SHOPPING CART

close

8 Kawasan Wisata Belanja Di Yogyakarta Yang Perlu di Ketahui

Booking.com

8 Tempat Wisata Belanja Di Jogjakarta

sumber foto : http://tipsjalan.com

17sekians – Saat ini aktivitas wisata belanja menjadi tren di masyarakat untuk menimbulkan aktivitas belanja sebagai aktivitas wisata. Maka lahirlah Wisata Belanja yaitu sebuah aktivitas wisata yang sebagian besar waktu wisatanya di isi dengan aktivitas belanja. Jika anda ke Yogyakarta simak 8 Kawasan Wisata Belanja Di Yogyakarta Yang Perlu di Ketahui

Salah satu kota yang yang terkenal di jadikan sebagai Tempat Wisata Belanja adalah Kota Jogjakarta. Di kota spesial ini selain banyak terdapat tempat wisata menyerupai wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah dengan seribu pesona dan keindahan alamnya juga mempunyai keistimewaan lain sebagai tempat Wisata Belanja yang sangat lengkap menyerupai kerajinan tangan, batik, keris, wayang orang, cendera mata  dan lain-lain.

Berikut 8 Tempat Wisata Belanja Di Jogjakarta yang perlu Anda ketahui dari banyak sekali sumber.

1. Wisata Belanja Malioboro

 

sumber foto : http://tipsjalan.com
Wisata belanja Malioboro hadir sebagai pusatnya Wisata Belanja di Jogjakarta. Di tempat ini banyak dijual benda dan cindera mata khas Jogjakarta. Di daerah ini kita akan banyak menjumpai pertokoan, rumah makan, pusat perbelanjaan.
Di tempat ini banyak dijual benda-benda kerajinan khas daerah Jogjakarta menyerupai anyaman rotan, kulit, batik, perak dalam bentuk pakaian batik, sepatu kulit, wayang kulit, gantungan kunci, blangkon batik dan banyak lagi yang lainnya.  

2. Wisata Belanja Pasar Beringharjo

sumber foto : https://eksotisjogja.com

 

Wisata Belanja Pasar Beringharjo menjadi potongan dari Malioboro. Pasar ini telah menjadi pusat aktivitas ekonomi di Jogjakarta selama ratusan tahun. dan keberadaannya mempunyai makna filosofis. Pasar yang telah berkali-kali dipugar ini melambangkan satu tahapan kehidupan insan yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya. Selain itu, Beringharjo juga merupakan salah satu pilar ‘Catur Tunggal’ (terdiri dari Kraton, Alun-Alun Utara, Kraton, dan Pasar Beringharjo) yang melambangkan fungsi ekonomi.

Bila hendak membeli batik, Beringharjo ialah tempat terbaik sebab koleksi batiknya lengkap. Mulai batik kain maupun sudah jadi pakaian, materi katun hingga sutra, dan harga puluhan ribu hingga hampir sejuta tersedia di pasar ini. Koleksi batik kain dijumpai di los pasar potongan barat sebelah utara. Sementara koleksi pakaian batik dijumpai hampir di seluruh pasar potongan barat. Selain pakaian batik, los pasar potongan barat juga memperlihatkan baju surjan, blangkon, dan sarung tenun maupun batik. Sandal dan tas yang dijual dengan harga miring sanggup dijumpai di sekitar eskalator pasar potongan barat.

3. Wisata Belanja Kasongan

 

Wisata Belanja Kasongan

Wisata Belanja Kasongan jangan segan – segan untuk mampir ke desa Kasongan membeli kerajinan gerabah. Sebab Desa kasongan merupakan salah satu tujuan wisata belanja yang paling banyak di minati para wisatawan. Mulai dari kerajinan gerabah serta dari materi – materi lainnya menyerupai guci, pot bunga, lampu hias, miniatur alat transportasi, aneka tas, patung – patung, souvenir untuk pengantin, serta masih banyak lagi barang – barang menarik untuk pajangan rumah anda.

Letak desa Kasongan ini berada di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jika anda berada di daerah Kota Yogyakarta, anda sanggup menyusuri arah Selatan hingga bertemu perempatan Dongkelan atau perempatan Ring Road Selatan – Jalan Bantul. Perjalanan menuju perempatan Dongkelan hanya membutuhkan waktu 10 hingga 20 menit saja dari Kota Yogyakarta. Sesampainya anda didesa Kasongan, anda akan disambut oleh gerbang masuk desa wisata belanja tersebut.

