SHOPPING CART

close

12 Kawasan Wisata Terkenal di Palu Sulawesi Tengah Yang Wajib anda ketahui

12 Kawasan Wisata Terkenal di Palu Sulawesi Tengah
Tempat wisata yang wajib anda ketahui ketika berada di Kota Palu. Ada banyak sekali tempat wisata kota palu yang memperlihatkan banyak sekali sensasi dan mengatakan nuansa rekreasi yang menyenangkan dan indah, hal ini cocok digunakan sebagai tempat berselfie atau berfoto ria. Letak Kota palu yang berada di teluk palu mengatakan nuansa yang mempesona, sangat banyak tempat rekreasi dan banyak sekali masakan disajikan untuk memanjakan pengunjung. Selain itu banyak sekali penginapan atau hotel yang berada di sekitar teluk palu ikut menambah suasana yang sangat menyenangkan. Berikut ini yakni 12 Kawasan Wisata Terkenal di Palu Sulawesi Tengah Yang Wajib anda ketahui

1. Wisata kota palu berupa anjungan

foto:infosulteng.com

Pertama yakni tempat wisata berupa taman Anjungan pantai talise kota palu merupakan taman yang ramai dikunjungi, anjungan ini terletak di peisisir pantai Kota Palu yang dikenal dengan naman pantai talise. Taman anjungan pantai talise ini, sangatlah menarik perhatian dan memanjakan para mengujung, terdapat banyak pohon-pohon rimbun tumbuh di sekitar Taman Anjungan kota palu. Bukan itu saja, udara yang segar bertiup dari arah utara pantai mengakibatkan setiap pengunjung anjunga betah dan berlama-lama. Terdapat jembatan merah yang digunakan pengunjung untuk berfoto. Terdapat sebuah tempat yang berbentuk persegi yang sengaja di buat untuk bersantai dan mengabadikan momen terbaik. Beberapa dingklik yang panjang sebagai tempat beristirahat dan tempat berkumpul bagi setiap pengunjung.

Bagi pengunjung yang mempunyai anak, taman anjungan di pantai talise kota palu menyediakan area bermain yang luas bagi anak-anak. Area ini juga sering digunakan oleh banyak sekali komunitas Free Style menyerupai , joging, Sepatu roda, dan masih banyak lagi. Selain tempat bermain anjungan ini sering digunakan untuk banyak sekali iven, menyerupai iven oleh beberapa perusahaan menyerupai perusahaan telekomunikasi, transportasi, dan lain sebagainya.
Pemandangan dari pesisir pantai talise pada sore hari dengan bentangan awan melengkapai keindahan pantai talise. Selain itu dikelilingi pegunungan yang tinggi tampak menyerupai lukisan. Gunung-gunung seakan tertata rapih yang sengaja dibentuk untuk memanjakan mata dengan pemandangan yang sangat sempurna.

2. Wisata kota palu berupa taman Dato Karama

foto:http://www.greatnessindonesia.com
Wisata kota palu berupa taman Dato Karama berada di pesisir pantai tepatnya di Jalan Cumi-cumi. Taman ini diresmikan pada tanggal 18 Januari 2014 oleh Bupati Kota Palu yang ketika itu di jabat oleh Rudi Mastura . Pembangunan Dato Karama bertujuan untuk menjalani salah satu jadwal Palu Green. Kebanyakan orang merasa bahwa taman ini sangat kecil dan sulit untuk dikatakan sebagai taman. Dilihat dari bentuk dan ukuran yang sangat kecil dan pohon-pohon masih sangat sedikit.
Meskipun sangat kecil, namun anda sanggup menikmati keindahan taman ini sambil berjalan-jalan, menghirup udara segar, sambil menikmati luasnya hamparan maritim yang di latarbelakangi pengunungan yang indah. Bukan hanya pepohonan, di potongan tengah terdapat area bermain dengan bentuk berupa bulat dan sanggup digunakan untuk bermain sepatu roda, atau sekedar olahraga kecil. Hiasan, yang terdapat di potongan tengah terdapat dua gambar yang berbentuk bintang dengan segi sebanyak delapan buah.

3. Wisata kota palu Sauna Alam

Objek wisata Sauna merupakan salah satu wisata kota palu yang memanjakan para mengujung, yang beralamat di Jalan Munif Rahman, Gang Nurul Amal di Kelurahan Kabonena. Objek wisata ini dibuka untuk umum sebagai salah satu sarana tempat rekreasi alternatif bagi keluarga. Pencapai lokasi ini, ditempuh dengan jarak hanya 200 meter dari Jalan Munif Rahman. Mencapai lokasi cukup gampang alasannya yakni sanggup ditempuh memakai vasilitas kendaraan roda dua, roda empat. Keindahan alam yang masih alami yang sangat kental, menciptakan setiap pengunjung merasa berada di tengah alam yang bebas. Belaian angin sepoi-sepoi dengan hembusan begitu lembut, akan memanjakan semua pengunjung yang datang.
Bukan hanya menyediakan keindahan alam bagi yang hobbi untuk memanjakan kulit tubuh, wisata kota palu berupa Sauna juga terdapat kemudahan kolam pemancingan ikan air tawar, restoran, dan tempat latihan menembak. Tempat menembak biasanya digunakan untuk pegawanegeri bahkan masyarakat umum juga sanggup menggunakannya. Mengnjungi tempat wisata kota palu ini tidak mengocek kantong begitu dalam, hanya sekitar antara Rp. 20.000- Rp. 50.000.

4. Wisata Museum Kota Palu

Cara yang sangat efektif untuk mengenali sejarah dan budaya masyarakat di suatu daerah yakni dengan berkunjung ke museum di daerah tersebut. Jika anda sedang melaksanakan wisata di kota palu, maka anda cukup mengunjungi Museum Sulawesi Tengah yang berada di tengah Kota Palu. Museum ini terletak di Jalan Kemiri No 23, Kelurahan Kamonji, mempunyai banyak koleksi yang terdiri dari banyak sekali benda-benda etnografi, geologi, biologi, arkeologi, filologi, histori, numismatic, keramik seni rupa, dan teknologi modern. Biaya masuk tidak mahal hanya sebesar Rp 1.500 bagi anak-anak, dan Rp 3.000 bagi orang dewasa, dan Rp 10.000 bagi turis absurd atau mancanegara. Pengunjung sanggup menikmati banyak sekali koleksi museum yang ada berhubungannya dengan sejarah dan budaya dari seluruh kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah.
Kerajinan berupa Kain Tenun Donggala, pakaian tabiat tradisional dari semua kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah terdapat di museum ini. Selain itu replika Patung Palindo yang menggambarkan nenek moyang orang-orang Bada. Serta Taingaja yang merupakan patung kepala kerbau yang terbuat dari perunggu yakni sebagian koleksi dari Museum Sulawesi Tengah.

5. Wisata kota palu berupa Sou Raja

 Tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Kota Palu 13 Tempat Wisata Populer Dan Akses Menuju Kota Palu Sulawesi Tengah
Tempat wisata kota palu lainnya dalah Sou Raja merupakan rumah tabiat masyarakat kota Palu khususnya suku Kaili. Sou Raja bagi masyarakat suku Kaili menyebut dengan nama Banua Oge yang berarti Rumah Besar. Banua Oge atau Sou Raja atau berfungsi sebagai tempat tinggal para Magau atau Raja dan keluarganya. Selain itu difungsikan sebagai tempat Pusat Pemerintahan Kerajaan.
Sou Raja dibangun atas prakarsa raja Yodjokodi sekitar masa 19 masehi. Selama masa pendudukan bala tentara Jepang di Kota Palu (1942-1945). Bangunan Sou Raja diambil alih dan dijadikan bsebagai kantor pemerintahan pada ketika itu. Kemudian pada tahun 1958, bangunan Sou Raja digunakan oleh TNI sebagai markas militer. Sou Raja ketika ini menjadi obyek wisata peninggalan sejarah. Lokasi Sou Raja berada di Kelurahan Kampung Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.
Bangunannya terdiri dari 4 potongan yaitu :

Gandaria (Serambi)

Ruangan yang berfungsi sebagai tempat ruang tunggu untuk tamu. Dibagian depan terletak anjungan sebagai tempat bertumpuhnya tanggah yang terdiri dari 9 anak tanggah dengan posisi saling berhadapan.

