55 Kawasan Destinasi Wisata Alam Jeram Curug Danau Situ Pemandian Air Panas Di Sekitar Akrab Kota Bandung Majalengka Cianjur Bogor Karawang Kuningan Tasikmalaya Jawa Barat

Tempat Wisata Di Bandung dibilang takkkan pernah bisa dihitung. Semua ada disini mulai dari wisata alam, wisata kuliner, pendidikan, wisata shopping  dan wahana wisata lainnya yang unik kreatif dan tidak ada ditempat lainnya di seluruh Indonesia bahkan Dunia. Wisata Alam di Bandung menyimpan sejuta pesona alam yang sangat indah lantaran Bandung merupakan kota Besar yang terletak di wilayah dataran tinggi yang dikelilingi pengunungan sehingga disini udaranya berhawa sejuk. Selain itu Bandung  dialiri 2 sungai besar yaitu sungai Cikapundung dan Sungai Citarum. Berikut adalah 55 Kawasan Destinasi Wisata Alam Jeram Curug Danau Situ Pemandian Air Panas Di Sekitar Akrab Kota Bandung Majalengka Cianjur Bogor Karawang Kuningan Tasikmalaya Jawa Barat
Bagi Anda yang berwisata di kota Bandung dan ingin menikmati indahnya alam , berikut ialah aneka macam tempat wisata Alam yang bisa Anda singgahi yang letaknya tidak jauh dari kota Bandung :

1. Curug Maribaya

 

 Curug Maribaya terletak di sebelah utara kota Bandung. Tepat nya berada di sebelah timur Lembang. Kawasan ini dulu terkenal dengan pemandian air panas nya. Tapi ketika ini yang masih terkenal ialah alam nya yang masih asri dan menyatu dengan tempat Taman Hutan Raya Djuanda.
Curug Maribaya Lembang sendiri lokasinya berada di dalam tempat Taman Wisata Maribaya.
Letaknya hanya berjarak sekitar kurang lebih 15 kilometer dari arah sentra kota Bandung, atau sekitar membutuhkan waktu berkendara kurang dari 1 jam.
Untuk menuju ke sini bisa dari arah kota Bandung atau bisa juga dari arah kota Subang. Jika Anda ambil yang dari kota Subang, Anda juga bisa sekalian mau ke Tangkuban Parahu. Jalur ini memang menjadi jalur alternatif menuju Bandung dan pemandangan di kiri kanannya yang yummy dilihat. Aktifitas ayng bisa Anda lakukan diantaranya : Foto foto di Skybridge tapak Halimun, Terkking, Mancing di Telaga Giri, Mandi Air Panas

2. Curug Dago

Curug Dago terletak di Desa Dago, Kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat. Berada sekitar 8 km di utara sentra kota Bandung. Untuk mengakses lokasi, terdapat beberapa cara yang bisa Anda tempuh yaitu melewati jalan seberang Terminal Dago atau melewati Taman Budaya Ganesha Dago atau Dago Tea House yang berada di Jalan Ir. Djuanda.  Akses jalan tersebut hanya sanggup menggunakan kendaraan roda dua atau dengan berjalan kaki.
 Curug Dago merupakan taman wisata gerojokan yang berada di Kota Bandung. Curug ini mempunyai ketinggian gerojokan sekitar 12 meter saja dan lokasi curug berada pada ketinggian sekitar 800 meter diatas permukaan laut. Terbentuknya curug ini bermula dari anutan sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya ke kota Bandung.

3. Curug Layung

 

Curug ini merupakan salah satu dari sekian banyak Curug di anutan Sungai Cimahi. Terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, curug ini sempat tertutup untuk umum ketika dulu daerahnya termasuk ke dalam area latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrang. Namun semenjak tahun 2012 tempat ini mulai dibuka lagi sebagai objek wisata.
Curug Layung ini tidak terlalu tinggi alirannya, namun mempunyai kolam alami yang cukup luas. Biasanya curug ini dijadikan areal berenang bagi para pengunjung yang tahan dengan dinginnya air sungai Cimahi yang mengalir dari hulunya di daerah Situ Lembang. Curug ini ada di urutan paling hulu di anutan Sungai Cimahi, ke arah hilir makin ke bawah masih ada curug lain, yakni Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi, Curug Panganten, dan Curug Lalay.

 

4. Curug Malela

Curug Malela atau dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela mempunyai sumber gerojokan yang  berasal dari hulu sungai cuilan Utara Gunung Kendeng,yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati,kemudian mengalir melintasi sungai cidadap – Gunung Halu.
Curug Malela Bandung yang mempunyai ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar curug mencapai 70 meter,memiliki 5 buah jalur gerojokan yang akan tampak sekali keindahan serta kemegahannya yang sangat mempesona siapa pun yang melihatnya,apabila debit air menuju lokasi ini sedang banyak serta mengalir deras melintasi gerojokan ini.
Curug Malela apabila dilihat dari kejauhan akan terlihat mirip kilauan benang-benang sutra halus yang bersinar.Di pinggir cuilan kanannya anda bisa melihat bentuk tebing yang cukup tinggi nan eksotis berwarna putih yang mengarah ke bawah air terjun.
Lokasinya terletak di desa Cicadas,Kecamatan Rongga- Gununghalu Kabupaten Bandung Barat.Dan tempat wisata alam di bandung barat ini bisa dicapai selama kurang lebih 3 jam perjalanan dari sentra kota Bandung,serta berjalan kaki menuju lokasi sejauh 10 Km dengan menyusuri perbukitan yang hijau dan indah menghampar.

 

5. Curug Tilu Leuwi Opat

 

Curug Tilu Leuwi Opat berlokasi di Ciwangun Parompong, Kabupaten Bandung Barat. Tempatnya tidak jauh dari Lembang. Letaknya pun berdekatan dengan Curug Cimahi.
Kendeati namanya Curug Tilu Leuwi Opat sejatinya ada empat curug (air terjun) di sana yaitu Curug Aseupan, Curug Tilu, Curug Cilaki, dan Curug Citulang. Sementara itu, ada empat leuwi (sungai) yaitu Leuwi Baeud, Leuwi Gentong, Leuwi Kacapi, dan Leuwi Bagong.
Selain itu, terdapat pula dua goa di asna yaitu Goa Lalay dan Goa Tokek. Dinamai demikian lantaran kedua binatang itulah yang banyak menguni cuilan dalam gua.
Dari empat curug tersebut, ada yang masih dalam tahap renovasi yaitu Curug Tilu.Di Curug Tilu terdapat gerojokan yang memesona di tambah tebing yang tinggi menjulang.

