12 Tempat Wisata Yang Ngetren Di Wonosobo yang Wajib Anda Kenal

Booking.com
Wonosobo merupakan bagian sebuah Kota Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Letak geografis Kota Wonosobo yang berada di daerah pegunungan menambah asri dan kesejukan udara yang di dapat di Kota ini. Anda Yang sedang berlibur ke Wonosobo berikut adalah 12 Tempat Wisata Yang Ngetren Di Wonosobo yang Wajib Anda Kenal
Tempat wisata di Wonosobo di dominasi oleh pegunungan, tercatat dua buah gunung berapi yang masuk dalam wilayah Wonosobo yaitu Gunung Sumbing dengan ketinggian 3136 Mdpl dan Gunung Sindoro 3371Mdpl. Selain dua Gunung tersebut, Tepat di sebelah utara Wonosobo terdapat satu gunung lagi yang tak kalah menarik dan sering menjadi tujuan pendakian bagi para pendaki pemula, yaitu Gunung Prau 2565Mdpl. Disisi utara Wonosobo juga terdapat Tempat Wisata yang banyak sekali dikunjungi oleh turis luar negeri yaitu dataran tinggi Dieng
Serasi dengan letaknya yang berada di daerah pegunungan, tentunya Wonosobo banyak menyuguhkan tempat wisata alam, dan udara yang sejuk segar bisa kita sanggup di kota Asri ini.
Berikut Adalah 12 Tempat Wisata yang sedang ngetren Di Wonosobo Jawa Tengah

1. Bukit Sikunir

foto:https://travel.kompas.com

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan sebuah bukit yang mempunyai panorama berupa sunrise yang indah. Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu wisata andalan di Dieng plateau. Untuk waktu terbaik menikmati sunrise yaitu sekitar pada Bulan Juli-agustus dimana pada bulan itu merupakan ekspresi dominan kemarau sehingga langit akan tampak higienis dan tidak ada hujan. Namun sebab pemandangan yang dinikmati yaitu matahari terbit atau sunrise, anda harus tiba ke spot pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini pada waktu fajar atau pagi buta. Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay atau hotel yang banyak terdapat di seputaran Kawasan Dieng plateau.

 

2. Telaga Warna Dieng

foto :https://mytrip123.com

Telaga Warna di Dieng plateau ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng mempunyai keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia. Keunikan telaga Warna Dieng ini yaitu terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini kaena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menjadikan warna yang lain.

3. Telaga Pengilon Dieng Wonosobo

foto:https://kompaswisata.com

Telaga Pengilon merupakan telaga yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, wisata Dieng Telaga Pangilon ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon mempunyai warna air yang jernih dan tidak mempunyai warna mirip pada Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi niscaya akan bahagia dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

4. Telaga Merdada Wonosobo

foto:denetravel.wordpress.com

Keindahan Kawasan Dieng Jawa Tengah memang tak tertandingi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata alam di Dieng yang siap dinikmati oleh pengunjung dari banyak sekali daerah. Wisata alam yang terdapat di Dieng salah satunya yaitu berupa telaga. Ada satu telaga merupakan telaga terluas di Kawasan Dieng, yaitu Telaga Merdada. Telaga Merdada terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata di Dieng berupa Telaga ini bila dilihat dari bentuknya mirip kaldera bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang dengan air. Kontur ini akan terlihat terang apabila dilihat dari ketinggian.

5. Kawah Sikidang

foto:http://panduanwisatadieng.com/

Kawasan Wisata Dieng ini sebetulnya yaitu gunung api raksasa yang masih terdapat acara vulkanik didalamnya. Salah satu tanda dari acara vulkanik ini yaitu terdapatnya beberapa kawah yang terdapat di tempat Dieng. Salah satu kawah di dieng yaitu Kawah Sikidang. Kawah ini mempunyai luas sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung sanggup dengan terang melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Namun hati-hati ya, sebab sama mirip kawah pada umumnya, di Kawah Sikidang ini juga mengandung kadar sulfur yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola sudah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah, meskipun hanya memakai kayu.

 

6. Pendakian Gunung Prau

Pendakian Gunung Prau ini merupakan sebuah wisata yang dikhususkan bagi anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam. Sama mirip pendakian lainnya untuk mendaki Gunung prau dibutuhkan persiapan yang lebih matang terutama kesiapan fisik dari pendaki itu sendiri.

Pendakian Gunung Prau memang tidak sepopuler pendakian gunung di sekitarnya mirip Sindoro, Sumbing, Merapi dll, namun Gunung Prau ini mempunyai keistimewaan tersendiri dan mempunyai pemandangan yang tak kalah indah. Jalaur pendakian sanggup ditempuh dari Kendal ataupun dari Kawasan Dieng. Ketinggian puncak Gunung Prau yaitu 2.565 mdpl, tidak mengecewakan pendek dibanding dengan gunung lainnya. Salah satu spot di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal yaitu bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput yang .

7. Candi Arjuna

foto:http://www.wisata-dieng-wonosobo.com

Candi yang terdapat di Dieng yaitu Candi Arjuna. Sebenarnya di lokasi ini tidak hanya Candi arjuna saja, namun juga terdapat candi lainnya mirip Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang dulu pernah ditemukan di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan Candi arjuna dibangun pada awal masa IX M. Tempat wisata Dieng Candi Arjuna ini selain mengatakan pemandangan berupa candi yang eksotis juga pemandangan alam yang sangat manis apalagi bagi penikmat fotografi.

8. Gardu Pandang Tieng

Tempat Wisata Gardu pandang Tieng merupakan sebuah bangunan yang terletak di tepi jalan raya di Kawasan Dieng. Bangunan ini dijadikan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan di Kawasan Dieng yang sangat indah. Pemandangan dari spot ini sangat menarik terutama pada ketika pagi hari yaitu pada waktu matahari terbit/sunrise. Gardu Pandang di Dieng ini mempunyai ketinggian sekitar 1700 dpl. Dari tempat ini anda sanggup melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, serta hamparan lahan pertanian milik masyarakat yang terlihat subur.
Hotel di Wonosobo


Booking.com

9. Batu Ratapan Angin

Dieng merupakan sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna tempat Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu favorite pengunjung wisata Dieng sebab dari tempat ini anda sanggup melihat Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Bisa terbayang kan melihat dua buah telaga dari ketinggian, niscaya manis sekali keindahan alam disini. Namun sebab letaknya agak tinggi, butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun sesudah hingga di atas, akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di Batu Ratapan angin ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

10. Sumur Jalatunda

foto:https://www.tempatwisatamu.com

Sumur Jalatunda di Dieng merupakan salah satu fenomena alam yang sangat menarik untuk dipelajari. Sumur Jalatunda di Dieng ini mempunyai diameter 90 meter dimana berdasarkan para hebat sumur ini terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Bekas letusan ini kemudian membentuk lubang kawah mirip sumur. Lambat laun lubang ini terisi dengan air hingga ketika ini dan merupakan salah satu wisata Dieng yang sangat potensial. Sumur ini memang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan sebab lokasi dari Sumur Jalatunda sendiri aagak tersembunyi. Untuk mendatangi Sumur Jalatunda pengunjung harus mendaki anak tangga sejumlah 257 buah terlebih dahulu.

Inilah sedikit gosip wacana 10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Menarik, tentunya masih banyak lagi tempat yang indah di dataran tinggi Dieng yang belum bisa Kita ulas disini. Selain wisata alamnya yang terkenal, bila anda berkunjung ke Dieng jangan lupa membeli oleh oleh khas Kabupaten Wonosobo. Ada banyak oleh oleh khas Wonosobo yang nikmat, diantaranya yaitu Purwaceng dan Manisan Carica


11. Wisata Alam Lubang Seribu
Tempat wisata eksotik ini berlokasi di Waduk Erorejo Wadaslintang Wonosobo. Obyek wisata Lubang Sewu memang gres di kenal oleh kalangan masyarakat lokal di Bulan Agustus kemudian 2015. Berawal dari share foto selfie di media social mirip instagram, tempat yang jarang disentuh wisatawan baik lokal ataupun luar daerah ini menjadi sesak ketika final pekan tiba.

Tempat ini menjadi obyek wisata favorit kalangan bawah umur muda yang gila foto atau selfie. Lubang Sewu termasuk kedalam wisata musiman sebab hanya ada ketika ekspresi dominan kemarau saja mirip di bulan Agustus dan September. Ada fenomena alam unik sanggup disaksikan disini yaitu batu-batu yang membentuk watu karang mirip watu karang yang ada di pantai dengan seribu lubang dan membentuk mirip pahatan-pahatan atau goresan alami.

Batu-batu karang ini terletak di tepi bendungan, bukan pantai sebab Wonosobo daerah pegunungan yakni di area waduk buatan yang berjulukan Waduk Wadaslitang. Waduk Wadaslintang merupakan waduk terluas di Kabupaten Wonosobo yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen. Nah bebatuan yang membentuk karang dengan seribu lubang inilah menjadi buruan para wisatawan pecinta selfie atau fotografi. Jika dilihat sekilas memang tampak menarik. Batu-batu besar dengan banyak sekali bentuk menjadi background landscape di obyek wisata Lubang Sewu apalagi di kombinasikan dengan genangan air di Waduk Wadaslintang serta area perbukitan hijau disekitarnya.


Baca artikel lainnya : 

Menyaksikan Sunsrise di Lembah Sindoro Posong Temanggung Jawa Tengah



12. Agrowisata Tambi

Agrowisata Tambi

Perkebunan teh Tambi yang berada di Kabupaten Wonosobo, memang menjadi destinasi wisata andalan kabupaten tersebut. Sesuai dengan namanya, perkebunan teh ini terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.
Perkebunan Tambi berada di wilayah paling tinggi dengan ketinggian dari 1400 hingga 2100 meter di atas permukaan laut. Berada di ketinggian tersebut Anda akan mencicipi udara yang sejuk dan segar.

Meskipun berada di tengah pedesaan, tetapi cukup gampang untuk mencapainya. Tambi bisa ditempuh memakai kendaraan pribadi dari Kota Wonosobo yang hanya berjarak 16 kilometer ke arah utara. Angkutan umum juga ada. Anda bisa memakai bus jurusan Wonosobo-Dieng dan turun di Desa Tambi, kemudian melanjutkan perjalanan yang berjarak 200 meter dari jalan utama.

Perkebunan ini sendiri telah ada semenjak tahun 1865 dan dirikan oleh Pemerintah Belanda. Setelah kemerdekaan perusahaan tersebut diambil alih dan berganti nama menjadi NV. Tambi pada tahun 1957.

Pengelola Tambi menyediakan bermacam-macam paket wisata kepada wisatawan, mulai dari paket standar yaitu wisatawan akan diajak mengelilingi perkebunan teh, proses pengolahan teh di pabrik, hingga menikmati teh.
Paket ini dibandrol dengan harga Rp 27.500 per orang. Ada juga pribadi paket dengan tarif Rp 55.000 per orang.

Paket ini hampir sama dengan paket sebelumnya tetapi pengunjung juga akan mendapat jamuan makan. Selain itu ada juga paket ekslusif order yang dilengkapi dengan permainan outbond.

Ketiga kebun teh Tambi bisa dikunjungi wisatawan, tetapi dengan konsep yang berbeda-beda. Di Tambi ini konsepnya Pondok Wisata, maka di sini tersedia beberapa home stay untuk bermalam. Ada sekitar 22 ruangan yang bisa menampung hingga 150 orang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk keluarga dan bagi yang ingin mengadakan even atau outing dari perusahaan dan acara gathering

 

Demikian ulasan mengenai 12 Tempat Wisata Yang Ngetren Di Wonosobo yang Wajib Anda Kenal , semoga bermanfaat ya.