12 Tempat Wisata Yang Paling Banyak Di Kunjungi Di Jawa Tengah – Anda Wajib Kesini

Booking.com
12 Tempat Wisata Yang Paling Banyak Di Kunjungi Di Jawa Tengah
Hai Traveler kali ini kita menuju ke Jawa Tengah  dan mencoba lebih dalam lagi mengeksplore tempat wisata yang ada di sini ya , sebenarnya sih ada banyak spot wisata di Jawa tengah namun biar artikel nya tidak terlalu panjang dan membosankan jadi 17sekians merangkum menjadi 12 Tempat Wisata Yang Paling Banyak Di Kunjungi Di Jawa Tengah – Anda Wajib Kesini
Ke 12 tempat wisata di jawa tengah yang di maksud meliputi wisata alam, wisata budaya, maupun wisata buatan . Yuk langsung saja simak di bawah ya ;

 Tempat Wisata di Jawa Tengah

1. Candi Borobudur
foto:http://borobudurpark.com

Obyek wisata bersejarah ini merupakan sebuah candi Budha terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Candi Borobudur yakni tempat wisata yang sangat terkenal dan menjadi tujuan para wisatawan dalam maupun luar negeri. Kepopuleran Candi Borobudur mengalahkan semua wisata di Indonesia. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia, mempunyai luas 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar di puncaknya. Uniknya, balok-balok ini tersusun tanpa menggunakan perekat ataupun semen, kompleks ini terlihat menyerupai sebuah susunan lego raksasa.

Akses Jalan menuju Candi Borobudur sangatlah mudah, Rute borobudur dari jogja tidak terlalu jauh, anda hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam dari sentra kota. Namun, itu semua tergantung macet atau tidaknya. Biasanya bila simpulan pekan atau libur panjang dan tanggal merah maka sanggup memakan waktu sekitar 2  jam lebih untuk menuju borobudur. Tapi, anda sanggup menggunakan jalan alternatif ke borobudur semoga cepat sampai, yaitu melalui jalan pintas yang berada di kota muntilan. Tidak ada plang penujuk arah, tapi biasanya kita akan diarahkan oleh masyarakat setempat untuk hingga ditujuan wisata. Untuk yang menggunakan Angkutan umum, dari magelang sanggup eksklusif naik Bus hingga komplek Candi Borobudur.
2. Dataran Tinggi Dieng Wonosobo
foto:http://www.klikhotel.com

Dataran tinggi Dieng sangat terkenal dengan wisata alamnya. Di sini Anda sanggup menemukan beberapa tempat wisata alam dengan pemandangan yang eksotis.Terdapat lebih dari 10 tempat tujuan wisata di Dataran Tinggi Dieng Wonosobo, selain terkenal dengan kesejukanya, Dataran Tinggi Dieng Wonosobo ini juga sangat terkenal dengan oleh olehnya yaitu Manisan Carica dan Purwaceng.

Tempat tujuan wisata di Dataran Tinggi Dieng yang sanggup anda tuju antara lain : Telaga Menjer , Telaga Pengilon , Telaga Merdada , Bukit Sikunir , Kawah Sikidang , Candi Arjuna , Batu Ratapan Angin , Sumur Jalatunda , Pendakian Gunung Prau dan masih banyak lagi. Baca tempat wisata wonosobo
3. Air Terjun Curug sewu Kendal
foto:http://piknikasik.com/

Air Terjun Curug sewu ini berada di Desa Curug sewu – Patean Kabupaten Kendal. Air terjun ini merupakan salah satu penderasan yang tertinggi di Jawa Tengah. Dengan ketinggian sekitar 80 meter yang terbagi dalam 3 penderasan , yang pertama 45 meter, penderasan yang kedua 20 meter dan yang ketiga 15 meter.

Jika anda mengunjungi Wisata Air Terjun Curug sewu pada demam isu musim tertentu, anda akan melihat pelangi beraneka macam warna sempurna dibawah penderasan ini. Begitu juga anda akan melihat monyet hutan yang jinak dan berbaur dengan wisatawan.
Untuk Fasilitas pendukung di Wisata Curug sewu ini boleh dibilang sangat lengkap, di dalam area wisata Curug sewu terdapat Kolam renang anak hingga remaja dengan kedalaman 0,5 meter hingga 3 meter, Kebun hewan mini lengkap dengan satwa baik dari dalam maupun luar negeri, Panggung hiburan yang setiap hari libur nasional mendatangkan artis dari Ibu Kota , juga taman bermain anak lengkap dengan aneka wahana permainanya. Untuk Toilet dan tempat Beribadah juga tersedia. Akses menuju Wisata Curug sewu tidak sulit, Letaknya berada di perbatasan antara Kabupaten Kendal dan Kabupaten Temanggung.
Di Curug sewu ini kini juga ada tempat wisata gres yang menyuguhkan wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan, yaitu “Permata Bukit Kendeng” . Di lokasi wisata Permata Bukit Kendeng Curug sewu ini anda akan menemukan beberapa Rumah Pohon yang menjadi andalan wisata gres ini, dari atas Rumah Pohon yang ada di Permata Bukit Kendeng ini anda sanggup melihat pemandangan lembah hijau nan luas, bahkan Kota Kendal dan Semarang yang jauhnya sekitar 40 hingga 60 km pun terlihat dari Rumah Pohon Permata Bukit Kendeng.  Pihak pengelola wisata Permata Bukit Kendeng terus berbenah untuk memanjakan para wisatawan yang datang.

4. Ketep Pass Magelang
Lokasi wisata ini berada di Sawangan Magelang, Khusus anda yang punya hobi selfie selfie tempat ini sangatlah cocok. dengan pemandangan yang indah nan eksotis wisata Ketep Pass ini memang pas untuk berfoto foto.
Wisata alam dengan ciri khas pegunungan ini juga menyajikan beberapa kemudahan pendukung yang sanggup dinikmati oleh pengunjungnya, diantaranya yakni museum Vulcanologi, Bioskop mini, dan juga pelataran panca arga dilengkapi dengan teropong yang sekaligus menjadi Puncak di area wisata Ketep Pass ini. Dari sini anda sanggup melihat Sunrice yang manis dan juga gunung merapi dan gunung merbabu terlihat terang dari sini.
5. Pantai Menganti
foto:www.cumacuma.org

Pantai ini terletak di Kabupaten Kebumen. Pantai Menganti ini sering disebut sebagai New Zealandnya Pulau Jawa. Kaprikornus Anda tidak perlu pergi jauh – jauh ke Selandia Baru untuk menikmati indahnya pantai terpencil yang dikelilingi oleh barisan bukit. Hal ini dikarenakan di daerah Kebumen sudah ada pantai yang mempunyai kriteria menyerupai itu, pantai tersebut yakni Pantai Menganti.

 Lokasi dari Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Untuk menuju lokasi Pantai Menganti, para wisatawan harus menempuh perjalanan yang terjal dan berkelok – kelok. Sesampainya di Pantai Menganti maka para wisatawan akan eksklusif disambut dengan panorama keindahan pantai yang sanggup dilihat dari atas bukit
6. Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
foto:http://panduanwisata.id

wisata yang sudah sangat dikenal berada di pegunungan lereng barat gunung lawu yang sanggup ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat yang sanggup ditempuh satu jam dari kota surakarta, sebelum memasuki area air terjun kita harus menyusuri tangga-tangga menurun tetapi sepanjang itu kita akan disuguhi pohon rindang yang teduh disepanjang jalan menuruni anak tangga.

Air terjun Grojoga sewu mempunyai ketinggian sekitar 81 meter, air yang sangat deras menciptakan batuan disekitarnya juga ikut basah, sambil menikmati keindahan penderasan anda sanggup menikamati kelezatan sate kelinci alasannya yakni banyak warung-warung yang menjualnya, hutan di penderasan ini mempunyai luas 20 Ha, perjalanan pulang pun tidak akan sangat meletihkan walau harus menghadapi tanjakan tangga tetapi pada ketika menanjak tangga akan banyak terdapat kera-kera yang jinak inilah hiburan buat kita ketika menanjak tangga grojogan sewu, kemudahan disini juga dilengkapi kolam renang, area penginapan, kios makanan/cendramata, MCK dan mushola
7. Curug Cipendok
Curug Cipendok terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Lokasi penderasan ini cukup gampang untuk dicapai. Jalan menuju lokasi sudah diaspal semua. Sampai lokasi parkir, kemudian harus berjalan menuju lokasi air terjun. Di jalan menuju lokasi, banyak warung yang menjajakan Mendoan, susu murni yang sanggup ditemukan di warung-warung rumah penduduk.
Perkebunan tomat, cabe dan seledri cukup menarik dinimati dalam perjalanan menuju lokasi. Belum lagi sungai-sungai kecil denga air jernih mengalir, sanggup mengundang untuk turun sejenak merasakan sejuk dan jernihnya air pegunungan. Bila hari besar menyerupai libur lebaran, lokasi ini cukup ramai dikunjungi setiap tahunnya.
8. Air Terjun Kedung Kayang
foto:www.magelangonline.com

Air Terjun Kedung Kayang terletak di desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang berada di perbatasan antara kabupaten Magelang dengan kabupaten Boyolali. Akses jalan menuju obyek wisata ini melewati jalur yang disebut dengan Jalur Solo-Selo-Borobudur (Jalur SSB). Rute dari Jalan Raya Magelang-Blabak belok ke arah Sawangan. Sesampai di pertigaan besar dibawah objek wisata Ketep Pass ambil jalan ke arah kanan menuju ke Air Terjun Kedung Kayang/Selo/Boyolali. Gerbang masuk menuju Air Terjun Kedung Kayang terlihat dari tepi jalan dan berada di sebuah tikungan jalan sebelum Rest Area Wonolelo. Ciri lain di erat gapura masuk tersebut ada jalan lain menuju ke arah Bumi Perkemahan Wonolelo.

