SHOPPING CART

close

8 Tempat Wisata Terbaik yang ada di Flores NTT

8 Tempat Wisata Terbaik yang ada di Flores NTT

 

Mungkin beum banyak orang yang tahu jika Flores adalah bagian dari Povinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) . Provinsi NTT itu terdapat 3 pulau besar yakni Flores, Sumba dan Pulau Timor guys. Kali ini 17sekians ingin mengenalkan tentang potensi wisata yang ada di Flores sendiri. Tempat wisata terbaik yang ada di Flores itu ada beragam dari wisata alam, budaya sampai dengan pantai nya yang sangat indah. Simak 8 Tempat Wisata Terbaik yang ada di Flores NTT

Flores juga di juluki sebagai Nusa Nipa dengan menyimpan potensi alam yang indah, adat dan budaya serta beragam bahasa daerahnya. Untuk flores dari segi administratif terbagi menjadi 8 kabupaten yakni dari Manggarai barat sampai dengan flores timur dengan ibukotanya larantuka. Setiap kabupatennya menyimpan budaya yang unik dan menarik untuk di kunjungi namun kali ini 17sekians hanya membahas 8 tempat wisata terbaik yang ada di Flores NTT.

8 Tempat Wisata Terbaik yang ada di Flores NTT

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo, Flores IG @akabantrip

Siapa yang tak kenal Komodo, namun pasti ada saja yang tidak mengetahui letak persis pulau komodo tersebut kan. Tempat wisata yang mendunia ini berada tepatnya di Manggarai Barat dengan ibukota Labuan Bajo. Pulau komodoo sendiri adalah pulau tanpa penghuni disana hanya hidup binatang melata prubakala bernama Komodo dragon.

Pulau Komodo juga merupakan cagar alam yang lindungi, kehidupan mereka benar – benar di jaga agar tidak punah, terdapat beberapa penjaga atau di kenal ranger yang memonitor kehidupan mereka dan sekaligus berperan sebagai guide untuk wisatawan – wisatawan yang datang ke pulau ini.

Bagi anda yang mengunjungi Pulau Komodo di harapkan tetap mematuhi peraturan yang ada dan menjaga jarak dengan binatang komodo, karena air liur mereka sangat terkenal mematikan guys.

Pulau Komodo ini bisa di tempuh dari Labuhan Bajo lewat jalur laut dengan jarak tempuh 30 menitan, beberapa hotel di Labuan bajo telah memiliki paket -paket khusus untuk tour ke pulau Komodo jadi anda bisa menanyakan langsung nantinya jika menginap di Hotel di Labuan Bajo Flores.

2. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu, Ende Flores NTT

Danua kelimutu berada di atas kawah dari gunung Kelimutu Kabupaten Ende flores NTT, tempat wisata ini jauh lebih di kenal lebih dulu di bandingkan dengan pulau Komodo, jika anda masih ingat danau kelimutu pernah menjadi ikon uang 1.000 kertas rupiah.
Apa yang menjadi keunikan dari danau ini adalah memiliki 3 warna yang selalu berubah -ubah walau dominan warna yang sering di lihat adalah merah, biru dan putih. Masyarakat desa Pemo Kelimutu mempercayai bahwa danau Kelimutu adalah tempat beradanya arwah -arwah manusia yang telah meninggal guys, jadi jika anda kesana di harapakan untuk tetap mematuhi peraturan yang ada ya.

Untuk menuju ke Danau Kelimutu di perlukan stamina yang kuat guys, karena terdapat medan yang terjal dan menanjak, namun andapun bisa meminta bantuan guide di sana untuk menemani sampai di tujuan puncak danau kelimutu.

 

3. Pulau Pangabatang

Pulau Pangabatang, IG @evifania09

Salah satu destinasi wisata pantai dan laut yang bersih adalah di Pulau Pangabatang yang berada di Maumere Flores NTT, Pulau ini pernah terjadi bencana Tsunami di tahun 1992 dan menlan banyak korban jiwa. Namun kini Pulau Pangabatang berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Flores.

Apa yang bisa anda lakukan di Pulau Pangabatang adalah pulau ini memiliki pesisir pantai yang putih dan bersih, salah kegiatan menarik di sini adalah berenang dan berjemur di atas pasir putih yang lembut. Pulau Pangabatang mulai viral saat pengambilan lokasi dari film indonesia 3 dara.

 

4. Pantai Koka Maumere

Pantai Koka Maumere IG @infiatravel

Masih di Maumere anda bisa langsung menuju ke Pantai Koka yang mana rutenya cukup bagus dan mudah, letakanya persis di perbatasan antara Ende dan Maumere.

Pantai Koka terdapat tebing tebing karang yang ada di sekitar bibir pantai menambah keindahan dan air laut yang bersih, biasanya tempat wisata ini akan ramai pengunjung saat hari libur datang.

Wisata Pantai Koka masih tergolong minim akan fasilitasnya seperti tak banyak ada pedagangnya namun yakin bahwa di kemudian hari wisata pantai koka akan terus berkembang dan bisa menjadi wisata andalan di Maumere flores

Baca : Hotel Bintang 4 Terbaik Dan Nyaman di Kupang NTT – Hotel On The Rock

 

5. Bukit Kajuwulu

Bukit Kajuwulu IG @reflyandrean

Bukit Kajuwulu menjadi wisata menarik yang terkenal karena panorama alam laut yang bisa anda lihat dari puncaknya. Bukit ini terdapat padang rumput yang hijau indah untuk di lihat. Hal lain yang menarik di sini adalah terdapat patung Salib dengan ukuran yang sangat besar yang di sebut juga sebagai taman eden. Patung Salib ini berada di tepat diatas bukit dengan latar belakang pemandangan pantai dan laut biru

Jika anda ingin ke bukit Kajuwulu di harapkan membawa bekal minimal air minum, karena anda harus berjalan kaki melalui anak tangga menuju puncak bukit Kajuwulu. Namun semua usaha akan terbayarkan setelah melihat panorama alam dari bukit kajuwulu.

Bukit kajuwulu menyuguhkan pemandangan sunset yang indah jadi sebaiknya anda kesini saat sore hari, padang rumputnya pun akan terlihat lebih indah apalagi ketik musim penghujan tiba.

 

6 . Kampung Adat Bena – Bajawa

Kampung Adat Bena – Bajawa IG @novasormin93

Salah satu tempat wisata di flores yang terkenal adalah kampung adat bena yang ada di kab. Bajawa. Kampung Adat Bena berada di di kaki Gunung Inerie yakni di desa Tiwuriwu kec. Aimere. kampung tradisional ini sangat unik sekali mereka memegang teguh adat istiadat dan budaya leluhur mereka layaknya desa tenganan di Bali guys.

Anda akan meihat rumah adat yang memanjang dari utara dan selatan, terdapat 40 rumah yang salig berhadapan dan pintu akses masuknya hanya dari utara saja.
mata pencaharian masyarakat disini adalah berladang, menenun dimana hasilnya di jual ke bajawa.

Jarak kamung Bena dari kota bajawa sekitar 19km di tempuh dengan jalur darat yang terbilang sudah bagus.

7. Desa adat Waerebo

Desa adat Waerebo IG @ophadelines

Salah satu tujuan wisata yang memerlukan fisik yang prima untuk mencapai lokasinya yakni anda harus berjalan ke atas bukit dengan waktu tempuh sekitar 3 jam, Desa Adat Waerebo adalah desa terpencil di Manggarai Flores.

Keunikan Desa ini adalah terdapat 7 rumah utama dengan sebutan Mbaru Niang, dimana setiap rumahnya terdapat 6 – 8 keluarga, satu Mbaru Niang memiliki lima lantai yang beratap daun lontar dan ditutupi oleh ijuk.

Desa wae rebo ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan sering tertutup kabut, desa ini masuk dalam daftar desa tertinggi yang ada di Indonesia guys, jika anda kesini anda harus menginap semalam untuk dapat mengskplore tentang desa ini dan memulihkan tenaga agar bisa melanjutkan perjalanan kembali pulang ke esokan harinya.

Baca artikel lainnya : 

Wisata Kuliner Semarang yang bikin Lidah Menari – Tonton Videonya

 

8. Situs Liang Bua

Situs Liang Bua

Situa Liang Bua menjadi sangat fenomenal karena di situs berbentuk gua ini adalah situs dunia dimana pernah di temukannya fosil manusia kerdil prubakala atau dinamakan Hobit guys.

Situs Linag Bua adalah tempat di temukannya fosil homo floresiensis atau manusia flores dengan tinggi badan 100 cm dan berat 25 kg, di sini juga di temukan fosil gajah purba, komodo, kura -kura, hasil penelitian merangkum bahwa umur dari temuan mereka antara 95.000 – 12.000 tahun yang lalu (sumber wikipedia.com)

Situs Liang Bua berada dusun Golo Manuk, desa Liang Bua Kec. Rahong utara kab. manggarai, NTT

Demikian ulasan mengenai 8 Tempat Wisata Terbaik yang ada di Flores NTT, semoga selalu bermanfaat. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “8 Tempat Wisata Terbaik yang ada di Flores NTT

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Masukan Email Anda Di sini (Gratis)

Share