SHOPPING CART

close

25 Istilah dalam Penerbangan Yang Perlu anda Ketahui Saat Naik Pesawat

25 Istilah dalam Penerbangan Yang Perlu anda Ketahui Saat Naik Pesawat

Penerbangan menggunakan pesawat selalu berkaitan erat dengan dunia pariwisata karena media ini menjadi salah satu jasa transportasi yang cepat dan sangat efisien dalam melakukan perjalanan baik antar kota, daerah maupun negara, sebelum melakukan kegiatan penerbangan ada baiknya anda di bekali oleh pengetahuan mengenai beberapa istilah penerbangan yang mudah untuk diingat dan wajib juga di ketahui dan berikut adalah 25 istilah dalam penerbangan yang perlu anda Ketahui saat naik pesawat

Mungkin teman traveler yang sudah sering melakukan kegiatan penerbangan pasti mengetahui beberapa isitilah penerbangan seperti take off ? boarding pass ? landing dll. Tapi mungkin sebagian dari anda yang jarang naik pesawat akan menemukan kesulitan untuk mengerti istilah – istilah penerbangan tadi, nah disini anda bisa melihat dan memahami beberapa istilah penerbangan yang bisa membantu anda saat berada dalam bandara apalagi anda akan melakukan penerbangan ke luar negeri tentunya 25 istilah penerbangan ini wajib untuk anda ingat selalu ya

Mau jalan jalan naik pesawat tapi tidak mengetahui arti dari boarding pass atau take off tentunya akan sedikit malu juga sih! Yuk kita langsung pelajari istillah – istilah penerbangan saat berada di bandara dan akan naik pesawat terbang. Hal ini tentunya akan memperlancar dan menghindari salah paham dan bisa selamat sampai tujuan berlibur anda.

Baca : Hotel di kawasan bisnis Jakarta pusat – Ashley Hotel Jakarta

25 Istilah dalam Penerbangan Yang Perlu anda Ketahui Saat naik pesawat

1.Passport

Berupa sebuah buku kecil yang menjadi dokumen sangat penting dalam mengadakan sebuah perjalanan antar negara, yang mau liburan keluar negeri wajib banget membawa yang namanya pasport. Yang lagi liburan dalam negeri juga tidak masalah untuk membawa pasport sebagai ID anda hanya tidak begitu urgent saja membawa pasport saat liburan dalam negeri.

2. Arrival

Arrival adalah istilah penerbangan yang berarti bagian kedatangan atau tempat pemberhentian bagi penumpang yang baru saja mendarat dari pesawat.

3. Departure

Departure adalah kebalikan dari istilah penerbangan arrival yakni keberangkatan, dimana tempat keberangkatan bagi penumpang yang akan naik pesawat.

4. Boarding Pass

Boarding pass adalah sebuah kertas yang berisikan identitas penumpang, jam terbang, no kuris penumpang, boarding pass adalah sebuah kertas yang dikeluarkan oleh maskapai penerbagan dimana anda membeli tiket pesawat, anda wajib menunjukan kertas ini kepada petugas bandara agar bisa masuk dalam areal bandara.

5. Baggage

Istilah penerbangan ini artinya bawang bawaan seperti tas dan koper, untuk jenis koper besar akan di handle oleh petugas maskapai dan tas kecil bisa di bawa masuk kedalam pesawat. Untuk sekarang setiap maskapai penerbangan memiliki aturan masing -masing mengenai batas berat baggage jika melebihi dari ketentuan maka anda akan di kenakan biaya tambahan.

6. Baggage Tag

Setelah proses barang bawaan selesai anda akan diberikan baggage Tag atau kartu tanda yang harus anda simpan dan tunjukan saat ingin mengambil kembali barang bawaan saat tiba di tujuan perjalanan.

7. Over Baggage

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ketentuan berat barang bawaan akan dikenakan biaya tambahan atau istilahnya over baggage, fee tambahan biasanya berbeda – beda setiap maskapai penerbangan, indonesia pernah mengalami masa dimana fee atas over baggage sangat mahal saat awal tahu 2019 sehingga banyak penumpang yang protes akan hal ini untungnya sekarang sudah menjadi normal kembali.

8. Anything to Declare

Istilah penerbangan ini biasanya ditanyakan oleh petugas bea cukai perihal mengenai penumpang membawa minuman alkohol dan rokok.

9. Alternate Aerodrome

Alternate Aerodrome sebuah peristiwa di mana crew pesawat akan memberikan pengunguman bahwa pesawat akan mendarat di bandara alternatif jika proses pendaratan semula tidak berhasil

10. Apron

Apron adalah tempat parkir dari pesawat terbang

Cari hotel bintang 5 di Jakarta, klik gambar dibawah ya!

Baca ; Inilah 06 Tips Traveling ke Tempat Wisata Religi di Indonesia yang wajib anda ketahui

Klook.com

11. Booking

Istilah penerbangan berikut ini adalah booking yang artinya pemesanan membeli tiket pesawat, istilah ini sering terdengar saat memesan tiket secara online melalui website. Setelah booking tiket secara online anda akan menerima email konfirmasi dari maskapai mengenai kode tiket, nama, dan detail penerbangan lainnya.

12. Check In

Check-in hampir sama dengan istilah saat anda akan tinggal disebuah hotel dimana penumpang akan dicek mengenai datanya dari identitas, tujuan keberangkatan, jam keberangkatan dll. Proses ini akan dilakukan saat anda pertama kali akan berangkat di counter maskapai di tiap bandara, jaman semakin maju sekarang proses check-in bisa dilakukan langsung melalaui online gunanya menghindari efisiensi waktu dan penumpang yang harus antri lama.

13. Check In Luggage

Berbeda dengan yanng diatas, check-in luggage adalah proses pemeriksaan akan barang bawaan anda yang akan disimpan di bagian cargo terpisah dengan anda, petugas akan mengesek berapa bawaan penumpang, beratnya dll.

14. Connecting Flight

Connecting Flight adalah istilah penerbangan mengenai pergantian pesawat yang tumpangi saat transit, beberapa penerbangan tidak akan dilakukan secara langsung jadi ada tahap transit dan pergantian pesawat, biasanya ini terjadi jika anda melakukan perjalanan jarak jauh atau keluar negeri, tenang saja karena anda tidak perlu membayar apapun dan sudah di atur oelh maskapai penerbangan dari awal.

15. Delay

Istilah ini berarti terjadi penundaan keberangkatan atau kedatangan, biasanya terjadi karena cuaca buruk atau bencana terjadi tiba -tiba di daerah tujuan, delay adalah peristiwa yang banyak membuat penumpang stress tapi semoga tidak terjadi kepada anda ya.

16. Ditching

Istilah penerbangan ini berarti pesawat akan mendarat secara darurat di atas permukaan air

17. Dangerous Good

Dangerous Good artinya barang bawaan yang masuk dalam kategori membahayakan keselamatan dalam melakukan perjalanan udara contohnya senjata tajam, pistol, bom, korek gas dll.

Baca ; 05 Tempat Destinasi Wisata Bali Paling Terkenal Dan Terbaru Yang perlu Anda ketahui

Istilah – istilah dalam Penerbangan

18. Security Check

Istilah penerbangan ini mengandung arti bahwa barang bawaan anda akan melalaui pemeriksaan dengan menggunakan mesin scanner, penumpang juga akan diperiksa secara detail saat melalui security check.

19. Take Off

Take off adalah momen di mana pesawat akan terbang meninggalkan landasan penerbangan

20. Landing

Landing adalah kebalikan dari take off, dimana pesawat baru saja mendarat di lintasan penerbangan

21. Safety Belt

Kebangetan kalau tidak istilah penerbangan ini ya, safety belt adalah sabuk pengaman yang harus digunakan selama penerbangan berlangsung, penumpang wajib memakai safety belt saat pesawat take off dan landing

22. Pax

Pax adalah istilah penerbangan yang artinya penumpang, istilah ini sering dipakai oleh berapa jumlah penumpang untuk lebih simple mereka menyebut pax hampir sama dengan hotel.

23. Cabin Crew

Istilah lain dari pramugari atau pramugara, hampir sama beberapa maskapai menyebut petugas pesawat sebagai cabin crew. Istilah cabin sebenarnya sama dengan kamar jika di pesawat maupun kapal pesiar mereka menyebut dengan istilah cabin atau room

24. Cabin Attendant

Jika cabin crew adalah pramugari & pramugara maka isitlah cabin Attendant adalah berarti seluruh petugas yang dalam suatu maskapai penerbangan

25. Divert

Istilah penerbangan terakhir hasil rangkuman 17sekians.com adalah istilah penerbangan Divert yang artinya proses pendaratan akan di alihkan tidak sesuai dengan jadwal awal, ini terjadi karena cuaca buruk atau hal teknis yang terjadi dalam pesawat atau sesuatu hal yang membuat proses pendaratan tidak bisa di lakukan

Baca artikel lainnya : Review InterContinental Bandung Dago Pakar, Hotel bintang 5 bandung

Demikian istilah – istilah penerbangan yang wajib anda ketahui diatas, semoga perjalanan liburan naik pesawat anda akan selalu lancar dan selamat sampai di tujuan, yuk jika suka artikel ini langsung di share ya. Happy traveling!

Booking.com
Tags:

0 thoughts on “25 Istilah dalam Penerbangan Yang Perlu anda Ketahui Saat Naik Pesawat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: