Air Terjun Mangku Sakti, Terpaku Menatap Keindahan Air Terjun di Lombok


Mangku Sakti berarti “Penunggu Yang Ilmu nya Sangat Sakti” itu berdasarkan salah satu warga. Salah satu wisata air terjun yang sangat keren adalah Mangku dalam bahasa Lombok berarti TETUA. Air Terjun Mangku Sakti, Terpaku Menatap Keindahan Air Terjun di Lombok
Asal mulanya gini, pada zaman dahuluu ada seorang Mangku yang beranama Titi Kastura yang menjadi juru kunci dikaki Gunung Rinjani, ia dijuluki Mangku Gunung atau biasa disebut sang penjaga gunung. Dikehidupan nya sehari hari ia memliki seorang patner berjulukan Sembrani. Sembrani ini ialah seekor kuda.
Setelah Titi Kastura ini meninggal, Warga menemukan Air terjun yang diapit oleh berbatuan. Disisi kiri jeram yg tersusun berbatuan membentuk wajah yang diyakini warga setempat sebagai wajahnya mangku. Kaprikornus begitulah mengapa jeram ini dinamai Mangku Sakti
 

 

Kombinasi Berbatuan dengan Pohon-pohon menghasilkan suasana yang sejuk dan nyaman, Air yang mengalir diantara berbatuan serta mempunyai bak hasil dari air yang berjatuhan sangat cocok bagi para pemburu poto-poto keindahan alam, tak usah diragukan lagi. Air Terjun Mangku Sakti selalu memberi lebih. Jangan Hanya dimuluk-mulukan dengan kata-kata penulis blogger. Datang dan Buktikan!
Ingat, keindahan alam tidak untuk dirusak.
  
Sumber : diditpharm.blogspot.com

Lokasi :

Air terjun mangku sakti berada di Desa Sajang, kecamatan sembalun, kabupaten Lombok Timur
Air terjun ini berjarak kurang lebih 175 km  dari kota Mataram (Ibu Kota Propinsi Nusa Tenggara Barat).   Waktu tempuh yang diharapkan sekitar 4 jam perjalanan.
Terdapat dua alternatif rute jalan yang sanggup dilalui melalui Kota Mataram. Rute pertama dengan melewati tempat Kabupaten Lombok Timur yaitu Mataram-Narmada-Mantang-Kopang-Terara-Sikur-Aikmel-Suwela-Sapit-Lemor-Sembalun Bumbung-Sembalun Lawang-Sajang. Sedang rute kedua melewati jalur Kabupaten Lombok Utara yaitu Mataram-Pusuk atau sepanjang jalan Pantai Senggigi-Pemenang-Tanjung-Gondang-Selengan-Batu Gembung-Desa Senaru-Dasan Grisak-Desa Sambiq Elen-Sajang.

Setelah datang di Desa Sajang akan ditemui jalan tanah sekitar 4 km menuju air terjun. Sepanjang  jalan ini Anda akan melintasi bangunan milik warga setempat ( yang berarsitertur Hindu), padang savana, dan kebun warga. (sumber :  )

 

Demikian ulasan mengenai Air Terjun Mangku Sakti, Terpaku Menatap Keindahan Air Terjun di Lombok , semoga bermanfaat ya