Air Terjun Kedung Kayang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Air terjun ini merupakan hulu pedoman Sungai Pabelan yang melewati jalan antara ibukota kecamatan Muntilan dengan pertigaan menuju ke Candi Borobudur. Hulu sungai ini berasal dari gunung Merbabu dan gunung Merapi, Perjalanan menuruni tebing kami lalui dengan menuruni ratusan anak tangga hingga tepian sungai. Perjalanan menuju ke penggalan bawah Air Terjun Kedung Kayang masih dilanjutkan dengan menyusuri batuan di tepi sungai. Bunyi jatuhnya penderasan Kedung Kayang yang semakin keras dan angin yang mengandung banyak embun air membuktikan perjalanan sudah tidak jauh lagi. Perjalanan yang cukup melelahkan untuk mencapai dasar air terjun terbayarkan dengan keindahan alam yang dipancarkan oleh air terjun ini.
Kendaraan pengunjung sanggup diparkir di halaman rumah warga yang disulap menjadi tempat parkir wisatawan. Secara pembangunan daerah wisata Air Terjun Kedung Kayang belum menyediakan parkir kendaraan roda dua dan roda empat. Pengunjung yang tiba dengan menggunakan kendaraan berjenis minibus dipersilakan parkir lebih jauh yaitu di tepi Jalan Raya Sawangan-Boyolali yang berada di luar gapura. Perjalanan menuju Air Terjun Kedung Kayang dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang telah dibangun pengelola wisata yang berada dari pemerintah setempat. Sekitar 200 meter berjalan kaki, pengunjung disambut dengan pemandangan penderasan dari atas tebing yang terlihat indah.
9. Lawang Sewu Semarang
ini yakni tempat wisata sejarah yang berlokasi di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Lawang Sewu yang dibangun pada tahun 1904 dan selesai tahun 1907, merupakan kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.
Bangunan ini dirancang oleh Prof. Klinkkmaer dan Quendaq dengan arsitektur yang lebih modern. Masyarakat menyebutnya Lawang Sewu atau Pintu Seribu alasannya yakni bangunan ini mempunyai pintu yang banyak. Kini, bangunan ini digunakan sebagai kantor Jawatan Kereta Api Indonesia.


Booking.com

10. Pasar Klewer Surakarta
Pasar Klewer Surakarta atau biasa disebut dengan Kota Solo merupakan pasar tertua di Jawa Tengah. Tempat ini merupakan tempat wisata belanja dengan harga yang murah dan menyediakan aneka macam macam souvenir menyerupai kain batik, tas, sandal.
11. Pantai Widarapayung Cilacap
foto:jowonews.com

Buat anda yang suka olah raga selancar tentu jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Widarapayung yang ter letak di Desa Widara payung Kec : Binangun, Cilacap, ini.

Bersiaplah alasannya yakni ombak besar yang menggulung pasir pantai akan menantang untuk ditaklukkan dengan papan selancar. Tidak perlu repot-repot membawa papan selancar dari rumah, alasannya yakni di pantai ini sudah ada yang akan menyewakan papannya untukmu.
Selain itu sisa tragedi tsunami tahun 2006 kemudian juga masih sanggup kau saksikan di pantai ini lewat sebuah tugu peringatan yang dibangun di sana. Jangan lupa juga untuk merasakan pecel yang rasanya khas alasannya yakni menggunakan kecombrang sebagai pelengkapnya.
12. Pantai Pulau Panjang Jepara
Pulau seluas 19 hektare ini jaraknya hanya sekitar 2,5 km dari pantai Jepara, dengan panorama pantai nan eksotis yang menjadi andalannya.
Untuk mencapai pulau ini, anda sanggup menumpang bahtera dari Pantai Bandengan maupun Pantai Kartini selama kurang lebih 10 menit.
Sesampainya di Pulau Panjang, nikmatilah bermain di pantai sepuasnya. Anda akan di suguhi dengan panorama pasir putih dengan air bahari yang jernih. Ombaknya damai sehingga anda akan leluasa berenang di pantai pulau panjang ini.
Demikian ulasan mengenai 12 Tempat Wisata Yang Paling Banyak Di Kunjungi Di Jawa Tengah – Anda Wajib Kesini , semoga bermanfaat ya