SHOPPING CART

close

30 Tempat wisata terbaik dan rekomended di Jawa Barat yang perlu anda ketahui

Booking.com

30 Tempat wisata terbaik dan rekomended di Jawa Barat yang perlu anda ketahui
Wisata ke Daerah Jawa Barat salah satu destinasi paling terkenal di Indonesia selain Bali dan Jakarta , Ada banyak sekali tempat menarik di sini seperti wisata kuliner, wisata alam, wisata belanja dan wisata keluarga.  Dijamin liburan anda akan selalu menyenangkan di sini. Namun apa saja sih daerah destinasi di jawa barat , ok tampa panjang lebar, yuk kita cek aja langsung di bawah 30 Tempat wisata terbaik dan rekomended di Jawa Barat yang perlu anda ketahui :
1. Taman Buah Mekarsari
foto:www.kompasiana.com

Taman Buah Mekarsari memadukan wisata keluarga, alam, dan edukasi di satu tempat. Area selaus 264 hektare ini ialah tempat akal daya serta penelitian buah tropis terbesar di dunia. Ada sekitar 100.000 pohon dan lebih dari 1.400 varietas buah yang sanggup dijumpai di tempat ini.

Pengunjung sanggup berguru perihal buah dan sayuran tropis, mulai dari karakteristik hingga cara akal dayanya. Taman Buah Mekarsari juga merupakan lokasi Danau Cipicung, yang mempunyai jembatan serta kemudahan penyewaan bahtera motor.
Taman Buah Mekarsari mempunyai kolam renang serta wahana kolam arus berjulukan Lazy River, yang panjangnya mencapai 600 meter. Ada juga perosotan air raksasa setinggi 16 meter berjulukan Boomerang Slide. Pengunjung yang suka makan buah dan sayuran segar juga sanggup mendapatkan buah-buahan segar di sini.
Taman Buah Mekarsari buka dari pukul 09.00 hingga 16.30 dan tarif masuknya ialah 25.000 rupiah. Tempat ini berlokasi di Jalan Raya Cileungsi, Jonggol. Pengunjung sanggup naik kendaraan umum ke Cileungsi atau Jonggol, tetapi paling jauh hanya berhenti di Jembatan Cileungsi. Angkutan umum yang sanggup dipakai antara lain angkot nomor 121 dan bus Kosub dari Terminal Kampung Rambutan, metromini jurusan Senen-Cileungsi dari Terminal Senen, atau Bus Mayasari Priok-Cileungsi dari Terminal Tanjung Priok.
2. Taman Bunga Nusantara
foto:www.sharetempatwisata.com

Taman Bunga Nusantara sangat cocok bagi pencinta keindahan bunga serta labirin semak menyerupai di taman-taman Eropa. Taman yang didirikan pada tahun 1992 merupakan tempat akal daya, edukasi, serta wisata masyarakat yang membanggakan koleksi bunga, tumbuhan hias, pepohonan, serta perdu yang beraneka ragam. Taman besar ini terdiri dari banyak sekali taman kecil yang dirancang secara berbeda, serta dihubungkan dengan jalur pejalan kaki. Lokasinya yang berada di perbukitan menciptakan tempat ini cocok sebagai pelepas stres.

Taman Bunga Nusantara mempunyai banyak sekali fitur menarik menyerupai jam raksasa serta labirin yang terbuat dari pagar tanaman. Ada juga rumah beling yang menyimpan koleksi bunga serta tumbuhan unik. Pengunjung juga sanggup melihat-lihat semak hias (topiary) yang dipangkas membentuk sosok hewan-hewan, mulai dari burung hingga dinosaurus.
Taman Bunga Nusantara buka dari pukul 08.00 hingga 17.00, dan tiket masuknya seharga 30.000 rupiah. Pengunjung masih harus membayar 20.000 rupiah untuk masuk rumah kaca, serta 40.000 rupiah untuk naik trem.
Taman ini terletak di Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, dan sanggup dicapai dengan angkutan umum 03 dari Stasiun Bogor, disambung dengan angkutan kendaraan beroda empat ELF ke Pasar Cipanas, serta angkutan jurusan Taman Bunga Nusantara.
3. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor pastinya sudah tidak aneh lagi bagi wisatawan Indonesia. Hutan buatan seluas 87 hektare ini sudah ada semenjak era pemerintahan Prabu Siliwangi di era ke-15, namun Kebun Raya Bogor secara resmi mulai dibangun hingga menjadi bentuknya yang lebih modern oleh Gubernur Jenderal Thomas S. Raffles pada awal era ke-19. Kebun ini kini dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan menjadi sentra edukasi, penelitian, serta wisata.
Kebun Raya Bogor mempunyai sekitar 15.000 jenis tanaman, serta memperlihatkan tempat yang menyenangkan untuk menjelajah. Di dalam kebun ini, ada banyak sekali titik menarik, menyerupai Monumen Lady Raffles, Danau Gunting, Taman Teijsman, Museum Zoologi, Taman Meksiko, dan masih banyak lagi. Ada juga sebuah jalan luas yang dinaungi pepohonan rapat yang membentuk terowongan alami, yaitu Jalan Kenari II.
Kebun Raya Bogor buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00. Tempat ini berlokasi di Jalan Djuanda, Paledang, Bogor Tengah. Pengunjung sanggup naik angkutan umum nomor 03 dari Stasiun Bogor dan turun di area erat Kebun Raya. Tiket masuk ke Kebun Raya ialah 14.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 25.000 rupiah untuk wisatawan asing.
4. Taman Safari Cisarua, Bogor
Taman Safari Cisarua, Bogor

Taman Safari Cisarua Bogor telah usang terkenal sebagai tempat tujuan wisata keluarga di Jawa Barat. Menempati area seluas 170 hektare, taman ini menjadi habitat banyak sekali binatang dari dalam dan luar Indonesia menyerupai harimau, singa, gajah, jerapah, banyak sekali jenis burung, reptil, dan masih banyak lagi. Taman safari ini juga mempunyai kegiatan konservasi untuk beberapa jenis binatang langka menyerupai jalak Bali.

Taman Safari Cisarua juga memperlihatkan pertunjukan bertema dengan hewan-hewan terlatih, contohnya Wild West dan Dolphin Show. Ada juga lahan perkemahan, tempat berfoto dengan binatang (petting zoo), serta kegiatan safari malam. Pengunjung yang membawa anak sanggup bermain di banyak sekali wahana, menyerupai sepeda layang, gajah terbang, sepeda air, kolam bola, Space Shuttle, Foam Ball, kincir raksasa, dan rumah hantu.
Taman Safari Cisarua buka dari pukul 09.00 hingga 16.30, namun pengunjung sanggup mengikuti safari malam pada hari Sabtu, yaitu dari pukul 18.30 hingga 21.00. Tarif untuk mengikuti safari siang ialah 150.000 rupiah untuk orang sampaumur dan 140.000 rupiah untuk bawah umur di bawah 6 tahun.
Pengunjung yang tidak naik kendaraan beroda empat pribadi sanggup naik kereta api dari Stasiun Bogor, kemudian angkutan kota nomor 02 ke Sukasari dan lanjut ke Cisarua hingga menemukan pertigaan Taman Safari. Ojek serta angkutan umum lokal sanggup membawa pengunjung hingga ke gerbang.
5. Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung sudah berdiri semenjak tahun 1928, dan telah menjadi salah satu tujuan wisata edukasi terkenal di Jawa Barat. Museum ini berisi barang pajangan yang menambah pengetahuan pengunjung perihal hewan, zaman prasejarah, tata surya, banyak sekali fenomena alam, lapisan tanah dan batuan, dan sebagainya. Ada juga kemudahan multimedia yang memperlihatkan ilustrasi terjadinya musibah menyerupai tsunami, gunung meletus, dan gempa bumi.
Museum Geologi Bandung berlokasi di Jalan Diponegoro 57, Cibeunying Kaler, Bandung. Museum ini buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 di hari biasa (kecuali Jumat), dan pukul 08.00 hingga 14.00 di simpulan pekan. Pengunjung sanggup naik angkutan umum nomor 10 jurusan Stasiun Hall-Sadang Serang, turun di erat Masjid Pusdai, kemudian menyambung angkutan umum nomor 5 jurusan Cicaheum-Ledeng.
Tiket masuknya ialah 3.000 rupiah untuk wisatawan domestik, 10.000 rupiah untuk wisatawan asing, dan 2.000 rupiah untuk pelajar.
6. Museum Konferensi Asia-Afrika
Museum Konferensi Asia-Afrika ialah salah satu bangunan penting dalam sejarah Indonesia, lantaran mengambarkan kesuksesan negara-negara Asia dan Afrika dalam menjalin kolaborasi pada tahun 1955. Museum ini mengajak pengunjung melihat banyak sekali memorabilia dari konferensi tersebut. Di sebelah bangunan ini, terdapat Gedung Merdeka yang merupakan tempat berlangsungnya konferensi tersebut.
Museum ini mempunyai 3 macam jam buka: pukul 08.00 hingga 16.00 pada hari biasa, pukul 14.00 hingga 16.00 pada hari Jumat, dan pukul 09.00 hingga 16.00 pada simpulan pekan (Senin tutup). Museum ini tidak mengenakan tarif masuk. Lokasinya yang erat dengan Alun-Alun Bandung sanggup dicapai dengan angkutan umum jurusan Gedebage-Stasiun Hall, Elang-Cicadas, Kalapa-Ledeng, dan Buah Batu-Kalapa.

Cek Atikel lainnya :


7. Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha ialah observatorium tertua sekaligus forum riset penting bagi Institut Teknologi Bandung, tetapi ada saat-saat di mana pengunjung boleh masuk untuk wisata edukasi. Pengunjung sanggup menentukan antara kunjungan siang dan malam. Untuk kunjungan siang, pengunjung akan menerima klarifikasi perihal teleskop Zeiss, serta menerima tur dan pengetahuan perihal astronomi di ruang multimedia. Pengunjung gres sanggup mencoba meneropong dengan beberapa teleskop jikalau menentukan kunjungan malam.
Observatorium Bosscha buka selama 24 jam, tetapi jam wisata sanggup bervariasi lantaran paket turnya dibagi-bagi menjadi beberapa sesi dalam sehari. Pelancong yang tertarik sanggup mengecek halaman “Kunjungan” di situs resmi Observatorium Bosscha, lantaran sanggup bervariasi. Tiket masuknya sekitar 15.000 rupiah per orang. Pengunjung sanggup tiba naik angkutan kota jurusan Lembang dari Stasiun Hall Bandung, atau bus DAMRI jurusan Ledeng dari Terminal Leuwi Panjang dan disambung dengan angkutan kota jurusan Lembang.
8.  Taman Patung NuArt
Taman Patung NuArt

Pencinta seni yang sedang berkunjung ke Bandung sanggup mengunjungi Taman Patung NuArt. Tempat ini ialah adonan antara taman umum dan galeri seni yang memajang karya-karya seniman patung Nyoman Nuarta—pembuat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali yang telah memenangkan banyak penghargaan nasional serta internasional.

Selain menikmati keindahan taman, pengunjung juga sanggup melihat karya seni Nyoman Nuarta yang lain di Galeri NuArt, termasuk ekspo khusus dokumentasi pembuatan Garuda Wisnu Kencana di lantai 1.
Tiket masuk ke Taman Patung NuArt ialah 5.000 rupiah. Taman ini buka dari pukul 09.00 hingga 18.00 pada hari biasa, dan pukul 11.00 hingga 22.00 pada simpulan pekan. Berlokasi di Jalan Sutra Duta Kencana, dan sanggup dicapai dengan angkutan kota rute Abdul Muis-Ledeng dari Terminal Kebon Kalapa. Pengunjung sanggup turun di Jalan Cpaganti, sebelum naik angkutan kota biru rute Sukajadi dan turun di erat taman.
9. Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung ialah tempat ibadah dengan ciri khas unik, yaitu mempunyai lapangan rumput sintetis luas di depannya, sehingga terkenal sebagai tempat beristirahat sekaligus berfoto. Arsitekturnya yang megah dengan menara berketinggian setara 19 lantai menjadikannya ikon Kota Bandung. Pengunjung sanggup naik lift ke puncak menara untuk melihat pemandangan Kota Bandung, terutama di malam hari.
Masjid Raya Bandung mempunyai lokasi strategis di Jalan Asia-Afrika, dan ada beberapa angkutan umum dengan rute rutin ke jalan tersebut, menyerupai bus DAMRI nomor 1 dan 9. Pengunjung bebas beribadah di dalam Masjid Raya Bandung, tetapi jikalau ingin melihat pemandangan dari puncak menara, dikenakan tarif sebesar 7.000 rupiah.
10.  Katedral Santo Petrus
Katedral Santo Petrus mempunyai desain yang unik dan berkesan tempo dulu sehingga menjadi salah satu bangunan religius ikonik di Kota Bandung. Bangunan ini juga merupakan gereja Kristen tertua di Bandung dan dilengkapi dengan Gua (Kapel) Maria. Bangunan ini terawat dengan baik dan masih dipakai untuk beribadah.
Lokasi Katedral Santo Petrus berada di sentra kota, yaitu di Jalan Merdeka 14, sempurna di sebelah Hotel Panghegar. Ada beberapa angkutan kota yang rutin menuju ke rute ini, contohnya angkutan kota nomor 03 dan 30, serta bus DAMRI jurusan Alun2-Parahyangan.
11.  Vihara Vipassana Graha
foto:www.gadis.co.id

Vihara Vipassana Graha ialah tempat ibadah umat Buddha yang juga dibuka pada waktu-waktu tertentu untuk umum. Desain vihara ini sangat mendetail, dengan patung, ukiran, dan rona keemasan yang menyerupai dengan kuil di Thailand. Vihara ini dikelilingi pepohonan sejuk, dan pengunjung juga sanggup bertemu dengan para biksu, asalkan bersikap sopan dan hormat (sebaiknya memberi bantuan seikhlasnya). Pengunjung bahkan sanggup menginap di ruang-ruang yang disediakan, terutama bagi yang ingin bermeditasi.

Vihara Vipassana Graha berlokasi di Jalan Kolonel Masturi 59, Lembang. Tempat ibadah ini sanggup dicapai dengan angkutan umum atau bus jurusan Cisarua-Lembang, lantaran lokasinya yang cukup strategis dan gampang terlihat dari jalan raya.
12.  De’ Ranch Bandung
De’ Ranch ialah tempat wisata keluarga dengan konsep unik. Berlokasi di Bandung Utara, De’ Ranch memperlihatkan wisata alam dan keluarga di tengah area yang berdesain menyerupai peternakan kuda serta daerah Barat Liar di Amerika. Pengunjung sanggup berguru menunggang kuda atau memesan paket berkuda keliling kampung. Ada juga kelas pengetahuan untuk mengajarkan bawah umur cara merawat kuda. Pengunjung juga sanggup menikmati banyak sekali wahana menyerupai delman, balon air, kolam pemancingan, dan sebagainya.
De’Ranch beroperasi dari pukul 09.00 hingga 17.00 (pukul 08.00 hingga 18.00 di simpulan pekan). Tiket masuk ke De’Ranch Bandung ialah 10.000 rupiah, dan ada bonus susu atau yogurt gratis. Pengunjung harus membayar lagi untuk mencoba setiap wahana, dengan kisaran harga antara 15.000 hingga 40.000 Rupiah. Pengunjung dari Stasiun Bandung sanggup naik angkutan umum L300 jurusan Stasiun Hall-Lembang, turun di Tugu Bambu Lembang, dan berjalan kaki sedikit ke area wisata.
13.  Farmhouse Lembang
Farmhouse Lembang ialah tempat wisata di Jawa Barat yang sudah cukup terkenal. Konsep wisata yang diusung ialah taman ala Eropa dengan unsur Indonesia. Tempat ini memperlihatkan kesempatan bagi keluarga untuk berfoto dengan kostum di depan rumah bergaya eropa, melihat miniatur rumah Hobbit, melihat hewan-hewan lucu menyerupai kelinci, landak, dan domba, hingga menikmati susu segar.
Cara mendatangi Farmhouse Lembang cukup mudah. Pengunjung sanggup naik bus dari Terminal Leuwi Panjang atau Terminal Cicaheum ke Terminal Ledeng. Setelah tiba di Ledeng, pengunjung harus menyeberang jalan, kemudian naik angkot menuju Lembang hingga menemukan tempat wisata tersebut. Farmhouse Lembang buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 21.00. Tiket masuknya seharga 20.000 rupiah, dan sanggup ditukar dengan susu murni.
14.  Floating Market Lembang
foto:
http://surabaya.tribunnews.com

Pasar terapung tidak hanya ada di Banjarmasin. Daerah Lembang juga mempunyai pasar terapung yang dirancang khusus sebagai tempat wisata, yaitu Floating Market Lembang. Berlokasi di Jalan Grand Hotel, area pasar ini menjadi satu dengan banyak sekali kemudahan dan wahana, menyerupai restoran bergaya tradisional, taman batu, hingga arena bermain. Permainan dan wahana yang ada di sini antara lain ialah kereta mini, becak mini, bahtera dayung, kereta air, sampan, serta kolam pemancingan.

Floating Market Lembang buka dari pukul 09.00 hingga 17.00, dan pukul 09.00 hingga 20.00 di simpulan pekan. Tiket masuk ke pasar terapung ini ialah 15.000 rupiah, dan pengunjung sanggup menukar tiket tersebut dengan minuman gratis menyerupai cokelat panas, teh, atau cappuccino. Pengunjung sanggup naik angkutan umum jurusan Bandung-Lembang dari Terminal Bandung, turun di Terminal Lembang, kemudian berjalan kaki sejauh 300 hingga 400 meter hingga mencapai area pasar terapung.
15.  Jendela Alam
Jendela Alam ialah tempat edukasi bidang peternakan dan pertanian bagi keluarga. Berlokasi di Parongpong, Bandung Barat. Jendela Alam mengajak pengunjung untuk mengenal banyak sekali proses pertanian, mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan, hingga panen. Pengunjung juga sanggup ikut mencoba banyak sekali kegiatan menyerupai menanam dan memanen sayuran, memetk stroberi, memberi makan hewan, memerah susu, memberi makan binatang ternak, dan sebagainya.
Jendela Alam juga menjadi tempat wisata yang cocok untuk anak-anak. Tempat ini menyediakan paket dan modul kegiatan untuk kunjungan wisata sekolah, mulai dari wisata taman kanak-kanak hingga SMA. Tempat ini juga mempunyai arena permainan menyerupai wahana air dan taman bermain.
Jendela Alam buka dari pukul 09.00 hingga 16.00 (16.30 pada simpulan pekan). Tiket masuknya 10.000 rupiah untuk hari biasa dan 15.000 rupiah untuk simpulan pekan. Akan tetapi, pengunjung harus membayar lagi untuk mencoba banyak sekali kegiatan, dengan tarif berkisar antara 15.000 hingga 35.000 rupiah. Untuk mencapainya, pengunjung sanggup naik angkutan kota jurusan Ledeng-Parongpong nomor 03, 15, atau 24 dari sentra Kota Bandung.
16.  Kuntum Nurseries
Kuntum Nurseries ialah tempat agrowisata di Bogor yang memperlihatkan kesempatan untuk menambah wawasan perihal peternakan. Pengunjung sanggup melihat-lihat dan berguru perihal banyak sekali binatang ternak menyerupai sapi, kambing, ayam, bebek, kuda, dan sebagainya. Ada juga kesempatan untuk memegang dan berfoto dengan hewan-hewan jinak di tempat tersebut. Kuntum Nurseries juga menjual bunga dan buah segar yang ditanam di kemudahan yang sama. Pengunjung juga sanggup memberi makan ikan serta menyewa kuda poni.
Kuntum Nurseries buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00. Harga tiketnya sama untuk hari biasa dan simpulan pekan, yaitu 30.000 rupiah. Tempat wisata ini sanggup diakses dengan gampang dari pintu keluar Tol Bogor (belok kiri ke arah Tajur). Pengunjung yang naik kendaraan umum sanggup naik bus ke Terminal Baranangsiang di Bogor, dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Puncak yang melewati Tajur, hingga menemukan spanduk Kuntum Nurseries di pinggir jalan.
17.  Puncak Berry Farm
Puncak Berry Farm

Sesuai dengan namanya, Puncak Berry Farm memperlihatkan kesempatan bagi pengunjung untuk memetik stroberi. Berlokasi di Green Apple Garden, Bogor, Puncak Berry Farm mempunyai pertanian stroberi organik dengan persediaan melimpah, sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot melaksanakan konfirmasi perihal stok stroberi sebelum berkunjung. Selain sanggup memetik dan merasakan stroberi, pengunjung juga mencoba kolam renang serta menginap di vila yang tersedia.

Puncak Berry Farm buka dari pukul 07.00 hingga 17.00. Tiket masuk ke tempat ini ialah 10.000 rupiah, dan sanggup ditukar dengan jus stroberi segar. Pengunjung sanggup memetik stroberi dengan membayar antara 5.000 hingga 15.000 Rupiah per kilogram. Jika memakai kendaraan umum, pengunjung sanggup naik angkutan 03 jurusan Baranang Siang dari Terminal Bogor, dan disambung kendaraan beroda empat L300 jurusan Puncak.
18.  Kebun Durian Warso Farm
Kebun Durian Warso Farm ialah tempat wisata favorit bagi pencinta durian. Berlokasi di Cijeruk,
Bogor, tempat ini mempunyai banyak sekali varietas durian serta beberapa jenis buah lain menyerupai buah naga dan nangka. Pengunjung sanggup ikut tur mengelilingi kebun serta merasakan banyak sekali hidangan dari durian menyerupai jus, serabi, es krim, dan es campur durian. Tidak ada biaya untuk masuk ke tempat ini, kecuali harga kuliner dan minuman yang harus dibayar. Jika ingin membeli durian, sebaiknya tiba pagi-pagi, lantaran banyak peminat durian membeli secara borongan.
Kebun Durian Warso Farm buka dari pukul 07.00 hingga 17.00. Pengunjung yang tiba dari Bogor sanggup naik angkutan umum jalur Cihideung, dan sehabis melewai Pasar Caringin, belok kanan sebanyak 2 kali hingga melihat patung durian dan buah naga besar. Pengunjung sebaiknya tiba dikala ekspresi dominan durian, yaitu antara bulan Desember hingga Mei (puncak ekspresi dominan durian biasanya ialah Januari hingga Maret).
19.  Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran ialah pantai paling ikonik di Jawa Barat. Berlokasi di Desa Pangandaran, pantai ini memperlihatkan pemandangan bahari yang indah, lengkap dengan perahu-perahu nelayan. Pengunjung sanggup menikmati banyak sekali kegiatan menyerupai berenang, menyewa sepeda, memancing, bermain paralayang, hingga naik bahtera pesiar. Banyak penginapan yang memperlihatkan kamar murah di erat pantai, sehingga cocok untuk semua kalangan.
Tiket masuk ke Pantai Pangandaran cukup murah, yaitu 3.000 rupiah, tetapi pengendara motor membayar 7.000 rupiah. Adapun pengendara kendaraan beroda empat harus membayar antara 28.000 hingga 35.000 rupiah, tergantung ukuran mobilnya. Pengunjung sanggup ke pantai ini dengan cara naik bus jurusan Pangandaran dari Bandung. Karena merupakan tempat wisata terkenal, banyak bus di terminal-terminal besar di Jawa Barat yang mempunyai rute ke daerah ini.
20.  Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng ialah pilihan sempurna untuk penggemar pantai sepi yang belum begitu terjamah. Pantai ini lokasinya agak terpencil, tetapi begitu mencapainya, pengunjung akan disambut dengan pasir higienis serta pemandangan indah. Di erat pantai ini ada bukit berjulukan Bagbagan, dan pengunjung sanggup melihat panorama ke arah Pelabuhan Ratu serta Perkebunan Teh Surangga. Namun demikian, pengunjung yang bermain air harus hati-hati lantaran ombaknya tidak mengecewakan keras. Pantai ini juga mempunyai tempat penangkaran penyu yang terbuka untuk umum.
Pantai Ujung Genteng berlokasi di Sukabumi, dan sanggup dicapai dengan kendaraan umum. Pengunjung yang berangkat dari Bogor atau Bandung sanggup naik bus ke Terminal Sukabumi, kemudian disambung naik angkutan kendaraan beroda empat ELF atau bus ke Surade. Setelah turun, gunakan angkutan umum warna merah atau ojek yang menuju ke Genteng. Harga tiket masuk pantai ini ialah 27.000 rupiah.
21.  Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu ialah tempat wisata alam ikonik di Jawa Barat. Terkenal dengan cerita rakyat Sangkuriang yang menjadi latar belakangnya, Gunung Tangkuban Perahu memperlihatkan udara sejuk serta pemandangan spektakuler ke arah 10 buah kawah. Pengunjung sanggup menapaki bawah umur tangga yang tersedia untuk mengakses area di pinggir kawah, atau menyewa kuda lengkap dengan pemandunya untuk menjelajahi lereng gunung.
Area Tangkuban Perahu buka dari pukul 07.00 hingga 17.00 (Kawah Domas hanya dibuka hingga pukul 14.00). Harga tiket masuknya ialah 25.000 rupiah untuk hari biasa dan 30.000 rupiah untuk simpulan pekan serta hari libur.
Pengunjung sanggup naik angkot L300 jurusan Stasiun Hall-Lembang dan turun di perempatan Lembang-Maribaya-Tangkuban Perahu. Dari sana, pengunjung sanggup angkutan umum jurusan Lembang-Cikole, kemudian turun di Tangkuban Perahu (jika ingin diantar ke area Kawah Ratu, ada tambahan ongkos).
22.  Situ Patenggang
Situ Patenggang ialah danau wisata di area Ciwidey, Bandung Selatan. Danau ini mempunyai pemandangan asri serta udara sejuk, lantaran berada di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut. Danau ini mempunyai bahtera wisata, pulau kecil berjulukan Pulau Asmara, serta beberapa vila yang memperlihatkan pemandangan ke arah danau. Kebun teh yang mengelilingi tempat wisata ini memperlihatkan pemandangan luar biasa.
Situ Patenggang buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00. Harga tiket masuknya ialah 20.000 rupiah, baik untuk hari biasa maupun simpulan pekan. Pengunjung sanggup memakai angkutan umum dari Terminal Leuwi Panjang ke Terminal Ciwidey. Dari sana, pengunjung menyambung naik angkutan umum ke Situ Patenggang.
23.  Perkebunan Teh Malabar
foto:http://majalahsedane.org

Perkebunan Teh Malabar ialah kebun teh terkenal di daerah Pangalengan, sekitar 45 kilometer dari Bandung. Kebun teh ini tidak hanya memperlihatkan pemandangan indah, tetapi juga banyak sekali kegiatan menyenangkan. Pengunjung sanggup menikmati kegiatan jalan-jalan di kebun teh, menginap di penginapan murah yang ada di area kebun, mandi di sumber air panas, atau berjalan-jalan ke puncak bukit berjulukan Gunung Nini.

Perkebunan Teh Malabar buka dari pukul 08.00 hingga 17.00. Tarif masuk ke perkebunan ini ialah 2.000 rupiah, dan ada juga biaya sebesar 5.000 rupiah untuk masuk ke Rumah Bosscha, yang merupakan kediaman pemilik Perkebunan Malabar di zaman kolonial, Karel Albert Rudolf Bosscha. Ada juga kemudahan pembuatan teh yang sanggup dilihat pengunjung, dengan biaya masuk 15.000 rupiah. Pengunjung juga sanggup membeli produk teh segar serta banyak sekali buah tangan lainnya.
Pengunjung yang naik kendaraan umum dari Bandung sanggup berangkat dari Terminal Leuwi Panjang, memakai bus jurusan Leuwi Panjang-Pangalengan, disambung dengan angkutan kota atau ojek ke arah Perkebunan Teh Malabar.
24.  Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey merupakan kawah dengan danau vulkanik yang menjadi cuilan dari Gunung Patuha, dan berlokasi di selatan Bandung (sekitar 50 kilometer). Seperti namanya, Kawah Putih Ciwidey mempunyai permukaan berwarna putih, berdampingan dengan air danau yang bernuansa kehijauan. Uniknya, warna permukaan danau tersebut sanggup berubah-ubah lantaran banyak sekali penyebab, mulai dari temperatur hingga waktu.
Area Kawah Putih Ciwidey buka dari pukul 07.00 hingga 17.00. Pengunjung yang tidak naik kendaraan beroda empat sanggup memakai angkutan umum dari Terminal Leuwi Panjang ke Terminal Ciwidey. Dari sana, pengunjung menyambung naik angkutan umum ke Situ Patenggang hingga mencapai area depan Kawah Putih. Tiket masuk ke Kawah Putih ialah 15.000 rupiah per orang, dengan tambahan 6.000 rupiah untuk parkir kendaraan beroda empat dan 5.000 rupiah untuk sepeda motor.
25.  Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Subang. Air di kolam-kolam pemandian di tempat ini bersumber dari Gunung Tangkuban Perahu, dan banyak pengunjung yang tiba demi menyembuhkan penyakit kulit atau menjaga kesehatan. Area pemandian ini dirancang secara modern, lengkap dengan taman dan gazebo di sekitarnya sehingga nyaman untuk semua kalangan. Fasilitasnya cukup lengkap, menyerupai spa, taman bermain anak, lokasi outbound, kedai makanan, dan musala.
Pemandian Ciater berlokasi di Jalan Cagak, Kecamatan Ciater, Subang (sekitar 15 menit berkendara dari Lembang). Tiket masuk ke pemandian ini ialah 22.000 rupiah per orang, dengan tambahan 20.000 hingga 55.000 rupiah untuk masuk ke pemandian sederhana, dan 80.000 rupiah untuk kolam pemandian utama yang terbesar.
Pengunjung yang tidak naik kendaraan beroda empat sanggup naik angkutan umum dari Terminal Ledeng-Bandung, jurusan Lembang. Saat hingga di Terminal Lembang, ganti dengan angkutan umum jurusan Subang, dan turun di Jalan Cagak.
26.  Cukang Taneuh/Green Canyon
foto:awanjakarta.com

Cukang Taneuh ialah nama area lembah dan sungai yang berlokasi sekitar 31 kilometer dari Pangandaran. Di area ini terdapat sungai yang disebut Green Canyon, lantaran airnya memantulkan warna hijau dari pepohonan di sekitarnya. Cukang Taneuh merupakan salah satu lokasi terkenal di Jawa Barat untuk kegiatan arung jeram dan body rafting (menyusuri jeram dengan hanya memakai pelampung di badan, tanpa perahu).

Cara terbaik menikmati pesona tempat ini ialah dengan memesan paket wisata lengkap, lantaran Anda sanggup mengikuti bermacam-macam kegiatan sekaligus mendokumentasikan perjalanan dengan kamera anti air.
Area Cukang Taneuh buka dari pukul 07.00 hingga 17.00, namun di hari Jumat, area wisata ini gres buka pukul 13.00. Pengunjung sanggup mencapai tempat ini dengan naik bus jurusan Pangandaran dari Bandung, turun di Terminal Pangandaran, lanjut naik bus ke Terminal Cijulang, dan naik ojek atau kendaraan beroda empat sewaan hingga ke Cukang Taneuh. Tarif naik bahtera wisata untuk menyusuri Green Canyon ialah 150.000 rupiah per perahu, dengan kapasitas maksimal 5 penumpang.
27.  Curug Cilember
Curug Cilember ialah salah satu wisata riam paling terkenal di Jawa Barat. Berlokasi di Cisarua, Bogor, Curug Cilember tidak hanya memperlihatkan pemandangan air terjun, tetapi juga taman kupu-kupu, dan area perkemahan. Keunikan tempat wisata ini ialah fakta bahwa Curug Cilember sebetulnya terdiri dari 7 air terjun, bukan hanya 1. Semua riam ini sanggup dicapai dalam 1 area, memakai jalur jalan kaki serta tangga yang cukup menantang.
Curug Cilember tidak hanya memperlihatkan pemandangan indah serta perkemahan, tetapi juga banyak sekali kemudahan wisata yang cukup memadai. Pengunjung sanggup menikmati banyak sekali hidangan di restoran yang ada, dengan sajian khas berupa sate kelinci. Ada juga toko cendera mata, musala, serta toilet demi kenyamanan pengunjung.
Curug Cilember buka selama 24 jam, lantaran di sini juga ada kemudahan vila yang sanggup disewa. Tiket masuk ke Curug Cilember hanya sekitar 6.000 rupiah, ditambah 8.000 rupiah untuk kendaraan beroda empat atau 6.000 rupiah untuk sepeda motor. Tiket masuk ke area taman kupu-kupu hanya sebesar 5.000 rupiah. Pengunjung yang naik angkutan umum dari Bogor sanggup memakai 2 angkutan umum, yaitu jurusan Bubulak-Sukasari dan Sukasari-Cisarua.

28.  Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Taman Nasional Gunung Halimun Salak berlokasi di Sukabumi dan merupakan yang terluas di Jawa, dengan luas area sekitar 113.357 hektar. Taman nasional ini ialah habitat dari banyak sekali spesies binatang dan tumbuhan, termasuk binatang langka menyerupai macan tutul Jawa, elang Jawa, surili, dan sebagainya. Masyarakat Kasepuhan Banten Kidul serta Baduy juga mendiami area di sekitar taman nasional ini.
Taman Nasional Gunung Halimun Salak memperlihatkan banyak sekali obyek wisata, menyerupai jalur penjelajahan, lokasi pengamatan burung, beberapa air terjun, titik pengamatan jamur “menyala” (jamur yang mengandung fosfor), jalur jalan-jalan di perkebunan teh, serta area perkemahan. Tiket masuk ke taman nasional ini hanya seharga 5.000 rupiah, tetapi pengunjung harus membayar harga tiket lagi untuk beberapa tempat wisata yang termasuk dalam area taman nasional.
Karena lokasinya yang cukup jauh dari sentra Kota Bandung, pengunjung disarankan naik kendaraan beroda empat atau bus untuk mencapai taman nasional. Perjalanan naik kendaraan beroda empat sanggup ditempuh dengan 3 cara: dari Bogor (melewati Tol Bogor dan Yasmin serta lanjut ke jalur menuju IPB), dari Sukabumi (lewat Tol Ciawi, Parung Kuda, Cikaniki, dan Citalahab), dan dari Banten (masuk ke area Kampung Ciptagelar sebelum jalan kaki ke Citalahab).
29.  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ialah area konservasi seluas 150 kilometer persegi yang terletak di antara 2 gunung berapi, yaitu Gunung Gede dan Pangrango. Area ini telah menjadi wilayah penelitian semenjak era kolonial Belanda lantaran kekayaan tumbuhan dan faunanya. Pengunjung yang tiba ke sini sanggup menikmati banyak sekali petualangan, mulai dari menyusuri jalur pendakian, melihat mata air panas, bertualang di bumi perkemahan, dan mengunjungi air terjun.

Taman nasional ini buka dari pukul 08.30 hingga 16.00, dan 09.00 hingga 15.00 pada simpulan pekan. Pengunjung harus membayar tiket masuk untuk setiap area wisata di taman nasional ini, dengan harga yang bervariasi untuk setiap pengunjung, mulai dari 11.000 hingga 40.000 rupiah. Pengunjung sanggup naik kendaraan beroda empat atau bus dari 6 rute ke taman nasional ini, yaitu dari Gunung Putri, Bodogol, Cibodas, Cisarua, Situgunung, dan Selabintana.
Sumber Artikel : Traveloka.com
Demikian ulasan mengenai 30 Tempat wisata terbaik dan rekomended di Jawa Barat yang perlu anda ketahui , semoga bermanfaat ya

Tags:
Share