Lonta Karavana (Ruang Depan)

Bagian ruangan ini digunakan sebagai penjamuan atau penerimaan tamu untuk kaum pria dalam pelaksanaan upacara adat. Fungsi lainnya yaitu digunakan sebagai tempat tidur para lelaki.

Lonta Tatangana (Ruang Tengah)

Pada potongan Ruangan tengah difungsikan sebagai tempat musyawarah Raja beserta para tokoh-tokoh tabiat dan di dalam ruangan ini terdapat dua kamar tidur untuk Raja.

Lonta Rarana (Ruang Belakang)

Ruangan ini digunakan sebagai tempat makan untuk Raja beserta keluarga. Diruangan ini juga terdapat kamar untuk perempuan dan para anak gadis. Selain itu ruangan ini juga digunakan untuk mendapatkan kerabat dekat.

5. Wisata kota palu berupa Jembatan Kuning

Jembatan kuning atau beberapa orang menyebut dengan nama Jembatan Palu IV atau Jembatan Ponulele yakni jembatan yang terletak di Kota Palu. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden ke-6 RI, SBY. Jembatan ini membentang di atas pantai talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat, dan ketika ini telah menjadi “landmark” Kota Palu.
Icon wisata kota palu berupa jembatan kuning menciptakan para pengungjung terkesan dan memanjakan para mengujung untuk berfoto. Kota Palu yang dikelilingi dengan pegunungan yang eksklusif mencuram ke laut, yang dipercantik oleh Teluk Palu, dan dilengkapi dengan sungai panjang yang membelah kota. Kombinasi ini sangat memanjakan mata setiap pengunjung. Ditambah lagi dengan sebuah jembatan lengkung pertama berwarna kuning, sekan kota Palu sangat pintar bersolek.
Keberadaan jembatan kuning yang bentuknya melengkung membuatnya berbeda dengan sebuah ibukota provinsi di Indonesia. Perpaduan pegunungan, lembah, dan maritim menyerupai ini biasanya hanya temui di kota-kota terpencil.

6. Wisata Donggala Palu yang Populer Wajib Dikunjungi

Wisata Donggala Palu – mempunyai banyak tempat wisata yang terkenal wajib di kunjungi. Wisata pantai yang indah dan mempesona dengan pasir putih serta tempat yang cukup erat dari kota Palu, menjadi pilihan wajib untuk mengunjungi tempat wisata ini. Bagi para wisatawan tidak perlu ragu untuk mencari penginapan disekitar wisata donggala palu alasannya yakni anda sanggup menemukan Hotel di Tanjung Karang Donggala Beach ataupun penginapan yang cukup murah.

Berikut beberapa tempat wisata donggala palu yang terkenal wajib dikunjungi :

Wisata Donggala Palu – Pusat Laut

Tempat wisata donggala palu yang cukup unik, dengan nama Pusat Laut Kabupaten Donggala. Pusat Laut ini berada di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Waktu tempuh dari kota Palu sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 45 kilometer.
Pusat Laut Donggala berupa sebuah sumur raksasa yang berdiameter sekitar sepuluh meter dan mempunyai kedalaman sekitar tujuh meter. Sumur tersebut terbentuk secara alami dan mempunyai gesekan bebatuan. Air di dalamnya berwarna biru jernih dan berasa asin menyerupai air laut. Uniknya, air di dalam sumur tidak pernah keruh meskipun banyak orang yang menggunakannya untuk berenang ataupun menyelam.
Keunikan lainnya adalah, air di dalam sumur raksasa ini akan pasang bila air maritim sedang surut dan akan surut ketika air maritim sedang pasang. Masyarakat setempat pun percaya bahwa air di dalam sini sanggup mengobati segala macam penyakit. Maka tak jarang, banyak pengunjung yang membawa pulang air ini sebagai oleh-oleh. Biasanya mereka meminta tolong belum dewasa setempat yang berenang di dalam Pusat Laut untuk mengambilkan air, tentu saja dengan upah sepantasnya.
Anda pun sanggup juga berenang di dalam Pusat maritim ini, namun harus dengan keahlian khusus ya, mengingat kedalamannya yang tak biasa. Selain itu, sempatkan juga untuk menikmati indahnya Pantai Tanjung Karang yang letaknya tidak begitu jauh dari Pusat Laut ini. Pantai tersebut cukup terkenal. Selain mempunyai hamparan pasir berwarna putih, juga merupakan salah satu tempat favorit untuk snorkeling maupun diving.
Fasilitas di Pusat Laut Donggala dan sekitarnya ini sudah cukup lengkap alasannya yakni sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Tersedia juga beberapa penginapan dan tempat makan di lokasi ini.

7. Wisata Donggala Palu – Pantai Kalukku atau Kelapa

 Tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Kota Palu 13 Tempat Wisata Populer Dan Akses Menuju Kota Palu Sulawesi Tengah
Wisata Donggala Palu dengan pantai anggun untuk libur final pekan berjulukan Pantai Kaluku. Suasananya yang masih sepi kolam pantai pribadi. Penduduk setempat, Kaluku berasal dari bahasa Kaili yang berarti pohon kelapa. Sesuai dengan arti namanya, pantai Kaluku dipenuhi dengan pohon Kelapa yang menjulang tinggi. Pantai Kaluku terletak di Kabupaten Donggala, sekitar 1,5 jam dari sentra Kota Palu.
Objek wisata Pantai Kaluku di Desa Limboro, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dalam beberapa bulan terakhir semakin berkibar alasannya yakni mulai dipadati masyarakat untuk berwisata. Objek wisata donggala palu dengan pesona pantai pasirnya yang putih dan jejeran kelapa dalam itu, hingga Sabtu petang masih dipadati pengunjung.
Ratusan orang masih bertahan hingga jelang waktu magrib hanya untuk menyaksikan matahari tenggelam di atas permukaan Selat Makassar. Pantai Kaluku mempunyai garis pantai yang cukup lebar. Di ketika siang, wilayah pasir pantainya akan terlihat luas alasannya yakni adanya pasang surut yang mengakibatkan perahu-perahu ditambatkan di kejauhan. Tidak banyak bahtera nelayan yang tertambat.
Terik matahari sedang menjadi-jadi ketika aku mengunjungi pantai ini. Pantai ini mempunyai air yang jernih meskipun tidak ada spot untuk snorkling menyerupai di Tanjung Karang. Selain masih cukup sepi, pantai ini masih tergolong alami, hening dan eksotik. Belum banyak tangan jahil di sini. Cocok untuk bersantai. Enaknya lagi, di sini tidak ada pungutan alias gratis masuk dan free parking.
Di sepanjang pantai Kaluku, sudah ada yang mendirikan gazebo-gazebo sederhana yang disewakan untuk sekadar beristirahat. Tak hanya itu, pantai ini mempunyai cukup banyak spot untuk berfoto. Sepertinya sih buatan dari penduduk setempat. Mulai dari ayunan hingga kalimat-kalimat romantis yang sanggup dimanfaatkan untuk pre wedding.

8. Wisata Donggala Palu – Pantai Tanjung Karang

 Tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Kota Palu 13 Tempat Wisata Populer Dan Akses Menuju Kota Palu Sulawesi Tengah
Pantai tanjung karang palu donggala termasuk kedalam tempat wisata terkenal yang ada di palu. Untuk menuju lokasi ini anda sanggup memakai kendaraan bermotor dengan kisaran waktu 1 jam atau sekitar 35 kilometer dengan memakai kendaraan beroda empat atau motor. Wilayah tanjung karang memang terkenal dengan pantai pasir putihnya dan air maritim yang sangat jernih.
Di objek wisata ini anda sanggup berang di air maritim yang mempunyai ombak kecil. Selain itu anda juga snorkeling dan melihat indahnya biota maritim yang terdapat di tanjung karang.
Bagi yang hobbi snorkling dan diving pantai tanjung karang menjadi pesona para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri. Wilayah pantai tanjung karang banyak dijumpai para wisatawan dari mancenegara yang berkunjung sekedar untuk menikmati pantai dan wisata bawah maritim yang memperlihatkan keindahan sangat eksotik.
Wisata tanjung karang berupa snorkling dan diving. Menyewa jenis alat snorkling dengan harga sewa sekitar Rp.200.000 – 300.000/set. Bagi yang tidak membawa kamera bawah air anda sanggup mampu menyewa dengan harga sekitar Rp. 150.000 – 250.000. Bagi anda yang tidak profesional menyelam, di pantai tanjung karang palu donggala ada pemandu lokal yang sanggup membantu para wisatawan menemukan spot snorkling yang indah, selain itu sanggup membantu mengambil gambar bawah air. Anda tidak perlu menyewa pemandu alasannya yakni sudah include dengan sewa alat snorkling.
Pesisir pantai tanjung karang palu yang letaknya di pinggiran sebuah teluk. Banyaknya hamparan pantai di lokasi yang berbeda mulai dari sentra kota hingga ke kabupaten Donggala menjadi incaran bagi pelancong. Beragam kegiatan dengan pemandangan maritim sepanjang perjalanan menuju pantai tanjung karang palu.

9. Wisata Donggala Palu – Pantai Boneoge

 Tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Kota Palu 13 Tempat Wisata Populer Dan Akses Menuju Kota Palu Sulawesi Tengah
Pantai Boneoge merupakan daerah wisata yang terletak di tepian pantai berpasir putih dengan panorama yang indah dan menawan. Warga penduduk di daerah ini bermata pencarian sebagai nelayan. Keindahan matahari terbit pada ketika fajar dan disaat senja ketika terbenamnya sangat mempesona untuk dinikmati dari tempat ini.
Pantai ini juga menyimpan potensi yang sangat menarik bagi para pencinta olahraga memancing. Selain itu, kita juga sanggup menikmati keindahan desa-desa pesisir yang menyajikan panorama alam yang masih asri, dengan kegiatan keseharian warganya dalam berinteraksi dengan alam. Pnati Boneoge Terletak di Kecamatan Banawa.

Objek Wisata di Palu Yang lain Dan Wajib Anda Kunjungi

Kota Palu mempunyai beberapa objek wisata yang menarik. Berikut ini yakni beberapa di antaranya:

10. Jembatan Palu IV

 Tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Kota Palu 13 Tempat Wisata Populer Dan Akses Menuju Kota Palu Sulawesi Tengah
Jembatan Palu IV yang merupakan ikon kota Palu terletak di Kelurahan Besusu dan Lere. Jembatan yang membentang di atas Teluk Talise ini menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat. Jembatan ini merupakan jembatan lengkung baja pertama di Indonesia dan ketiga di dunia sesudah jembatan di Perancis dan Jepang.
Saat berada di atas jembatan, Anda sanggup melihat seluruh pemandangan kota Palu, mulai dari rumah-rumah warga, Sungai Palu, Teluk Palu dan pegunungan. Jangan lupa untuk berfoto atau mengabadikan gambar dari atas jembatan ini. Jembatan ini akan terlihat lebih indah di malam hari alasannya yakni adanya lampu-lampu yang berwarna putih di setiap sudut jembatan.
Anda sanggup naik angkot, argo atau ojek untuk mencapai lokasi wisata ini.

11. Pantai Talise

Mengunjungi kota Palu maka Pantai Talise menjadi pilihan yang menarik. Pantai Talise terletak di Jl. Rajamoili dan Jl. Cut Meutia, Kecamatan Palu Timur, kira-kira 2 km sebelah utara kota Palu. Pantai ini membentang dari kota Palu hingga Kabupaten Donggala yang terletak di ujung Teluk Palu.
Pantai ini mempunyai keindahan alam yang mempesona. Di pantai ini, Anda sanggup menyaksikan hamparan teluk dan pegunungan yang indah. Selain itu, Anda juga sanggup melaksanakan banyak sekali kegiatan menyerupai berenang, menyelam dan memancing. Ketika sore menjelang, menyaksikan matahari yang terbenam di balik Gunung Gawalise yakni kegiatan favorit pengunjung pantai ini.
Pantai Talise terletak di tengah kota Palu sehingga sangat gampang dicapai dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Lokasi pantai ini hanya berjarak 4 km dari Bandara Mutiara SIS Aljufri. Anda tidak perlu membayar tiket untuk memasuki objek wisata ini. Untuk mencapai lokasi wisata ini, Anda sanggup naik angkot yang banyak terdapat di kota Palu.

12. Pantai Taman Ria

Pantai Taman Ria terletak di Jl. Rono, Kecamatan Palu Barat, sekitar 2 km dari sentra kota Palu.
Keindahan pantai ini yakni pemandangan pantai yang dikelilingi pegunungan dan kedai-kedai penjaja masakan di sepanjang pantai. Kedai-kedai tersebut menjajakan makanan ringan, seafood dan hidangan khas Palu menyerupai kaledo, pisang bakar dan minuman sarabba.
 Tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Kota Palu 13 Tempat Wisata Populer Dan Akses Menuju Kota Palu Sulawesi Tengah
Di pantai ini, Anda sanggup melaksanakan banyak sekali kegiatan menyerupai berenang, memancing atau menyaksikan permainan jetski. Selain itu, pantai ini menghadap ke timur sehingga sangat cocok untuk menikmati sunrise.
Lokasi objek wisata ini gampang dijangkau dengan kendaraan pribadi dan angkutan umum alasannya yakni letaknya di tengah kota Palu.
Tips Wisata di Palu


Booking.com

Berikut ini yakni beberapa tips wisata yang bermanfaat jikalau Anda mengunjungi kota Palu:

Mengunjungi kota Palu Sempatkan merasakan makanan khas Palu yaitu Kaledo. Kaledo yakni sup kaki sapi yang dihidangkan dengan sepiring nasi hangat. Kedai terkenal yang menjajakan Kaledo yakni Kaledo Stereo yang berlokasi di Jl. Diponegoro No. 40. Kedai ini buka dari jam 09:00 – 22:00.
Jika Anda penggemar kerajinan kayu, sempatkan berbelanja kerajinan kayu hitam khas Palu menyerupai gesekan patung, alat musik dan kotak perhiasan. Toko-toko yang menjual kerajinan ebonit tersebar di beberapa lokasi antara lain di Jl. Ambo Edo No. 31, Jl. Sam Ratulangi No. 10 dan Jl. Sudirman No. 26.
Sempatkan membeli buah tangan bawang goreng khas Palu. Konon, bawang khas Palu sanggup tumbuh di tempat lain tapi risikonya tidak sebaik bawang yang ditanam di Palu. Salah satu toko yang menjual bawang goreng khas Palu yakni Toko Ole-ole Khas Palu Sal-han di Jl. Sis Aljufri. Harga sebungkus bawang goreng yakni Rp 10.000.

Akses Menuju Kota Palu

Cara Mengunjungi Kota Palu – Mengunjungi kota Palu sangat mudah, alasannya yakni banyak sekali jenis transportasi sanggup digunakan untuk berkunjung ke Kota Palu. Transportasi Udara sangat beragam, demikian pula Laut maupun darat. Khusus transportasi darat sanggup dilalui dari arah Sulawesi Barat, Timur, Utara dan Selatan. Untuk menuju kota Palu, Anda sanggup menentukan moda transportasi darat, maritim dan udara. Berikut ini yakni beberapa moda transportasi menuju Palu:
Melalui udara

Penerbangan ke kota Palu akan mendarat di Bandara Internasional Mutiara SIS Aljufri (PLW).

Maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta – Palu antara lain:

  • Lion Air
  • Sriwijaya Air
  • CitilinkGaruda Indonesia
Harga tiket berubah sewaktu waktu dan bervariasi tergantung maskapai penerbangan dan jenis kelas.

