12 Tempat Wisata Yang Populer dan Menarik Di Indonesia – Sudah Kah Anda Pernah Kesana?

12 Tempat Wisata Yang Populer dan Menarik Di Indonesia

Ada terdapat banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi anda ketika liburan nanti, Beraneka macama jenis wisata dari tempat wisata alam hingga wahana wisata buatan. Indonesia yang sangat terkenal dengan keindahan wisata alam, baik wisata pantai maupun wisata pegunungan. Tempat wisata tersebut berada dari sabang sampai merauke namun kalau di bahas satu persatu tidak akan habisnya . 17 sekians merangkum terdapat 12 tempat wisata yang populer dan menarik di Indonesia – sudah kah anda pernah kesana?

Bukan berarti tempat wisata lainnya tidak indah namun informasi ini di ambil dari beberapa artikel dan informasi di internet so ini lah tempat wisata yang paling terkenal yang ada di Indonesia.

12 tempat wisata yang populer dan menarik di Indonesia


1. Nusa Lembongan Bali

foto:http://www.bali-indonesia.com

Nusa Lembongan, sebuah pulau kecil antara Bali dan Nusa Penida di Selat Badung, yakni tempat persembunyian liburan yang tepat dengan sedikit pengunjung dan pantai-pantai yang tidak rusak. Sebuah pulau yang terlindungi dan rendah sekitar 11 km tenggara daratan Bali, berukuran hanya empat kali tiga km dan dikelilingi oleh rawa mangrove, dan telapak tangan dan pantai berpasir putih. Pedalaman pedalaman itu semak belukar dan sangat kering, dengan balok-balok vulkanik dan jalan prosesi melintasi perbukitan kaktus kecil yang tertutup.

 

2. Danau Toba Sumatera Utara

foto:http://travel.tribunnews.com/

Satu dari sekian banyak tempat wisata terindah di propinsi Sumatera utara yakni Danau Toba, Panorama alam Danau Toba yakni satu yang paling memikat dari tanah Sumatera Utara dengan suasana dan udara sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan pegunungan yang terlihat hijau. Anda sanggup menikmatinya dari aneka macam spot area yang ada di daerah wisata tersebut. Di tengah danau ini, terdapat sebuah pulau yang tak lain yakni ikon kepariwisataan Sumatera Utara, yaitu Pulau Samosir.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati pesona danau terbesar kedua di dunia sehabis Danau Victoria di Afrika ini yakni dari kota Parapat. Sebab, kota Parapat ini berada pada semenanjung yang menonjol ke danau. Anda sanggup menikmati pemandangan danau dengan menyewa sepeda untuk berkeliling di sepanjang pinggiran danau, ini yakni kegiatan yang menyenangkan di sana. Selain itu, berenang, olahraga air, hingga berkeliling dengan boat juga sanggup Anda lakukan di sana. Jangan khawatir, terdapat banyak hotel, penginapan, hingga guesthouse di sekitar area wisata Danau Toba

 

3. Nusa Dua Bali

foto:www.balistarisland.com

Salah satu tempat wisata terpopuler di Pulau Bali yakni Pantai Nusa Dua. Kawasan wisata Pantai Nusa Dua mempunyai suasana hening dan tenang , tempat ini sangatlah cocok untuk Anda beristirahat dan bersantai di bawah Matahari tropis. Pantai Nusa Dua juga dikenal akan pantainya yang indah dengan maritim berwarna biru, airnya bening dan tenang, pasirnya lebih putih serta hembusan anginnya yang sejuk juga pemandangannya yang terlihat begitu mempesona.

Pantai Nusa Dua ini berada di bawah pengelolaan Pusat Pengembangan Pariwisata Bali yang mengatur semua pembangunan di sekitar daerah ini. Resor eksklusif  dengan fitur hotel bintang empat dan bintang lima baik dari lokal dan internasional. Nama Pantai Nusa Dua berasal dari nama dua buah pulau kecil di selatan Pulau Bali yang dipisahkan dengan pasir putih. Nusa berarti pulau dan dua berarti angka dua.
Dua pulau tandus ini tetap dibiarkan alami tanpa bangunan dan menjadi salah satu tempat kunjungan wisatawan. Kawasan ini juga dikenal sebagai daerah wisata yang peduli terhadap lingkungan juga menjadikannya daerah pertama di Asia Pasifik yang memperoleh Green Globe, yakni setifikat yang diberikan oleh Evaluator Evaluate Communicate Evolve bagi tempat wisata yang ramah lingkungan.

4. Taman Nasional Ujung Kulon 

foto:http://traveltodayindonesia.com

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Tatar Pasundan potongan paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan Taman nasional ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya mirip Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Taman ini mempunyai luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² di antaranya yakni laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon hingga dengan Samudera Hindia.

Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, alasannya daerahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai dikala ini kurang lebih 50 hingga dengan 60 rino hidup di habitat ini.
Pada awalnya Ujung Kulon yakni daerah pertanian pada beberapa masa hingga kesannya hancur lebur dan habis seluruh penduduknya ketika Gunung Krakatau meletus pada tanggal 27 Agustus 1883 yang kesannya mengubahnya daerah ini kembali menjadi hutan.

5. Pantai Anyer di Provinsi Banten

Pantai Anyer Berlokasi di Kabupatan Serang, Banten, Pantai Anyer yakni pantai yang mempunyai pasir putih yang indah dan menarik. Pantai Anyer yakni salah satu tempat wisata di Banten yang paling ramai dan populer, terutama bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya alasannya bersahabat dan terjangkau. Dinamakan Pantai Anyer alasannya pantai ini berada di sepanjang Kecamatan Anyer, Banten.
Aktifitas yang sanggup anda lakukan di Pantai Anyer yakni berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan maritim yang nikmat di pinggir pantai. Apabila ingin menginap, tidak perlu kuatir alasannya banyak sekali hotel di sekitar Pantai Anyer.
Anyer mempunyai dua pantai. Yang pertama ialah pantai mercu suar, pantai ini mempunyai ciri khas dengan Mercusuar dengan 16 lantai anda sanggup melihat pemandangan seluruh pantai dengan menaiki Mercusuar dan semua bentangan pantai yang indah akan anda saksikan, untuk masuk ke pantai ini anda akan dikenakan harga tiket masuk 20.000 untuk dua orang yang memakai motor. Untuk pantai yang sering di kunjungi oleh pendatang dan menjadi pantai yang paling favorit yaitu pantai pasir putih, di pantai ini anda akan menikmati suasana pantai yang indah dan menawan, anda juga bisa memanfaatkan akomodasi yang ada untuk mengeksploitasi suasana pantainya dengan Banana Boat dan sebagainya, untuk masuk ke pantai Anyer anda akan dikenakan tiket sebesar 25.000 permotor/2 orang, sedangkan jikalau anda memakai kendaraan beroda empat pribadi anda akan dikenakan tarif sebesar 250.000, untuk bus besar dikenakan 700.000.

Anda juga sanggup menikmati aneka macam kuliner di Anyer dan juga minuman untuk menghilangkan rasa haus sehabis berkeliling atau bermain-main di pantai tersebut. jikalau anda ingin membeli kuliner di Anyer jangan takut dengan harganya mahal alasannya kini warung-warung disekitar sudah menciptakan daftar harga kuliner sehingga Anda sanggup menentukan sajian sesuai dengan isi kantong. Demikian info tiket masuk di pantai Anyer, semoga bermanfaat dan selamat berwisata di Patai Anyer.

 

6. Monas Jakarta

Monumen Nasional atau yang lebih terkenal di sebut Tugu Monas Terletak di Jakarta, Monas dibangun pada waktu Pemerintahan Presiden Soekarno untuk mengenang perlawanan dan usaha Rakyat Indonesia untuk  merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial Belanda.
Monumen setinggi kurang lebih 132 meter ini mulai dibangun pada 17 Agustus 1961 dan memakan waktu  hampir 14 tahun untuk menyelesaikanya. Tugu tertinggi di Indonesia ini di mahkotai oleh pengecap api berlapiskan emas seberat tidak kurang dari 35 kg sumbangan dari saudagar asal Aceh berjulukan Teuku Markam.   Tugu Monas resmi dibuka untuk umum 12 juli 1975. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

7. Candi Borobudur

foto:http://borobudurpark.com

Tujuan Wisata di Jawa Tengah yang paling terkenal di dunia yakni Candi Borobudur,  Kepopuleran Candi Borobudur mengalahkan semua wisata di Indonesia. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia, mempunyai luas 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar di puncaknya. Uniknya, balok-balok ini tersusun tanpa memakai perekat ataupun semen, kompleks ini terlihat mirip sebuah susunan lego raksasa.

