Belanja Ikan Segar Pangkalpinang, Asyiknya Di Sini

TPI Muara Sungai Batu Rusa di Pangkalpinang (Kurnia/detikTravel)

Pangkalpinang – Liburan di Pangkalpinang jangan main ke pantai saja. Cobalah mampir ke tempat pelelangan ikan yang menjual bermacam-macam hasil maritim segar. Asyik buat fotografi lho!

TPI Muara Sungai Batu Rusa atau dikenal sebagai TPI Ketapang bertempat di Jl TPI Ketapang, Kecamatan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

TPI ini menjadi salah satu sentra jual beli ikan di Pangkalpinang. berkunjung kemari pada Sabtu (28/10/2017). Saat itu waktu menawarkan sekitar pukul 05.30 WIB, suasana masih ramai. TPI yang lantainya becek tak menyurutkan semangat para juru lelang dan pembeli di sana.

Belanja Ikan Segar Pangkalpinang, Asyiknya di Sini(Kurnia/detikTravel)

Hasil maritim menyerupai ikan tenggiri, cumi-cumi, udang dan lain sebagainya banyak dijual di TPI Ketapang. Sumber ikannya tak hanya dari perairan sekitar Pangkalpinang, tapi juga tempat lain di Pulau Bangka.

Dengan ikan yang melimpah dan harganya dapat lebih murah dari di pasar biasa, warga pun banyak yang belanja ikan di sini. Belanja sekaligus melihat suasana TPI yang ramai semenjak dini hari sekitar pukul 01.30 hingga 07.00 WIB.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

Pembeli di sini ada yang untuk konsumsi sendiri, ada pula untuk dijual lagi. Kalau buat dijual lagi memang pembelian dalam jumlah besar, dapat hingga 100 kg. Pembelian di sini minimalnya 5 kg.

“Jual lagi di pasar besar deket pasar ikan lama,” ujar pedagang ikan berjulukan Udin.

Belanja di TPI Ketapang menjadi acara wisata pula buat warga setempat. Iis, warga Pangkalpinang, menyampaikan bahwa ia bahagia belanja di TPI, baik untuk dijual lagi maupun konsumsi pribadi.

“Cari ikan buat makan sekalian jalan-jalan ke TPI seneng. Kadang ibu bikin buat diasin, kadang digiling buat dijual tapi nggak rutin,” ucap Iis.

Selain belanja ikan segar, traveler yang tiba di pagi hari dapat sekaligus menikmati pemandangan sunrise yang syahdu.

 (Kurnia/detikTravel) (Kurnia/detikTravel)

Sementara itu di siang hari, sehabis acara TPI sepi, ada pula warga yang mampir buat mancing. Kawasan TPI yang berada di pesisir memang memungkinkan untuk kegiatan memancing.

“Kalau siang sudah sepi, pernah ke sini sama teman-teman mancing,” kata Soetry, warga Pangkalpinang.

Traveler yang mau hunting foto di sini pun asyik. Banyak objek yang menarik untuk diabadikan dalam kamera. Seperti Jembatan Emas yang terlihat terperinci dari TPI, juga kapal-kapal nelayan yang tengah bersandar di dermaga.

 (Kurnia/detikTravel) (Kurnia/detikTravel)

Baca artikel lainnya : 

Hotel Dekat Pantai Di Banyuwangi-Pesan Sekarang Kamarnya