SHOPPING CART

close

6 Macam Oleh – oleh khas dari Flores (NTT) yang bisa Anda Bawa Pulang Saat Liburan Kesana

Booking.com
6 Macam Oleh – oleh khas dari Flores (NTT) yang bisa Anda Bawa Pulang Saat Liburan Kesana

Pulau Flores berada di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal akan wisata alamnya yang mempesona seperti Gunung Kelimutu, danau kelimutu, Pulau Padar, liang dan masih banyak lagi yang bisa kita eksplore, namun kali ini 17sekians sengaja ingin membahas mengenai kuliner dan barang khas flores yang bisa menjadi cindera mata atau oleh – oleh, simak langsung 6 Macam Oleh – oleh khas dari Flores (NTT) yang bisa Anda Bawa Pulang Saat Liburan Kesana

Tentunnya oleh -oleh khas flores (NTT) ini bisa menjadi kebanggaan saat meninggalkan tanah NTT nanti , bisa sebagai buah tangan untuk teman di rumah atau untuk koleksi bahwa anda pernah ke bumi flores (NTT)

 

Berikut adalah 6 macam oleh – oleh khas dari Flores (NTT) yang bisa di beli dan di bawa pulang usai liburan ke sana

 

1. Sorgum

Sorgum Flores by IG @floresia_organik

Sorgum merupakan bahan makanan pengganti jagung dan beras yang ada di Flores (NTT) , masyarakat sana memilih menanam Sorgum karena sangat mudah untuk tumbuh di tanah yang kering dan kekurangan air. Struktur tanah di Flores memang kering dan curah hujan sangat sedikit di sini.

Masyarakat mengambil jalan alternatif dengan menanami lahan pertanian nya dengan sorgum selain padi. Bahan sorgum ini bisa di olah menjadi tepung mentah untuk bahan kue dan bubur. Bagi wisatawan yang datang bisa membeli sorgum ini di toko oleh – oleh, disan anda bisa membeli kue dengan bahan sorgum atau membeli tepung nya saja, kisaran harga Rp. 35ribu / kilo

Makanan dari bahan sorgum di percaya dapat menyehatkan percernaan kita dan bisa sebagai obat diet yang manjur, karena makan sedikit sorgum akan dapat cepat mengenyangkan perut guys.

 

2. Madu Hutan flores

Madu Hutan flores

Madu hutan flores memang sangat terkenal guys , disamping rasanya yang segar madu memang asli memang di percaya khasiatnya sebagai obat. Madu hutan Flores bisa menjadi bingkisan oleh – oleh yang bagus juga guys. Walupun harga nya agak mahal juga sekitar 100.000 – 300.000, tetapi rasanya tentunya original guys.
Madu hutaan flores bisa anda beli di desa -desa atau di toko oleh -oleh di flores NTT.

 

3. Jagung titie

Jagung titie

Banyak lahan pertanian di Flores yang di tanami jagung karena tanaman tentunya juga kuat untuk tumbuh di tanah yang kekurangan air, rasa jagung di sini tentunya berbeda dengan daerah lain, walaupun tidak semanis dengan daerah lain rasa jangung di sini sangat gurih dan kering sangat enak buat jagung bakar juga.

Makanan khas dari jagung di flores sebagian di buat menjadi kerupuk jangung atau lebih di kenal dengan nama jagung tities.
Jagung ini memiliki dua warna ada yang mutih dan ada yang kekuning kuningan, jagung titie ini bisa di makan mentah atau digoreng dengan tanpa bumbu, rasanya sudah asin. Oleh – oleh jagung tities bisa menjadi barang bawan ketika pulang berlibur dari flores NTT

Baca : 11 Daerah Wisata Terbaik Dan Terpopuler Yang Ada Di Indonesia

 

4. Anyaman Flores

Anyaman Flores IG by @duanyam

Anyaman flores sudah mulai di kenal oleh banyak kalangan, karena sering diikutkan dalam ajang international hingga menjadi barang ekspor guys. Anyaman flores merupakan seni kerajinan tangan yang terbuat dari daun lontar yang berusia 3 bulan yang di buat menjadi bentuk bokor, gantungan kunci, dompet dll.

Salah satu rumah produksi anyaman ada di pulau solor, Flores NTT, anda bisa mendapatkannya di toko -toko oleh – oleh yang ada di flores, pasar dll

 

5. Kopi bajawa

Kopi Bajawa by IG @kopi_timoer

Penikmat kopi tentunya ini adalah barang wajib di beli saat di bajawa flores NTT yan, kopi Bajawa memang sudah sangat terkenal di dunia, ternyata kopi ini berasal dari flores guys tepatnya di desa bajawa, anda bisa langsung menikmati rasa kopi yang fresh dari kebun – kebun warga.

Kopi bajawa sudah tersebar di beberapa kota besar seperti jakarta, Bali dan kota lainnya.

Baca artikel lainnya : Hotel Bintang 4 Terbaik Dan Nyaman di Kupang NTT – Hotel On The Rock

 

6. Kacang mete

Kacang mete

Flores juga merupakan penghasil kacang mete terbaik di indonesia, walaupun tanah di sini penuh dengan batu -batu, justru itu membuat pohon kacang mete tumbuh dengan tektur yang berbeda dan rasa yang gurih.

Banyak wisatawan yang membeli kacang mete sebagai barang oleh – oleh, kacang mete di flores timur ini berbentuk bulat dan putih dengan rasa yang gurih juga guys.

Demikian ulasan mengenai 6 Macam Oleh – oleh khas dari Flores (NTT) yang bisa Anda Bawa Pulang Saat Liburan Kesana, semoga selalu bermanfaat ya. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “6 Macam Oleh – oleh khas dari Flores (NTT) yang bisa Anda Bawa Pulang Saat Liburan Kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share