Akses Jalan menuju Candi Borobudur sangatlah mudah, Rute borobudur dari jogja tidak terlalu jauh, anda hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam dari sentra kota. Namun, itu semua tergantung macet atau tidaknya. Biasanya bila simpulan pekan atau libur panjang dan tanggal merah maka bisa memakan waktu sekitar 2  jam lebih untuk menuju borobudur. Tapi, anda bisa memakai jalan alternatif ke borobudur supaya cepat sampai, yaitu melalui jalan pintas yang berada di kota muntilan. Tidak ada plang penujuk arah, tapi biasanya kita akan diarahkan oleh masyarakat setempat untuk hingga ditujuan wisata. Untuk yang memakai Angkutan umum, dari magelang bisa langsung naik Bus hingga komplek Candi Borobudur.


8. Dataran Tinggi Dieng

foto:http://www.tourwisatajogja.com

Dataran Tinggi Dieng atau Dieng plateau merupakan sebuah daerah pegunungan yang terdapat di Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng secara administratif masuk dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Di Kawasan Dieng terdapat aneka macam macam fennomena alam yang gila dan unik serta pemandangan yang indah sehingga banyak menarik para wisatawan untuk mengunjungi aneka macam macam Wisata Dieng yang ada.

Menurut sumber dari wikipedia, Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah daerah vulkanik aktif dan sanggup dikatakan sebagai gunung api raksasa yang mempunyai beberapa puncak dan kepunden kawah. Hal ini menimbulkan di daerah Dieng plateau terdapat aneka macam macam fenomena alam vulkanis yang sangat menarik untuk dipelajari.
Dataran Tinggi Dieng juga terkenal dengan hasil pertanian dan agrowisata yang menarik. Tempat Wisata Dieng berupa Dataran tinggi Dieng terkenal dengan penghasil kentang di jawa Tengah. Kentang hasil dari kawasan Dieng ini telah dinikmati di aneka macam wilayah di Indonesia. Selain itu di Dieng juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng dan Carica yang sudah terkenal di mana saja. Sebagai pengingat, Purwaceng merupakan tumbuhan semacam semak yang dijadikan sebagai obat herbal yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sedangkan Carica merupakan tumbuhan endemis di Dieng yang buahnya mirip pepaya, namun mempunyai tekstur yang lebih kenyal, sehingga sangat yummy jia dijadikan sebagai manisan dan materi adonan minuman.

9. Wisata Kota Batu Malang 

foto:http://gldelapan.com

Kota Batu Malang sering disebut sebagai kota wisata, namun juga sering disebut sebagai kota apel, alasannya memang produk unggulan kota Batu Malang yakni Apel merah serta kini menjadi ikon kota di alun-alun Batu sendiri. Kota Batu merupakan kota wisata terlengkap. Mulai dari taman air hingga dengan paralayang semuanya ada disini. Mulai wahana yang diperuntukkan bagi anak balita hingga kakek-kakek semuanya juga ada. Bahkan untuk wisata siang dan malam pun juga ada, misalnya watu Night Spectacular atau sering disebut sebagai BNS. Apabila anda ingin mencicipi bagaimana terbang diatas langit kota Batu pun kita bisa mengunjungi wisata Paralayang dikawasan puncak gunung Banyak. Disana juga terdapat penginapan unik yang kesemuanya terbuat dari kayu, terkenal dengan sebutan Omah Kayu Malang. Namun dari kesemua tempat wisata di Batu, kebanyakan yakni wisata buatan. Akan tetapi jangan salah, kami jamin anda sekeluarga niscaya bisa terpuaskan dengan apa yang disuguhkan oleh kota wisata Batu Malang.

10. Keraton Jogjakarta

foto:https://explorewisata.com

Keraton Yogyakarta yakni salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Selain sanggup menikmati arsitektur kesultanan kuno, anda juga sanggup berkunjung ke museum yang mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa. Apabila anda ingin tiba mengunjungi tempat wisata ini, datanglah agak pagi alasannya Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi hingga dengan jam 2 siang saja.

Tiket dan Akses

Keraton Yogyakarta terletak di tengah sentra kota Yogyakarta. Keraton ini dulunya didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755. Sebagian kompleks Keraton merupakan museum yang menyimpan aneka macam koleksi milik kesultanan, mirip replika pusaka keraton dan aneka macam macam gamelan. Diantaranya yakni Museum Kereta Keraton Yogyakarta, Museum Kraton Yogyakarta dan Museum Batik.
Banyak transportasi umum yang sanggup dipakai untuk menuju ke Keraton Yogyakarta alasannya memang letaknya yang di tengah sentra kota. Biaya untuk bis umum pun hanya Rp 3.000 per orang.
Untuk sanggup memasuki Museum Kraton Yogyakarta anda cukup membayar biaya masuk Rp 5.000 dan Rp 1.000 untuk kamera.

11. Candi Prambanan

foto;http://alindstransport.com

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Yogyakarta. Wisata sejarah yang patut Anda kunjungi alasannya Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

Candi Prambanan berlokasi sekitar 17 KM dari psuat kota Yogyakarta. Apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan , dari Kota Jogjakarta anda cukup memakai bus jurusan Klaten/solo dan turun di halte Prambanan, sangat gampang mencapai Candi Prambanan

 

12. Taman Nasional Lorentz Dan Danau Sentani Papua

foto:http://wisata.jazz.or.id

Danau Sentani yakni sebuah danau yang terletak dibawah Lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang mempunyai luas 245.000 ha. Danau Sentani dengan luas 9.360 ha, merupakan danau terluas di Papua. Keberadaan danau yang sangat gampang di jangkau ini sering kali mengadakan Festival Danau Sentani yang biasanya diselenggarakan pada bulan Juni setiap tahunnya. Pada ekspo ini

Anda akan sanggup berkeliling di tengah danau dengan 21 pulau kecil di dalamnya sambil menikmati tarian-tarian adat Papua di atas bahtera atau menyaksikan upacara adat mirip penobatan Ondoafi dengan sajian aneka macam masakan khas Papua. Di danau ini Anda sanggup menemukan 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani yaitu ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon). Danau Sentani kaya akan bermacam-macam biota maritim dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar.
Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air serta wisata kuliner. Pada danau sentani ini pun mempunyai dongeng menarik yang telah menjadi legenda bagi masyarakat lokal dimana dulunya, ada orang Papua Nugini berjulukan Sohibul hikayat yang menunggang seekor naga dan terdampar pada wilayah danau ini dan membentuk sebuah peradaban gres sedangkan naga yang ditumpanginya pun mati. Adapun naga yang dimaksud dalam legenda ini yakni keberadaan ikan hiu dan aneka macam binatang maritim yang terdapat di danau sentani.

Taman Nasional Lorenyz
Taman Nasional Lorentz Merupakan taman nasional berskala besar yang terletak di antara 2 provinsi, yaitu provinsi Papua dan Papua Barat. Kita bisa menikmati alam yang alami dan vegetasi di sekitar taman. Di daerah ini kita bisa melihat kebudayaan suku orisinil Papua mirip suku Asmat, Suku Sempan, Suku Dani dan juga Suku Amungme. Untuk mencapai tempat ini kita bisa memakai pesawat dari kota Timika melalui potongan utara taman, atau bisa juga dengan jalan maritim menuju Pelabuhan Sawa Erma

Taman yang mempunyai ekosistem orisinil ini sebagian besar merupakan hutan yang belum pernah terjamah manusia. Adapun para penduduk lokal yang tinggal di sekitar lokasi taman nasional pun ikut serta menjaga hutan yang ekosistemnya masih orisinil ini. Banyak spesies tumbuhan dan fauna yang bisa kita lihat di sini. Tentunya, kita harus tetap menjaga kebersihan dan keindahan taman nasional yang dilindungi ini.

Demikian ulasan mengenai 12 Tempat Wisata Yang Populer dan Menarik Di Indonesia – Sudah Kah Anda Pernah Kesana? Semoga bermanfaat ya.

Tags: