12 Oleh-oleh yang berciri Khas Kota Yogyakarta yang Terkenal

oleh-oleh khas yogyakarta
Setiap Traveling ke Yogyakarta memang memiliki kesan tersendiri bagi kita yang menjalaninya, Mengunjungi keraton, melihat sejarah tentang candi, alamnya yang tak kalah indahnya, dan juga jajanan kuliner di malioboro yang enak-enak, nah tiba saatnya kembali ke rumah tapi ada satu hal yang tak kalah pentingnya oleh-oleh yang berciri khas kota yogyakarta juga wajib kita beli ya, agar kita tetap mengingat kota.
Bagi Anda yang masi bingung membeli oleh-oleh berciri khas kota yogyakarta yang terkenal itu apa aja sih.
Berikut adalah 12 oleh-oleh berciri khas kota Yogyakarta yang terkenal, jadi kalau kita bawa pulang kita jadi teringat kembali saat traveling ke sana:

1 . Kerajinan Gerabah Kasongan


Gerabah Kasongan adalah sebuah pusat kerajinan tangan dari tanah liat di desa kasongan, Kualias nya sangat bagus dan tempat ini merupakan pusat oleh bagi anda yang sedang berkunjug daerah bantul. Gerabah yang di maksud bisa berbentuk guci, vas bunga, lampu hias dan macam-macam jenis tergantung dari anda mau membeli yang mana. Oiya di sini anda juga bisa bisa melihat langsung proses pembuatan gerabah dari bentuk tanah liat samapi pembakaran dan pewarnaan.

 

2. Baju Kaos Dagadu

foto: http://pojokpitu.com

Kalau di Bali ada kaos JOGER nya nah di Yogyakarta ada yang namanya kaos Dagadu hampir kaos ini berisi pleseta lucu ala Yogyakarta dan di jamin bikin kita tertawa, Kenapa bernama dagadu? kata ini berasal dari bahasa gaul yogyakarta yang berarti sebuah mata atau matamu.
Tapi inget untuk sealu membeli kaos yang asli ya jangan yang palsu yang di jual di pinggir jalan biasanya cepat rusak dan melar.
Biasanya yang asli anda bisa dapatkan di Mal Malioboro, Ambrukmo Plaza, dan di daerah Pakuningrat yang merupakan alamat pabriknya sendiri.

 

3. Jajanan Bakpia

foto:http://kumpulancerita.net

Oleh-oleh lainnya khas Yogyakarta adalah bakpia, jajanan ini sangat melekat dan identik dengan yogyakarta. Bakpia adalah sebuah kue yang dibuat dari bahan adonan terigu berisi kacang hijau dan di masak dengan cara di bake atau di panggang.
Namun karena perkembangan jaman dan inovasi , kini anda bisa membeli bakpia dengan banyak macam rasa, ada bakpia durian, coklat, keju, dll.
Sejarah adanya bakpia sebenarnya di kenalkan oleh kaum tionghoa, dahulu bakpia yang dibuat berisikan daging babi tapi karena pengaruh islam mulai menyebar kemudian isi dari bakpia di ganti dengan kacang hijau dan banyak rasa sampai sekarang
Untuk bisa membeli oleh-oleh bakpia bisa anda temui di jalan Maliobror, pasar beringharjo, dan pusat oleh-oleh lainnya di Yogyakarta
4. Kue Yangko


Kue yangko sangat mirip kue moci sehingga di sebut kue mocinya Yogyakarta. Yangko terbuat dari tepung beras ketan , memiliki tekture yang kenyal, ada kacang cincang dan rasanya manis. Yangko mempunyai bentuk yang menarik, bentuk kotak dan warna-warni. Satu kotaknya biasanya berisi 30 buah dengan banyak rasa.
Jika anda ingin membeli bisa langsung pergi ke Yangko Pak prapto, tempat ini adalah generasi pertama penjual yangko sejak tahun 1921, keren kan.
Alamat lengkapnya:
Yangko Pak prapto
jalan Pramuka no.82 yogyakarta
Tapi ada banyak tempat kok yang menjual yangko untuk sekarang ini.

 

5. Kue Geplak

foto:https://www.indonesiakaya.com

Satu lagi ni jajanan oleh-oleh yang berasa manis yakni kue Geplak , bagus juga untuk di bawa sebagai oleh-oleh khas yogyakarta.
Jajanan ini terbuat dari kelapa yang di potong tipis-tipis dan di masak dengan campuran gula. sekarang ini geplak telah berinovasi dengan banyak macam rasa, jika jajanan ini di minum dengan teh manis, maka teh yang di minum akan terasa tawar, karena rasa dari geplak yang sudah sangat manis.

