SHOPPING CART

close

10 Tempat Wisata Terbaik di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah – Update Nov. 2019

10 Tempat Wisata Terbaik di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah / IG @hafidz_alhafid

Kawasan wisata Tawangmangu memang selalu menjadi pilihan berlibur yang seru bagi warga lokal Solo, semarang, jawa tengah bahkan tempat wisata di tawangmangu juga sering di kunjungi oleh wisatawan dari luar kota terutama saat musim liburan tiba. Kenapa wisata tawangmangu begitu terkenal ? salah satu faktor utamanya adalah lokasi yang sejuk dan banyak sekali wisata alam yang ada disini guys! selalu simak info wisata dari 17sekians.com ya dan jangan lupa untuk bookmark link kami & follow FB fan page kami juga ya guys. Oke kali ini kita akan membahas info wisata di Jawa tengah yakni 10 Tempat Wisata Terbaik di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah – Update Nov. 2019

Dimana lokasi Tawangmangu ?

Sebelum berkunjung ke tempat Wisata terbaik di Tawangmangu, bagi teman traveler yang masih bingung untuk lokasi dari tawangmangu, kami akan memberikan ringkasan infonya disini.

Indonesia itu luas banget guys makanya banyak negara lain yang sangat mengagumi kekayaan yag dimiliki indonesia, potensi wisatanya juga akan terus berkembang apa lagi dengan adanya menteri pariwisata yang baru, Bapak Wisnhu Utama yang ingin mengembangkan 10 Bali baru di Indonesia, wow keren kan! munngkin saja salah satunya di wisata Jawa Tengah terutama di kawasan wisata tawangmangu sendiri akan semakin berkembang dan terkenal.

Kecamatan Tawangmangu berada dalam kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Solo adalah 40 km sekitar 1 jam perjalanan. Kawasan Tawangmangu berada di lereng gunung Lawu yang terkenal, lokasi di kaki gunung membuat wisata Tawangmangu banyak terdapat wisata alam yang indah dan wisata air terjunnya yang keren -keren.

Dikelilingi oleh banyaknya hutan dan perbukitan yang hijau menjadikan Tawangmangu menjadi tempat wisata yang sangat diminati oleh banyak orang bahkan sampai ke mancanegara, disini juga telah berkembang banyak penginapan yang melengkapi bagi wisatawan yang ingin menginap di cuaca yang sejuk siang maupun malam hari.

Semakin penasaran saja untuk segera kesini bukan. Berikut adalah tempat wisata menarik dan terbaik yang wajib anda kunjungi saat liburan ke Tawangmangu, karangananyar Jawa Tengah.

Baca juga : 10 Tempat Wisata Yang Ngehits di Kendal Jawa Tengah

10 Tempat Wisata Terbaik di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah

1.Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu / IG @uul_manulife

Tempat wisata terbaik Tawangmangu pertama yaang wajib anda kunjungi adalah bukit Sekipan. Menjadi wisata rekreasi keluarga yang sangat cantik, wisata bukit sekipan tawangmangu mulai diresmikan pada bulan juli 2015 dan menyuguhkan wisata alam dengan wahana permainan seru seperti dunia mini, outbound, campng ground, restaurant sampai dengan penginapan bersama teman maupun keluarga

Disini juga merupakan tempat yang cocok buat foto selfie, spot fotonya ada berbagai macam dari foto dengan tema horror, kapal titanic, mobil retro, patung presiden, landmark dunia wisata, dll

Lokasinya yang sejuk berada di ketinggian 1.100 mdpl membuat tempat ini begitu cocok buat berkemah dan melakukan aktivitas petualangan dengan alam. wisata bukit sekipan tawangmangu adalah tempa wisata edukasi dengan melihat banyak jenis tanaman hutan disini ada banyak pohon pinusnya guys.

Untuk wahana permainannya : bom bom car, kereta wisata, flying fox, komedi putar. Ada kolam renang anak juga. Ada arena ketangkasan air. Gua setan juga ada bagi yang mau coba adrenalin

Tiket masuk ke Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu adlah Rp.50.000 / orang dan pengunjung juga akan dikenakan tiket terusan sekitar Rp.100.000 untuk wahana permainan yang ingin dimainkan.

Lokasi: Jalan Sekipan, Kramat, desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam Buka : jam 08.00 -18.00

2. Javenir Park Taman Balekambang Tawangmangu

Taman Miniatur Landmark Dunia

Lokasinya tidak begitu jauh dengan Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu andapun bisa mengunjungi wisata keluarga lainnya yang bernuansa yang hampir sama yakni wisata spot foto plus wahana bermain untuk keluarga yang seru. Tempat wisata terbaik tamangmangu ini bernama Javenir Park Taman Balekambang Tawangmangu.

Wisata keluarga Javenir Park Taman Balekambang Tawangmangu terdapat landamark wisata terkenal dunia yang dibuat dalam bentuk miniatur disini, setelah puas berfoto – foto anda bisa mencoba areal outboundnya yang memiliki fasilitas flying fox, paint ball, high rope, naik kuda dan bahkan disini juga terdapat kolam renang yang yang menarik dengan banyak ornamen patung -patng lucu, air mancur dan perosotan. Baca lebih lengkap mengenai Javenir Park Taman Balekambang Tawangmangu

Yang masih bingung dengan tempat ini karena dulunya bernama taman new balekambang namun berubah menjadi Javenir Park Taman Balekambang Tawangmangu ya. Tiket masuknya adalah Rp.20.000 untuk hari biasa dan Rp.25.00 hari libur dan akhir pekan.

Untuk wahana permainan akan dikenakan tiket terusan di kisaran Rp.5.000 – Rp.50.000

Lokasi berada di jalan Balaikambang, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam Buka mulai dari jam 09.00-17.00.

Berada di kaki gunung Lawu jawa tengah menjadikan Wisata Tawangmangu terdapat banyak air terjunyanya, teman traveler yang sangat suka dengan wisata air terjun buruan liburan kali ini datang langsung ke tawangmangu.

3. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Untuk wisata air terjun yang terkenal dan terbaik disini adalah Air Terjun Grojogan Sewu, memiliki ketinggian mencapai 81 meter dengan pemandangan alam yang sangat indah dan cantik sekali. Air terjun Grojogan sewu berarti air terjun dengan seribu pecak (pecak adalah satuan jarak traditional untuk mengukur suatu ketinggian) 1 pecak = satu telapak kaki orang dewasa.

Air Terjun Grojogan Sewu berada dekat dengan 2 tempat wisata terbaik tawangmangu di atas dan jika mau kesini bisa melalui 2 pintu masuk yakni pertama dari Taman new Balekambang dan yang kedua bisa melalui river hill. Lokasi wisata ini berada dalam kawasan hutan grojogan sewu dengan luas 20 hektare are.

Baca detail : Air Terjun Grojogan Sewu

Lokasi wisata berada di jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam Buka mulai dari jam 06.15-17.00

4. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Wisata air terjun lainnya di tawangmangun yang isa di kunjungi adalah air terjun Jumog, tempat wisata alam ini begitu indah dengan pemandangan alam yang masih asri dan keindahan air terjun sendiri, pantas saja banyak pengunjung yang menamakan nya Surga Yang Hilang.

Walaupun air terjunya tidak sebesar dengan Grojogan Sewu namun keindahan dan tempat yang sejuk membuat banyak wisatawan yang ingin datang kesini. Untuk fasilitas sendiri, air terjun Jumog memiliki taman bermain anak, kolam renang, warung makan, musholla, toliet umum serta tempat parkir yang cukup luas.

Akses jalan yang sudah bagus untuk di lalui kendaraan mobil dan motor menuju tempat parkir, dan jika hari libur anda harus memarkir kan agah sedikit jauh karena ramai dan haru berjalan sedikit untuk sampai ke air terju Jumog.

Harga tiket masuk ke air terjun Jumog (update November 2019) adalah Rp.10.000 / orang dengan tambahan tiket parkir mobil Rp.5.000 dan motor Rp.2.000

Dengan fasilitas yang lumayan lengkap tentunya wisata air terjun Jumog dangat cocok buat liburan keluarga apa lagi disini ada kolam renang dimana airnya langsung dari mata air pegunungan.

Baca detail : air terjun Jumog

Lokasi berada jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam Buka mulai dari jam 08.00-16.30

5. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo / IG @arjunappp11

Berada dekat dengan air terjun Jumog, anda pun masih bisa berkunjung ke air terjun lainnya di tawangmangu yakni air terjun Parang Ijo, hanya fasilitas disini belum begitu bagus dan masih harus diperbaiki seperti akses jalan menuju lokasi wisata.

Pemandangan air terjun Parang Ijo sangat bagus dengan alamnya yang masih asri dan sejuk, disini juga terdapat wahana outbound seperti flying fox, kolam renang dll hanya saja kayaknya juga masih perlu di perbaiki dan dikembangkan lagi.

Air terjun Parang Ijo memiliki debit air yang deras jadi kita bisa mengambil gambar yang maksimal disini. Lokasi tempat parkir ke air terjun sangat dekat dan medan yang datar tidak menanjak. Tiket masuk ke air terjun Parang Ijo update 2019 adalah Rp.5.000 dan hari libur naik menjadi Rp.7.500 / orang. Disini juga tidak begitu banyak warung makan yang buka jadi alangkah lebih baiknya anda membawa bekal sekalian ya.

Di kawasan air terjun Parang Ijo kita bisa melihat situs sejarah berupa patung Lingga Yoni dan arca Dwarapala juga guys.

Lokasi berada di jalan Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam Buka: setiap hari mulai dari jam 09.00-17.00

Baca : 8 Daerah Wisata Alam Menarik Dan Terindah Di Jawa Tengah

6. Cemoro Kandang

Cemoro Kandang

Tempat untuk ngadem dan melihat kesejukan alam tawangmangu adalah berkunjung ke Cemoro Kandang, wisata ini sangat cocok buat pasangan atau bergroup yang sedang ingin trekking ke argo lawu, karena cemoro kandang adalah jalur pendakian di jawa tengah.

Biasanya saat musim liburan tiba, Cemoro Kandang menjadi tujuan wisata yang sangat ramai di kunjungi wisatawan. Disini ternyata banyak berdiri warung -warung kecil yang menjual makanan lokal seperti jagung rebus, mie rebus, bakso, kopi, ubi dll. Cuaca di cemoro kandang begitu sejuk namun bisa juga dingin jadi bawa pakaian tebal jika mau kesini.

Untuk fasilitas umum masih sangat minim dan baiknya harus di perbaiki lagi mengingat wisata Cemoro Kandang sangat bagus banget dengan pemandangan alamnya, banyak juga orang yang transit disini sekedar rehat sejenak menyegarkan pikiran sambil nongkrong di warung setempat.

Lokasi berada di Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam buka : 24 jam

7. The Lawu Park

The Lawu Park / IG @tyas.ardhiansyah

Pilihan wisata rekreasi terbaik Tawangmangu begitu banyak pilihannya, mulai beroperasi sejak 17 juni 2018, pilihan wisata keluarga di teh Lawu park menyuguhkan desain konsep wisata yang terpadu dari rekreasi, resor sampai dengan piliha kuliner di restonya.

The Lawu Park memiliki banyak spot foto instagramable dengan pilihan makanan yang sedap sambil menikmati keindahan alam tawangmangu. Fasilitas disini pun lumayan lengkap dari tempat parkir yang luas, tempa makan berjenis resto dengan pilihan makanan dan harga yang masih terjangkau, karyawan yang ramah disini pun terdapat akomodasi penginapan dengan view alam terbuka yang nyaman.

Pilihan berlibur dengan suasana alam bahkan bisa menginap langsung, The Lawu Park mungkin bisa memberikan pengalaman terbaru di Tawangmangu nantinya.

Lokasi wisata berada di bulakrejo, Gondosuli Kidul Kec. Tawangmangu Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam buka mulai dari jam 07.30-22.00

8. Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia / IG @triptrapliburan

Wisata terbaik berikutnya teman traveler bisa berkunjung ke Rumah Atsiri Indonesia dengan melihat taman bunga sekaligus bisa berwisata kuliner disini. Wisata ini memiliki green house yang banyak di tanami tumbuhan kemudian terdapat museum dan sejarah berdirinya rumah Atsiri Indonesia dan tempat berfoto yang seru di taman bunga yang berada di tengah rumah kemudian bagi yang ingin menikmati makanan bisa duduk di restaurant yang ada disini dan menu disini sangat sehat dan sedap loh.

Dulunya Rumah Atsiri Indonesia merupakan pabrik Citronela indonesia – bulgaria dengan memasarkan produk minyak atsiri dan sekarang berubah menjadi tempat rekreasi keluarga yang kekinian dimana pengunjung masih bisa belajar dan mengetahui mengenai pengembangan dari minyak atsiri yang beraroma khas

Tiket masuk ke Rumah Atsiri Indonesia adalah Rp.50.000 / orang dimana tiket ini ditukar menjadi voucher sebagai pembayaran jika kita ingin membeli sesuatu seperti makanan di Rumah Atsiri Indonesia

Lokasi berada di Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka : 10.00 am – 17.00

9. Sate Lawu

Sate Lawu / IG @satelawu

Setelah jalan – jalan melihat wisata terbaik di tawangmangu tak ada salah nya juga kita berburu kuliner khas disini juga guys, berada dekat dengan wisata bukit sekipan yang berada di atasnya terdapat sebuah resto bernama Sate Lawu dimana restaurant ini sangat nyaman sambil berisitirahat sejenak.

Sate Lawu memang sangat terkenal dengan menu sate dari sate kambing, ayam sampai kelinci ada lagi menu sop balung, tongsengnya yang tak kalah sedap dijamin anda akan melahap makanan disini dengan girang dengan ditemani suasana sejuk dan pemandangan gunung yang bisa dilihat langsung dari restaurant Sate Lawu.

Selain sebagai tempat makan, Sate Lawu tawangmangu juga memiliki fasilitas lain seperti taman bermain anak, musholla, toilet dan lahan parkir yang luas.

Lokasi berada di Baru No.2, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah
Jam buka : 08.00 am – 22.00

Untuk lokasi rupanya Sate Lawu ini sudah memiliki cabang lainnya yang berada di Solo dan Sukoharjo dengan alamat s.b

  • Sate Lawu Sriwedari, Jl Bhayangkara No 79 (Barat Stadiun Sriwedari Samping XL) Sriwedari, Solo
  • Sate Lawu Solo Berkuda As Salam Hipermarket, Jl Ahmad Yani No 308 Pabelan Kartosuro, Sukoharjo

Baca artikel lainnya : 6 Hotel Murah Di Solo Dengan Review Sangat Baik

10. Penginapan murah dan terbaik Tawangmangu – Nava Hotel Tawangmangu

Pool Infinity di Nava Hotel Tawangmangu / IG @natpotret

Walaupun menjadi tempat berlibur yang sering dikunjungi rupanya Tawangmangu belum begitu banyak memiliki hotel berbintang yang terbilang lengkap dan nyaman, dari hasil penelusuran kami dan review dari tamu – tamu yang menginap di tawangmangu kami merekomendasikan Nava Hotel Tawangmangu sebagai pilihan menginap yang nyaman dan lengkap.

Nava Hotel Tawangmangu merupakan hotel bintang 3 yang memiliki fasilitas yang keren dari kolam renang tanpa batas dengan pemandangan alam langsung, restaurant dan kamar -kamar yang bervariasi dengan tipe family yang cocok buat keluarga menginap. Hotel ini juga masih baru buka dari 2017 lalu.

Nava Hotel Tawangmangu juga berada strategis dekat dengan wisata terkenal tawangmnangu yakni Grojogan Sewu guys, so yang lagi mencari hotel menginap terbaik Tawangmangu karanganyar jawa tengah bisa memilih Nava Hotel Tawangmangu sebagai tempat menginap nanti ya. Untuk detail hotel baca langsung Nava Hotel Tawangmangu.

Demikian ulasan mengenai 10 Tempat Wisata Terbaik di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah, semoga selalu bermanfaat. Yuk di share artikelnya. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “10 Tempat Wisata Terbaik di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah – Update Nov. 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Share!
%d bloggers like this: