SHOPPING CART

close

Wisata Air Terjun Aek Martua, Diatas Riam Masih Ada Air Terjun

Booking.com
Negri Seribu Suluk masih menyimpan banyak dongeng rakyat, alam yang masih asri, serta susila yang masih diturunkan ke anak cucu mereka. Masih banyak wisata alam yang belum diketahui banyak orang. Salah satu nya Air Terjun Aek Martua Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Provinsi Riau.  Wisata Air Terjun Aek Martua, Diatas Riam Masih Ada Air Terjun

 

 Negri Seribu Suluk masih menyimpan banyak dongeng rakyat Aek Martua, Diatas Air Terjun masih ada Air Terjun
Andhi Liansyah

 

Ada tiga jeram yang indah dan spektakuler dengan jarak beberapa puluh meter di daerah ini bervariasi mulai dengan ketinggian  15 meter hingga yang tertinggi 35 meter.  Air terjun pertama mempunyai hamparan watu yang cukup luas untuk bermain air, sedangkan jeram kedua mempunyai bak 250 m2 untuk mandi, yang lebih spektakuler yakni jeram ketiga, tentunya bagi mereka yang mempunyai keahlian panjat tebing untuk menuju tempat tersebut. Itu mengakibatkan pengelaman yang sangat menantang dan seru dikala berkunjung ke Aek Martua.
 Negri Seribu Suluk masih menyimpan banyak dongeng rakyat Aek Martua, Diatas Air Terjun masih ada Air Terjun
Air terjun Aek Martua ini, memang sudah jadi salah satu wisata unggulan di Rohul. Tapi kawasannya masih berstatus sebagai hutan lindung yang mempunyai fungsi ekologis terutama sebagai sumber air
 
 Negri Seribu Suluk masih menyimpan banyak dongeng rakyat Aek Martua, Diatas Air Terjun masih ada Air Terjun
 
Nama Aek Martua ini yakni nama sebuah sungai di mana jeram ini berada dan berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya yakni Air Bertuah.

 


Baca artikel lainnya : 

Wisata Air Terjun Mata Jitu, Salah Satu Kawasan Mandi Terbaik Bidadari Pulau Moyo


 

Akses Menuju Air Terjun Aek Martua

Berjarak 12 km dari Pasir Pengairan ke Simpang Tanggun dengan arah menuju Tapsel (Tapanuli Selatan), atau diharapkan 1 jam waktu tempuh perjalanan. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan jalan kaki 1.5 jam dengan jarak 6,5 km dari pintu masuk melewati jembatan gantung dan jalan setapak di perkebunan masyarakat sejauh kurang lebih 3,5 km (kondisi jalan sudah di beton), dan melewati daerah hutan lindung sejauh kurang lebih 3 km dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam.

Bagi yang memakai kendaraan umum dari Pekanbaru ke  Pasir Pengaraian (naik angkutan L300 atau Superban Rp. 35.000) turun di Simpang Tangun.  Kemudian naik angkutan menuju Tangun dengan jenis Oplet dan Omprengan Rp. 5000.

Demikian ulasan mengenai Wisata Air Terjun Aek Martua, Diatas Riam Masih Ada Air Terjun , semoga bermanfaat

Tags:
Share