 

 

6. Salak Pondoh

Salak Podoh memiliki ciri khas dengan buahnya yang kering berwarna putih dan rasa manis segar, jika mencicipinya 1 saja rasanya tidak cukup. Salak pondoh bisa anda temui di saerah muntilan , sleman dan magelang.
Ada juga desa agrowisata dimana kita bisa bermain, kolam renang dan kolam pancing dan juga banyak yang menjual salak pondoh di sana, tempat ini terletak di Gandung , Bangunkerto Sleman kampung ini memiliki lahan perkebunan salak seluas 27 hektare

 

7. Batik Yogya

Kain Batik adalah ciri khas utama kota seni Yogyakarta, kayak nya itu sudah melekat dengan kota ini. dan merupakan list wajib oleh-oleh yan harus di bawa pulang jika sedang berlibur ke sini. Orang yogya memang sangat kreatif, sekarang batik bisa berbentuk tas, syal dan sandal juga.
Jika ingin berburu batik anda bisa langsung ke jalan Malioboro atau pasar Beringharjo selain itu ada juga di desa Karebet yang merupakan desa pembuat dan penghasil dari kerajinan batiksendiri. Di desa ini Batik di kreasikan dalam bentuk topeng, gelang dan lain=lain
8. Gudeg

foto:http://hj25lili08oleh2yogya.blogspot.co.id/

Gudeg ada macam ada yang gudeg basah dan gudeg kering , untuk membawa pulang sebagai oleh-oleh biasanya gudeg kering dari segi rasa juga lebih manis dan bisa bertahan lama selama 3 hari, di tempatkan di kulkas untuk penyimpanannya.
Di yogyakarta tempat yang menjual gudeg rekomended adalah Gudeg Yu Djum berada di Jalan Kaliurang 5 Yogya. Anda bisa memesan gudeg dan membawa pulang sebagai oleh-oleh yang kemas dalam bentuk besek.

 

9. Coklat Monggo

foto:http://chocolatemonggo.com

Coklat Monggo merupakan coklat yang buat langsung dari biji coklat pilihan yang didatangkan dari jawa, sumatera, dan sulawesi, sang pemilik adalah pria asal belgia yang berpengalaman dalam pembuatan coklat.
Coklat monggo tetap membawa unsur jawa , ini bisa di lihat dari namanya yakni monggo yang berarti silahkan. Kemasannya pun dibuat dari bahan yang ramah lingkungan , bersertifikat jadi aman untuk kemasan makanan
Coklat Monggo berlokasi di Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. selain membeli coklat nya kita juga bisa melihat langsung proses dari pembuatan coklat dari dapurnya yang hanya disekat oleh dinding kaca.

10. Kerajinan Perak Yogyakarta

foto:https://dekranas.id

Di yogyakarta juga ada kerajinan perak yakni tepatnya di Kota gde hanya berjarak 5 km dari pusat kota, tempat sudah beroperasi sejak zaman kerajaan mataram lo sebagai perajin kerajinan perak, bentuk dari kerajinan perak berupa hiasan dinding atau meja, kualitas nya sudah terjamin karena memiliki kualitas barang yang di eksport ke luar negri

 

 

11. Tiwul dan Gathot

foto:http://kuliner.panduanwisata.id

Jika anda mampir dan bermain ke Pantai Wonosari jangan lupa untuk membeli jajanan yang bernama Thiwul khas Jogja. Makan terbuat singkong atau ketela pohon. Sangat cocok bagi penderita diabetes boleh nih makan twiul dan gatot karena memiliki kandungan kalorinya yang rendah.

 

 

 

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

10 Objek Wisata Menarik dan Seru di Yogyakarta, Untuk dikunjungi Bersama Keluarga tercinta anda

 

12. Enthung

foto:https://blog.mamikos.com

Salah satu makanan ekstrim sih menurut saya, tapi banyak juga menyukai makanan enthung ini atau lebih di kenal dengan nama kepempong, ini adalah makanan khas gunung kidul, biasanya enthung di dapat dalam pohon jati, ini adalah makanan orang jaman dahulu jika tidak ada nasi, proteinnya sangat tinggi lo, cuma pas makan jangan sambil membayangkan ulatnya ya he..hehe

 

 

 

Demikian info oleh-oleh yang berciri khas kota Yogyakarta yang terkenal, tapi jangan semua di beli ya, sesuaikan dengan budget anda dan keperluannya saja.

SALAM TRAVELING

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *