkrong favorit bagi warga palangkaraya untuk menikmati keindahan alam dan bersantai dan selalu ramai akan pengunjung.

Anda akan menikmati pemandangan sungai kahayan dengan jembatan kahayannya yang juga menjadi kebanggaan orang palangkaraya, banyak spot foto instagram, pedagang makanan dan minuman, disini juga terdapat patung burung engrang khas kalimantan dengan ukuran raksasa serta di sudut lain kita bisa melihat musholla dengan desain yang unik dan indah.

Lokasi Taman Kota Palangkaraya berada di jalan Yos Sudarso, Menteng, Jekan Raya, Kota Palangka Raya Kalteng.

Baca : 10 Tempat Wisata Hits Yang Ada Di Balikpapan, Kalimantan Timur

6. Museum Balanga di Palangkaraya

Mau melihat kebudayaan dan sejarah suku dayak dan palangkaraya sebaiknya anda berkunjung ke museum Balanga. Museum ini memiliki berbagai koleksi benda dan sejarah suku dayak, berdiri sejak 1973.

Museum Balanga di Palangkaraya / IG @yudi_angoy

Museum Balanga dibagi menjadi 2 dalam bentuk koleksi yakni biologika dan geologika dan terdapat 2 gedung sebagai tempaat pameran tetapnya.

Sejarah suku dayak tentang kehidupan dayak dari kelahirannya sampai mati di ceritakan di museum ini.

koleksi benda -benda bersejarah seperti senjata traditonal sumpit, duhung, mandau, miniatur rumah panjang, patung sapundu, aneka barang kuningan, keramik asal cina dan masih banyak lagi bisa di temui di museum balanga.

Wisata ke museum Balanga adalah wisata edukasi untuk mempelajari lebih dalam mengenai budaya dari kota cantik palangkaraya ini, tak heran jika museum ini menjadi wisata wajib bagi kaum pelajar dan wisatawan yng suka akan wisata budaya indonesia.

Lokasi Museum Balanga berada di Jalan Cilik Riwut, Jekan Raya, Kota Palangka Raya Kalteng
Jam buka : 08.00 am – 15.00
Sabtu – minggu : tutup

7. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Taman Nasional berikut ini adalah kawasan hutan konservasi yang letaknya berada di perbatasan antara kalimantan barat dengan kalimantan tengah, taman yang asri dan di lindungi ini meliputi hutan pegunungan, hutan perbukitan, daratan dan hutan lumut.

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya / IG @phobiakota

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya memberikan aktivitas menarik yang bisa di lakukan seperti trekking gunung, arung jeram, wisata budaya, melihat satwa liar, melihat keindahan sungai dll..

Tempat wisata terbaik di Palangkaraya ini menyuguhkan panorama alam dengan hewan liar didalamnya seperti beruang madu, kucing emas, babi hutan, Orang utan dll.

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya juga menyediakan akomodasi penginapan bagi teman traveler yang ingin menginap dan melihat lebih dalam dengan kawasan konservasi hutan ini.

Baca : Liburan ke luar Negeri dengan bebas Visa Bagi Traveler Indonesia Inilah daftar Negaranya

8. Tugu Soekarno Palangkaraya

Tugu Soekarno Palangkaraya / IG @juliandaharaha

Tugu Kota Palangkaraya (tugu Soekarno) merupakan saksi sejarah dari terbentuknya kota Palangkaraya sebagai ibukota dari kalimantan tengah.

Wacana untuk menjadi Ibukota baru yang akan dipindahkan dari Jakarta mulai dicetuskan oleh presdien soekarno, dan tugu ini diberi nama Tugu Soekarno yang diresmikan pada tanggal 17 juli 1957.

Tugu ini berbentuk segi lima yang melambangkan dari dasar negara kita yakni Pancasila. menjadi simbul awal dari pembangunan yang terjadi di kota Palangkaraya, lokasi dari tempat wisata berfoto selfie ini tak jauh dari sungai Kahayan.

Lokasi Tugu Soekarno Palangkaraya berada di jalan Langkai, Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 74874

9. Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto

Setelah berkeliling dengan tempat wisata terbaik di Palangkaraya tak lengkap rasanya untuk mencoba makanan khas dari kota cantik ini.

Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto / IG @delia_enw

Wisata kuliner yang ngehits di Palangkaraya salah satunya adalah Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto. Dengan lokasi di pusat kota Palangkaraya, awalnya tempat ini merupakan rumah dinas dari gubernur Tjilik Riwut yang kemudian dibeli oleh beliau dan dibangun sebuah restoran dan galery perjuangan dari bapak Tijilik Riwut.

Menu makanan khas orang dayak disajikan disini seperti juhu umbut rotan, juhu ujau, juhu rimbang, kandas sarai, tanak lais, hingga tumis kalakai. Harga yang ditawarkan juga masih terjangkau dengan kantong anda.

Disini juga terdapat live music saat menikmati makanan sedap khas palangkaraya.

Lokasi dari Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto berada di jalan Jend. Sudirman No.1, Palangka, Jekan Raya, Kota Palangka Raya Kalteng.

10. Menginap di hotel modern dan murah di Hotel Neo Palma Palangkaraya

Berlibur ke Kota Cantik Palangkaraya tentuny anda harus menyiapkan akomodasi yang nyaman dan murah, untuk hotel budget dengan harga di bawah Rp.500.000 / malam anda bisa memilih Hotel Neo Palma Palangkaraya.

Hotel ini berada sangat strategis di kota Palangkaraya dengan desain hotel yang modern dan nyaman tentunya liburan bersama teman dan keluarga akan terasa semakin menyenangkan disini. baca detail mengenai Hotel Neo Palma Palangkaraya

Baca artikel lainnya : Wisata Kuliner Halal Yang bisa Anda Nikmati di Pontianak Kalimantan Barat

Demikian ulasana mengenai 10 Tempat Wisata Terbaik di Palangkaraya, Kalimantan Tengah update 2020, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “10 Tempat Wisata Terbaik di Palangkaraya, Kalimantan Tengah update 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: