SHOPPING CART

close

4 Museum Di Singapura Yang Patut Dikunjungi Saat berlibur Nanti

 

4 Museum Di Singapura Yang Patut Dikunjungi Saat berlibur Nanti

Walaupun hanya negara kecil namun jangan di tanya soal pariwisata di Singapura. Banyak tempat wisata di Singapore yang sanggup Anda kunjungi, mulai dari wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya, sampai wisata sejarah ada disini. Mengenai wisata sejarah sendiri di Singapura jangan lupa untuk mengunjungi museum – museum keren di sana juga berikut adalah 4 Museum di Singapura yang patut dikunjungi saat berlibur nanti 

Singapura sepertinya merupakan salah satu negara yang sangat menghargai peninggalan sejarah mereka. Anda sanggup menemukan banyak museum di Singapura. Museum-museum di Singapura hadir dengan bermacam-macam tema mulai dari kebudayaan, kehidupan sehari-hari, karya seni, bahkan pemadam kebakaran pun ada.

 

Berikut adalah 4 museum di Singapura yang patut untuk dikunjungi untuk mengisi liburan Anda

1 National Museum of Singapore

foto:commons.wikimedia.org

National Museum of Singapore atau Museum Nasional Singapura terletak di Stamford Road 93. Museum ini merupakan museum tertua di Singapura. Didirikan pada tahun 1887 dan pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2006. Museum ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Galeri Sejarah Singapura (Singapore History Gallery) dan Galeri Kehidupan Singapura (Singapore Living Gallery). Di galeri sejarah Singapura, pengunjung sanggup melihat aneka macam insiden besar bersejarah di Singapura dalam bentuk audio visual berteknologi canggih. Di galeri Kehidupan Singapura, pengunjung sanggup melihat bermacam-macam peninggalan yang menggambarkan kehidupan di Singapura dari zaman ke zaman, mulai dari pakaian, wayang serta film, makanan, sampai fotografi.

 

2. Asian Civilisations Museum

foto :www.straitstimes.com

Museum di Singapore selanjutnya yang dihentikan Anda lewatkan yaitu Asian Civilisations Museum atau Museum Peradaban Asia. Museum satu ini terletak di lisan sungai Singapore, tepatnya di gedung Empress Place. Bangunan Museum dibangun oleh J. F. A. McNair pada pertengahan 1860-an, dahulunya menjadi kantor pemerintahan kolonial. Museum peradaban Asia ini merupakan museum pertama yang menghadirkan sudut pandang yang luas serta terintegrasi mengenai peradaban serta budaya Asia. Museum ini dibangun sebagai bentuk apresiasi terdapat ragam budaya yang turut andil dalam membangun Singapura. Sejarah perkembangan kebudayaan Singapura selama 200 tahun belakangan menjadi fokus di museum Peradaban Asia. Disini pengunjung sanggup melihat aneka macam hasil-hasil kebudayaan dari Cina, Asia tenggara, Asia Selatan, sampai Asia barat.

 Museum Peranakan

Salah satu bab dari Asian Civilisations Museum yaitu Museum Peranakan. Museum Peranakan dibangun di bekas sekolah Cina Tao Nan. Museum di Singapore satu ini terdiri dari 10 galeri di 3 lantai yang menampilkan keberagaman etnis lebih banyak didominasi di Singapura, yaitu Cina, Melayu, dan India. Beragam aspek kebudayaan ketiga ini ditampilkan, mulai dari asal seruan bangsa, adat pernikahan, agama, pernak-pernik, kuliner dan perayaan, sampai ke dilema kehidupan sehari-hari.

 

3. Singapore Art Museum

foto:www.hippopass.com

Berikutnya ada Singapore Art Museum atau museum seni singapura. Museum ini terletak di Bras Basah road, dibangun di bekas sekolah katolik St. Joseph. Museum ini dibuka pada tahun 1996. Di sini pengunjung sanggup melihat aneka macam macam karya seni dari Singapura maupun dari negara-negara Asia tenggara lainnya. Museum di Singapura ini merupakan salah satu museum yang mempunyai koleksi terbesar dalam hal karya sendiri modern dan kontemporer untuk wilayah Asia Tenggara.

 



Booking.com

 

 

4. Museum Universitas Singapura

foto :visitsingapore.com

Selain itu ada juga Museum Universitas Singapura yang terletak di kampus untuk National University of Singapore atau Universitas Nasional Singapura. Disini terdapat aneka macam koleksi dari kebudayaan Cina, India, sampai Asia Tenggara secara umum. Museum ini terdiri dari 4 koleksi dengan lebih dari 7000 artefak dan karya seni, yaitu koleksi Lee Kong Chian yang berisi benda-benda dari kebudayaan Cina dari masa kemudian sampai kontemporer; koleksi Asia Selatan dan Asia Tenggara yang kebanyakan berafiliasi dengan berisi pahatan India usang sampai karya seni modern; Ng Eng Teng collection yang terdiri dari 1000 karya seni terkini; dan terakhir yaitu Strait Chinese Collection yang terletak di Baba House.

Selain beberapa museum yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa museum lain diantaranya yaitu Art Science Museum di kompleks Marina Bay, Singapore Philatelic Museum atau museum perangko, Army Museum of Singapore, dan Republic of Singapore Air Force Museum. Selain museum di Singapore, peninggalan-peninggalan bersejarah Singapura juga tersimpan di aneka macam pusat-pusat warisan. Pengunjung sanggup mendatangi sentra warisan Melayu dan Cina jikalau ingin mengetahui lebih dalam mengenai kebudayaan Melayu dan Cina di Singapura. Jika ingin tahu mengenai pertahanan sipil dan sejarah pemadam kebakaran Singapura datanglah ke sentra warisan pertahanan sipil (civil Defence Heritage Centre). Beberapa sentra warisan lainnya juga sanggup dikunjungi untuk mendapat pengetahuan yang mendalam mengenai sejarah Singapura.

 


Baca artikel lainnya :

Inilah 5 Makanan Khas Singapore Dengan Harga Murah


 

Pemerintah Singapura melalui dewan kebudayaan mereka sepertinya sangat bersemangat untuk menghidupkan kembali situs-situs bersejarah dan menimbulkan sebagai tempat-tempat untuk melacak perkembangan Singapura di masa lalu. Museum-museum di Singapore yang sebelumnya tertutup sekarang banyak yang terbuka untuk umum. Ini sanggup menjadi salah satu wisata bersejarah yang menarik bagi wisatawan dari Indonesia secara khusus. Mengunjungi museum-museum di Singapura tidak hanya untuk mendapat informasi mengenai Singapura saja, tapi aneka macam kebudayaan lainnya pula.

Demikian ulasan mengenai 4 Museum Di Singapura Yang Patut Dikunjungi Saat berlibur Nanti  , semoga selalu bermanfaat ya.

Tags:

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share