SHOPPING CART

close

10 Tempat Wisata Terbaik di Solo, Jawa Tengah

10 Tempat Wisata Terbaik di Solo, Jawa Tengah

Kota Solo menjadi tempat perhentian kita untuk mengunjungi banyak tempat yang menarik disini. Solo memiliki kebudayaan jawa yang kental sekali seperti Yogyakarta ada begitu banyak hal seru yang bisa anda lihat di kota yang memiliki luas 44 km persegi. Yuk kita simak 10 Tempat Wisata Terbaik di Solo, Jawa Tengah.

Sebelum kita mencari tempat wisata yang paling hits di di Solo ada kalanya kita mengenal kota kelahiran bapak presiden Jokowi ini terlebih dahulu ya. Oke Kota Solo juga dikenal sebagai kota Surakarta guys, kota ini berbatasan dengan Kab. Karanganyar dan Boyolali. Solo menjadi kota terbesar no 3 di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan kota Malang.

Bahasa yang sering di pakai di Solo bernama dialek jawa matraman (jawa tengah) yang sama juga dipakai di Yogyakarta, semarang dan Magelang, sering kita melihat juga kalau bahasa jawa yang dipakai di solo terkenal lebih halus, slow.

Kenapa anda harus mengunjungi kota Solo ?

Kota ini bukan sekedar kota biasa guys, keunikan Solo terletak pada warisan budayanya, ramahnya penduduknya dan Solo terkenal akan pusat perbelanjaan, kuliner dan festival yang diadakan setiap periode. Jadi liburan kali ini ke solo merupakan pilihan yang tepat untuk melihat tempat wisata terbaik yang ada di kota ini.

Baca : 6 Hotel Murah Di Solo Dengan Review Sangat Baik

Berikut adalah 10 Tempat Wisata Terbaik di Solo, Jawa Tengah

1.Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat / IG @klatenstory

Mau mengenal lebih dekat mengenai budaya yang di Solo, perhentian pertama melihat tempat wisata menarik dan terbaik nya adalah mengunjungi Keraton Surakarta hadiningrat.

Bangunan sejarah ini menyimpan banyak cerita sejarah yang berhubungan dengan Kota Solo. Didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II di desa sala (Solo) dimana kala itu desa ini adalah pelabuhan kecil yang berada di di dekat sungai Bengawan Solo. Bangunan Keraton Surakarta Hadiningrat yang megah masih berfungsi sebagai tempat tinggal raja dengan tradisi kerajaan yang tetap terjaga dan dijalankan hingga sekarang.

Wisatawan pun bisa berkunjung kesini dengan tetap mematuhi peraturan yang terapkan pihak Keraton, disini banyak tersimpan koleksi benda peninggalan sejarah yang unik -unik, ada juga hadiah dari raja -raja di Eropa, kereta kencana, alat musik seperti gamelan, pusaka keraton dll.

Untuk dapat mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat di Solo, pengunjung diterapkan beberapa peraturan seperti dress code tidak boleh memakai celana pendek, kacamata hitam, sandal jepit, jaket, topi, anda harus memakai pakaian yang sopan. Jikapun kebetulan anda memakai celana pendek kesini, maka harus menyewa kain yang telah disediakan di sini.

Lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat berada di alan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka : 09.00 am – 14.00 (hari biasa), Jam 09.00 am- 15.00 (sabtu – minggu) dan hari jumat tempat wisata terbaik solo ini akan tutup.

2. Istana Mangkunagaran

Bangunan sejarah budaya di Solo berikutnya adalah Istana Mangkunagaran yang sangat hits di Kota Surakarta atau Solo. Bangunan sejarah budaya ini di bangun sejak 1757 dan tetap eksis di jaman modernisasi ini.

Lihat galery mengenai diambil dari instagram @laurentiuslei

Istana Mangkunegaran merupakan istana resmi kadipaten Praja Mangunkenegaraan dan menjadi tempat tinggal raja. Kisah sejarah mengatakan bahwa istana atau puro Mangkunegaran berdiri setelah terjadi perjanjian salatigayang yang di tandatangani oleh Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengkubuwana I), kelompok Raden Mas Said, Sunan Pakubuwana III, dan VOC di tahun 1757 dan Pangeran Sambernyawa yang mendapat julukan sebagai Raden Mas Said diangkat menjadi “Pangeran Adipati” dengan gelar Mangkunegara I

Tiket masuknya masih sangat murah yakni Rp.10.000 anda sudah bisa melihat tempat wisata terbaik di Solo ini. Biar tambah mengerti dengan sejarah ini sebaiknya menggunakan guide lokal sana ya sehingga kita bisa mendapatkan penjelasan lebih dalam mengenai sejarah berdirinya Istana Mangkunagaran di solo ini.

Lokasi Istana Mangkunagaran berada di jalan Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari Kota Surakarta / Solo
Jam buka : 08.30 am – 14.00

3. Pasar Triwindu Solo

Selain bangunan bersejarah yang kental akan budaya jawa, Solo juga juga terkenal akan pusat wisata berbelanjanya, bukan belanja sembako atau hal lain namun di pasar Triwindu anda bisa menemukan benda – benda unik, antik dan lucu – lucu untuk bisa di beli.

Pasar Triwindu Solo / IG @veya____

Pasar Triwindu adalah pasar legensa yang sudah ada sejak tahun 1939 dan tetap eksis sampai sekarang, selain buat yang hobi barang antik anda pun bisa berfoto cantik di salah satu toko penjual barang -barang disini yang tentunya akan semakin seru bukan.

Lokasinya sangat dekat lo dengan istana Mangkunegaran hanya 300 meter bagian selatan saja. Apa saja yang di jual disini ? segala jenis barang antik seperti piring – piring kuno, keris , batik, alat rumah tangga, radio kuno, jam tangan bekas, lampu hias dan mainan jaman dahulu dan masih banyak lagi guys.

Pasara Triwindu ini awalnya adalah alun -alun Mangkunegaran yang kemudian di hadiahkan sang raja dan diubah menjadi sebuah pasar tempat transaksi jual beli hingga sekarang hanya disini memiliki keunikan yakni sebagai tempat menjual barang -barang antik guys. keren banget pokoknya, kalian harus datang kesini ya!

Lokasi Pasar Triwindu berada di Ngarsopuro, jalan Diponegoro, Keprabon Kec. Banjarsari Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka 09 am – 17.00

4. Benteng Vastenburg

Satu lagi peninggalan sejarah yang menarik untuk di kunjungi di Kota Solo adalah Benteng Vastenburg yang merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda di bangun pada tahun 1745.

Benteng Vastenburg / IG @event.solo

Benteng Vastenburg berlokasi di tengah kota Solo dan menjadi sangat baik untuk berkunjung bersama anak -anak sebagai wisata edukasi, pembelajaran terhadap sejarah Indonesia selain itu bangunan benteng yang yang klasik menjadi tempat berfoto yang seru juga guys.

Bentuk benteng yang bujur sangkar dimana pada bagian ujungnya terdapat selekoh dan pada sekelilingnya terdapat layaknya parit yang berguna sebagai perlindungan dari musuh yang datang. Dalam benteng Vasternberg memiliki beberapa ruang barak dengan fungsinya masing -masing.

Sepeninggal belanda, Benteng Vastenburg di gunakan sebagai markas TNI untuk mempertahankan kemerdekaan di tahun 1970 an. Kemudian benteng ini sempat terbengkalai mulai tahun 1980 dengan tidak terurusnya bangunan benteng kemudian pada masa pemerintahan Jokowi yang menjabat sebagai bupati kala itu, benteng Vastenburg di pugar kembali dengan pengecatan baru dan menjadi tempat wisata sejarah yang nghits di kota Solo.

Lokasi Benteng Vastenburg berada di Kedung Lumbu, Pasarkliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Baca : 10 Tempat Wisata Terbaru dan Ngehits di Pekalongan 2019

5. Pandawa Water Waterpark World Solo

Pandawa Water Waterpark World Solo / IG @albertavivinovita

Kemana jalan – jalan yang seru bersama keluarga di Solo ? tentunya banyak dari warga solo sendiri akan mengatakan untu pergi ke Pandawa Water Waterpark World Solo.

Wisata bermain air selau menjadi primadona untuk menghabiskan waktu untuk berlibura yang asyik dan seru. Tempat rekreasi air di Pandawa Water World juga terbilang sangat lengkap dari adanya kolam renang dewasa dan anak, perosotan, tempat bermain anak sampai kolam dengan ombak buatan guys.

Pandawa Water Waterpark World Solo berlokasi di tengah kota solo dan harga tiketnya mulai dari Rp.80.000 / orang anda sudah bermain sepuasnya disini.

Lokasi Pandawa Water Waterpark World Solo berada di Komplek Pandawa, jalan Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Mau tahu lebih detail mengenai tempat wisata terbaik di solo ini baca Pandawa Water Waterpark World Solo

6. The Heritage Palace

Wisata keluarga The Heritage Palace di Solo – Tonton videonya

Selain wisata kuliner dan sejarah budaya yang di miliki oleh Solo, disini terdapat wisata lainnya yang kekinian dan bisa di bilang sangat di gandrungi oleh banyak anak mudanya yakni bernama The Heritage Palace.

The Heritage Palace solo lebih menyerupai wisata museum angkut yang ada di di batu malang guys, tempat wisata terbaik solo ini terdapat banyak mobil antik yang menjadi latar foto selfie banyak pengunjung yang datang. The Heritage Palace lebih menjadi tempat wisata untuk berburu spot foto unik dengan latar yang unik dengan banyaknya koleksi mobil dan bangunan yang artistik seperti jaman gangster di amerika dahulu kala.

Lokasi The Heritage Palace berada di Honggobayan, Pabelan, Kartasura – Sukaharjo
Jam buka : 09.00 am – 18.00
Tiket masuk : Rp.50.000 (sudah termasuk dengan museum 3D)

7. Museum Batik Danar Hadi

Daerah jawa tengah memang terkenal akan batiknya begitu juga kota Solo memiliki beberapa wisata untuk mengenal lebih dekat mengenai Kain Batik tepatnya berada di museum Batik Danar Hadi, sang pemilik bernama H. Santoso Soellah mendirikan museum batik yang berada di jalan jalan Slamet Riyadi di Kota Solo.

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi berdiri pada tahun 1967 memiliki hampir 1000 jenis batik yang terdiri dari batik asli keraton, batik chinam batik jawa hokokai, batik pesisir dll.

Museum Batik Danar Hadi memiliki kualitas terbaik dan sudah mendapatkan penghargaan dari MURI (museum rekor indonesia) dengan gelar museum dengan koleksi batik terbanyak di Indonesia guys. Pengunjung yang datang bisa melihat -lihat koleksi batik serta proses pembuatannya juga.

Dalam areal museum juga terdapat bangunan khas jawa yang bernama Ndalem Wuryaningratan. sebuaih rumah tinggal yang berdesain ala eropa dulunya merupakan tempat tinggal dari Pangeran Wuryaningrat yang merupakan menantu dari Susuhan Pakubuwono X.

Museum Batik Danar Hadi mulai buka jam 09.00 am – 16.30, tiket masuknya Rp.35.000 / orang dan Rp.8.000/pelajar

8. Pasar Malam Ngarsopuro

Mau jalan – jalan saat malam tiba di Solo, kenapa Nggak? yuk langsung kita menuju pasar malam Nagrsopuro aja. Pasar malam diadakan sejak 2009 dimana Pak Jokowi masih menjabat sebagai walikota Solo.

Pasar Malam Ngarsopuro / IG @la6herlambang

Pasar malam Ngarsopuro menyediakan berbagai jenis kuliner khas solo serta barang -barang souvenir dan kerajinan tangan seperti baju, tas, sepatu batik dll. Wisata malam di solo ini sangat cocok untuk semua kalangan guys disini kita bisa makan sambil berbelanja oleh – oleh buat di bawa pulang tentunya kehidupan malam di solo akan dirasakan disini juga.

Lokasi Pasar malam Ngarsopuro berada di jalan Diponegoro, banjarsari, Surakarta /Solo
Jam buka : sabtu – minggu saja : 19.00 – 21.00

9. Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Mencari kuliner khas solo yang selalu ramai akan pengunjung nya anda harus datang ke Sate Kambing Bu Hj. Bejo. Warung legendaris ini sudah ada sejak tahun 1971 bahkan warung sate ini menjadi langganan tetap pak Jokowi semenjak menjabat walikota sampai sekarang ketika datang ke Solo.

Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Sate Kambing Bu Hj. Bejo dirintis dari nol dari berjualan dengan gerobak berkeliling sampai sekarang ini, cita rasa dari makanan nya juga tidak perlu diragukan lagi, menu favorit disini adalah sate buntel dan tengkleng adapun menu lainnya yang bisa anda coba adalah gule, tongseng, nasi goreng dll.

Untuk rasanya sangat pas, sate buntelnya begitu empuk disajikan menggunakan nasi hangat dan bumbu kecap, mau rasanya tambah nikmat, pengunjung bisa meminta tambahan sambel rawit merah ulek atau utuh wah rasanya bisa tambah menggoyang lidah guys.

Perporsi sate buntel dan tengkleng adalah Rp.45.000, harga segitu sangat pas dengan rasa yang didapat dari makanannya

Lokasi Sate Kambing Bu Hj. Bejo berada di jalan Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta
Jam buka : 07.30 – 17.00

Baca artikel lainnya : 10 Tempat Wisata Boyolali Terkini Yang Menarik Untuk di Kunjungi

10. Menginap di hotel terbaik di Solo – Aston Solo Hotel

Aston Solo Hotel, Hotel terbaik bintang 4 di Kota Solo – Harga mulai dari Rp. 450.000 / malam

Liburan ke solo tentunya anda akan mencari tempat untuk menginap yang nyaman, strategis serta harga yang pas di kantong bukan. Ada banyak pilihan akomodasi modern di solo yang bisa menjadi pilihan dan salah satunay adalah Aston Solo Hotel, hotel bintang 4 yang berada strategis di kota solo guys.

Aston Solo Hotel memiliki fasilitas yang lumayan lengkap dari kolam renang dan kamar – kamar modern yang nyaman untuk di tempati. Mau tahu lebih detail mengenai hotel bintang 4 di solo ini, baca Aston Solo Hotel

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata Terbaik di Solo, Jawa Tengah, semoga selalu bermanfaat, jika suka artikel ini, yuk bantu share ya. Terimakasih.

Tags:

2 thoughts on “10 Tempat Wisata Terbaik di Solo, Jawa Tengah

  • Purnomo

    Solo tempat kelahiran saya, seneng banget jika ada yg menulis tentang solo ap8alagi tempat wisatanya. Terimakasih 17sekians. Ijin share ya

  • magdalena

    Terimakasih info di solonya, mantap banget tulisannya, sangat lengkap rapi dan saya suka

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: