7 Tips Liburan Ke Joglosemar

Wisatawan di Candi Borobudur (Fitraya/detikTravel)

Semarang – Banyak tempat yang sanggup dieksplor di Yogyakarta, Solo dan Semarang (Joglosemar). Biar lebih puas liburan di sana, simak dulu tips berikut ini.

Yogyakarta, Solo dan Semarang yang berpadu dengan merk Joglosemar menjadi destinasi yang sayang dilewatkan. Ketiga daerah di Pulau Jawa itu memang menarik buat destinasi liburan.

Bagaimana tidak, aneka macam objek wisata alam, kuliner, religi dan lain sebagainya, semua komplet di sana. Biar lebih nyaman dan lancar, ada sejumlah tips yang sanggup disimak sebelum mulai liburan di sana.

Inilah 7 tips liburan di Joglosemar:

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Buat traveler yang mau ke Yogyakarta, Solo dan Semarang naik kereta atau pesawat, sebaiknya pesan tiket semenjak jauh-jauh hari. Di final pekan atau ekspresi dominan liburan, Joglosemar begitu menjadi favorit sehingga tiket cepat ludes.

Kalau mendadak sanggup jadi tak kebagian tiket, atau sanggup mampu tapi harganya cukup mahal. Namun bila traveler mau lebih santai roadtrip, sanggup juga naik bus atau membawa kendaraan pribadi.

2. Pilih penginapan unik

Belakangan mulai banyak penginapan unik di sekitar Joglosemar. Sejumlah sisi penginapan pun instagramable buat foto-foto. Seperti Lokal Hotel, Rumah Paris dan Greenhost.

Traveler tinggal pilih saja ingin menginap di hostel atau hotel menyerupai apa. Yang pasti, bila sudah memilih pilihan sebaiknya segera di-booking biar tidak kehabisan kamar.

3. Buat itinerary

Itinerary cukup penting untuk menghemat waktu dan memaksimalkan liburan. Buatlah itinerary sebelum berangkat ke Joglosemar. Mulai dari mana saja yang ingin dikunjungi dan berapa usang durasinya, juga bagaimana transportasinya.

Dengan begitu, sesampainya di destinasi utama traveler tak resah lagi mau melaksanakan acara apa. Langsung saja berjalan sesuai dengan itinerary yang ada.

4. Cari informasi tempat anti mainstream

Wisata ke Pantai Parangtritis, Kota lama, mungkin sudah biasa. Kalau mau yang beda, silakan traveler menggali informasi dulu kira-kira tempat apa yang belum ramai dikunjungi turis tapi sesungguhnya sepakat banget buat didatangi.

Kamu sanggup bertanya ke teman yang menetap di Joglosemar atau mengulik via internet. Biasanya di media umum menyerupai Instagram banyak akun yang mengunggah foto-foto destinasi anti mainstream di wilayah Joglosemar.

5. Sewa motor atau mobil

Transportasi dalam kota di Yogyakarta, Solo maupun Semarang cukup memudahkan traveler buat keliling. Namun bila mau lebih maksimal jalan-jalan dan mempersingkat waktu, sanggup juga menyewa motor atau mobil.

Banyak pilihan rental yang mengatakan harga terjangkau per harinya. Kalau sudah ada kendaraan sewaan, kau cukup mengirit waktu untuk berpindah dari tiap objek wisata. Karena tak perlu menunggu lagi buat mencari angkot atau bus.

6. Siapkan perlengkapan renang

Di sekitaran Yogyakarta, tepatnya di Gunungkidul sanggup dibilang surganya pantai. Deretan pantai manis siap menghibur traveler di sana. Tentunya makin asyik bila sanggup basah-basahan di sana.

Pantai selatan populer dengan ombaknya yang besar. Namun, ada sejumlah pantai yang memungkinkan buat berenang, juga snorkeling. Contohnya Pantai Nglambor.

 

Baca artikel lainnya ;

Destinasi Gres Di Garut Yang Bikin Ogah Pulang

7. Sedia sunblock

Yang satu ini begitu penting untuk dibawa, sunblock alias tabir surya. Penggunaannya sanggup melindungi kulit dari ancaman sinar matahari.

Mungkin traveler sudah mengetahui soal kandungan Sun Protection Factor (SPF) yang umum contohnya SPF 15, SPF 30 atau SPF 50. Semakin besar SPF, semakin baik dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Namun umumnya di Indonesia sudah cukup kondusif untuk penggunaan SPF 15 atau 30 saja.