6. Curug Sadim

Curug ini merupakan salah satu Agrowisata yang ditawarkan PTPN VIII Ciater. Selain curug Sadim, curug lainnya yang dikelola PTPN VIII Ciater ialah curug Mandala yang masih satu anutan sungai dengan curug Sadim. Letak curug Mandala lebih ke hulu aliran sungai Cimuja. Sedangkan lebih ke cuilan hilirnya yang berdekatan dengan curug Sadim terdapat curug Pamandian Tuan, curug Cimuja, curug Karembong dan curug Goa Badak yang dikelola oleh taman wisata Capolaga. Aliran sungai Cimuja sediri merupakan jejak lava letusan gunung Tangkuban Parahu yang terbentuk ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.
Jika hendalk menuju ke sana dari arah Sariater arahkan kendaraan menuju kampung Pabaruban, desa Cicadas. Sebelum kampung Panaruban anda akan menemukan Lapangan sepak bola. Jalan menuju curug Sadim terletak di seberang lapangan sepak bola tersebut.

 

7. Curug Cikaso, Sukabumi

 Curug Cikaso terletak di kampung Ciniti Desa Cibitung Kec. Surade Sukabumi. Curug ini mempunyai 3 curahan gerojokan yang masing masing berjulukan Curug Aseupan, Curug Meong dan Curug Aki.
Air terjun Cikaso bejarak tempuh sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon,32 kilometer dari Ujung Genteng dan berjarak sekitar 110 kilometer dengan kota Sukabumi serta berjarak sekitar 70 kilometer dari Palabuhanratu. Jika kita mengunjungi tempat ini dari kota Sukabumi, maka jalan menuju Curug Cikaso searah dengan jalur Pantai Ujung Genteng. Dari Sukabumi menuju Jampang Kulon kemudian dilanjutkan ke arah Surade.
Sebelum Anda hingga ke Surade, di pertigaan Anda berbelok dan memasuki jalan Cikaso. Keadaan jalan menuju gerojokan ini kurang baik dan cukup menantang yakni banyaknya tubuh jalan yang rusak dan juga medannya yang cukup berat, mirip tanjakan yang curam, tikungan.

8. Curug Cimahi

Curug Cimahi ialah gerojokan yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 87 meter, menjadikan gerojokan ini sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang atau 20 kilometer dari Kota Bandung.

 Lokasi curug Cimahi berada di atas ketinggian 1050 meter di atas permukaan air laut, dengan suhu tempat yang berkisar antara 18 – 22 derajat celcius, sehingga menjadikannya sebuah tempat wisata  alam khas pegunungan di bandung barat dengan udara yang sejuk.
Yang menarik Curug Cimahi Bandung Ini bila malam hari berwarna warni mirip pelangi sehingga diberi nama rainbow waterfall. Hal ini disebabkan karena  ide dari ADM Perhutani KPH Bandung Utara yang berjulukan Wismo Tri Kuncoro, dengan terinspirasi serta mengadopsi konsep salah satu wisata gerojokan yang ada di negara cuilan Colorado Amerika, maka hadirlah Curug Pelangi atau The Rainbaw Waterfall di Bandung ini.
Ya, konsep wisata gerojokan ini dirancang sedemikian rupa, sehingga menghadirkan pertunjukan gerojokan yang jatuh dari ketinggian tidak kurang dari 71 meter ini sebelum menyentuh tanah akan terlihat berwarna-warna layaknya sinar pelangi sebelum jatuh ke bawah.
Kenapa bisa bercahaya mirip pelangi ? ternyata hal itu disebabkan, di cuilan belakang gerojokan Cimahi ini telah dipsangai dengan lampu-lampu yang telah disetting yang bisa menghasilkan warna-warni pelangi ketika disorotkan ke air terjun.

9. Curug Bandung, Karawang

Lokasi dari Curug Bandung berada tak jauh dari karawang. Sekitar 43 km dari sentra Pemerintahan Kabupaten Karawang dengan rute yang bisa ditempuh melalui jalur Karawang-Loji yang berjarak sekitar 30 km. Lalu Anda sanggup melanjutkan perjalanan dari tempat Loji ke daerah Jayanti sekitar 10 km. Air terjun Bandung ini mempunyai ciri khas bebatuan yang indah. Curuk Bandung terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat .Setelah hingga Jayanti, Anda menuju ke lokasi Curug Bandung dengan jarak sekitar kira kira sejauh 3 km. Anda sanggup menempuh perjalanan tersebut dengan berjalan kaki yang akan ditemani pemandangan yang begitu indahnya.Untuk kondisi jalan dari Kota Karawang hingga ke Jayanti jalannya sudah beraspal dan sanggup dilalui  oleh kendaraan dua maupun empat.

 

10. Curug Citambur, Cianjur

 

Curug Citambur ini berada di daerah Cianjur Selatan. Tepatnya berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat. Untuk bisa mencapai Curug Citambur bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun, di beberapa tempat ketika hampir hingga di Curug Citambur jalanan akan semakin rusak parah dan berbatu. Jadi, bila ingin menggunakan kendaraan roda empat atau kendaraan beroda empat supaya tak menggunakan kendaraan beroda empat pendek atau sedan.
Rute menuju Curug Citambur bisa diambil dari arah kota Bandung menuju tempat Ciwidey, Bandung Selatan. Berikut ialah rute singkat yang bisa dijadikan sebagai patokan : Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Rancabali.
Bagi yang mengambil arah dari Bandung kau hanya perlu berjalan menuju tempat Ciwidey hingga melewati tempat Wisata Alam Kawah Putih, Pemandian Air Panas Cimanggu, Pemandian Air Panas Ciwalini dan melewati perkebunan teh yang berkelok-kelok. Saat hampir hingga di tempat Wisata Alam Situ Patengan sebelumnya terdapat Kantor Kecamtan Rancabali. Dekat dengan kantor Kecamatan Rancabali tersebut terdapat belokan menuju arah kanan ke arah Perkebunan Teh Sinumbra. Arahkan kendaraan kau menuju arah Perkebunan Teh Sinumbra tersebut.
Kurang lebih sekitar 1,5 jam dari desa Cipelah Kecamatan Rancabali menuju desa Karang Jaya. Akses jalan di Perkebunan Teh Sinumbra cukup baik, namun akan bertambah parah ketika memasuki desa Karang Jaya. Saat tiba di Kantor Desa Karang Jaya, sempurna didepannya terdapat pintu masuk menuju Curug Citambur. Dekat dengan pintu masuk tersebut terdapat danau kecil berjulukan Situ Rawa Suro yang berfungsi sebagai penampungan air bagi pengairan irigasi.
Dari Situ Rawo Suro tersebut perjalanan masih sekitar 200 meter. Jalanan ditempat ini ialah berbatu dan belum di aspal atau hotmix. Jadi, kehati-hatian dalam berkendara sangat dibutuhkan ketika ditempat ini. Saat masuk pintu masuk kau bisa memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang tersedia. Selanjutnya perjalanan menuju Curug Citambur dilanjutkan dengan berjalan kaki.

 

11. Air Terjun Kembar Cigamea, Bogor

 

Curug Cigamea berada di tempat kawasan Wisata Gunung Salak Endah di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Tepatnya di Desa Gunung Sari, Pamijahan, Kabupaten Bogor ini gampang didatangi. Hanya berjarak 1,5 jam hingga hingga lokasi kok. Kurang lebih 38 kilometer.
Curug cigame mempunyai dua macam gerojokan yang mempunyai huruf yang berbeda, gerojokan yang pertama terletak tidak jauh dari pintu masuk yang mempunyai huruf berupa dinding tebing yang curam dengan bebatuan yang didominasi oleh warna hitam .sedangkan gerojokan ke dua terletak di agak jauh dari pintu masuk yang berjarak sekitar 30 M dari gerojokan yang pertam Air terjun ke dua atau gerojokan utama curug cigamea ini mempunyai ketinggian 50 meter dari dasar air terjun. kolam gerojokan kedua ini bisa digunakan untuk berenang lantaran mempunyai area yang luas tidak mirip di gerojokan yang pertama dengan kolam yang sempit.

12. Curug Cipamingkis, Bogor

Curug Cipamingkis, merupakan satu dari sekian banyak obyek wisata di Bogor yang wajib dikunjungi. Curug atau gerojokan yang terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini tak hanya menyajikan keindahan alam yang dikelilingi pohon besar.
Curug Cipamingkis merupakan tempat pertemuan anutan dua sungai yang melintasi Kabupaten Bogor, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Nama Curug Cipamingkis sendiri diambil dari salah satu sumber sungai tersebut.Curug Cipamingkis juga menyimpan sisi mistis. Konon, berdasarkan warga setempat, di area gerojokan sering muncul penampakan makhluk halus berbentuk ular naga dengan kepala seorang wanita cantik.



Booking.com

13. Curug Cipeuteuy, Majalengka

Air terjun menawan satu ini terletak di Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pastinya Anda harus tracking untuk mencapainya, selama diperjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam serta bunyi burung berkicau yang menenangkan pikiran.

 Di tempat ini pun merupakan habitat elang jawa dan binatang lainnya. Pengunjung pun bisa mencoba mengamati di spot pengamatan binatang yang disediakan pihak pengelola. Fasilitas lainnya ada area hiking, mengenal jenis-jenis pohon, dan beristirahat di saung-saung sambil menikmati makanan. Dan tentunya Anda bisa menikmati gerojokan yang begit memesona. Jatuhan air ke kolam merupakan simfoni alam yang menyejukkan. Di sini ada beberapa kolam yang bisa Anda nikmati. Namun ada juga kolam yang dihentikan direnangi.

Untuk membasahi tubuh, bisa di kolam yang ada pancuran. Di sini pula ada kolam terapi yang dipercaya berguna bagi tubuh. Air terjun mempunyai air yang jernih dan juga dingin. Ketinggian curug sendiri hanya sekitar 5 Menter. Namun, panorama alam sekitar curug dan air yang bening menjadi daya tarik curug ini.

Selain itu air higienis dan cuek yang berasal dari curug sengaja di bendung atau dibentuk semacam kolam supaya Fasilitas lain untuk penunjang pengunjung yang ada di sini pun bikin betah pengunjung.Curug Cipeuteuy ini hanya mempunyai ketinggian terjunan air sekitar 5 m saja dan terletak di hutan pinus.

 

14. Curug Muara Jaya, Majalengka

 

Curug Muara Jaya ialah jenis gerojokan bertingkat. Di cuilan bawah ada air melewati tebing setinggi 60 meter, di atasnya tidak begitu tinggi sekitar 13 meter saja. Masyarakat setempat juga menyebut tempat ini dengan nama Curug Apuy, destinasi pujian Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Dari sentra kota, membutuhkan waktu selama 40 hingga 60 menit perjalanan dengan jarak tempuh sejauh 21 kilometer. Anda bisa kendaraan beroda empat atau sepeda motor lantaran ketersediaan angkutan umum masih sangat terbatas. Dari Pusat kota menuju Curug Muara dihubungkan oleh susukan jalan yang sempit dan berkelok-kelok namun kondisi aspalnya cukup baik. Dari pemukiman terdekat di mana terdapat tempat parkir di sana, kau harus berjalan kaki sejauh 300 meter melewati anak tangga.

15. Curug Winujati

 

Curug Winujati berada di tempat wisata Alam Gunung Wayang. Terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Ciwaru, lebih tepatnya di Dusun Pawasa, sekitar 15 KM dari Luragung ke arah selatan.
Di sekitar gunung wayang terdapat beberapa curug (air terjun) yang masih alami dan belum banyak orang menjamahnya. Diantaranya curug Cigolo, Winujati, Cisabuk, Cibedil dan Cipicung yang mempunyai jalur atau jalan yang berbeda.Curug Winujati sendiri mempunyai ketinggian sekitar 60 meter yang pribadi berhadapan dengan bukit yang sangat indah dan terletak di puncak gunung winujati. Jarak temuh dari tempat parkir menuju curug kurang lebih satu jam.

16. Curug Cikondang, Cianjur

 

Curug Cikondang terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.Memiliki ketinggian sekitar 50 m dan terletak diantara hamparan kebun teh PTP VIII Panyairan dan terasering sawah yang menghijau.Curug Cikondang dikenal sebagai  Niagara mini. Untuk masuk lokasi wisata setiap pengunjung cukup membayar Rp5.000. Sepertinya, retribusi ini masih dikelola secara berdikari oleh pihak Desa Sukadana atau serikat pekerja perkebunan. Itu terlihat dari tiket masuk yang berupa kertas kecil mirip gulungan kertas untuk arisan, namun menggunakan cap SP BUN Panyairan.

 

17. Curug Luhur

 Curug Luhur ialah nama sebuah gerojokan yang berada di kaki Gunung Salak. Curug artinya dalam bahasa Sunda ialah gerojokan dan luhur artinya tinggi. Nama curug ini bisa diartikan sebagai curug tinggi atau tertinggi. Nama ini mengacu pada fisiknya yang merupakan yang tertinggi diantara aneka macam curug yang ada di kaki gunung simbol Bogor tersebut. Tinggi curug ini sekitar 62 meter dari permukaan tanah. Curug Luhur terdapat di Desa Ciapus Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 20-22 kilometer (diukur menggunakan odometer Supra Fit November 2014 yang lalu) dari Kebun Raya Bogor. Waktu tempuh (tergantung jenis angkutan yang digunakan serta kondisi kemudian lintas) berkisar antara 1 hingga 1 1/2 jam.
Bila menggunakan kendaraan pribadi, lokasinya sanggup dicapai melalui dua jalur (dari Jakarta)
  1. Melalui Kebun Raya – Empang – Cikaret – Ciapus
  2. Melalui Jalan Soleh Iskandar – Jalan Ciomas – Laladon – Simpang Pagelaran (belok kanan lurus) – Curug Luhur

 

18. Curug Pangeran

Lokasi Curug Pangeran berada di  Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat .Curug Pangeran ini ialah tempatnya yang masih belum begitu terkenal. Khususnya bila dibandingkan Curug lainnya di daerah Bogor, Jawa Barat. Makara sanggup dibilang ini merupakan Curug yang masih tidak mainstream. Memang sebuah tempat wisata alam bila sudah terlalu dipadati oleh pengunjung akan menjadi kurang menyenangkan, termasuk bila Anda berkunjung ke sebuah Curug. Hanya dengan merogoh kocek Rp 15 ribu untuk tiket masuk, Anda bisa nikmati segarnya air di curug ini.Kolam air di cuilan bawah curug tidak begitu dalam.Warnanya hijau jernih layaknya kolam renang.Tebingnya juga tidak begitu tinggi dan bisa menjadi wahana untuk melompat ke permukaan air.

19. Curug Cenglang/ Curug Remis, Majalengka

 

 

Tidak jauh dari Blok Sawiah terdapat Curug Genclang di bukit Pucuk, salah satu perbukitan yang mengelilingi Gunung Ciremai. Sumber anutan curug berasal dari sungai Cigenclang, dan dalam satu anutan sungai Cigenclang terdapat 9 rangkaian gerojokan yang ketika ini dinamai Curug Genclang. Posisi curug Genclang berada di tengah-tengah jalur pendekian Gunung Ciremai via Apuy dan via Palutungan. Bahkan berdasarkan informasi bila diteruskan mengikuti anutan sungai hingga ke hulu akan bertemu dengan jalur pendakian Ciremai via Apuy. Sebagai objek wisata yang gres dikenal, masih banyak yang harus dibenahi di area curug Remis.
Curug Remis ada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl, sehingga udara akan terasa lebih sejuk dan berkabut. Udara yang sejuk serta kondisi di sekitar Curug Remis yang masih rimbun dan alami akan membayar rasa lelah perjalanan jauh.
Ketinggian rangkaian gerojokan di anutan ini bervariasi, dan ketinggian curug Remis yang merupakan gerojokan tertinggi di anutan sungai sekitar 80 meter. Ketinggian gerojokan lainnya ada yang 20 meter, 30 meter, dengan huruf dinding gerojokan serta anutan jatuh yang berbeda-beda.

20. Curug Cibereum, Cianjur

Curug Cibeureum ialah objek wisata yang terbentuk secara alami yang terdapat di dalam hutan Gunung Gede Pangrango. Namanya sangat terkenal di kalangan para pendaki, lantaran destinasi yang satu ini merupakan cuilan dari jalur pendakian Gede Pangrango via Cibodas.Berada pada ketinggian 1.675 m dari permukaan bahari (dpl), suhu atau temperatur di dilokasi ini bervariasi antara 10 °C hingga dengan 18 °C. Curah hujan pun terbilang cukup lebat yaitu kisaran 3.000-4.200 mm per tahun. Pada jarak 1 km sebelum Curug Cibeureum anda sanggup mampir terlebih dahulu ke danau alami berjulukan Telaga Biru. Danau yang berada di jalur pendakian ini merupakan tempat minum sejumlah binatang mirip babi hujan, macan, anjing hutan, dan kijang. Penamaan warna biru sendiri disebabkan oleh tumbuhan yang hidup didalam danau homogen ganggang yang mengakibatkan warna air di danau sekilas terlihat berwarna biru kehijau-hijauan.



Booking.com

 

21. Curug Bangkong, Kuningan

 Air Terjun Bangkong atau Curug Bangkong di Kuningan, tepatnya di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Jawa Barat. Air terjun ini yang mempunyai tinggi 23 meter dan lebar 3 meter ini mempunyai debit air yang sangat kuat, meskipun ketika bulan kemarau debit airnya masih sangat berpengaruh dan bisa mengalir hingga ke sungai yang ada di samping curug.
Sedangkan ketika animo penghujan sendiri bedit air semakin besar hingga terbelah menjadi dua bagian. Inilah yang membuat pengunjung selalu ingin menyaksikan keindahan yang ada di curug Kuningan satu ini.
Akses menuju lokasi pun sanggup ditempuh menggunakan kendaraan pribadi saja. Kamu bisa menuju ke Kecamatan Nusaheang yang berjarak 9 Km dari sentra Kuningan. Jalanan sudah beraspal, namun lantaran lokasi curug berada dipegunungan, maka jalanan berkelok dan sedikit curam pun akan menambah keseruan selama menuju lokasi curug.
Disepanjang jalan sudah tersedia plang petunjuk yang mengarah ke lokasi wisata, pengunjung tak perlu gundah lagi. Sesampainya di pintu masuk area dan di tempat parkir kendaraan, pengunjung harus melewati jalanan setapak yang mengarah ke Curug Bangkong. Tenang, jaraknya tak jauh dari tempat parkir tadi.

 

22. Curug Penganten, Bogor

Letak curug ini sempurna berada di atas Curug Cilalay dan berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan. Namun jalan yang ditempuh ke curug ini sungguh sangat berbahaya, jadi kita mesti harus berhati-hati. Jalan yang kami lalui masih berupa tanah bebatuan yang terjal dan licin, yang sedikit saja kita lengah akan tergelincir ke bawah. Hanya seutas tali yang sedikit membantu kami untuk mendaki ke Curug Penganten. Letak curug ini berada satu lokasi dengan Curug Cilalay, lebih tepatnya di Kampung Tonjong, Desa Cikutamahi, Cariu, Bogor

 

23. Curug Cukang Rahong, Bogor

Curug Rahong yang ingin saya tuju, yang lokasi tepatnya di Kampung Kedaung, Desa Rengas Jajar, Kecamatan Cigudeg, Bogor cuilan utara. Jika ditempuh dari Tangerang, perjalanan menuju ke Legok, kemudian Parung Panjang hingga ke Sidamanik. Di pertigaan Sidamanik, saya berbelok ke kiri dan sekitar 20 menit bertemu dengan Kampung Kedaung. Di Kampung inilah, saya harus memarkir sepeda motor, lantaran perjalanan menuju Curug Rahong hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Jalan kaki dari Kampung Kedaung ke Curug Rahong yang jaraknya sekitar 1,5 km juga harus ditempuh dengan kehati-hatian. Tak hanya jalan setapak yang licin, tetapi juga waspada terhadap kemungkinan munculnya ular, lantaran wilayah ini merupakan perpaduan antara hutan perkebunan dan rimba liar yang menjanjikan ancaman.

24. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek berada di lokasi  Kampung Cisanggarung Lebak,Pasir Impun Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Pemandangan alam dari tempat ini terutama susunan dan warna tebing bebatuannya yang kekuning-kuningan menjadi nilai eksotisme tersendiri.
Jenis watu yang ada di tebing ini ialah bebatuan metamorf, yang terbentuk lantaran faktor perubahan tekanan udara dengan suhu yang tinggi di dalam perut bumi.
Sementara kenapa watu di sini dinamakan watu templek, itu dikarenakan jenis batunya mirip lempengan yang tipis.
Lalu kenapa nama gerojokan dinamakan Curug Batu Templek ialah lantaran di tempat ini terdapat tebing watu yang di atasnya dialiri air dari sungai di atasnya.

 

25. Curug Ciparay, Tasikmalaya

 

Akses ke curug ini memang sangat sulit. Selain jalannya yang sangat parah yaitu hanya bebatuan dan tanah, jalan menuju curug ini juga terjal, penuh tanjakan. Perlu motor yang benar-benar fit atau butuh motor trail untuk menuju ke tempat ini. Curug Ciparay sanggup diakses dari Ibukota Kabupaten Tasikmalaya yaitu Singaparna menuju ke arah Sariwangi kemudian masuk ke desa Cidugaleun. Curug Ciparay ini berada di Desa Parentas Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Curug ini mempunyai debit air yang tidak mengecewakan banyak, curug ini juga disebut sebagai curug kembar, lantaran mempunyai 2 curug yang berdekatan.

26. Curug Bugbrug

Lokasi Curuk Bugbrug beralamatkan di Jalan Kolonel Masturi, Desa kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang Kabupaten Bandung Barat. Lokasi ini sangat gampang untuk di jangkau meskipun tempatnya berada di pedalaman. Kemudian untuk  waktu kunjungan wisata ini  sebenarnya tidak ada batasan waktu selama 24 jam. Akan tetapi ada yang terkenal biasanya mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.Selain Curug Bugbrug, anda juga sanggup mengunjungi banyak tempat wisata menarik lainnya disekitarnya. Tepatnya yang dimaksud tentunya yang berada di tempat wisata lembang. Salah satunya tempat yang bersahabat dari curug bugbrug dan berada satu tempat yaitu air terjun terindah di bandung yang berjuluk Rainbow waterfall atau Curug Cimahi.

 

27. Curug Sinulang (Sindulang)

Curug Sinulang atau terkenal juga dengan nama Curug Sindulang,adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung timur yang sempurna berbatasan dengan kabupaten Sumedang lokasinya.Salah satu Tempat Wisata yang menarik di Bandung ini lokasinya berada di desa sindulang kecamatan Cimanggung. Curug ini mempunyai dua buah jalur gerojokan mempesona yang indah dan saling berdampingan dengan ketinggian mencapai 30 meter.
Air yang terjun bebas dari ketinggian tersebut begitu sangat deras lantaran mirip dijatuhkan dari ketinggian tebing pegunungan,sehingga bunyi dari gemuruhnya gerojokan yang hingga di dasar atau lembah bisa kita dengar hingga ke pintu masuk salah satu tempat wisata di bandung yang murah dan menarik ini.
Sensasi wisata alam Gemuruh bunyi air dari gerojokan di bandung ini,tentunya akan mengatakan imbas ketenangan, keyamanan atau rileksasi pikiran dan hati bagi setiap pengunjungnya.
Kemudian dari jatuhan gerojokan yang deras yang bisa membuat uap air yang berhamburan dan bertebaran memenuhi tempat curug cinulang,akan mengatakan sensasi dan romantisme lantaran anda akan melihat bentukan indah warna pelangi serta setiap sentuhan uap air yang mengenai wajah dan tubuh anda akan mengatakan rasa cuek dan sejuk yang tiada tara.

28. Air Terjun Citambur

Lokasinya berada di Kampung Karawa Getok, Desa Karang Jaya, Kacamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur soal gerojokan atau Curug Citambur Cianjur, Jawa Barat. Kamu bisa menggunakan rute ini untuk dijadikan patokan : Dari Bandung – Soreng – Ciwidey – Rancabali – Perkebunan Teh Sinumbra (Cipelah) – Karangjaya – Curug Citambur. Curug Citambur ini mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang sangat deras. Maka tak heran, curug ini menjadikan bunyi berdegum dan uap air yang mirip kabut tipis.
Meski perjalanan menuju ke Curug atau gerojokan Citambur ini tidak mengecewakan jauh, namun hal tersebut tak akan membuat kau menyesal, lantaran pemandangan menuju Curug Citambur ini indah banget.

29. Curug Cipanji

Curug Cipanji ini berlokasi di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat . Curug ini merupakan salah satu gerojokan yang berada di tempat Ciwidey. Curug Cipanji ini letaknya cukup tersembunyi dan masih belum terlalu dikenal secara luas. Maka dari itu, gerojokan ini menjadi salah satu destinasi wisata hidden paradise di Ciwidey. Keunikan dari Curug Cipanji ini salah satunya ialah terletak di tengah perkebunan teh yang sangat luas. Sebelum tiba di Curug Cipanji ini, kau akan melewati hamparan perkebunan teh yang indah pemandangannya

30. Curug Nangka

Curug Nangka terletak di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Karena lokasinya yang berada di sebuah taman nasional, tentunya tempat gerojokan ini masih menjadi area yang dijaga dan dilestarikan dengan baik. Kawasan gerojokan ini tepatnya terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Selain itu, tempat ini juga berada di bawah naungan RPH Gunung Bunder, dan juga BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor.

Tepatnya, gerojokan curug nangka ini berada di kaki Gunung Salak dengan ketinggian 750 mdpl. Suhu udara di sekitar tempat ini ialah sekitar 20-22o C sehingga terasa sejuk. Selain masih dikelilingi oleh hutan yang lebat, curah hujan yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 4000mm/ tahun merupakan alasan mengapa tempat ini terasa sejuk.

31. Curug Sawer Cililin

 Curug Sawer Cililin, sebuah lokasi tempat wisata alam di kecamatan Cililin, kabupaten Bandung Barat. Curug Sawer ini cukup bersahabat dan gampang dikases dari sentra keramain Cililin, yang selama ini dikenal sebagai salah satu wilayah di kabupaten bandung barat penghasil Makanan Khas Sunda yang Terkenal yaitu Wajit.
Kawasan Curug Sawer yang mempunyai luas area seluas tidak kurang 8 hektar yang berada di bawah pengelolaan KPH Perhutani Cililin semenjak tahun 1970 ini merupakan lokasi yang berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan air laut.

32. Curug Tilu Cipelah

 Curug Tilu Cipelah berada di Desa Cipelah kecamanatan Rancabali Bandung. Selain berjulukan curug Tilu juga disebut dengan Curug Batu Lawang. Untuk menuju Curug dengan ketinggian 100 meter tersebut, harus menempuh jalan dari jalan utama Desa Cipelah sekitar 5 km kemudian melewati jalan setapak.

 

33. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater terletak di Jalan Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Wisata Pemandian Air Panas Ciater ini bangkit di atas lahan seluas 30 hektare dan disebut-sebut sanggup menampung hingga 60 ribu pengunjung setiap harinya. Pemandian Air Panas Ciater sendiri terdiri dari beberapa kolam yang lingkungan di sekitarnya sengaja dibiarkan tetap alami supaya para pengunjung tetap bisa mencicipi nuansa alam ketika berada di sana.
Tak hanya mempunyai nuansa alam khas pegunungan yang sejuk, berendam di Pemandian Air Panas Ciater yang mengandung welirang ini kabarnya bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan welirang yang tinggi, kalsium, sulfat, magnesium, hyperthermia, dan lain-lain di kolam Pemandian Air Panas Ciater diyakini sanggup menyembuhkan aneka macam macam penyakit kulit, penyakit rematik, gangguan saraf, dan sebagainya. Menariknya, selain dimanfaatkan sebagai pemandian, rupanya air alami dari kawah Gunung Tangkuban Perahu ini juga digunakan untuk mengaliri sawah (irigasi).

 

34. Pemandian Air panas Ciwalini

 

Lokasinya berada di tempat Argo Wisata Kebun Ranca Bali yang dikelola oleh PTP Nusantara VIII, wilayah Kabupaten Bandung.Kawasan ini menunjukkan tempat yang udaranya sejuk khas pegunungan, dengan hamparan pemandangan alam perkebunan teh nan hijau yang asri.
Tidak hanya itu, lokasi pemandian air panas ciwalini ini dikelilingi oleh perbukitan yang membuat indah mata melihat.Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan asal perkotaan yang menginginkan sebuah tempat wisata yang tenang.

35. Cibolang Pangalengan Hor Spring Water.

 

Lokasinya berada di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pemandian air panas alami di Cibolang ini terkenal dengan khasiatnya yang ampuh untuk mengobati aneka macam penyakit kulit. Hal itu dikarenakan sumber air panas yang dialirkan ke kolam panas Cibolang ialah bersumber dari Gunung Windu. Karena pengunjung yang tiba ke sini itu terdiri dari banyak golongan usia, maka kolam pemandian air panas alami di Cibolang Pangalengan ini pun disediakan dengan beberapa macam kolam dengan kedalaman dan fungsi yang berbeda-beda. Bisa anda bayangkan dari ketika ini, bagaimana asyiknya anda bersama anggota keluarga, sahabat atau bahkan dengan pasangan, sambil anda berenang atau berendam di kolam air panas, anda pun bisa sambil menikmati alam sekitar yang hijau, asri yang berudara sangat sejuk sekali.

36. Kolam Air Panas Emte Highland

 

Kolam Renang Air Hangat Belerang eMTe Highland Resort  ialah akomodasi kolam renang dengan kadar welirang tinggi, yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Fasilitas ini gratiss bagi pengunjung yang menginap di eMTe Highland Resort mirip menginap di Family 1 eMTe Highland Resort. Namun bagi yang tidak menginap di hotel :

  • Tiket Masuk Per Orang : Rp.15.000
  • Tiket Masuk Mobil : Rp.50.000

Kendaraan Pribadi:

  1. Dari Bandung menuju Ciwidey – Emte Highland Resort sekitar 42 km atau 65 menit
  2. Dari Jakarta menuju Ciwidey – Emte Highland Resort via Tol Jagorawi – Puncak 222km atau 5 jam
  3. Dari Jakarta menuju Ciwidey – Emte Highland Resort via Tol Cikampek – Purbaleunyi sekitar 195km atau 4 jam

Kendaraan Umum :

  1. Dari Bandung : Berangkat dari Terminal Leuwi Panjang menuju Ciwidey menggunakan angkot jurusan Terminal Ciwidey (30 Km). Dari Terminal Ciwidey ke lokasi ( Emte Highland Resort ) menggunakan angkot jurusan Ranca Bali (11 Km).
  2. Dari Jakarta : Terminal Kampung Rambutan menuju Terminal Leuwi Panjang Bandung bersahabat Cibaduyut, dan selanjutnya anda ikuti rute di atas.

37. Hot Spring Bath Saguling

Pemandian Air Panas Saguling sendiri ialah berlokasi di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. tempat wisata pemandian air panasnya, tempat pemandian air panass saguling sendiri memang masih sangat sederhana.Tidak ada kolam rendam air panas yang ukurannya besar mirip kolam renang yang ada di pemandian Air panas di Ciwidey atau Lembang.Tapi disini kita hanya ditawarkan kamar-kamar mandi sederhana yang didalamnya berisi kolam yang bisa ditempati oleh dua orang saja.

38. Cimanggu Hor spring

 

Alamatnya ialah berlokasi di Cimanggu Cottage di Jalan Raya Ciwidey – Ranca Bali KM 12, Rancabali, Patengan, Kab. Bandung. Daya tarik wisata pemandian air panas cimanggu ialah kandungan welirang atau sulfur yang tinggi dengan suhu air panas alaminya mencapai 45 derajat celcius.
Dijamin ketika anda berendam malam – malam di sini, maka udara di sekitar cimanggu yang terkenal sangat cuek akan sirna.

39. Pemandian Air panas Kampung Cai

 

Pemandian Air Panas Kampung Cai ialah berlokasi di Jalan Ciwidey-Patengan Km 11, Patengan, Rancabali, Kab. Bandung. Lokasinya berada sehabis beberapa puluh meter dari gerbang masuk objek wisata Kawah Putih bila anda berangkat dari arah kota Bandung.
Daya tarik wisata Kampung Cai ini, selain menunjukkan kolam rendam air panas alami yang menyegarkan dan menyehatkan lantaran kandungan sulfurnya, Ranca Upas juga selama ini dikenal sebagai salah satu tempat penangkaran satwa langka dan dilindungi yaitu Rusa di Bandung Jawa Barat.
Kolam renang air panas alami Kampung Cai ini berasal dari sumber mata air geothermal Gunung Patuha, dimana lokasinya bersahabat Kawah Rengganis.
Fasilitas wisata yang tersedia di sekitar kampung cai ranca upas diantaranya ialah warung makan, Kebun Petik Strawbery dan wahana permainan outbound.

40. Pemandian Air Panas Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort ialah berlokasi di Jalan Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung. Selain menyediakan sarana kolam air panas alami yang akan memanjakan seluruh pengunjungnya juga menyediakan tempat penginapan berkelas di Ciwidey.
Di sini selain penginapan reguler mirip cottage, villa, juga tersedia penginapan glamping mirip di Trizara Resort lembang.Konsep Resort di Ciwidey ini mengambil tema paduan tradisional dan modern, sehingga menjadikan sebagai resort terbaik di Ciwidey dan Bandung.

41. Pemandian Air panas Nagrak, Lembang

 

Pemandian Air Panas Nagrak ialah pemandian umum alami yang berbentuk sebuah kolam rendam dengan ukuran yang tak terlalu besar. Berbeda dengan saudaranya Pemandian Air Panas Ciater atau Sari Ater yang berada di Subang, Pemandian Air Panas Nagrak ini masih terasa sangat alami dan sangat sederhana. Berada di sebuah perkebunan milik warga menjadikan tempat ini sangat tersembunyi dan privat bagi kau yang ingin mencicipi sensasi berendam air panas dengan suasana  yang sejuk dan sunyi. Tempatnya terletak di daerah Kampung Nagrak, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang. Kolam air panas ini oleh warga disebut Cipanas Nagrak

42. Wisata Alam Pabeasan

 Gunung Pabeasan Arjasari atau Batu Pabeasan atau dulu lebih dikenal dengan nama Pasir Pabeasan yang memendam sejuta dongeng penuh mistis di Desa Arjasari Kecamatan Arjasari Bandung Selatan
Gunung Pabeasan Arjasari dulu sering digunakan untuk program ruwatan pada ketika bulan mulud, yang lebih sering kita dengan kata muludan, para jawara dan tokoh moral sunda melaksanakan ritual ruwatan benda benda pusaka, dengan memakaikan bunga 7 warna dan minyak wangi. di gunung pabeasan inilah yang selalu menjadi saksi sejarah para karuhun sunda melaksanakan program tahunannya.

 

43. Tebing Keraton

 Tebing Karaton berada sempurna di daerah Dago Pakar ini sekitar 1200 mdpl, Disini kalian bakal nemuin view dari ketinggian Bandung yang beda dari biasanya, kalau di Bukit Bintang, Moko dan sebagainya kalian bisa ngeliat lampu kota yang keren di malam hari, nah kalau disini beda banget. Disini kalian di cekokin sama pemandangan hutannya Taman Hutan Ir. H. Juanda dari ketinggian. Pokoknya sejuk banget, ngeliat pemandangan yang serba hijau.

 

44. Situ Lembang

 Situ Lembang merupakan Danau Buatan yang sudah ada semenjak zaman penjajahan Belanda. Sumber mata airnya berasal dari Hulu sungai Cimahi dan Hulu Cai Gunung Barangrang. Dari Situ Lembang ini air mengali ke Sungai Cimahi dan juga menjadi mata air untuk PDAM. Situ Lembang ini juga menjadi penampungan air terbesar di tempat Bandung Utara atau masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat. Selain hal tersebut Situ Lembang ini terkenal akan keindahannya, akan tetapi sangat disayangkan untuk menikmatinya memerlukan mekanisme yang sulit lantaran untuk ketika ini tempat Situ Lembang tidak dibuka untuk umum.

45. Danau Situ Patenggang

Situ Patenggang teletak di daerah Bandung selatan, berdekatan dengan kebun teh ciwalini. Posisi situ patenggang sendiri terletak kurang lebih 5 KM setelah kawah putih, salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah terkenal.Lokasi situ patenggang dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau sehingga amat memanjakan dan menyegarkan ke mata.

46. Oray Tapa

Oray Tapa bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adaah Ular Bertapa. Namanya memang terdengar cukup agker. Tapi, damai saja, tempatnya tidak seangker namanya. Ini merupakan lahan hutan Pinus dan Cemara dengan luas sekitar 5 hektar dan ada di ketinggian 700 mpdl.  Oray Tapa ini berada di Pegunungan Manglayang yang merupakan sebuah tempat wisata bumi perkemahan dengan aneka macam akomodasi yang menarik dan cukup lengkap.Oray tapa ini berada di Desa Mekar Manik, Cimenyan di tempat Bandung Timur. Lokasi yang cukup strategis untuk dijadikan tujuan wisata  di Bandung Timur. Akses menuju tempat wisata Oray Tapa ini memang cukup sulit. Pengunjung harus melewati jalanan tanjakan yang sangat panjang dan tajam tapi beraspal dan mulus.

47. Situ Cileunca

 Situ Cileunca merupakan danau di Bandung yang kesudahannya difungsikan sebagai objek wisata di Bandung Selatan tepatnya. Mereka seringkali menyebut tempat ini dengan nama Situ Cileunca​ Pangalengan Bandung, Jawa Barat​. Tidak sedikit yang berkunjung namun suasananya memang membuat hati menjadi tenang. Mendapatkan suasana sejuk selama liburan di Situ Cileunca tidaka akan anda sesali. Sebab, harga tiket masuk yang harus dibayar tergolong murah, hanya Rp. 5000/ orang di hari biasa dan Rp. 10.000/ orang di simpulan pekan. Anda bisa menikmati outbond dengan biaya Rp. 150.000 – Rp. 450.000/orang. Arung jeram dengan biaya Rp. 150.000/ orang. Harga sewaktu – waktu bisa berubah.

48. Situ Ciburuy

Situ Ciburuy yang terletak di Desa Pamalayan, Kecamatan Bayongbong, Padalarang, Kab Bandung Barat sekitar 25 km dari sentra Kota Kembang, merupakan situs peninggalan zaman Prabu Siliwangi yang kemudian dilanjutkan oleh anaknya yaitu Prabu Kian Santang. Pada zaman dahulu tempat ini oleh Prabu Kian Santang digunakan sebagai arena pertarungan dengan jawara-jawara di Pulau Jawa. Uniknya terdapat cuilan dari wilayah tersebut yang tidak terendam di cuilan tengah danau, hingga membentuk mirip pulau kecil di tengah danau. Daratan itu kini menjadi tujuan pengunjung Situ Ciburuy ketika menyewa bahtera ataupun sepeda air yang harganya berkisar Rp. 20.000 hingga Rp. 75.000. Selain terdapat tempat penyewaan bahtera dan sepeda air, di tempat ini juga  terdapat warung – warung kecil yang menyediakan kuliner khas tanah sunda.

 

49. Situ Cisanti

 

Nama Situ Cisanti memang masih kalah pamor. Tapi jangan salah, keindahan Situ Cisanti tak kalah dengan situ-situ lainnya. Ketika berkunjung kesini, para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan rimbun pepohonan serta air telaga yang jernih. Tidak sulit untuk menemukan lokasi Situ Cisanti, kita bisa memanfaatkan teknologi navigasi daring mirip Google Map atau Waze. Ada gerbang yang membuktikan bahwa kita telah tiba di Situ. Jangan khawatir bila membawa kenderaan lantaran ada penitipan motor dan juga helm di bersahabat gerbang masuk. Harga tiket masuk juga realtif murah, yaitu sekitar 12 ribu ditambah parkir motor lima ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk biaya untuk ngecamp loh. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari toilet, mushola, dan juga warung.

50. Situ Umar

 

Kalau Anda sedang liburan ke Bandung, cobalah untuk menjajal mancing di Situ Umar sehabis mengisi waktu di kota. Rekreasi dengan wahana yang menantang di kota mungkin membuat Anda lelah,  di Situ Umar, sambil mancing Anda kurangi rasa lelah itu.Pemancingan Situ Umar letaknya di Jl. Raya Lembang, Bandung. Wilayah pemancingan Situ Umar sudah terkenal bagi masyarakat Bandung untuk menjadi wisata alternatif dalam hal menghilangkan kepenatan dan untuk bersuka ria di bibir kolam. Lokasinya persis ada di belakang Grand Hotel Lembang, Bandung.

51. Situ Cipanunjang

 Untuk tiba ke tempat wisata ini sangat gampang lantaran dengan lokasi yang gampang dituju, tepatnya terletak di desa Pulosarim, kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung dengan jarak kurang lebih 46 km dari kota bandung. Selain itu, Situ cipanunjang berada diketinggian 1100 meter di atas permukaan air laut.Agar sanggup menuju Situ Cipanunjang, anda harus menyeberangi Situ Cileunca terlebih dahulu. Di tempat penyebarang, anda sanggup menggunakan beberapa bahtera kayu yang telah di sediakan oleh masyarakat setempat yang sanggup anda gunakan sebagai sarana transportasi untuk menuju Situ Cipanunjang. Tapi ini tidak gratis. Untuk menyewa perahu, anda harus membayar Rp. 10.000 per orang dan tiket masuk Rp. 5.000. sanggup juga menggunakan paket wisata murah dan berkualitas yang kami sediakan.

 

52. Curug Dan Situ Sangkuriang

 

Situ Sangkuriang posisinya memang ada di area Kebon Kina punya PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Kebon Bukit Unggul yang juga berada di kaki Gunung Bukit Tunggul (2.209 Mdpl).
Aslinya Situ Sangkuriang merupakan danau buatan, tapi nggak sedikit warga sekitar yang mengait-ngaitkan sama legenda Sangkuriang. Secara Gunung Bukit Tunggul sendiri disebut dalam legenda itu sisa pohon yang ditebang buat bikin perahu.
Kawasan ini memang belum banyak dijamah, lantaran selain terpencil juga masuk area kerja PTPN VIII. Meski demikian daerah itu sering dijadiin tujuan buat wisata petualangan. Selain Situ Sangkuriang, disini ada akomodasi buat outbound, flying fox, camping ground dan villa penginapan bergaya Belanda. Ditambah Curug Sangkur yang letaknya nggak begitu jauh dari pintu masuk.

 

53. Situ Cisanti

Situ/danau Cisanti merupakan titik nol atau hulu sungai citarum, salah satu sungai di jawa barat yang dikenal dengan polusinya. Sepertinya ga bakal nyangka kalau sungai citarum yang kotor berawal dari tempat yang begitu higienis dan indah.Kawasan danau cisanti dikelilingi oleh beberapa gunung mirip gunung wayang, gunung malabar, gunung bedil, dan gunung rakutak. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari tempat perkebunan teh pangalengan.Alamat / Lokasi situ Cisanti tepatnya berada di kampung Pejaten, desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari kabupaten Bandung. Tidak terlalu jauh dari Bandung, hanya sekitar 60 KM saja.

54. Situ Patenggang danau Dipuncak Bukit

 Wisata Situ Patenggang Merupakan sebuah danau yang letaknya ada di kaki Gunung Patuha, nah buat teman-teman tongkrongin wajib nih tiba kesini bila kalian sedang ada di Bandung selatan. Pasalnya nih tempat sudah terkenal sekali di daerah Bandung. berada di ketinggian 1600meter diatas permukaan laut, tempat ini memang sangat di rekomendasikan buat kau yang mengasihi keindahan alam Bandung dan hayatinya.dari Jakarta kau bisa pribadi masuk ke Tol Cipulsrang kemudian Anda keluar melalui pintu Tol Koppo, Selanjutnya menuju Soreang dan mengarak ke selatan Ciwidey, tanya aja di sekitar lokasi menuju ke jalan patenggan, niscaya semua sudah pada tahu.

 

55. Situ Cimeuhmal

 Situ Cimeuhmal secara administratif berada di Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan berada pada koordinat -7.091988, 107.617836. Jarak dari Kota Bandung ke Situ Cimeuhmal hanya sekitar 23,3 Km sesuai pembacaan di peta. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Bandung, bukan berarti tempat ini sudah ramai dan dikenal luas. Banyak yang masih belum mengetahui Situ Cimeuhmal, terlebih lagi lokasinya yang berada di tempat Bumi Perkemahan Kiarapayung, Kecamatan Banjaran yang masih gila bila dibandingkan dengan Bumi Perkemahan Kiarapayung di Jatinangor, Kab. Sumedang. Keberadaan Situ Cimeuhmal hingga ketika ini hanya diketahui oleh warga sekitar dan penggiat acara alam bebas mirip motor trail dan mountain bike. Situ Cimeuhmal pun sedikit dikenal dalam kalangan instansi, terutama yang berafiliasi dengan air bersih. Telah ada beberapa penelitian, meskipun hanya sedikit mengenai Situ Cimeuhmal sebagai potensi sumber air higienis bagi wilayah Kecamatan Banjaran dan Kecamatan Arjasari.
Demikian ulasan mengenai 55 Kawasan Destinasi Wisata Alam Jeram Curug Danau Situ Pemandian Air Panas Di Sekitar Akrab Kota Bandung Majalengka Cianjur Bogor Karawang Kuningan Tasikmalaya Jawa Barat