9 Objek Wisata Pantai Indah Dan Anggun Di Gunungkidul Yogayakarta

9 Objek Wisata Pantai Indah Dan Anggun Di Gunungkidul Yogayakarta– Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu wilayah yang terdapat di Propinsi Yogyakarta yang paling banyak mempunyai objek wisata pantai, setidaknya terdapat 9 pantai yang indah dan anggun dengan menunjukkan keindahan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang siap memanjakan anda. Bagi anda yang ingin berwisata ke pantai bersama keluarga ataupun kerabat, Berikut ini 9 Pantai Indah dan Cantik di Kabupaten Gunungkidul yang dihentikan anda lewatkan :
1. Pantai Baron
Pantai Baron yang terletak kurang lebih 40 km dari Yogyakarta ini menyimpan pesona alam yang sangat indah, di Pantai Baron ini terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yang sanggup dipakai untuk pemandian sehabis bermain di laut. Selain itu wisatawan juga sanggup menikmati aneka ikan maritim segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau, termasuk hidangan khas Pantai Baron yaitu Sop Kakap. Pada sisi sebelah timur sanggup dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur wisatawan sanggup beristirahat di gardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan.
2. Pantai Krakal
Pantai Krakal merupakan obyek wisata pantai dengan pasir putih yang diselingi dengan karang. Pantai Krakal terbentang di ujung dari rangkaian pantai di sisi tenggara Gunungkidul, diantaranya Pantai Baron dan Kukup. Pantai Krakal terletak diwilayah desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari sekitar 65 km dari kota Yogyakarta yang sanggup ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam.
Panjang Pantai Krakal yang mencapai 40.000 meter menciptakan pantai ini menjadi yang terpanjang di Kabupaten Gunungkidul. Beberapa pendapat bahkan tanpa ragu menyebut Krakal sebagai yang terindah. Sisi barat dan timurnya dibatasi dengan tebing karang.
Ada satu hal yang unik di Krakal, yaitu munculnya bermacam-macam ikan hias di waku tertentu. Ketika situasi maritim sedang surut, muncullah ikan hias menyerupai Kepe, Bustum dan Pogat yang mempunyai ukuran besar serta ikan hias Tliger yang kecil. Munculnya ikan hias biasanya bersamaan dengan munculnya lumut dikala ekspresi dominan kemarau datang. Ikan-ikan ini juga lebih banyak bermunculan dikala awal bulan dibanding simpulan bulan.

3. Pantai Drini
Pantai Drini, pantai yang terletak diwilayah Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul ini mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu terdapat sebuah pulau karang yang ditumbuhi pohon Drini.

Seperti halnya wisata pantai lain yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Pantai Drini juga dikelilingi dengan panorama hamparan pasir putih dan batu  karang yang berdiri kokoh menantang derasnya hantaman ombak. Ada keunikan yang sanggup dilihat di Obyek Wisata Pantai Drini, yaitu Pantai Drini diliputi pasir putih yang terbagi menjadi dua bagian, sisi sebelah barat dan sisi sebelah timur, dimana kedua bab tersebut mempunyai abjad yang berbeda.

Pada bab pantai sisi sebelah barat, terdapat hamparan pantai yang memanjang. Sedangkan pada sisi sebelah timur, terdapat teluk kecil yang menghadap ke arah tenggara. Tiap sisi bab maritim dipisahkan oleh sebuah kerikil karang besar. Jika air sedang surut, pemisahan Pantai Drini pada sisi sebelah barat dan timur tidak terlihat jelas. Tapi pada dikala air maritim sedang pasang, maka lambat laun pemisahan ini akan terang terlihat alasannya ialah air maritim dari sisi timur akan naik secara perlahan.

Selanjutnya, melalui sebuah alur, air ini akan bergerak menuju kearah barat dan menggenangi beberapa bab pantai. Genangan ini jadinya akan menghalangi pengunjung yang ingin pergi ke pantai sebelah barat sehingga mereka harus memutar jalan. Dan pada akhirnya, genangan air ini akan menciptakan karang besar yang mulanya sebagai pemisah akan terlihat menyerupai sebuah pulau kecil di tengah Pantai Drini.

4. Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti mempunyai konsep yang berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Walaupun sama-sama mempunyai hamparan pasir putih dan batuan karang, namun Pantai Indrayanti mempunyai nuansa yang berbeda, sanggup dikatakan pantai kutanya Yogyakarta. untuk menarik wisatawan baik absurd maupun lokal pihak pengelola mengatakan sentuhan yang terlihat modern, hal tersebut sanggup dilihat pada penataan lokasi serta penyediaan kemudahan untuk menunjang para pengunjung di Obyek Wisata Pantai Indrayanti.

Saat anda memasuki lokasi Wisata Pantai Indrayanti, terlihat restoran berjejer rapi di sepanjang pinggir pantai, tak ketinggalan juga hamparan pasir putih dan kerikil karang yang semakin menyebabkan Pesona Pantai Indrayanti terlihat indah yang tidak akan pernah ditemui di pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

5. Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan  Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Wisata pantai yang masih tergolong gres ini mempunyai garis pantai yang panjang diantara pantai-pantai yang ada di wilayah kabupaten Gunungkidul dengan menawawarkan keindahan alam dengan hamparan pasir putih yang higienis disepanjang pantai, banyak orang menyebutnya Pantai Kutanya Yogyakarta.

 

Baca Artikel lainnya ; 

Objek Wisata Pantai Siung Gunungkidul Yang Menarik dan Keren

 

 

Wisata pantai Sepanjang tidak menunjukkan hal-hal yang modern menyerupai adanya café-café ataupun cottage mewah, tetapi di pantai ini menunjukkan kedekatan terhadap alam, hal ini terlihat tidak adanya bangunan permanen yang berdiri di pinggir pantai, yang terlihat hanyalah beberapa gubuk yang ditinggali oleh masyarakat sekitar. Di Obyek Wisata Pantai Sepanjang anda juga masih sanggup menemui aneka macam jenis hewan maritim dan kerang-kerangan, tetapi anda harus berhati-hati alasannya ialah masih banyaknya landak maritim dengan durinya yang tajam.

 

6. Pantai Sundak
Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, punya legenda. Nama Sundak konon berasal dari perkelahian antara anjing yang dalam bahasa Jawa ialah asu dan landak. Maka kemudian, kedua hewan tersebut disingkat menjadi Sundak.

Pantai Sundak mempunyai panorama alam yang sangat indah. Maka tak heran jikalau belakangan pantai ini menjadi wisata alam unggulan di Kabupaten Gunungkidul. Kolaborasi antara pasir putih yang landai dan air maritim yang jernih menciptakan daya tarik tersendiri di pantai ini.
Di pantai ini Anda akan disuguhkan bukit-bukit kapur yang eksotis dan sering dipakai sebagai lokasi pemotretan. Pantai Sundak juga mempunyai gua dengan sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.



Booking.com

7. Pantai Siung
Pantai Siung terletak di wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari sentra kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan.
Panorama alam yang cukup menonjol dari Pantai Siung ialah kerikil karangnya. Karang-karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai mempunyai tugas penting, tak cuma menjadi penambah keindahan dan pembatas dengan pantai lain. Karang itu juga yang menjadi dasar penamaan pantai, saksi kejayaan wilayah pantai di masa lampau dan pesona yang menciptakan pantai ini semakin dikenal, setidaknya di wilayah Asia.
8. Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran merupakan salah satu daerah wisata pantai yang terletak di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul,  2 km dari pantai Ngrenehan.
Pantai ini sangat indah jikalau air surut maka tampaklah kolam kolam kecil yang terbentuk dari karang karang yang tertutp oleh alga (rumput maritim ) dan terdapat banyak biota maritim lainnya yang mungkin terjebak di kolam karang tersebut. Hal inilah yang menopang kehidupan nelayan darat yakni para nelayan yang tidak memerlukan kapal atau bahtera untuk mendapat hasil maritim cukup beraktifitas dipinggir pantai. Biota maritim yang sering di sanggup ialah Lobster, landak laut, kerang-kerangan, bintang maritim dan rumput maritim itu sendiri tentunya
Pantai Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik di Kabupaten Gunungkidul. Belum banyak yang tahu ihwal pantai ini dibandingkan dengan Pantai Baron ataupun pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Padahal keindahan pantai dan wilayah sekitarnya tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Saat berkunjung ke Pantai Ngobaran anda akan disuguhkan panorama tebing atau bukit-bukit kerikil yang berada di sekitar pantai. Dari sisi lain akan terlihat pantai dengan tebing-tebing menawan dipadu pohon pandan besar dan tanaman khas lainnya.
9. Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta atau sekitar 60 km dari sentra kota Yogjakarta.
Masih belum banyak orang yang tau keberadaan pantai ini, alasannya ialah letaknya yang tersembunyi, melewati jalan kecil yang meliuk dan berombak, dan masih belum terdapat sarana transportasi yang menuju pribadi ke lokasi Pantai Ngrenehan.

Di pantai ini anda akan sanggup menikmati sajian hidangan hasil laut, alasannya ialah di Pantai Ngrenehan juga terdapat daerah pelelangan ikan, sehingga anda sanggup pribadi membeli aneka hasil maritim yang masih segar. Dan untuk anda yang tidak mau repot masak sendiri, terdapat warung-warung makan yang menyediakan aneka masakan olahan hasil maritim juga. Tak heran, alasannya ialah di sekitar pantai ini terdapat kampung nelayan.

Selain itu anda juga sanggup menikmati keindahan di sekitar pantai, bermain-main di pasirnya yang putih, menikmati deburan ombak yang menabrak karang sampai memancing di batu-batu karang. Dan, anda juga sanggup menikmati pantai ini dari ketinggian, yaitu dari sebuah bukit yang berada di sekitar pantai.