 4. Wisata Belanja Desa Wisata Krebet

sumber foto : http://www.yogyatrip.com

 

Wisata Belanja desa wisata krebet memiliki Keistimewaan batik yang dibentuk di Desa Wisata ini ialah medianya yang berupa kayu. Batik kayu menjadi sumber penghasilan utama warga sekaligus icon desa wisata Krebet. Hasil kerajinan batik kayu yang dijual berupa wayang, topeng dan banyak sekali aksesoris. Tak hanya dipasarkan di dalam negeri, hasil kerajinan batik kayu Krebet juga menembus pasar luar negeri.

5. Wisata Belanja Sentra Kerajinan Keris Banyusumurup

Wisata Belanja Sentra Kerajinan Keris Banyusumurup

Sentra Kerajinan Keris Banyusumurup  ialah agenda paling sempurna sesudah melihat beragamn koleksi keris dan proses menghias keris. Anda akan semakin menerima citra lengkap wacana bagaimana keris dan aksesorisnya diproduksi. Desa Banyusumurup ialah lokasi tempat anda sanggup menikmatinya, sebuah desa yang semenjak tahun 1950-an berkembang menjadi pusat kerajinan aksesoris keris.

 



Booking.com

 

6. Wisata Belanja Kerajinan Perak, Kotagede

 

Wisata Belanja Kerajinan Perak, Kotagede

 

Wisata Belanja Kerajinan Perak, Kotagede merupakan salah satu destinasi wisata belanja di kota Yogyakarta, terletak kurang lebih 4 kilometer sebelah timur dari pusat kota dan merupakan pusat kerajinan perak terbesar di Yogyakarta. Sejarah dari Kotagede tak lepas dari keberadaan kerajaan Kesultanan Mataram, disinilah Kerajaan Mataram didirikan oleh Panembahan Senopati. Jejak-jejak seharahnyapun sanggup dilihat kini melalui peninggalan Masjid Agung Kotagede serta makam dari Panembahan Senopati.

Di Kotagede terdapat ratusan pengerajin Perak mulai dari yang besar hingga industri rumahan, kualitas hasil kerajinan perak Kotagede tak perlu diragukan lagi. Bahkan sebagian konsumen dari Perak Kotagede ialah wisatawan yang tiba dari manca negara. Denyut perekonomian dari masyarakat Kotagede bersumber dari kerajinan Perak. Kita sanggup menemukan aneka macam aksesoris berbahan perak di Kotagede mulai dari Kalung, Anting ataupun Cincin dengan bermacam-macam model dan harga. Disini kita juga sanggup memesan aksesoris sesuai impian ataupun model yang kita bawa sendiri.

7. Wisata Belanja Pasar Seni Gabusan

sumber foto : https://www.yogyes.com

 

Pasar Seni Gabusan terdiri dari 16 los dan menampung tak kurang dari 400 pengrajin. Barang kerajinan yang ada mulai dari logam, kulit, kayu, tanah liat hingga dedaunan menyerupai enceng gondok.
Adanya los tersebut memudahkan pengunjung untuk berburu barang seni sebab masing-masing los hanya memperlihatkan produk sejenis. Soal harga juga sangat kompetitif sebab masing-masing pengrajin mencoba memberi harga terbaik.

 8. Wisata Belanja Pasar Tumpah 

Wisata Belanja Pasar Tumpah

Pasar tumpah yang wajib anda datangi ketika ke Jogja, ada Pasar tumpah Sunday Morning. Pasar Tumpah ini buka hari Minggu di Lembah UGM, tepatnya di Jalan Olahraga – Jalan Notonagoro, Bulaksumur. Di sepanjang jalan ini, para pedagang menggelar lapaknya kebutuhan sehari-hari, mulai pakaian, sepatu, tas, aksesoris, seprai, hiasan dinding, parfum, boneka dan mainan anak – anak. Setelah lelah berbelanja, anda sanggup menyantap banyak sekali pilihan makanan yang tersedia.

demikian ulasan mengenai 8 Kawasan Wisata Belanja Di Yogyakarta Yang Perlu di Ketahui semoga bermanfaat ya.

Tags:
Share