14 Tempat Wisata Populer dan Menarik Di Kendal Jawa Tengah

Booking.com
Wisata Kali ini kita akan membahas tentang daerah Kendal yang berada di provinsi Jawa Tengah , berbatasn dengan kota Semarang dan Temanggung di sebelah selatan, ada banyak potensial wisata di Kendal sehingga anda traveler wajib untuk mengnal daerah ini, berikut adalah 14 tempat wisata populer di Kendal Jawa tengah
Karena letaknya yang berbatasan dengan laut maka ada beberapa wilayah yang berupa pantai, dan beberapa diantaranya dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat potensial. Selain dipakai sebagai wisata, ini juga menjadi mata pencaharian dari masyarakat lokal sana untuk mencari rejeki sebagai nelayan. Di Kabupaten Kendal sering diadakan program sedekah bahari yang dilaksanakan warga sekitar pantai semoga hasil melaut mereka senantiasa melimpah.
Jika Anda mempunyai rencana untuk berlibur ke Kendal, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten Kendal mengatakan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jikalau Kendal jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata wisata di Kendal ini juga mempunyai banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

14 Tempat Wisata Populer dan Menarik Di Kendal Jawa Tengah

1. Taman Buah Plantera Ngebruk Patean Kendal
foto:http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Tempat Wisata di Kendal Agro Wisata Ngebruk Patean – Kendal mempunyai banyak sekali nama yang sudah banyak dikenal masyarakat, yaitu Agro Wisata Ngebruk Patean Kendal , Plantera Fruit Paradise Ngebruk, atau Agro Wisata Kebun Ngebruk. Seperti namanya, di Agro Wisata Ngebruk Patean terdapat sebuah perkebunan yang membudidayakan banyak sekali macam buah-buahan tropis berkualitas unggul.

Selain untuk menghasilkan buah-buahan yang unggul, Perkebunan di Kabupaten Kendal ini dibuka juga untuk umum sebagai tempat wisata. Untuk mempermudah pengunjung dalam melihat-lihat perkebunan maka disediakan pula sebuah kendaraan beroda empat wisata yang siap mengantarkan keliling ke perkebunan yang luasnya mencapai 234 hektar.
Ada banyak sekali macam buah yang dibudidayakan di Taman Buah Plantera Ngebruk Patean Kendal, diantaranya ialah durian montong yang besar dan harum, kelengkeng itoh yang legit, buah naga, rambutan, sirkaya, melon, semangka hingga jagung. Agro Wisata Ngebruk Patean merupakan sebuah wisata yang menarik, sanggup dijadikan sebagai salah satu pembelajaran bagi putra-putri atau murid kita wacana banyak sekali macam budidaya tanaman buah.
2. Tempat Wisata Air Terjun Curug sewu Kendal
foto:http://piknikasik.com/

Obyek Wisata Air Terjun Curug sewu Kendal menyajikan keindahan alam yang sangat indah dan eksotis yaitu Air Terjun dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya, Curug sewu merupakan anugerah Ilahi yang patut kita syukuri.

Obyek wisata Curug Sewu terletak di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Curug Sewu di Kabupaten Kendal ini sanggup dikatakan sebagai tempat wisata alam yang unik alasannya ialah di tempat ini terdapat sebuah curug atau teladas dengan debit tertesar di jawa Tengah serta terdapat beberapa tingkat.
Untuk memasuki area Air terjun Curug sewu Kendal ini pengunjung perlu berjalan menyusuri jalur setapak, namun jaraknya tidak terlalu jauh. Di sekitar Curug Sewu sudah dibangun beberapa kemudahan pendukung menyerupai kolam renang, taman bermain anak, kebun hewan mini, panggung hiburan dll.
3. Curug Penglebur Gongso Kendal
foto:https://jalanwisata.id

Tempat wisata alam di Kendal yang tak kalah indahnya ialah Curug Penglebur Gongso. Curug Penglebur Gongso terletak di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Menurut kepercayaan dari warga sekitar, Curug Penglebur Gongso ini merupakan bekas pertapan dari tokoh pewayangan Kumbokarno, yang merupakan adik dari Raja Alengka Rahwana. Raden Kumbakarna ini memang salah satu tokoh yang berwujud raksasa namun berhati ksatria. Dia berperang melawan Raden Rama bukan alasannya ialah membela Rahwana namun alasannya ialah benar-benar ingin membela tanah airnya. Di lokasi Curug Penglebur Gongso terdapat jejak kaki di bebatuan yang dipercaya sebagai jejak kaki Kumbakarna.

4. Curug Semawur Plantungan Kendal
foto:Curug Semawur Plantungan Kendal

Wisata Kendal selanjutnya ialah Curug Semawur atau juga dikenal dengan sebutan teladas Semawur. Air Terjun Semawur ini terletak di perbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang, atau tepatnya di Dusun Jiwan Desa Blumah Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal.

Air Terjun Semawur memang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Umumnya pengunjung ialah orang lokal Kabupaten Kendal sendiri, disamping memang belum banyak diprmosikan, lokasinya juga agak tersembunyi. Namun bekerjsama Air Terjun Semawur ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi tempat wisata unggulan Kabupaten Kendal. Air terjun ini terdiri dari 8 tingkat dengan air yang sangat jernih sehingga menghasailkan pemandangan yang sangat menawan.
5. Pantai Jomblom Kendal
foto:http://swarakendal.com

Selain Pantai Ngebum yang terkenal, di Kabupaten Kendal juga terdapat tempat wisata pantai lainnya yaitu Pantai Jomblom. Pantai Jomblom ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada dikala hari Minggu dan liburan sekolah.

Di Pantai Jomblom Kendal ini anda sanggup melihat rimbunnya tanaman mangrove atau bakau yang dipakai untuk menghalau ombak yang tidak mengecewakan besar. Selain melihat pemandangan yang indah, pengunjung juga sanggup memancing ikan di tepi pantai. Jika anda tertarik berkunjung ke Pantai Jomblom ini, anda sanggup mengunjunginya di alamat Desa Margorejo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.
6. Kebun Teh Medini Limbangan Kendal
foto:http://jelajahwisataalam4.blogspot.co.id/

Bagi warga Semarang, Kendal dan sekitarnya untuk menikmati Kebun Teh tidak usah jauh-jauh ke Puncak Bogor, alasannya ialah di Kabupaten Kendal terdapat sebuah perkebunan teh dengan pemandangan yang tak kalah jauh dengan Kebun Teh di Bogor yaitu Kebun Teh Medini.

Kebun Teh Medini terletak di lereng Gunung Ungaran sebelah utara, tepatnya beralamat di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kebun Teh Medini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan hijaunya kebun teh serta suasana perkebunan yang sangat sejuk.
7. Pantai Cahaya Rowosari Kendal
foto:http://palembang.tribunnews.com

Wisata Kendal The Sea Pantai Cahaya merupakan sebuah tempat wisata yang didalamnya terdapat banyak sekali macam permainan anak, taman rekreasi pantai, pentas hiburan lumba-lumba, kolam waterpark, panggung hiburan keluarga, hutan wanawisata dan kebun hewan mini.

Lokasi dari The Sea Pantai Cahaya sendiri ialah di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Makara The Sea Pantai Cahaya mengatakan wisata yag sangat lengkap, alasannya ialah di tempat wisata ini anda sanggup menikmati indahnya pantai dari gazebo yang dibangun di bibir pantai, juga sanggup menikmati wahana permainan anak yang niscaya seru dan sangat diminati bawah umur kita.
8. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo Kendal
foto:akmdreamer.wordpress.com

Tujuan Wisata Pemandian Air Panas Gonoharjo di Kendal merupakan salah satu wisata alam yang digemari di Kabupaten Kendal. Wisata Pemandian Air Panas Gonoharjo Kendal ini juga dikenal dengan sebutan Gonoharjo Hot Spring Water. Seperti yang terperinci tertera pada namanya, di obyek pemandian ini terdapat sebuah sumber mata air panas dan juga kolam air panas.

Lokasi pemandian ini jauh di tengah hutan dan dikelilingi pepohonan yang sangat sejuk. Lokasi pemandian Gonoharjo sendiri terdapat di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Pemandian Air Panas Citra Asri merupakan tempat wisata yag sudah tidak gila lagi bagi warga Semarang dan sekitarnya.
Pemandian Air Panas Citra Asri sanggup ditempuh dengan menyusuri jalur Semarang-Boja. Di Pemandian Air Panas Citra Asri sudah dibangun banyak sekali macam kemudahan pendukung menyerupai kolam renang, pemancingan, banyak sekali macam villa, Tempat parkir, kolam renang air dingin, kolam renang air panas, MCK, Kebun hewan mini, camping ground, tempat mainan anak-anak, rumah makan, kolam pemancingan, taman bunga, arena outbond tempat penginapan.
9. Kampoeng Djowo Sekatul Limbangan Kendal
foto:seputarkendal.wordpress.com

Kabupaten Kendal memang sangat kaya dengan tempat wisata alamnya. Di Kabupaten Kendal ada banyak sekali macam wisata alam yang sangat memanjakan bagi masyarakat yag mengharapkan hiburan. Salah satu wisata alam yang juga terbilang unik ialah Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul.

Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul Terletak di Desa Mergosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Wisata Kendal Kampoeng Djowo Sekatul ini mengatakan lokasi berlibur yang sangat atraktif, yaitu pengunjung disuguhi dengan suasana pedesaan yang sangat asri lengkap dengan beberapa rumah yang masih bernansa tradisional. Namun tak hanya itu, pengunjung juga sanggup menikmati kemudahan pendukung lainnya contohnya berupa penginapan, out bond, bumi perkemahan, flying fox dll.
10. Agrowisata Tirto Arum Kendal
foto:http://seputarsemarang.com

Agrowisata Tirto Arum Baru mengatakan banyak sekali macam kemudahan yang tentunya sangat menarik untuk dinikmati terutama bagi anda yang berniat mengajak keluarga berlibur atau rombongan kantor yang ingin berwisata dan berelaksasi dari rutinitas kerja yang sangat melelahkan.

Agrowisata Tirto Arum Baru terdapat di Jl. Soekarno Hatta KM 2,7 Kota Kendal atau di tepi jalan raya Semarang – Jakarta. Ada banyak sekali macam kemudahan yang ada di agrowisata Tirto Arum Baru Kendal ini, diantaranya ialah kolam renang ukuran besar, resto dengan lesehan-lesehannya, tempat pemancingan, hotel dengan kelengkapan kamar barak untuk group, kemudahan outbound termasuk rakit, wahana permainan di sawah berlumpur, flying fox, arena futsal dan bola volli, ruang pertemuan terbuka dan tertutup, arena atv, kebun hewan mini dan juga jalan pijat refleksi.
11. Pemandian Air Panas Plantungan Kendal
foto:http://boladiensadventure.blogspot.co.id

Pemandian Air Panas Plantungan ini bekerjsama masuk dalam wilayah Desa Sangubanyu, Bawang, Kabupaten Batang Jawa Tengah 51274, Indonesia, namun lebih terkenal dengan nama “Banyu Anget Plantungan” alasannya ialah letaknya persis di belakang LP Plantungan Kendal.

Kawasan wisata air panas Plantungan Kendal terdapat empat kolam. Dua kolam untuk wanita dan satu kolam untuk laki-laki. Kolam air panas dilengkapi dengan pancuran dan tertutup dinding tembok setinggi sekitar 1,5 meter. Kolam-kolam itu berada persis di tengah Sungai Lampir.
Pengunjung yang ingin menikmati mandi atau berendam air panas cukup membayar tiket masuk Rp 2.000 per orang untuk pemasukan desa dan biaya pengelolaan.
Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas Plantungan Kendal, dari semua arah cukup naik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum ke arah Sukorejo. Sampai di Sukorejo eksklusif menuju Plantungan. Semua kendaraan sanggup eksklusif hingga di lokasi wisata pemandian air panas ini. Perjalanan dari Kota Sukorejo Kurang dari satu jam.
12. Permata Bukit Kendeng Curug sewu Kendal
foto:travel.kompas.com

Tempat wisata gres ini menyajikan pemandangan alam yang sangat asri berikut beberapa Rumah Pohon yang menjadi andalan Lokasi wisata Permata Bukit Kendeng Curug sewu Kendal ini.

Dengan pemandangan alam dan Rumah Pohon yang menakjubkan Permata Bukit Kendeng ini biasa dijadikan Foto pre weding bagi calon pengantin maupun foto selfie bagi muda mudi yang datang.
Lokasi wisata Permata Bukit Kendeng Curug sewu Kendal ini berada di Jalan Mangunsari Desa Curugsewu – Patean Kabupaten Kendal. Dari Kota Sukorejo sanggup Kita tempuh dalam waktu 20 – 30 menit tergantung kepadatan kemudian lintas.
13. Danau Banaran Sukorejo Kendal
foto:http://www.pictame.com

Danau yang berada di daerah Surugajah, Sukorejo Kendal ini memang akhir-akhir ini sedang naik daun. Tak heran jikalau publik dibentuk ingin tau oleh keindahanya. Danau kondang di Kendal ini terletak di tempat kebun cengkeh, Desa Bringinsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jateng.

Danau Banaran bekerjsama ialah destinasi wisata yang sudah usang ada di Kendal, namun alasannya ialah sedang ramai dibicarakan, tempat ini seakan menjadi destinasi wisata hits gres di Kabupaten Kendal. Terlebih lagi, belakangan hari ini kawula muda ramai mengunjungi Danau Banaran untuk sekadar berfoto dan diunggah ke akun media umum mereka.
Jarak tempuh dari kota Sukorejo menuju danau banaran ini sanggup memakan waktu hampir sekitar 1 jam, bekerjsama tidak terlalu jauh, namun jalan yang ekstim, terjal bebatuan dan tanjakan menciptakan perjalanan anda akan menjadi lama.
14. Curug Jeglong Kendal
foto:facebook.com

Tempat wisata Hits di Kendal yang ke 14 ialah Curug Jeglong, wisata ini mempunyai pemandangan indah dan suasana yang segar. Satu lagi destinasi hits di kota kendal Jawa Tengah, yakni Curug Jeglong. Curug ini sanggup ditemukan di Desa Jeplak, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tepatnya sekitar 40 km dari Kota Kendal. Curug Jeglong ini merupakan teladas yang dihiasi aliran air bertingkat dengan kerikil besar membentuk perosotan air. Serta udara yang sangat sejuk tersebut sangat memanjakan para pengunjung serta suasana yang khas dari pedesaan yang jauh dari kebisingan.

Ada 2 kolam alami di teladas Curug Jeglong Kendal ini dengan tingkat kedalaman masing-masing 4 m dan 5 m. Hanya sedikit yang berani loncat maupun berenang. Di samping itu debit airnya cukup besar. Namun jgn khawatir bagi anda yang tak sanggup berenang, di sana tersedia jasa penyewaan pelampung kok dengan hanya menyewa sebesar Rp 5.000 saja.
Akses menuju kesana sanggup dilalui dengan kendaraan beroda empat pribadi maupun angkutan umum. Dari Kota Kendal kita menuju arah Sukorejo. Setelah dari Sukorejo kita menuju Plantungan, tepatnya Desa Dluwak, Jeplak. Sesampainya di Desa Jeplak ada petunjuk arah. Letihnya perjalanan menuju curug jeglong akan terbayar sudah sesudah hingga di curug jeglong Kendal ini. Dengan pemandangan yang indah dan sejuknya suasana akan benar-benar menambah nikmatnya liburan.
Demikian ulasan mengenai 14 Tempat Wisata Populer dan Menarik Di Kendal Jawa Tengah , semoga bermanfaat ya.