SHOPPING CART

close

Berkunjung ke Situs Warisan Alam Indonesia di Geopark Ciletuh Sukabumi – Wisata alam yang Terdapat di Dalamnya

Berkunjung ke Situs Warisan Alam Indonesia di Geopark Ciletuh Sukabumi – Wisata Wlam yang Terdapat di Dalamnya

Indonesia memang sangat indah dan kaya akan kekayaan alamnya begitu banyak geopark -geopark yang ada di indonesia dan belum banyak di kenal oleh banyak orang, salah wisata warisan alam indonesia yang kini lagi hits dan sudah diakui oleh dunia adalah Geopark Ciletuh Sukabumi yang merupakan situs warisan alam Indonesia, tempat wisata ini sangat cocok bagi para pencinta alam yang ingin menikmati keindahan surga dunia yang berada di Sukabumi, alam dari Indonesia.

Sebelumnya mungkin masih banyak yang gagal paham kata dari Geopark sendiri.

Arti kata dari Geopark ?

Geopark sendiri mengandung arti kepanjangan dari Geological Park artinya sebuah taman geologi, taman dari bumi ini dimana taman ini mengandung undur kompleks yakni terdapat unsur arkeologi, ekologi dan budaya, untuk menambah nilai dari tempat yang masuk dalam geopark adalah masyarakat berperan serta untuk selalu menjaga, melindungi dan meningkatkan fungsi dari warisan alam ini. Seperti contoh nyatanya adalah geopark Ciletuh yang sangat indah dan cantik untuk di kunjungi di daerah Sukabumi , Jawa Barat.

Untuk bisa masuk dalam kategori global geopark atau geopark dunia harus melalui tahapan -tahapan atau persyaratan yakni

  • Geodiversity : suatu taman harus masuk dalam unsur atau memiliki batuan yang unik
  • Biodiversitas : suatu taman harus memiliki keanekaragaman hayati
  • Geocultural Diversity : sebuah wilayah yang ingin memiliki geopark harus memiliki masyarakat yang berbudaya

Nah ke 3 unsur diatas telah dipenuhi oleh Geopark Ciletuh sukabumi sehingga tergabung dan di resmikan oleh Unesco tahun lalu sebagai situs global geopark.

Geopark Ciletuh adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Sukabumi Jawa Barat, tempat ini telah resmi diakui sebagai situs warisan dunia dari Unesco sejak tahun lalu, tempatnya sangat spektakuler indah, asri dan para pemburu keindahan alam pasti akan datang kesini untuk melihat dan berkunjung ke salah sau warisan alam indonesia yang super cantik.

Lokasi dari wisata Geopark Ciletuh berada di bagian selataan pantai Pelabuhan ratu Sukabumi, jawa barat , dari kota bandung berjarak sekitar 180 km dan Sukabumi berjarak 98 km

Geopark Cilletuh Sukabumi memiliki keistimewaan keindahan alam yang masih asri tidak tersentuh oleh teknologi buatan seperti di tempat lain, hal ini lah membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat sendiri, disini ada begitu banyak spot wisata yang bisa anda saksikan dari keindahan pantai, alam air terjun, keindah dari puncak ketinggian dll. Mari kita bahas satu persatu yuk beberapa tempat wisata menarik yang bisa di kunjungi di tempat wisata hits Geopark Cilletuh Sukabumi

Baca : 10 Wisata Air Terjun Instagenic yang ada di Bogor, Jawa Barat Sebagai tempat menghilangkan Penat Anda

Tempat Wisata yang berada di Geopark Cilletuh Sukabumi

1 . Bukit Panenjoan – Geopark Ciletuh

Bukit Panenjoan – Geopark Ciletuh / IG @patmaarief

Bukit Panenjoan adalah spot wisata dimana kita bisa melihat alam Geopark Ciletuh dengan leluasa tanpa ada halangan satupun guys. disini kita bisa melihat fenomena alam akibat longsor yang terjadi sudah lama, fenomena ini disebut amfitheater alam yang langsung menghadap kelaut yakni teluk ciletuh.

2. Pantai Palangpang – Geopark ciletuh

Pantai Palangpang – Geopark ciletuh

Pantai palangpang menjadi ikon wisata dari geopark ciletuh yang lumayan ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. disini ada terdapat tulisan “Geopark Ciletuh” yang besar tempat untuk bersantai sambilan berfoto – foto dengan latar pantai guys.

3. Puncak Darma – Geopark Ciletuh

Puncak Darma adalah sebuah bukit dengan alam Geopark Ciletuh yang indah juga dengan latar laut langsung, tempat wisata ini bisa menjadi tempat untuk ground camp sekaligus bisa mellihat matahari terbit, berada di 230 mdpl dan menjadi spot tertinggti yang ada di tempat wisata Geopark Ciletuh sukabumi.

Puncak Darma – Geopark Ciletuh / IG @diana_h_n

Selain pemandangan laut yang indah kita juga bisa meihat hamparan sawah dan rumah penduduk dari ketinggian, puncak menjadi spot instagramable yang keren buat wisatawan milenial jaman now.

4. Curug Cimarinjung – Geopark Ciletuh

Selain keindahn pantai dan puncak yang indah, Geopark Ciletuh juga terdapat wisata air terjun bernama curug Cimarinjung yang berada di tengah -tengah Pantai Palangpang dan Puncak Darma.

Curug Cimarinjung – Geopark Ciletuh

Dengan ketinggian mencapai 50 meter dan debit air yang banyak, surug Cimarinjung terlihat begitu indah dan keren. Nama dari curug ini berasal dari nama sungai yanng mengalir dengan nama sungai Cimarinjung.

Kondisi musim hujan akan membuat debit air yang deras dan keruh. Untuk bisa berkunjung kesini anda harus berdonasi seikhlasnya saja.

Taman Geopark Ciletuh menjadi begitu hits di Sukabumi apalagi sejak diresmikan oleh Unesco sejak 12 april 2018 sebagai salah satu situs global geopark dalam jaringan geopark dunia. Nama Geopark Ciletuh langsung melejit dan banyak wisatawan yang ingin kesini untuk melihat sendiri.

Kita sebagai anak bangsa indonesia sepatutnya bangaa akan kekayaan alam ini ya, dengan cara melindungi, memperkenalkan lewat medsos dan menjaga baik – baik saat berkunjung kesana ya.

Baca artikel lainnya : Anugrah Hotel Sukabumi, hotel keluarga di Kota Sukabumi – Harga mulai dari Rp.400.000 / malam

Demikian ulasan mengenai berkunjung ke Situs Warisan Alam Indonesia di Geopark Ciletuh Sukabumi, semoga bermanfaat selalu. Terimakasih.

Tags:

0 thoughts on “Berkunjung ke Situs Warisan Alam Indonesia di Geopark Ciletuh Sukabumi – Wisata alam yang Terdapat di Dalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

join.booking.com

Join With Our FB Page

Share!
%d bloggers like this: