SHOPPING CART

close

Amankah jika harus Berenang di Kolam Renang Saat Pandemi Corona – Ini Aturan Yang harus di Lakukan

Amankah jika harus Berenang di Kolam Renang Saat Pandemi Corona – Ini Aturan Yang harus di Lakukan

Hal yang paling di tunggu – tunggu jawabannya sebagai seorang traveler saat menginap di sebuah hotel adalah aman ga sih kalau berenang di fasilitas kolam renang saat pandemi corona ini ? begitu banyak pertanyaan dari banyak netizen dan selalu di tunggu -tunggu jawabannya yang paling benar. Aman tapi haru memiliki aturan yang mengacu pada protokol kesehatan.

Dalam youtube yang di hadirkan lewat channel kompas TV yang berisi tentang Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan sejumlah protokol kesehatan dalam bidang kebugaran, dimana akhirnya Dr. Raisa menjawab bahwa kita bisa berenang di kolam renang tapi harus tetap memperhatikan sejumlah protokol kesehatan yang akurat di antaranmya adalah

Baca : Tempat Penyeberangan Laut di Bali, Pelabuhan Padangbai Karangasem Bali

Terdapat 7 aturan yang harus di jalankan saat menggunakan kolam renang di pubik area di antaranya adalah

  1. Air kolam renang harus mengunakan disinfektan dengan kadar klorin adalah 10 ppm atau bromin 3-8 ppm sehingga PH air harus mencapai kadar 7,2 – 8, hasil ini harus di informasikan ke pengunjung di tulis di papan yang bisa di lihat dengan jelas oleh semua orang
  2. Pembersihan dan disinfektan di lakukan ke seluruh permukaan yang ada di sekitar kolam renang, seperti tempat duduk, lantai, pegangan dan sarana di sekitar kolam reanang.
  3. Pengunjung kolam renang harus di batasi agar bisa menerapkan jaga jarak kepada setiap pengunjungnya. baik dalam kolam renang maupun di sekitar kolam renang
  4. Ruang ganti fasilitas kolam renang wajib juga menerapkan jaga jarak dengan memberikan tanda -tanda sebagai penjaga jarak
  5. Pengunjung yang datang wajib dalam keadaan sehat dengan mengisi formulir self-assessment risiko COVID-19, jika hasil dari pengisian beresiko tinggi maka pengunjung tersebut dilarang untuk berenang
  6. Pengunjung wajib membawa peralatan renang masing – masing seperti kacamata, handuk dll.
  7. Tetap menggunakan masker saat berada di luar area kolam renang dan bisa melepaskannya saat berenang kemudian memakainya kembali jika sudah berada di luar kolam renang.

Memang air kolam renang tidak bisa menularkan virus Covid-19 namun peralatan yang digunakanlah yang bisa menularkan virus tersebut. Jika antrian panjang yang mengular di setiap wahana permainan bisa saja menularkan penyebaran virus, hal inilah yang wajib diperhatikan pihak pemiliki kolam renang dan teman traveler juga.

Booking.com

Yuk lihat video berikut ini ya tentang protokol kesehatan berenang di kolam renang

So bagi teman – teman yang hobi banget berenang baik di tempat umum maupun yang bersifat privasi adapun tipa lainnya yang bisa anda perhatikan nantinya sebelum melakukan aktivitas berenang ini khususnya saat pandemi corona ini ya.

Namun sebelumnya penting untuk di ketahui terlebih dahulu ya mengenai resiko tertular saat berenang di kolam renang

Resiko tertular covid-19 itu akan lebih rendah jika kita berenang di kolam renang yang private dan berklorin dibandingkan berenang di kolam reanang umum seperti waterpark atau sejenisnya.

Baca : 05 Tempat Destinasi Wisata Bali Paling Terkenal Dan Terbaru Yang perlu Anda ketahui

Tips mengunjungi Kolam Renang Umum saat pandemi covid-19

  • Selalu menggunakan masker sebelum berenang di kolam renang karena saat berenang potensi untuk tertular adalah sangat kecil.
  • Selalu menjaga jarak antara setiap pengunjung di kolam renang ya.
  • Melakukan etika batuk atau bersin yang benar ya meskipun anda berada dalam kolam renang karean droplet bisa saja menyebar ke orang lain saat anda bersin atau batuk.
  • Memilih waktu yang sepi saat melakukan aktivitas berenang karena tentunya akan ada hanya sedikit orang di area kolam renang.
  • Untuk anak -anak sebaik tetap di hindari dengan kolam renang karean sangat rentan tertular dan tentunya para anak -anak ini belum begitu paham dengan yang namanya protokol kesehatan dan harus tetap dalam pengawasan orang tuanya.

Sumber artikel : klikdokter.com

Dan akhir penutup tetap sebenarnya kita harus menghindari kerumunan atau bertemu banyak orang agar terhindar dari yang namanya virus covid-19, setidaknya tunggulah sampai kurva data yang terkena pandemi di indonesia turun dahulu demi keselamatan bersama.

Tapi jika anda memang sangat ingin berenang diharapkan untuk mematuhi aturan yang tertulis diatas sesuai dengan himbauan Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro

Baca artikel lainnya : Adiwana Bee House, Hotel romantis dan unik dengan pemandangan sawah di Ubud Bali

Demikian ulasan mengenai Amankah jika harus Berenang di Kolam Renang Saat Pandemi Corona ? semoga selalu bermanfaat dan terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Amankah jika harus Berenang di Kolam Renang Saat Pandemi Corona – Ini Aturan Yang harus di Lakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Klook.com
Share!
%d bloggers like this: