SHOPPING CART

close

5 Tempat Wisata Terkenal Bersejarah di Surabaya yang perlu anda ketahui

5 Tempat Wisata Terkenal Bersejarah di Surabaya yang perlu anda ketahui

Surabaya adalah kota metropolitan terbesar setelah ibukota Jakarta, dahulu kota ini merupakan saksi sejarah dari perjuangan bangsa indonesia untuk mencapai kemerdekaan, tak heran jika kita mengingat hari pahlawan pada 10 november tentunya tak lepas dari kota Surabaya yang disebut sebagai kota pahlawan dimana disini pernah terjadi pertempuran melawan tentara asing pada tahun 1945 dan meninggalkan banyak cerita dan tempat – tempat bersejarah di kota ini yang sangat menarik untuk di lihat di masa sekarang ini, simak langsung 5 Tempat Wisata Terkenal Bersejarah di Surabaya yang perlu anda ketahui

Bagi teman traveler yang lagi jalan -jalan ke surabaya tentunya mengunjungi tempat bersejarah bisa menjadi alternatif wisata yang bisa anda kunjungi selain tempat wisata hits di Surabaya lainnya bukan ? berikut kami infokan 5 tempat bersejarah di Surabaya yang bisa anda kunjungi

1.Hotel Yamato atau yang kini bernama hotel Majapahit

Hotel Yamato atau yang kini bernama hotel Majapahit

Hotel Yamato yang kini berganti nama menjadi hotel Majapahit dulunya merupakan tempat terjadinya peristiwa perobekan warna biru pada bendera belanda pada 19 september 1945. Setelah insiden bendera ini, meletuslah pertempuran pertama antara Indonesia melawan tentara Inggris pada tanggal 27 Oktober 1945.
Sampai sekarang hotel Majapahit masih eksis dan telah berkembang menjadi hotel bintang lima di Surabaya, hotel majapahit surabaya memiliki nuansa gedung berdesain gaya eropa dan terlihat sangat mewah guys, mau menginap disini tarifnya mulai dari angka 1 jutaan / malam, baca detail mengenai hotel majapahit surabaya

Hotel Majapahit berada di Jalan Tunjungan No.65 Kota Surabaya

2. Jembatan merah Surabaya

Wisata Sejarah Jembatan Merah di Surabaya

Jembatan Merah yang terletak di atas sungai kalimas ini memiliki nilai sejarah sangat penting. Dulunya jembatan merah yang menghubungkan kalimas dan gedung residensi Surabaya ini adalah tempat berdagang dari berbagai negara antara lain China Eropa dan Arab.

Jembatan ini menjadi saksi bisu perjuangan pemuda indonesia melawan tentara inggris yang sempat dipimpin oleh brigjen Mallaby. Di sekitar jembatan terdapat beberapa bangunan peninggalan belanda yang saat ini masih difungsikan. Tak jauh dari jembatan merah terdapat juga pusat perbelanjaan jembatan merah plaza. baca detail mengenai wisata sejarah jembatan merah surabaya

Lokasi jembatan merah surabaya berada di jalan Kembang Jepun No.192, Nyamplungan, Kec. Pabean Cantian Surbaya

Baca : 10 Hotel Terbaik di Tengah Kota Surabaya, Terupdate 2019

3. Gedung internatio

Gedung internatio Surabaya

Banyak yang mengira bahwa pemimpin tentara inggris brigjen Mallaby tewas di jembatan merah tetapi sebenarnya peristiwa tersebut terjadi di area gedung internatio yang menjadi tempat markas dari tentara sekutu. Pada peristiwa 10 November 1945 para pejuang surabaya yang bersenjatakan seadanya mengepung gedung ini.

Gedung internatio yang terletak di sudut jalan Jayengrono ini dibangun pada 1929 oleh pemerintah Belanda. Sayangnya gedung yang masih berdiri kokoh ini sudah tidak difungsikan lagi.

Lokasi Gedung Internatio berada di Krembangan Selatan, Kec. Krembangan Kota Surabaya

4. Gedung bank Mandiri

Gedung bank Mandiri , Surabaya

Gedung Bank Mandiri yang berlokasi di jalan pahlawan ini. dulunya adalah gedung milik perusahaan dagang Belanda yang bernama Lindeteves Stokvis dan dibangun pada 1911. Ketika penjajahan belanda berakhir gedung ini digunakan tentara jepang untuk menyimpan senjata. Pada 1 oktober 1945, pemuda Surabaya pun bertempur dengan tentara jepang dan berhasil merampas senjata mereka.

Gedung ini dibangun pada tahun 1911, pendirinya bernama Hulswit dengan nama gedung Lindeteves Stokvis, gedung ini di gunakan untuk memperbaiki mesin – mesin perang pemerintahan hindia belanda.

5. Tugu pahlawan Surabaya

Tugu pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon kota Surabaya. yang diresmikan pada 1952 oleh presiden Soekarno. Didirikan di tengah taman Kebonrejo, tepat di seberang kantor Gubernur. Tugu ini berdiri untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 yang menewaskan banyak pejuang, museum ini berisi patung peraga dan ukiran yang menggambarkan peristiwa 10 November 1945.
Tugu Pahlawan ini memiliki ketinggian mencapai 41.15 meter berbentuk lingga atau seperti paku terbalik.

Lokasi Tugu Pahlawan surabaya berada di jalan Bubutan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan kota Surabaya.

Baca artikel lainnya : 10 Tempat Wisata Terbaru dan Hits di Sidoarjo Jawa Timur, Update Juni 2019

Demikian ulasan mengenai 5 Tempat Wisata Terkenal Bersejarah di Surabaya yang perlu anda ketahui, semoga selalu bermanfaat dan terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “5 Tempat Wisata Terkenal Bersejarah di Surabaya yang perlu anda ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: