SHOPPING CART

close

Air Mancur Menari Akan Hibur Wisatawan Yang Liburan Ke Magelang

Booking.com

Foto: Air mancur menari siap menghibur wisatawan di Magelang (Pertiwi/detikTravel)

Magelang – Liburan tamat tahun, ada yang gres nih di Magelang. Air mancur menari akan menghibur wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di Magelang.

Kota Magelang telah bersiap diri menyambut para wisatawan yang akan tiba ke kota sejuta bunga ini. Sejumlah wahana gres bahkan telah disiapkan dan diperkirakan bisa dinikmati oleh wisatawan pada libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.

Salah satu wahana yang digadang-gadang bisa menarik para pengunjung, baik dari Magelang maupun luar kota yaitu dancing fountain atau air mancur menari. Wahana ini terletak di sisi Barat alun-alun Magelang atau sempurna berada di seberang jalan Masjid Agung Magelang.

“Sebelum Hari Raya Natal akan kita uji coba air mancur menari. Malam tahun gres kita kumpul-kumpul di alun-alun sambil melaunching wahana ini,” terperinci Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, kepada detik.com, di Magelang, Kamis (21/12/2017).

Wahana air mancur bangun di atas lahan sepanjang 72 meter dan lebar sekitar 6,5 meter. Terdapat sebuah bak dengan taman di pinggir-pinggirnya yang menjadi lokasi jatuhnya air mancur.

Ada seorang operator khusus yang nantinya mengatur koreografi tarian air mancur tersebut. Selain menari, di malam hari, air mancur ini pun akan berwarna-warni ibarat yang telah ada di beberapa kawasan lain.
Wahana air mancur ini direncanakan beroperasi dengan agenda tersendiri. Jadwal tersebut ketika ini masih dirumuskan.

Nantinya, para pengunjung bisa melihat pemandangan air mancur sambil berswa foto dengan latar belakang water torn (menara air) serta patung satria Pangeran Diponegoro. Keduanya sejauh ini merupakan ciri khas dari Alun-alun Magelang dan selalu menjadi objek foto para pengunjung.

Adanya wahana air mancur menari diperlukan bisa meningkatkan angka kunjungan wisatawan di malam hari. Mengingat, destinasi wisata yang ada selama ini masih sebatas dibuka pada pagi-sore hari saja.

“Khusus pada malam tahun gres nanti, juga akan dilaksanakan car free night. Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian, sehingga area alun-alun bisa menampung lebih banyak pengunjung,” ungkap Sigit.

 

Baca artikel lainnya : 

Akhir Tahun Keliling Jawa Timur Yuk, Banyak Destinasi Baru!

Salah satu pengunjung alun-alun Magelang, Eko Budhiyanto (40) mengaku tidak sabar untuk melihat air mancur menari yang akan segera dioperasikan itu. Ia berharap dengan lengkapnya akomodasi di sentra kota itu, ibarat tempat kuliner, ornamen Magelang, watertorn, dan terakhir yaitu air mancur, bisa menambah daya tarik masyarakat maupun wisatawan.

“Bersyukur kalau ada air mancur, bisa ajak keluarga untuk tamasya tanpa harus mengeluarkan uang banyak, alasannya di alun-alun saja sudah ada air mancur gratis,” ujarnya.

Tags:
Share