Air Terjun Panisan, Keindahan Yang Masih Alami di Kabupaten Kampar Riau

Booking.com


Air Terjun Panisan, Keindahan Yang Masih Alami di Kabupaten Kampar Riau adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Keunikan Air Terjun Panisan ini mempunyai tiga spot dengan tingkatan yang berbeda, Air Terjun tingkatan pertama mempunyai tinggi 25 meter lalu pada tingkatan kedua mempunyai tinggi 30 meter dan tingkatan ketiga mempunyai tinggi 7 meter yang di mana anda akan di sambut terlebih dahulu dengan riam tingkatan ketiga dikala anda hingga di lokasi. Jelas pemandangan berbeda akan kita lihat sepanjang perjalanan. Lokasi ini sering di datangi dengan bawah umur komunitas MTMA dari banyak sekali daerah di Sumatera.

Air Terjun ini sering di bilang dengan riam alami alias perawan alasannya belum banyak yang mengetahui keberadaannya terutama warga Provinsi Riau. Anda sanggup menikmati bermain air dan mandi di area bak riam berdiameter sekitar 25 meter serta membawa bekal untuk makan siang di tepi riam yang menciptakan anda betah berlama-lama dan tidak akan mau pulang di daerah riam milik Desa Tanjung, Kecamatan XII Koto Kampar ini.

Konon katanya Air Terjun Panisan di temukan oleh seorang penduduk warga orisinil Desa Tanjung yang ingin pergi kehutan untuk mencari kayu dan menemukan sebuah air terjun. Bentuk fisik dan keindahan riam ini, menciptakan warga sekitar yang mngetahui keberadaannya berniat untuk memberi tau warga Desa Tanjung mempunyai keindahan Air Terjun yang patut untuk dilestarikan.

 

adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Tanjung Air Terjun Panisan, Keindahan Yang Masih Alami

Air Terjun Panisan ini gampang untuk di tuju dengan memakai jalan masuk kendaraan roda dua atau roda empat yang memakan jarak tempuh selama kurang lebih tiga jam perjalanan, kalau anda dari Kota Pekanbaru,Riau. Sekitar tiga puluh menit perjalanan dari Kawasan Candi Muara Takus ke lokasi Air Terjun Panisan. Akses menuju Air Terjun Panisan anda harus memakai Rakit untuk menyebrangi Sungai Kampar untuk menuju seberang Desa Tanjung.

 


Baca Juga :

Wisata Air Terjun Blang Kolam, Saksi Bisu Keindahan Serambi Mekah di Aceh


 

Setelah menyeberangi Sungai, anda akan melanjutkan perjalanan melewati kebun karet milik masyrakat setempat, hutan, dan perbukitan sejauh lebih kurang 8 kilometer. Selama perjalanan berlangsung anda akan melihat banyak sekali acara masyarakat setempat di kebun mereka.

adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Tanjung Air Terjun Panisan, Keindahan Yang Masih Alami

Dalam perjalanan anda akan bertemu dengan masyarakat yang ramah tamah yang akan menyapa anda dengan sapaan “Nio Kamano Bang? (mau kemana bang)”, begitu sapaan dari logat kampar atau bahasa masyarakat setempat sambil melaksanakan acara menderes pohon karet. Dengan berjalan kaki sejauh 8 kilometer niscaya sangat melelahkan dengan rute jalan naik turun perbukitan. Selama dalam perjalanan anda akan mencicipi keindahan hutan, mendengar bunyi burung-burung berkicau atau mengeluarkan bunyi sautan yang sangat indah dan menerima kesegaran air megalir dari sungai-sungai kecil.

Booking.com

 

adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Tanjung Air Terjun Panisan, Keindahan Yang Masih Alami

Lokasi favorit para wisatawan berada pada tingkat pertama dan kedua dengan keunikan air mengalir dari atas kebawah atau air yang jatuh menyerupai sebuah tirai putih yang sangat mempesona.

 

Demikian ulasan mengenai Air Terjun Panisan, Keindahan Yang Masih Alami di Kabupaten Kampar Riau , semoga bermanfaat ya