Transportasi dari dan ke bandara

Satu-satunya transportasi dari dan ke Bandara Mutiara SIS Aljufri (PLW) yakni dengan memakai taksi bandara dengan tarif sekitar Rp 40.000 dari dan ke sentra kota.
Melalui laut
Pelabuhan maritim di kota Palu yakni Pelabuhan Pantoloan. Kapal maritim yang melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok – Pelabuhan Pantoloan yakni sebagai berikut:
-KM Kambuna (rute: Padang – Jakarta – Bitung)
-Harga tiket: Rp 132.000 – 1.769.500
-KM Kerinci (rute: Dumai – Jakarta – Nunukan)
-Harga tiket: Rp 132.000 – 1.754.000
-KM Nggapulu (rute: Jakarta – Jayapura)
-Harga tiket: Rp 132.000 – Rp 3.120.500
-KM Umsini (Jakarta – Palu)
-Harga tiket: Rp 359.000 – Rp 1.862.000
(Harga tiket sanggup berubah sewaktu-waktu)

Melalui Darat

  • Transpostasi melalui darat, sanggup di tempuh dari Sulawesi Selatan kemudian melewati Sulawesi Barat, sedangkan dari arah utara dari Manado mealui Gorontalo. Sedangkan dari arah Selatan, masuk dari Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan. Dari arah Timur melalui kabupaten Luwuk Banggai masuk melalui Ampana, Poso dan kemudian hingga di Parigi dan sesudah itu hingga di Kota Palu sesudah melewati Kebun Kopi.
  • Menggunakan kendaraan beroda empat pribadi sangat mudah, namun beberapa transportasi umum yang sangat tersedia dan berangkat setiap hari. Transportasi Umum menyerupai Liman dari Sulawesi Selatan, Harvest dari arah Manado, dan beberapa agen perjalanan umum meyediakan kendaraan beroda empat travel tipe L 300.
  • Harga tiket memakai transportasi umum dari Makassar ke Kota Palu rata-rata sebesar Rp. 250.000,- sedangkan dari Manado ke Palu Sulawesi Tengah rata-rata sebesar Rp. 400.000.

Transportasi di Palu

Kota Palu menyediakan lima moda transportasi dalam kota yaitu: angkutan kota, bus, taksi, ojek sepeda motor dan dokar.
Angkutan Kota (Angkot)
Angkot yakni alat transportasi utama di kota Palu. Saat ini, terdapat sekitar 800 angkot di kota Palu. Angkot di Palu lebih terkenal disebut Taksi. Uniknya, walaupun tiap angkot sudah mempunyai trayek masing-masing, mereka sanggup mengantar penumpang ke banyak sekali tujuan selama si sopir angkot bersedia.
Tarif untuk umum: Rp 4.000
Tarif untuk pelajar: Rp 3.000
(Tarif angkot sanggup berubah sewaktu-waktu)
  • Bus
Bus di Palu biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang antar kota atau antar provinsi. Perusahaan-perusahaan bus yang beroperasi di Palu antara lain:
PO Harvest
PO Cahaya Bone
PO Andaria
PO Liman
Terminal bus di kota Palu yaitu Terminal Mamboro, Petobo dan Tipo.
  • Taksi
Taksi di Palu memakai sistem argo. Untuk membedakan dengan “taksi angkot”, masyarakat setempat menyebutnya “argo” yang mengacu pada argometer di setiap taksi.
  • Ojek sepeda motor
Ojek sepeda motor yakni alat transportasi alternatif. Anda sanggup menemukan ojek sepeda motor di sudut-sudut perempatan jalan. Tarif ojek bervariasi tergantung pada jarak tempuh dan kesepakatan.
  • Dokar
Dokar yakni alat transportasi tradisional masyarakat Sulawesi Tengah. Saat ini, dokar hanya beroperasi di beberapa lokasi di kota Palu, khususnya di Palu Barat. Dokar yakni sarana transportasi yang biasanya digunakan oleh para perempuan yang berbelanja ke pasar-pasar tradisional.
sumber:wisatapalu.com
Tags:

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share